Cara Mengenali Jenis Jerawat & Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Medis

2 min read

Jenis Jerawat

Jerawat

Adalah kondisi kulit yang umum yang mempengaruhi kebanyakan orang di beberapa hal. Hal ini menyebabkan bintik-bintik, kulit berminyak dan terkadang kulit yang panas atau terkadang terasa sakit untuk disentuh. Jenis jerawat juga berbeda-beda.

Mengetahui tanda-tanda jerawat yang sedang Anda hadapi adalah langkah pertama dalam rejimen pengobatan yang berhasil, itulah sebabnya kami menyusun panduan praktis ini.

Jerawat Paling Sering Berkembang Pada

  • Wajah – ini mempengaruhi hampir semua orang yang berjerawat
    Punggung – ini mempengaruhi lebih dari setengah orang yang berjerawat.
  • Dadadan punggung  – ini mempengaruhi sekitar 15% orang dengan jerawat.

Mengapa Saya Memiliki Jerawat?

Jerawat paling sering dikaitkan dengan perubahan tingkat hormon selama pubertas, tapi bisa dimulai pada usia berapapun.
Hormon tertentu menyebabkan kelenjar penghasil minyak di samping folikel rambut di kulit menghasilkan sejumlah besar minyak (sebum abnormal).

Sebum yang abnormal ini mengubah aktivitas bakteri kulit yang biasanya tidak berbahaya yang disebut P. acnes, yang menjadi lebih agresif dan menyebabkan radang dan nanah.

Hormon juga menebalkan lapisan dalam folikel rambut, menyebabkan penyumbatan pori-pori (pembukaan folikel rambut). Membersihkan kulit tidak membantu menghilangkan penyumbatan ini.


Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Medis Dan Perawatan Untuk Jangka Panjang

Mohon klik disini untuk mendapatkan berbagai solusi dan cara untuk menghilangkan jerawat Anda.

cara menghilangkan jerawat


Kemungkinan Penyebab Jerawat Lainnya

Jerawat diketahui menurun dalam keluarga. Jika ibu dan ayah Anda memiliki jerawat, kemungkinan Anda juga memiliki jerawat.
Perubahan hormonal, seperti yang terjadi selama siklus menstruasi atau kehamilan, juga bisa menyebabkan episode jerawat pada wanita.

Tidak ada bukti bahwa makanan, kebersihan yang buruk atau aktivitas seksual berperan dalam terjadinya jerawat.


Cara Mengenali Jenis Jerawat

1. Whiteheads

Dalam hal penampilan, mereka cukup mirip dengan nama mereka: noda kecil dengan kepala “keputihan” keputihan yang dihasilkan saat folikel tertancap dengan sebum dan sel kulit mati. Sebum adalah kata lain untuk minyak tapi jangan khawatir. Kulit Anda membutuhkan sejumlah minyak alami untuk melindungi dan memberi nutrisi pada kulit Anda. Hanya saja bila ada kelebihan sebum dan sel kulit mati maka Anda berisiko tersumbat pori-pori.

2. Komedo (Blackheads)

Jika Anda melihat noda kecil yang terlihat seperti titik hitam, Anda ini adalah komedo. Seperti whiteheads, komedo, secara dermatologis, tergolong komedo. Tapi tidak seperti whiteheads, yang tertutup, komedo terbuka, maka penampilannya hitam-inilah yang terjadi saat puing-puing di dalam folikel menjadi teroksidasi. Comedo adalah istilah lain untuk folikel rambut tersumbat (pori-pori). Jadi jika sudah bersih dan tidak tersumbat dapat disebut sebagai pori-pori; Jika tersumbat, sebut saja sebagai komedo.

3. Peradangan (Papula)

Mengingat papula mewakili fase di luar whiteheads, ketika hadirnya bakteri, sebum dan sel kulit mati di bawah kulit dan hal inilah yang menyebabkan peradangan. Pada fase atau jenis papula, tidak ada nanah. Jerawat yang lebih besar dan disebut papula akan muncul. Papula adalah benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Mencolek jerawat papula dapat menyebabkan bekas luka setelah sembuh.

4. Pustula

Pustula mirip dengan papula, tapi bernanah. Karena mengandung nanah keputihan atau tampak kekuning-kuningan, mereka bisa terlihat seperti whiteheads yang lebih besar dan lebih “murka” dan mungkin terasa sakit saat disentuh. Sangat menggoda untuk ingin memencetnya segera, tapi pada akhirnya akan terjadi bekas luka setelah pemencetan jerawat tersebut. Kesabaran adalah kuncinya! Anda harus menunggu sampai whitehead terlihat. Kemudian Anda bisa mengekstraknya dengan hati-hati.

5. Jerawat Parah: Nodul, Kista dan Jerawat Conglobata

Jika Anda memiliki wajah yang penuh dengan noda besar, merah dan meradang yang tampaknya berlangsung berbulan-bulan, kemungkinan Anda memiliki satu jenis jerawat parah: nodul, kista atau jerawat conglobata. Ini menunjukkan kondisi yang lebih mendalam daripada jenis jerawat rata-rata Anda dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan permanen pada kulit Anda jika tidak diobati. Jika perawatan topikal dan pembelian obat di supermarket tidak membersihkan jerawat-jerawat ini setelah beberapa minggu, saatnya untuk menemui dokter kulit untuk mendapatkan obat dengan resep dokter.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Bio ClarityeHealth StarAmercan Academy of Dermatology

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *