fbpx

Cara Mengemudi Aman Pada Saat Mudik atau Liburan Panjang

Cara Mengemudi Aman Pada Saat Mudik Agar Selamat Sampai Tujuan

Mendekatnya liburan panjang atau hari raya keagamaan seperti: Hari Raya Lebaran, Hari Natal, dll ini adalah kesempatan untuk berkumpul dengan orang tua, sanak saudara dan teman-teman yang tersebar di perantuan. Berikut adalah beberapa kiat keamanan dan cara mengemudi aman pada saat mudik atau liburan panjang yang harus Anda ketahui:

 

1. Siapkan kendaraan Anda

Periksa tingkat oli kendaraan Anda, baterai, tekanan dan kondisi ban dan isi tangki bensin Anda sebelum memulai perjalanan Anda.

Siapkan pengganti serep untuk busi dan lampu mobil Anda.

 

2. Rencanakan rute perjalanan sebelum berangkat

Periksa konstruksi jalan dan penutupan jalan sepanjang jalan jika Anda perlu mengubah rute. Pastikan untuk memeriksa laporan cuaca lokal untuk lokasi Anda saat ini dan tujuan Anda sehingga Anda tahu jenis kondisi cuaca apa yang akan Anda lalui. Jika cuaca buruk, pertimbangkan untuk menunda atau membatalkan rencana perjalanan Anda.

Cara Mengemudi Aman Pada Saat Mudik

Jalan yang padat dan macet, bersabarlah dan tetap mengebudi dengan baik. Sumber foto: Pixabay

3. Menyempurnakan keterampilan mengemudi

Kondisi cuaca yang ekstrem seperti hujan dan hujan es dapat membuat visibilitas rendah dan jalan raya yang dingin. Pastikan untuk mengurangi kecepatan Anda, memungkinkan untuk menghentikan jarak yang lebih lama, dan meninggalkan banyak ruang antara kendaraan Anda dan orang lain di jalan. Hindari meluncur saat berakselerasi dengan menancap gas secara perlahan, dan jangan pernah menggunakan kontrol otomatis (cruise control) dalam kondisi musim hujan. Saat bersiap untuk berhenti, pastikan untuk mengerem perlahan.

Hindari mengemudi di malam hari – Anda secara signifikan meningkatkan kemungkinan kecelakaan setelah gelap. Di beberapa tempat, pencahayaan jalan mungkin tidak ada dan seringkali kendaraan tidak memiliki lampu atau tidak menggunakannya.

 

4. Pakai sabuk pengaman atau helm motor

Memakai sabuk pengaman adalah salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk tetap aman di jalan. Ingatkan orang lain di dalam kendaraan untuk mengikat sabuk pengaman mereka juga. Dan jangan lupa untuk mengunci tali keamanan pada saat menggunakan helm, sama seperti helm pada anak Anda.

 

5. Persiapkan diri untuk keadaan darurat

Bersiaplah untuk keadaan darurat yang tak terduga, seperti kecelakaan mobil, kerusakan, ban kempes atau masalah medis dengan menyimpan simpanan persediaan darurat di kendaraan Anda. Membersiapkan diri untuk keadaan darurat adalah salah satu cara mengemudi aman pada saat mudik atau liburan pajang.

Persediaan harus mencakup senter, selimut, sarung tangan dan topi ekstra, kotak P3K, perkakas tool kit (obeng, tang, Dll), tangan, pengisi daya telepon (charger), makanan ringan dan air minum. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menyimpan sekop kecil atau dilipat dan ember kecil pasir atau kotoran kucing di bagasi kendaraan Anda, seperti contohnya.

Jika seorang dokter meresepkan obat, pastikan untuk membawanya. Beberapa obat mengharuskan Anda terus meminumnya bahkan setelah pulang ke rumah setelah liburan. Pastikan Anda melakukan ini.

 

6. Jangan minum dan mengemudi

Jika Anda akan mengendarai pada musim liburan ini, pastikan untuk menghindari minuman keras. Jangan pernah bermain dengan keselamatan keluarga, teman atau orang lain di jalan dengan minum dan mengemudi.

 

7. Tetap fokus di jalan

Tidak fokus pada saat mengemudi adalah salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Bantu diri Anda tetap fokus di jalan setiap saat dengan menugaskan seorang navigator untuk menangani semua perangkat GPS atau peta jalan, menghindari berbicara di telepon atau mengirim pesan sambil mengemudi dan mengingatkan penumpang agar suara mereka tetap rendah.

Ini pertanyaannya hampir setiap pengemudi bertanya pada diri sendiri di suatu titik dalam kemacetan lalu lintas: “Apakah jalur di sebelah saya bergerak lebih cepat?” Menurut sebuah studi oleh dua peneliti Universitas Toronto, jawabannya adalah tidak.

Bahkan, menurut penelitian mereka, tidak hanya akan menenun bolak-balik antar jalur tidak membawa Anda ke tujuan Anda lebih cepat, itu bisa membuat Anda dan penumpang Anda berisiko.

Mengubah jalur “membawa Anda ke sana dalam waktu yang hampir bersamaan, tetapi perubahan jalur di jalan raya terutama dapat menyebabkan kecelakaan mobil,” kata Dr. Robert Tibshirani dalam wawancara telepon. “Jadi kesimpulan akhirnya adalah itu tidak lebih cepat dan itu berbahaya.”

 

8. Beristirahat sejenak setiap 2 jam sekali

Salah satu cara mengemudi aman pada saat mudik atau liburan panjang yaitu dengan setiap 2 jam Anda mengemudi, beristirahatlah sejenak untuk membangkitkan kembali energi dan fokus Anda dan membagi tanggung jawab mengemudi dengan orang lain di dalam kendaraan jika memungkinkan.

 

9. Berhati-hati dengan pengemudi lainnya dan saat cuaca buruk

Berhati-hatilah dengan apa yang dilakukan pengemudi lain di sekitar Anda dan perhatikan pengemudi yang mungkin mengoperasikan kendaraan mereka secara tidak teratur karena gangguan atau pengaruh alkohol. Beri diri Anda banyak ruang di antara mobil lain di jalan dan hindari pemberhentian mendadak.

Cara Mengemudi Aman Pada Saat Mudik

Pada saat cuaca berkabut atau cuaca buruk sangatlah berhati-hati. Sumber foto: Pixabay

 

10. Berikan waktu ekstra, bersabar dan jaga jarak

Mempercepat, melambat, berhenti, berputar dan menggabungkan semuanya membutuhkan waktu lebih lama di jalan yang sudah padat dan banyak rintangan. Berikan waktu extra tambahan pada perjalanan Anda. Jangan pernahngebut untuk mengambil waktu yang hilang. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi memiliki sedikit kesabaran saat mengemudi untuk bepergian jauh untuk memastikan bahwa Anda tiba dengan selamat di tujuan Anda.

Lebih baik terlambat, daripada tidak sampai ketujuan sama sekali! Dengan cara Mengemudi Aman Pada Saat Mudik atau liburan panjang adalah kunci keberhasilan Anda untuk menjumpai semua orang yang Anda cintai!

 

Mengemudi Aman Pada Saat Mudik

Beri jarak extra keamanan pada mobil di depan Anda pada saat mengemudi.

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Western National Insurance GroupTelegraphABC News

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-11T22:38:52+07:00 Mei 21st, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment