fbpx

Cara Menganalisa Saham Seperti Ahli Pasar Saham Profesional

Cara Menganalisa Saham

Cara terbaik untuk memperkuat keterampilan “analisa fundamental” Anda adalah melalui latihan. Bagaimana? Gunakan Benchmark stocks, kembangkan opini tentang hal tersebut dan analisakanlah hasilnya. Menganalisa saham bukanlah hal yang mudah, Anda memerlukan ketekunan lebih untuk pembandingan, khususnya; membutuhkan kerja (tidak diragukan lagi) tetapi ini juga satu-satunya cara untuk merasakan cara fundamental yang “baik” seharusnya terlihat.

Waktu Pekerjaan Rumah:

Berikut beberapa kegiatan berharga yang dapat Anda lakukan untuk mengasah keterampilan dasar Anda:

 

1. Lacak dua saham selama 3 bulan

Pilih satu saham yang Anda sukai secara insting dan yang tidak Anda miliki.Lihatlah dasar-dasar masing-masing, dan cobalah untuk membuat keputusan objektif tentang setiap saham berdasarkan pada dasar-dasar itu saja. Buat catatan tentang bagaimana setiap pick berkembang dari seleksi ke tanda tiga bulan.

2. Buat daftar cek fundamental

Ambillah rasio, angka dan informasi lain yang paling Anda gunakan. Kemudian tuliskan semuanya pada selembar kertas. Buat salinan dan gunakan daftar periksa ini (atau “contekan”) kapan pun Anda menganalisis suatu saham. Ini akan membantu Anda menangani semua data yang akan Anda tinjau secara rutin.

3. Buat tolak ukur Anda (benchmark)

Setiap kali Anda menganalisis saham yang Anda minati (menggunakan contekan baru Anda yang berguna), lihatlah tidak kurang dari satu pemain lain di industri yang sama untuk digunakan sebagai patokan. Ketika Anda membangun perpustakaan mental yang lebih besar dari tolok ukur, kemungkinan Anda akan menemukan kesuksesan yang lebih besar dengan fundamental.

 

Cara menganalisa saham

Cara Menganalisa Saham Seperti Ahli Pasar Saham Profesional

 

Bagaimana para analis pasar saham profesional menganalisa saham?

Para profesional secara luas menganalisa saham dengan membambagi 2 jenis analisis:

1. Analisa Fundamental: Yang dimaksudkan untuk berinvestasi

Para profesional mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut dan mencoba mencari jawabannya. Dengan demikian mereka berinvestasi ke saham.

Pertanyaan yang harus diajukan pada saat menganalisa saham dengan cara fundamental:

  • Sebelum Anda mulai menganalisis perusahaan publik untuk potensi berinvestasi ke mereka, Anda harus memahami beberapa dasar-dasar bisnis, terutama yang berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan adalah untuk analis apakah keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut baik atau tidak? Mereka adalah titik data utama yang dapat digunakan untuk menilai kesehatan secara keseluruhan. Ada tiga laporan keuangan utama: Laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas.

  • Ketika Anda mendengar tentang kinerja fundamental perusahaan, harga sahamnya tidak benar-benar masuk ke dalam perhitungan. Dalam konteks analisis fundamental, kinerja mengacu pada efisiensi di mana perusahaan bergerak menuju sasarannya. Tingkat kinerja itu adalah apa yang kita gunakan untuk mengkategorikan perusahaan sebagai sehat (potensi investasi) atau tidak sehat (racun investasi).

  • Ketika membandingkan kinerja dua perusahaan, penting untuk diingat bahwa perbandingan tidak mutlak. Misalnya, melihat perusahaan teknologi seperti Google, yang P / E-nya pada hari tertentu hampir empat kali lebih tinggi daripada milik AS Steel, tidak akan memberi tahu Anda sebanyak yang Anda kira. Sementara P / E yang lebih rendah umumnya lebih menguntungkan (menunjukkan bahwa perusahaan dengan harga saham yang diberikan mengambil keuntungan lebih besar), US Steel berada di sektor bahan dasar, yang sebagai kelompok tidak berdagang dengan P / E sebanding dengan sektor teknologi.

  • Analis fundamental berusaha untuk menemukan perusahaan yang nilai intrinsiknya lebih besar dari atau akan lebih besar dari nilai pasarnya (pendekatan pasar ini sering disebut sebagai “investasi nilai saham”).

    Apa kunci untuk menggunakan analisis fundamental seperti seorang profesional? Jawabannya adalah Benchmarking. Benchmarking pada dasarnya adalah proses mengamati standar yang dapat Anda gunakan untuk mengukur stok yang sedang Anda analisa. Sayangnya, tidak ada aturan yang keras dan cepat untuk menganalisa saham secara fundamental, itulah sebabnya mengapa para profesional sering melakukan kesalahan sesekali.

  • Sektor mana yang akan tumbuh dalam 10 tahun mendatang?

  • Sektor mana yang mendapat perhatian lebih dari pemerintah?

  • Industri mana yang menjadi topik diskusi hangat di sebagian besar acara dan pameran bisnis?

  • Industri mana yang memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB secara konsisten?

  • Perusahaan mana yang memiliki dewan direksi terbaik, dalam hal pengalaman dan kontribusi di masa lalu?

  • Organisasi mana yang memiliki teh Research and Devvelopmebt khusus yang mengerjakan inovasi baru?

  • Perusahaan mana yang memiliki paling sedikit pinjaman atau telah mengambil pinjaman lebih sedikit?

  • Perusahaan mana yang bekerja lebih baik daripada pesaing mereka selama 12 kuartal terakhir?

  • Di sektor atau perusahaan mana, reksadana berinvestasi? (Tersedia di internet)

  • Dan Akhirnya, saham mana yang tersedia dengan harga rendah atau valuasi yang menarik sesuai standar industri.

Setelah Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan di atas, Anda akan memiliki saham Anda.

 

2. Analisis Teknis: Yang dimaksudkan untuk perdagangan

Sekarang, untuk memahami mana yang berfungsi dengan baik atau menghasilkan uang bukanlah agenda di sini. Artikel ini untuk memahami apa yang benar-benar profesional melihat saham, pada saat mengambil dasar fundamental dan basis teknis.

Basis analisa Teknis

Mereka pertama mencari saham terbaik untuk dipilih berdasarkan tujuan mereka. Jika pandangan mereka adalah jangka pendek atau semacam perspektif perdagangan jangka pendek, maka mereka memilih parameter berikut:

  • Saham yang sedang tren. Ini memiliki lebih banyak kemungkinan berjerawat.

  • Stok yang sangat cair (Highly liquid stocks) sehingga pada tingkat hari Anda mendapatkan entri dan keluar yang layak. Likuiditas mengacu pada kemudahan yang Anda dapat membeli dan menjual aset. Aset yang populer dan sangat diperdagangkan dapat dibeli dan dijual dengan perubahan kecil dalam harga ketika transaksi selesai.

  • Saham yang memiliki volatilitas yang layak (tidak terlalu tinggi) antara 2-4% pada sebagian besar hari.

  • Saham yang merupakan saham beta menengah.

  • Memeriksa data minat terbuka.

  • Memeriksa berita terkait atau acara mendatang.

  • Berdasarkan parameter di atas, mereka melakukan analisis.

 

Contoh tempat perdagangan saham

Dan tempat perdagangan lainnya (terdapat kurang lebih 69 tempat perdagangan/bursa saham di seluruh dunia).

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: InvestopediaNASDAQThe Street

                             

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-29T15:15:49+00:00 Juni 2nd, 2018|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment