Cara Memperkuat Jantung | Cara Ampuh Menjaga Jantung Tetap Sehat dan Kuat

2 min read

Cara memperkuat jantung

Cara Memperkuat Jantung dan Menjaga Tetap Sehat dan Kuat

Penyakit jantung adalah penyebab kematian No. 1 di seluruh dunia, dan sebagian besar dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup Anda dan mengelola faktor risiko. Berikut cara memperkuat jantung:

1. Berolahraga

Jantung Anda adalah otot dan, seperti halnya otot lainnya, olahraga adalah yang memperkuatnya.

Langkah pertama adalah menentukan detak jantung target Anda, kemudian temukan aktivitas yang Anda sukai dan dapat Anda ikuti untuk jangka panjang.

Baca juga ? Olahraga mudah untuk orang yang malas | Contoh olahraga yang efektif untuk Anda

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok itu sulit. Tetapi Anda tahu bahwa penting untuk berhenti, dan salah satu alasan terbesarnya adalah karena hal itu terkait dengan penyakit jantung.

3. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan lebih dari sekedar diet dan olahraga. Ini adalah perjalanan pribadi yang melibatkan menemukan apa yang Anda suka dan apa yang berhasil untuk Anda, kata Dr. Bavani Nadeswaran.

Baca tips penurunan berat badan jangka panjang ini dan lihat apakah ada di antara tips tersebut yang dapat Anda ikuti.

4. Makan makanan yang menyehatkan jantung

Salmon dan alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Sayur dan buah-buahan juga cara memperkuat jantung. Alpukat yang menyehatkan jantung juga bisa menjadi hidangan pembuka yang enak.

Buah dan sayur tidak mahal, rasanya enak dan baik untuk segala hal mulai dari otak hingga usus Anda.

Kacang kenari, almond, kacang tanah, dan kacang lainnya bagus untuk jantung Anda.

5. Jangan lupakan coklat hitam

Kabar baiknya: cokelat dan anggur berkontribusi pada kesehatan jantung.

Kabar buruknya: hanya makan secukupnya.

Alkohol dan kakao (bahan utama dalam cokelat) memiliki antioksidan yang telah terbukti meningkatkan kolesterol baik, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan fungsi pembekuan darah.

Baca juga ? Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat | Cegah Oksidasi LDL / Kolesterol Jahat

6. Jangan makan berlebihan

Meskipun nasihat ini terutama berlaku selama liburan, ketika kematian akibat serangan jantung melonjak karena banyaknya makanan dan godaan, itu berlaku sepanjang tahun.

Makan banyak makanan sekaligus mengarah pada:

Pergeseran darah dari jantung ke sistem pencernaan
Irama jantung yang lebih cepat dan tidak teratur, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau gagal jantung.

Baca juga ? Gangguan Makan (Eating Disorders): Anoreksia, Bulimia, Makan Berlebihan, Neophobia, Pica

7. Jangan stres

Ada lebih dari 1.400 respons biokimiawi terhadap stres, termasuk peningkatan tekanan darah dan detak jantung yang lebih cepat. Jika Anda tidak mengelola stres Anda, itu dapat membuat lebih banyak stres dan menjebak Anda dalam siklus stres.

Cobalah bernapas perlahan dan dalam selama beberapa menit sehari. Ini bisa membantu Anda rileks. Napas dalam dan secara lambat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

8. Jaga kebersihan tubuh secara keseluruhan

Mandi, gosok gigi secara teratur.

Cuci tangan Anda sesering mungkin. Sering-sering menggosok dengan sabun dan air sepanjang hari adalah cara yang bagus untuk melindungi jantung dan kesehatan Anda. Flu, radang paru-paru, dan infeksi lainnya bisa sangat membebani jantung.

9. Lakukan pemeriksaan rutin

Setidaknya setahun sekali, lakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan Anda tidak mengembangkan kondisi apa pun yang akan membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung, dan untuk memastikan Anda mengendalikan kondisi apa pun yang sudah Anda miliki.
Pantau tekanan darah dan kolesterol Anda: Jika Anda melakukan pemeriksaan rutin, dokter dapat membantu Anda melacaknya, tetapi Anda juga dapat menggunakan alat tekanan darah rumah atau mesin tekanan darah di apotek. Apoteker Anda juga dapat memeriksa tekanan darah Anda. Baca juga ? Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat | Cegah Oksidasi LDL / Kolesterol Jahat
Kelola diabetes Anda: Jika Anda menderita diabetes, pastikan Anda memantau dengan cermat kadar gula darah Anda, makan dengan baik, dan berolahraga.
Jangan melewatkan pengobatan Anda: Jika Anda minum obat untuk tekanan darah, kolesterol, atau diabetes, minumlah sesuai petunjuk. Jika Anda mengalami efek samping yang tidak menyenangkan, jangan berhenti meminumnya. Sebaliknya, tanyakan tentang opsi lain.

10. Jaga kualitas tidur dan cukup tidur

Tidur yang buruk dapat memengaruhi kesehatan jantung Anda. Tidur adalah saat tubuh memperbaiki dirinya sendiri, termasuk jantung. Orang yang tidur kurang dari 7 jam semalam dilaporkan mengalami lebih banyak serangan jantung — bersama dengan obesitas, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi, kondisi yang menyebabkan penyakit jantung.

Sumber bacaan: Harvard University

Sumber foto: Pixy

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.