Di Dalam Seni Rupa Islam: Tulisan Arab Atau Kaligrafi

Di Dalam Seni Rupa Islam: Tulisan Arab Atau Kaligrafi

Di dalam seni rupa Islam, tulisan Arab / Kaligrafi, biasanya isinya disadur dari ayat-ayat Al-Quran. Kaligrafi tidak hanya dibuat di secarik kertas, tetapi dapat juga di buat di atas logam atau kulit.

Kaligrafi adalah seni yang dihormati di antara berbagai seni rupa Islam, karena merupakan alat utama untuk melestarikan Al-Qur’an. Objek dari periode yang berbeda dan wilayah bervariasi dalam penggunaan kaligrafi dalam desain mereka secara keseluruhan, menunjukkan kemungkinan kreatif kaligrafi sebagai hiasan. Dalam beberapa kasus, kaligrafi merupakan unsur dominan dalam dekorasi.

 

 

Tulisan Arab Atau Kaligrafi

Skrip Muhaqqaq abad-14th-century. Al’Quran dari Dinasti Mamluk.

 

Kaligrafi Arab, Persia DanTurki Utsmaniyah

Kaligrafi Arab, Persia dan Turki Utsmaniyah memiliki hubungan dengan motif arabesque abstrak yang terdapat di dinding-dinding dan langit-langit masjid maupun di halaman buku. Para seniman kontemporer di dunia Islam menggali warisan kaligrafi mereka dan menggunakan tulisan kaligrafi atau abstraksi dalam berbagai karya seni mereka.

 

UNESCO Sharjah Prize untuk Budaya Arab

“Kaligrafi adalah geometri jiwa.” Ghani Alani

Merayakan melalui huruf, vitalitas bahasa dan kata atau bahkan ekspresi hidup – kaligrafi dianggap sebagai lebih dari sebuah seni tulisan tangan. Tetapi juga sebagai bentuk ekspresi, komunikasi dan penggambaran peradaban Arab-Islam yang terkenal dan yang berabad-abad kemudian, terus menemukan kembali budaya tersebut.

Ghani Alani, seorang kaligrafer Irak, lahir di Bagdad pada tahun 1937, dianugerahi UNESCO-Sharjah Prize untuk Budaya Arab pada tahun 2009. Sebagai salah satu guru besar kaligrafi kontemporer, ia menjelaskan bentuk seni dan bagaimana kaligrafi terus menjadi bentuk ekspresi banyak digunakan di zaman modern, termasuk kalangan seniman muda.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: UNESCO, Wikipedia

          

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2017-11-19T14:48:27+07:00 Juni 2nd, 2015|Geografi & Sejarah, Ilmu Pengetahuan|0 Comments

Leave A Comment