Bottom Fishing – Strategi Trading Stock Market (Pasar Saham) – Memanfaatkan peluang di perusahaan yang baru saja turun drastis

Bottom Fishing dalam Pasar Saham

Bottom fishing sebagai strategi investasi, yang berarti investor membeli saham berbiaya rendah tetapi mereka harus memiliki prospek pemulihan yang signifikan. Strategi ini juga mengacu pada investasi pada saham atau sekuritas lain yang turun akibat penurunan pasar secara keseluruhan dan memanfaatkan peluang di perusahaan yang baru saja turun drastis.

Strategi Bottom Fishing (memancing bawah) yang paling populer dikenal sebagai investasi nilai (value investing) dan praktisi paling terkenal adalah Warren Buffet.


Cara mencari perusahaan yang berpotensi untuk strategi bottom fishing

1. Cari saham yang sudah turun signifikan beberapa hari dikarenankan berita negative atau rumors.

2. Cek validasi penurunan apakah berita tersebut berdampak langsung terhadap kinerja perusahaan.

3. Gunakan bantuan inidikator stochastic, RSI atau Support resistance untuk menentukan level pembelian.

4. Cek broker summary untuk melihat adanya akumulasi atau distribusi yang dilakukan oleh investor.


Contoh

1. Berinvestasi di saham perusahaan aluminium saat harga aluminium tertekan dan mulai menurun.
2. Membeli saham perusahaan pengiriman peti kemas selama depresi ekonomi.
3. Berinvestasi di perusahaan media cetak ketika internet membuat perusahaan seperti itu gulung tikar.
4. Membeli saham bank selama krisis keuangan.

Dalam masing-masing kasus ini, tidak jelas kapan atau apakah harga saham akan pulih, meskipun argumen dapat dibuat di kedua arah. Investor yang membeli saham perbankan selama krisis keuangan 2008 menghasilkan keuntungan yang signifikan, sementara berinvestasi di perusahaan media cetak mungkin telah menghasilkan kerugian karena industri tidak pernah berhasil pulih sepenuhnya dari tekanan persaingan yang semakin intensif.

Misalnya, harga saham mengalami penurunan tajam dan turun dari $ 300 menjadi $ 100 per saham selama tiga hari. Anda bisa menentukannya karena kondisi pasar. Jadi, Anda membeli 10 saham seharga $ 1.000. Minggu depan, harga kembali menjadi $ 300 per saham. Apa yang akan kamu lakukan? Jual, tentu saja. Anda dapat menjual saham yang Anda beli seharga $ 1.000 seharga $ 3.000 (10 saham seharga $ 300 masing-masing) dan mendapat untung $ 2.000. Benar-benar tidak buruk.

Fishing bottom sebagai strategi investasi menarik

Fishing bottom sebagai strategi investasi menarik untuk meningkatkan nilai portofolio. Juga, ini bagus untuk menghasilkan keuntungan dengan cepat sementara volatilitas di pasar ada.
Namun, perlu diingat, ini bisa berisiko karena Anda tidak bisa 100% yakin bagaimana pergerakan saham atau pasar, bagaimana harga akan berjalan sebagai akibat dari perilaku investor, atau bagaimana perusahaan tertentu akan bertahan dari masalah di ekonomi global.
Nah, Anda mungkin tidak menangkapnya pada titik terendah, tetapi Anda akan menangkapnya pada kisaran 5% atau 10% yang merupakan investasi yang bagus untuk investasi jangka panjang. Itu bisa menjadi strategi yang baik bagi investor yang ingin memegang saham selama beberapa tahun.

Jika Anda menginginkan pendekatan yang tepat untuk Fishing bottom, Anda harus memperhatikan titik tertinggi dan terendah yang lebih tinggi. Saat Anda melihat di grafik bahwa garis tren bergerak ke atas dari pantulan, Anda akan melihat dasar yang sebenarnya.



Buy low, sell high (beli rendah, jual tinggi)

Kami yakin Anda pasti pernah mendengar tentang pasar lama yang mengatakan “beli rendah, jual tinggi” sebagai strategi paling pragmatis dan paling menguntungkan di pasar saham.

Tapi, juga, ini tidak semudah yang ingin dikatakan banyak orang. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal saat menerapkan bottom fishing sebagai strategi investasi.

Pertama, Anda akan dihadapkan dengan beberapa pedagang yang mengklaim bahwa ini adalah strategi yang tidak signifikan. Alasan di balik pendapat mereka adalah jika Anda membeli saham yang paling rendah, Anda melakukannya di dekat nilai terendah.

Intinya adalah bahwa hampir setiap saham mengalami kerugian. Biasanya, beberapa trader momentum dan pengikut tren akan mendukung pendapat ini.

Di mana mereka menemukan konfirmasi untuk ini? Nah, pedagang cenderung menjual ke titik impas setelah mereka menyimpan saham yang merugi untuk waktu yang singkat.

Mereka ingin memotong kerugian dan itulah mengapa mereka menjual, mengambil kembali uang mereka dan membeli beberapa saham lainnya. Pedagang terus maju.

Resistensi overhead akan mempengaruhi cara perdagangan saham tetapi diharapkan ketika menggunakan strategi ini. Selain itu, hambatan overhead tidak sekuat yang diyakini beberapa investor.

Fishing bottom merupakan investasi yang menyarankan menemukan penawaran di antara saham-saham dengan harga rendah dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di kemudian hari. Jika Anda tidak siap secara psikologis untuk bertahan dengan perdagangan ini untuk waktu yang lama, Anda sebaiknya tidak memulainya sama sekali.


Strategi Bottom Fishing membutuhkan disiplin

Jika Anda ingin mempraktikkan bottom fishing sebagai strategi investasi, Anda memerlukan disiplin. Ini membutuhkan usaha ekstra. Tidak mudah bagi beberapa pedagang agresif untuk menahan saham selama berbulan-bulan dan tanpa tindakan apa pun. Kami tahu beberapa dari mereka yang membuat kesalahan besar dengan memotong stok tersebut hanya karena mereka bosan.

Jika Anda perhatikan Anda duduk di saham yang turun lebih rendah pada volume kecil, Anda masih bisa keluar dari posisi tersebut. Kerugian mungkin bertambah dengan cepat, jadi Anda harus menetapkan stop loss yang kuat untuk menghindarinya. Bahkan jika Anda memegang saham dibayar $ 1.

Ini dapat menghasilkan kerugian besar dari waktu ke waktu jika Anda tidak memiliki setidaknya manajemen risiko dasar. Stop-loss dan exit point sangat penting dalam strategi ini.


Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Investopedia, Traders Paradise,

Informasi: investasi melibatkan risiko. Sebagai aturan umum, Anda hanya boleh memperdagangkan produk keuangan yang Anda kenal dan memahami risiko yang terkait dengannya. Peringatan risiko yang dijelaskan dalam setiap produk keuangan di atas ini tidak lengkap, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat pengalaman investasi Anda, situasi keuangan, tujuan investasi, tingkat toleransi risiko dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan independen Anda mengenai kesesuaian situasi Anda sebelum melakukan investasi apa pun.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-17T15:05:24+07:00 September 12th, 2020|Business Marketing|0 Comments

Leave A Comment