fbpx

Cara Memilih Kata Sandi Yang Aman | Contoh Kata Sandi Password Terbaik dan Terburuk

Kata Sandi

Dalam bahasa Inggris kata sandi adalah password. Kata sandi adalah kumpulan karakter yang digunakan oleh pengguna dalam sebuah sistem operasi yang untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut.

Kata sandi juga dapat diartikan sebagai kata rahasia yang digunakan sebagai pengenal.

 

Cara Kerja Kata Sandi

Sistem keamanan akan membandingkan kode-kode yang dimasukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang disimpan oleh sistem keamanan sistem atau jaringan tersebut (dengan menggunakan metode autentikasi tertentu, seperti halnya kriptografi, hash atau lainnya).

Jika kode yang dibandingkan cocok, maka sistem keamanan akan mengizinkan akses kepada pengguna tersebut terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di dalam jaringan atau sistem tersebut, sesuai dengan level keamanan yang dimiliki oleh pengguna tersebut.

 

Kata sandi

 

Kata Sandi Password Yang Baik

Idealnya, kata kunci merupakan gabungan dari karakter teks alfabet (A-Z, a-z), angka (0-9), tanda baca (!?,.=-) atau karakter lainnya yang tidak dapat (atau susah) ditebak oleh para intruder sistem atau jaringan. Meskipun begitu, banyak pengguna yang menggunakan password yang berupa kata-kata yang mudah diingat, seperti halnya yang terdapat dalam kamus, ensiklopedia (seperti nama tokoh, dan lainnya), atau yang mudah ditebak oleh intrudersistem.

 

10 Kata Sandi Password Terburuk

  1. 123456

  2. password

  3. 12345678

  4. qwerty

  5. 12345

  6. 123456789

  7. letmein

  8. 1234567

  9. football

  10. iloveyou

Jika Anda memiliki password seperti yang tertera diatas, seharusnya Anda mengganti sekrang juga!

 

Selalu pastikan memasukkan kata sandi Anda ke dalam situs web yang benar. Penipuan phishing membuat situs web palsu yang terlihat seperti situs yang sebenarnya berharap bisa mengelabui orang agar masuk ke dalam proses masuk atau informasi pribadi lainnya.

Selalu periksa URL di bilah atau bar browser untuk memastikan Anda berada di situs web yang benar dan sangat waspada memasukkan kata sandi Anda ke situs web yang Anda masuki dengan mengeklik tautan (link) email

 

Cara Memilih Kata Sandi Yang Aman

  1. Jangan gunakan ulang satu kata sandi untuk semuanya. Jika seseorang menemukannya password tersebut, dia dapat membuka semua akun Anda.

  2. Gabungkan antara alfabet / abjad, hurug besar dan angka didalamnya.

  3. Buat password yang lebih panjang, idealnya minimal 8 karakter. Ini akan lebih sulit ditebak.

  4. Sementara menggabungkan kata kunci antara alfabet dan angka untuk mengubah kata yang mudah diingat – M4raD0na – sering disarankan, ini lebih mudah dipecahkan atau ditebak daripada yang mungkin Anda pikirkan.

  5. Campurkan huruf besar dan kecil di dalam kata sandinya. Jangan hanya menggunakan huruf besar di awal frase kata kunci. Contohnya: apaAda1kggulA?

  6. Saran yang bagus adalah membuat frase sandi yang panjang tapi mudah diingat. Deretan beberapa kata bersama yang bisa Anda ingat dengan visual. “makanpisangmasak” atau “hidupsehatberolahraga” mudah diingat tapi butuh jutaan tahun agar sandi komputer bisa dipecahkan.

  7. Untuk kata sandi pada kartu bank, kartu kredit atau ATM, jangan memilih:

    • Tahun lahir Anda.

    • Tanggal, bulan lahir Anda.

    • Nomer alamat rumah Anda seperti: 12121212.

    • Tanggal lahir anak Anda atau orang yang dicintai.

    • Empat sampai enam digit pertama atau terakhir dari nomor telpon Anda.

    • 4 – 6 pertama atau terakhir dari nomor kartu kredit Anda

    • Ada empat sampai enam angka yang berarti sesuatu.

  8. Cara terbaik untuk melindungi diri adalah dengan menggunakan autentikasi dua langkah, yang akan mengirim teks dengan kode atau menggunakan aplikasi untuk memverifikasi log-in Anda Contohnya: Gmail, Apple, FaceBook

 

Ubah kata sandi Anda secara berkala, misalnya setiap 90 hari, pastikan untuk tidak menggunakan kembali kata sandi. Jika Anda yakin kata sandi Anda telah disusupi atau bahaya, segera ganti dengan mengikuti pedoman yang diberikan di atas.

 

Kata sandi

 

Cara Menjaga Password Kata Sandi dan PIN yang Aman

Setelah Anda membuat kata sandi kartu kredit yang tidak dapat dipecahkan, langkah selanjutnya adalah tetap aman. Jangan membuat mudah bagi hacker untuk mendapatkan akses ke kata sandi Anda.

  1. Jangan menulis password atau PIN Anda dan terutama jangan menuliskannya di kartu kredit Anda atau simpan dengan kartu kredit Anda.

  2. Jangan kirim password atau PIN Anda ke siapapun melalui email atau pesan SMS atau WhatsApp.

  3. Jangan berikan password atau PIN kepada siapapun.

  4. Jangan katakan password  atau PIN Anda dengan suara keras di depan umum di tempat orang lain dapat mendengar Anda.

  5. Jangan minta browser internet Anda untuk mengingat kata sandi kartu kredit Anda atau password lainnya. Seseorang yang mencuri komputer atau telepon Anda bisa mengakses akun Anda tanpa mengetahui kata sandinya.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: IndependentLife WirePopular Science

                        

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-11T22:44:44+07:00 Desember 24th, 2017|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment