fbpx

Emas adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Au dan nomor atom 79

Emas

Karbon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Au dan nomor atom 79.

 

Fisik Emas

Emas mempunyai karakteristik sectile ( unak, elastis, mudah dibentuk, memiliki warna yang menarik (kuning, mengkilap, tidak mudah memudar), berat, tahan lama, tahan pada panas tinggi dan daya konduksi listrik juga sebagai perlawanan terhadap oksidasi (tahan korosi) sehingga emas memiliki banyak kegunaan. Namun karena emas sebagai salah satu logam coinage yang keberadaannya di alam sangat langka, menjadikannya sebagai logam yang sangat berharga.

Titik leleh emas murni adalah 1064 °C, meskipun ketika dicampur dengan unsur logam lainnya, seperti perak atau tembaga, logam campuran itu akan meleleh melebihi temperatur yang terukur. Titik didih emas, ketika emas diubah dari cairan menjadi gas, adalah 2860 °C.

 

Sejarah Emas

Peta tambang emas tertua diketahui pada Dinasti ke-19 Mesir Kuno (1320-1200 SM), sedangkan referensi tertulis pertama untuk emas tercatat pada Dinasti ke-12 sekitar tahun 1900 SM.

Hieroglif Mesir dari awal 2600 SM menggambarkan emas, yang Raja Tushratta dari Mitanni mengklaim “lebih banyak daripada kotoran” di Mesir.

Mesir dan terutama Nubia memiliki sumber daya untuk menjadikannya daerah penghasil emas utama untuk sebagian besar sejarah. Salah satu peta yang paling awal diketahui, yang dikenal dengan Peta Papirus Turin, menunjukkan rencana sebuah tambang emas di Nubia bersamaan dengan indikasi geologi setempat.

Metode kerja primitif dijelaskan oleh Strabo dan Diodorus Siculus, dan termasuk setting api. Tambang besar juga hadir melintasi Laut Merah di tempat yang sekarang menjadi Arab Saudi.

 

Kegunaan Emas Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Emas digunakan sebagai standar keuangan di banyak negara dan juga digunakan sebagai perhiasan, dan elektronik. Penggunaan emas dalam bidang moneter dan keuangan berdasarkan nilai moneter absolut dari emas itu sendiri terhadap berbagai mata uang di seluruh dunia, meskipun secara resmi di bursa komoditas dunia, harga emas dicantumkan dalam mata uang dolar Amerika.

 

Isotop Emas

Emas hanya memiliki satu isotop stabil, 197 Au, yang juga merupakan satu-satunya isotop alami, jadi emas merupakan unsur mononuclidic dan monoisotopic.

Tiga puluh enam radioisotop telah disintesis mulai dari massa atom 169 sampai 205. Yang paling stabil adalah 195 Au dengan waktu paruh 186,1 hari. Yang paling tidak stabil adalah 171 Au, yang meluruh oleh emisi proton dengan waktu paruh 30 μs.

Isotop emas terstabil

Iso­top Kelim­pahan Waktu paruh (t1/2) Moda peluruhan Pro­duk
195Au syn 186,10 d ε 195Pt
196Au syn 6,183 d ε 196Pt
β 196Hg
197Au 100% 197Au stabil dengan 118 neutron
198Au syn 2,69517 d β 198Hg
199Au syn 3,169 d β 199Hg

 

Emas

Emas, 79Au

 

Proses Ekstraksi Emas – Rumus Kimia Emas

2 Proses ekstraksi pada emas yaitu sianidasi dan amalgamasi.

1. Sianidasi

Proses Sianidasi terdiri dari dua tahap penting, yaitu proses pelarutan dan proses pemisahan emas dari larutannya. Pelarut yang biasa digunakan dalam proses cyanidasi adalah NaCN, KCN, Ca(CN)2, atau campuran ketiganya. Pelarut yang paling sering digunakan adalah NaCN, karena mampu melarutkan emas lebih baik dari pelarut lainnya. Secara umum reaksi pelarutan Au dan Ag adalah sebagai berikut:

4Au + 8CN + O2 + 2 H2O = 4Au(CN)2 + 4OH

4Ag + 8CN + O2 + 2 H2O = 4Ag(CN)2 + 4OH

Pada tahap kedua yakni pemisahan logam emas dari larutannya dilakukan dengan pengendapan dengan menggunakan serbuk Zn (Zinc precipitation). Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:

2 Zn + 2 NaAu(CN)2 + 4 NaCN +2 H2O = 2 Au + 2 NaOH + 2 Na2Zn(CN)4 + H2

2 Zn + 2 NaAg(CN)2 + 4 NaCN +2 H2O = 2 Ag + 2 NaOH + 2 Na2Zn(CN)4 + H2

Penggunaan serbuk Zn merupakan salah satu cara yang efektif untuk larutan yang mengandung konsentrasi emas kecil. Serbuk Zn yang ditambahkan kedalam larutan akan mengendapkan logam emas dan perak. Prinsip pengendapan ini mendasarkan deret Clenel, yang disusun berdasarkan perbedaan urutan aktivitas elektro kimia dari logam-logam dalam larutan cyanide, yaitu Mg, Al, Zn, Cu, Au, Ag, Hg, Pb, Fe, Pt. setiap logam yang berada disebelah kiri dari ikatan kompleks sianidanya dapat mengendapkan logam yang digantikannya.
Jadi sebenarnya tidak hanya Zn yang dapat mendesak Au dan Ag, tetapi Cu maupun Al dapat juga dipakai, tetapi karena harganya lebih mahal maka lebih baik menggunakan Zn. Proses pengambilan emas-perak dari larutan kaya dengan menggunakan serbuk Zn ini disebut “Proses Merill Crowe”.

2. Amalgamasi

Amalgamasi adalah proses penyelaputan partikel emas oleh air raksa dan membentuk amalgam (Au – Hg). Amalgam masih merupakan proses ekstraksi emas yang paling sederhana dan murah, akan tetapi proses efektif untuk bijih emas yang berkadar tinggi dan mempunyai ukuran butir kasar (> 74 mikron) dan dalam membentuk emas murni yang bebas (free native gold).
Proses amalgamasi merupakan proses kimia fisika, apabila amalgamnya dipanaskan, maka akan terurai menjadi elemen-elemen yaitu air raksa dan bullion emas. Amalgam dapat terurai dengan pemanasan di dalam sebuah retort, air raksanya akan menguap dan dapat diperoleh kembali dari kondensasi uap air raksa tersebut. Sementara Au-Ag tetap tertinggal di dalam retort sebagai logam.

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Tabel periodik unsur kimia

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Q FilesWikipediaEnvironmental Chemistry

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-06T11:39:34+00:00 Mei 5th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment