Cara Menata Dapur Menurut Feng Shui

3 min read

Cara Menata Dapur Menurut Feng Shui

Menata Dapur Menurut Feng Shui

Menurut Feng Shui, dapur dipercaya sebagai pusat dari sumber kehidupan dalam sebuah hunian. Ini adalah ruang di mana kita mempersiapkan makanan dan minuman yang digunakan untuk memberi kebutuhan utama setiap individu. Dengan demikian cara menata dapur menurut Feng Shui dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan yang baik.

Hindari Kesalahan Dalam Menata Dapur Menurut Feng Shui

Posisi bersebelahan dengan wastafel atau tempat cuci piring, kompor, mesin cuci atau pencuci piring dan kulkas, karena unsur air dapat memadamkan api. Yang berarti segala sesuatu yang dimasak kehilangan energi positif atau vitalitasnya. Hindari untuk mengekspos pisau dan perkakas tajam lainnya.

Tips Praktis Yang Berguna

Hindari debu, ketidakrapian (berantakan) dan sampah dilantai yang sama. Sampah harus tersembunyi di bawah wastafel atau perabot lainnya. Sehingga, mampu menciptakan aliran energi Chi yang seimbang. Kondisi dapur yang bersih dan terorganisir tentunya akan membantu kita dalam berkreasi di dapur untuk menghasilkan makanan yang lezat dan juga menyehatkan bagi seluruh anggota keluarga. Simpan barang-barang ke dalam lemari dan laci agar rapi dan bersih.

Jangan memasang kompor yang bersandar dibelakang cendela, menurut Feng Shui dapat memengaruhi keharmonisan keluarga. Jika dipikir secarah ilmiah, dengan adanya cendela dibelakang kompor dan jika Anda sedang memasak; apabila ada hembusan angin yang kuat, secara otomatis kompor gas Anda akan mati.

Pencahayaan

Gunakan sebanyak mungkin cahaya alami. Hindari lampu neon. Sebuah lumen sentral yang jelas dan indah ditambah dengan lampu sorot untuk  menerangi sudut-sudut atau daerah-daerah yang gelap.

Dekorasi

Warna putih saja kurang meningkatkan suasana dan vitalitas.

Hijau terang dan oranye adalah warna yang dinamis untuk dapur, mampu menciptakan perasaan semangat dan berefek baik untuk pencernaan.

Hindari biru atau ungu atau jika dicampur warna lain seperti kuning atau hijau. Hindari biru dan ungu atau bila dicampur dengan warna lain seperti kuning atau hijau.

Vas bunga dan wadah buah memberikan energi positif. Anda bisa meletakkan buah apel atau jeruk dalam wadah di tengah area dapur, ruang makan.

Letak Dan Arah Dapur Menurut Feng Sui

  1. Dapur sebaiknya tidak berada di tengah rumah/bangunan, karena mengandung energi panas yang menyebar. Panas ini seharusnya dekat dengan akses keluar, sehingga hawa di dalam rumah lebih segar. Menurut fengshui, udara panas di dalam rumah bisia mengurangi energi positif.

  2. Hindari meletakkan dapur di area utara, karena arah utara merupakan kawasan air. Jika meletakkan dapur di utara, maka akan terjadi benturan energi.

  3. Jangan meletakkan dapur di depan ataupun samping tangga. Selain memudahkan hawa panas untuk naik ke lantai atas, dapur yang diletakkan di sekitar tangga membuat qi setiap penghuni berkurang. Dari segi logika, tangga adalah tempat yang menyalurkan debu dari atas. Debu ini bisa mengenai bahan makanan yang ada di dapur.

  4. Jangan meletakkan kompor berhadap-hadapan dengan bak cuci piring / tangan.

Jaga dapur bersih dan rapi dan tidak bau

Seperti semua ruangan lain di rumah, prinsip dasar feng shui tetap kebersihan dan kerapian. Aturan penting di dapur, di mana kebersihan harus sempurna karena makanan disimpan di sana, makanan disiapkan dan makanan sering dibagikan.

Jadi pastikan untuk menyimpan setiap benda di tempatnya dan hindari meninggalkan kertas, surat, obat-obatan, mainan tergeletak di sekitarnya… Buku masak diperbolehkan, tetapi tinggalkan novel favorit Anda di perpustakaan ruang tamu.

Bagaimana elemen api dan air bisa hidup berdampingan?

Salah satu prinsip penting feng shui menyatakan bahwa air dan api tidak cocok karena yang pertama memadamkan yang kedua. Membatasi di ruangan di mana wastafel dan kulkas harus bergesekan dengan oven dan kompor!

Jika dapur Anda cukup besar, pisahkan elemen “air” dan elemen “api” sejauh mungkin. Hindari, misalnya, menempatkan oven (bahkan microwave) di atas lemari es.

Jika dapur Anda kecil, jangan khawatir, ada penanggulangannya! Secara khusus, Anda dapat menempatkan elemen “kayu” di antara wastafel dan kompor, atau di antara kulkas dan oven. Benda ini bisa berupa keranjang anyaman, pot, atau bahkan tanaman. Ini akan menciptakan kembali siklus alami elemen. Jangan ragu untuk menggunakan kayu dengan cara ini, meskipun dapur Anda berukuran besar.


Harmoniskan Tata Letak Lainnya Dengan Feng Shui Untuk Kebaikan Anda

Mohon klik disini untuk mengetahui Feng Shui lainnya, seperti: cara mengatur kamar tidur, dapur, ruang tamu, pintu masuk utama, dll…

Apakah Feng Shui Berhubungan Dengan Sains?

Studi sebelumnya yang dilakukan oleh ahli psikologi lingkungan dan antropolog dan penelitian terbaru yang dilakukan oleh ahli sosiologi neuro seperti Dr. John Zeisel (“Penyelidikan oleh Desain: Lingkungan / Perilaku / Neuroscience dalam Arsitektur, Interior, Lansekap dan Perencanaan”) telah membuktikan tanpa keraguan bahwa lingkungan kita dapat mempengaruhi dan memiliki efek terhadap lingkungan dan mereka dapat diukur dengan mudah.

Bacaan Lainnya

Sumber bacaan: HowardThe New York TimesThe Spruce

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *