fbpx

Hal Ini Menyebabkan Terjadinya Gerhana Matahari Total

Bagaimana Terjadinya Gerhana Matahari Total?

Jika dilihat dari Bumi, ukuran Bulan tampaknya tidak lebih besar dari ukuran Matahari. Diameter sudut (atau sudut padat) kedua objek ini sama karena perbedaan jarak antara Matahari & Bulan dari Bumi; meskipun diameter Matahari 400 kali lebih besar dari diameter Bulan.

Jarak antara keduanya juga 400 X lebih jauh. Hal ini menyebabkan terjadinya gerhana matahari total & cincin di Bumi.

Dengan kata lain, jika bayangan Bulan jatuh ke permukaan Bumi (Bulan menghalangi sebagian cahaya Matahari yang menuju Bumi), maka peristiwa ini dinamakan gerhana matahari.

 

Gerhana matahari total memiliki 5 tahap

1. Gerhana parsial dimulai (kontak pertama)

Bulan mulai terlihat di lintasan Matahari. Matahari tampak seperti gigitan telah diambil darinya. dimana bayangan bulan mulai menutup lingkaran matahari yang tampak seperti gigitan kecil berwarna hitam pada area matahari.

2. Gerhana total dimulai (kontak ke-2)

Hampir seluruh bentangan Matahari ditutupi oleh Bulan. Pengamat di tepat area umbra (bayangan inti) bulan mungkin bisa melihat manik-manik Baily dan efek cincin berlian yang bercahaya dari Matahari, tepat sebelum terjadinya gerhana total.

3. Gerhana total dan gerhana maksimum

Bulan benar-benar menutupi Matahari secara total. Hanya korona matahari yang terlihat. Ini adalah tahap paling dramatis dari gerhana matahari total. Pada saat ini, langit menjadi gelap, suhu udara bisa turun, dan burung dan binatang sering terdiam tenang. Titik tengah waktu totalitas dikenal sebagai titik maksimum gerhana. Pengamat di jalan umbra Bulan mungkin bisa melihat manik-manik Baily dan efek cincin berlian, tepat setelah totalitas berakhir.

Bulan akan menutupi mataharai secara keseluruhan total sehingga hanya terlihat korona matahari. Pada fase maksimal ini langit akan menjadi gelap, suhu akan turun drastis dan beberapa hewan serta burung akan lebih tenang.

4. Gerhana total berakhir (kontak ke-3)

Bulan mulai bergerak menjauh dan Matahari mulai muncul kembali.

5. Gerhana parsial berakhir (kontak ke-4)

Bulan berhenti menumpuk pada Matahari. Karena bulan melanjutkan perjalanan pada lintasannya dan matahari sudah tidak terlihat ditutupi oleh bulan. Pada saat ini posisi bulan, matahari dan bumi sudah tidak sejajar lagi.

 

Tidak Semuanya Gelap Pada Saat Terjadinya Gerhana Matahari

Gerhana diberi nama setelah fase tergelap mereka. Jika gerhana matahari total pada setiap titik di Bumi, itu disebut gerhana matahari total, meskipun itu dilihat sebagai gerhana matahari parsial di sebagian besar wilayah.

Tidak semua daerah bisa melihat fase total gerhana matahari, umumnya hanya daerah yang tepat dilintasi/dilalui bulan dan matahari yang akan bisa melihat gerhana matahari secara total ini. Sementara untuk daerah sekitar yang posisi sudut pandangnya miring dari garis sejajar yang dibentuk matahari, bulan dan bumi akan hanya bisa melihat fase matahari parsial.

 

Gerhana matahari Perancis 1999

Gerhana matahari total di Perancis 1999.

 

4 Jenis Gerhana Matahari

  • Total: dapat terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan.

  • Sebagian: terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari.

  • Hibrida: bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Biasanya gerhana hibrida relatif jarang.

  • Cincin atau eklips: terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Time and Date, National University of SingaporeNASA

                             

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-07T00:35:18+00:00 Februari 18th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment