Evolusi Gerak Dansa Dari Generasi Ke Generasi – Dari Tahun 1920an sampai 2000an

Evolusi Gerak Dansa Sepanjang Dasawarsa

Tarian adalah bentuk seni, dari musik hingga budaya dan sejarah di baliknya, dansa telah menjadi cara orang untuk bisa mengekspresikan diri mereka selama beberapa dekade. Dari era flapper hingga mengalami demam disko, tarian telah berkembang dan berubah drastis sepanjang tahun.

Dari identitas budaya orang Amerika Serikat selalu memiliki gaya tarian yang berbeda untuk mengekspresikan perasaan mereka tentang ekonomi, masalah rasial, bahkan politik, dan kebetulan menandai banyak poin penting dalam sejarah kita. Dari tahun 1920 sampai tahun 2000an, berikut adalah beberapa gaya tarian yang paling populer untuk menyapu Amerika sepanjang tahun.

Mengaum tahun 1920-an Roarrr…

Tarian dari tahun 1920-an sering dibicarakan liar dan riang, dari kilau ke Charleston, Foxtrot hingga pesta Gatsby. Sebagian besar gaya tarian dari tahun 1920 dilakukan di klub. Di klub, mereka melakukan kontes menari yang disebut maraton, yaitu saat Anda menari sampai Anda tidak bisa menari lagi.

Pada akhir 1920-an muncul tango dan waltz, yang masih memainkan peran dalam sejarah saat ini dari pertunjukan tarian seperti “Dancing with the Stars” menjadi “So You Think You Can Dance“.

 

Dansa 1930-an dan 1940-an

Tahun 1930an dan 1940an adalah tahun-tahun jazz dan tarian Swing “ayun goyang”, seperti Jitterbug sampai ke lompatan Lindy. Jenis tarian Rumba juga sangat populer pada saat itu (berasal dari kuba diiringi musik dengan pemindahan tekanan untuk irama 2/4 atau 4/4). Menari tetap sangat populer sepanjang kekacauan yang terjadi pada tahun 1930an.

Setiap orang yang keluar nge-dance pasti banyak yang menari dulu dan kita tidak bisa lolos dari dansa seperti itu.

 

Dansa 1950-an

Tahun 1950-an adalah bagi kebanyakan orang tahun pertumbuhan dan pemberontakan. Tarian utama dari tahun 1950an seperti bop, twist dan tarian lainnya yang populer dari era rock and roll ini memengaruhi film seperti “Grease” dan “Hairspray”.

Dari rok pudel, kaus kaki, dan sepatu tenis putih mereka, inilah era wanita pink dan menari “dirty dancing”. Terutama dengan panggul Elvis, bibit tarian yang “dirty dancing” telah ditanam.

 

Dansa 1960-an

Mayoritas tarian di tahun 1960 tidak termasuk pasangan dansa. Mereka memiliki tarian seperti “Kentang Tumbuk”, Fly, the Monkey dan the Funky Chicken. Lebih dari 400 tarian baru diperkenalkan pada tahun 1960an. Seniman seperti Nat Cole dan The Beatles memiliki dampak besar di era tarian ini. Beberapa film yang dipasarkan dari era ini adalah “Kucing” dan “West Side Story.”

 

Dansa 1970-an

Salah satu era favorit saya, tahun 1970an! Era disko yang penuh warna, cerah, penuh perasaan, dari tarian seperti keramaian, jalur kereta YMCA, dan jiwa, era optimis ini membuat semua orang berjinjit atau harus saya katakan “sepatu platform mereka”. Disco juga diekspresikan dengan sangat seksual di lantai dansa dari lagu-lagu seperti “Macho Man”, “Love Machine” dan “Foxy Lady”.

Banyak orang akan mengekspresikan diri mereka menari terbaik dengan musik penting lainnya untuk disko. Film seperti “Saturday Night Fever” yang dibintangi John Travolta didasarkan pada era ini.

 

Dansa 1980-an

Musik reggae dikenal di Indoneia mulai tahun 1980an. Untuk sebagian orang street dance, breakdance yang diawali dari tahun 1980-an. Tergantung selera Anda!

 

Dansa 2000-an

The Running Man(Shuffle Dance) adalah tarian yang berasal dari tahun 1980-an dan akan dilakukan terutama oleh MC Hammer selama konser live show dan video musik, tapi baru mencapai popularitas di tahun 2000-an.

Modern dance sekarang terbagi menjadi bermacam-macam.

Robot Dance/robottic

The ROBOT DANCE adalah sebuah ilusi gaya tari ± sering bingung dengan bermunculan yang mencoba untuk meniru sebuah menari robot atau manekin. Itu berasal oleh Charles Washington,juga dikenal sebagai Charles Robot pada akhir tahun 1960-an , dan memperoleh ketenaranlebih lanjut setelah The Jacksons melakukan tarian ketika mereka tampil Dancing Machine.

Blood-Elf Dance

Ini adalah tarian flexible atau tarian lentur.Ini merupakan Tarian Baru era jamansekarang.Banyak Anak muda mengikuti tarian ini.

Toprocks 

menampilkan gerakan yang membtuhkan fleksibilitas, gaya , dan yang paling penting irama. Tarian ini biasa digunakan pada awal pertunjukkan sebagai pemanasan beberapa gaya akrobatik lain. Dowrock biasanya ditampilan dengan posisi tangan dan kaki pada lantai. Pada downrock, seorang breaker menampilkan perputaran tubuh dengan kecepatan kaki dan kontrol dengan cara mengkombinasi gerakan kaki. Kombinasi ini akan menampilkan gaya yang disebut power moves;;The windmill adalah gerakan populer daripower move.

Power Move 

adalah gerakan yang membutuhkan momentum dan kekuatan fisik untuk menjalankannnya. pada power movebreaker lebih bergantung pada kekuatan tubuh bagian atas untuk menari, menggunakan tangan untuk bergerak. Power Move terdiri dari WindmillSwipe, danFlare. Beberapa gerakan meminjam dari bela diri seperti buttertfly kick.

Moonwalk Dance

The Moonwalk atau backslide adalah sebuah teknik tarian yang menghadirkan ilusi penari ditarik ke belakang ketika mencoba untuk berjalan maju.Sebuah breakdancing bergerak, itu menjadipopuler di seluruh dunia setelah dieksekusi Michael Jackson tarian bergerak dalam “ Billie jean on Motown “. Tari ini kemudian menjadi trade mark dan terkenal didunia, dan sekarang salah satu teknik yang terbaik di dunia.

Sexy dance

Sexy Dance ialah tarian dimana para dancer menari dengan menonjolkan sisi ke-sexy an nya.

Popping

adalah tari funky dan jenis tari jalanan yang berdasar pada teknik mengkontraksi dan melemaskan otot sehingga menimbulkan efek kejut pada tubuh penari, disebut juga pop atau hit. Hal ini dilakukan secara terus – menerus mengikuti ketukan lagu dana dikombinasikan dengan berbagai macam gerakan dan pose. Penari popping biasa disebut sebagai popper.Diketahui bahwa popping berkembang di Fresno, California di tahun 1970an, terinspirasi dari locking juga.Seperti tari – tari jalanan lainnya, popping juga sering dipertunjukkan dalanm bentuk battle, mencoba menonjolkan penari – penari atau tim tari di depan banyak orang. Hal ini akan memberi ruangan untuk improvisasi, seperti membuat interaksi kepada tim lawan.

Shuffle dance

adalah street dance yang pertama kali dibawakan oleh kelompok dance dari Melbourne, Australia. Shuffle Melbourne membawakan tariannya ini sekitar pada tahun 1980an. Namun pencipta awalnya adalah Paula Abdul, seorang koreografer pada tahun 1980an. Tarian ini mulai ngetrend di Australia sekitar pada tahun 2004 dan sampai di Indonesia sekitar tahun 2006.

Gerakan dance yang ini terhitung berbeda dengan dance yang lainnya, karena tariannya lebih mengandalkan kekuatan kaki. Shuffle dance lebih menggabungkan gerakan tangan dengan kaki yang lebih berfokus pada tumit. Gerakannya seputar langkah hopping atau geser yang dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan tertentu dan terlihat seperti seorang pelari.

Macam-macam gerakan Shuffle antara lain adalah runningman, shuffle, glide, spin, spin and kick dan extreme spin. Running Man adalah gerakan berlari di tempat namun tidak berpindah serupa dengan orang sedang berlari namun dengan menggunakan kecepatan yang teratur . Sedangkan Shuffle adalah pengembangan dari runningman dengan berpindah ke kanan kiri atau depan belakang di ikuti dengan hentakan kaki. Sedangkan glide spin dan glide serta extream spin adalah gerakan yang digubah atau dikembangkan yang awal atau dasar geraknya adalah runningman dan shuffle.

Shuffle dance ini juga selain terlihat keren dalam gerakannya juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain yaitu bisa mengurangi berat badan karena ber-shuffle selama 10 menit sama dengan treadmill selama 30 menit. Selain itu bisa menyehatkan badan karena semua indera gerak kita dipakai dalam tarian ini. Juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Jadi selain untuk tempat menyalurkan hobi dance dan life style, juga dapat untuk kesehatan. Silahkan mencoba teman.

Breakdance

breaking, b-boying atau b-girling adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop di antara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City yang brutal pada tahun 1970. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix (lagu yang di aransemen ulang). Seorang breakdancer, breaker, b-boy atau b-girl adalah orang yang memainkan gerakan breakdance. Breakdance adalah salah satu unsur dari 5 unsur hip-hop yaitu mc, gravity, dj dan streetball.

Breakdance memiliki macam-macam gerakan dasar/basic seperti top rock/up rock,footwork,freeze dan power moves. Breakdance memiliki macam-macam istilah/nama lain seperti breaking dan b-boying. Breakdance datang dari Bronx,New York.Istilah ” B-boy atau B-boying ” dibuat oleh Kool Herc. B-boys memiliki arti break boy atau orang-orang yang melakukan breakdance. Seorang B-Boy harus bisa menguasai seluruh element gerakan/moves dalam breakdance. Ini masih menjadi kontroversi hingga kini dimana ada sebagian B-boy yang fokus pada Powermoves dan ada sebagian B-boy yang hanya fokus pada style dan skill individual seperti footwork dan freeze. Breakdance dulu bernama ” Good Foot from James Brown “. Nigger Twins,Clark Kent dan Zulu Kings adalah nama-nama B-boy yang terkenal pada zamannya.

Breakdance mulai menunjukan geliatnya ketika DJ Koll Herc mulai menghasilkan musik yang sedikit berbeda dengan musik-musik pada zaman dulu. Sebuah musik Hip Hop dengan beat yang patah-patah atau biasa disebut dengan break beat yang berjasa dalam menghasilkan musik yang dapat menginspirasi para breaker menciptakan gaya-gaya yang atraktif dan unik. Selain sebagai DJ yang menciptakan sebuah musik yang sangat pas untuk breakdance, Koll Herc juga termasuk salah satu senior di dunia musik Hip Hop yang pada saat itu rela menjadikan tempat tinggalnya sebagai markas untuk komunitas ini.

Breakdancing, adalah gaya tarian yang berevolusi sebagai bagian dari budaya hip-hop di antara Hitam dan Amerika Latin pemuda di BronxSelatan, New York City selama tahun 1970-an. menari-nari untuk kedua hip-hop dan genremusik lain yang sering remixed untuk memperpanjang istirahat musik. Satu yang praktek gayatarian ini disebut b-anak laki-laki, b-gadis, atau breaker. Meskipun breakdance adalah istilah b-boying dan melanggar lebih disukai oleh sebagian besar bentuk seni yang palingmenonjol pionir dan praktisi.

Tutting

adalah jenis tari dimana tubuh modern dan gerakan lengan didasarkan pada sudut matematika dan / atau geometris dan bentuk. Ini gaya tari jalanan juga dikatakan interpretatif di alam dan beberapa gerakan, terutama yang dari lengan, diambil dari hieroglif, tulisan dinding atau kuno Mesir.

Gerakan yang terlibat dalam tutting dilakukan untuk meniru berbagai sudut dan bentuk dan ini dilakukan bersama dengan irama musik tertentu atau irama, membuat seluruh tarian rutin agak robot. Pada titik pandang pemirsa, maka akan tampak seperti orang yang melakukan langkah tutting adalah menampilkan berbagai bentuk dan sudut. Beberapa bergerak dari berdecak disebut “King Tut”, yang mungkin berevolusi dari referensi tarian untuk Mesir seni dan Firaun Mesir Tutankhamun.Tutting pertama kali populer di YouTube pada tahun 2009. Secara khusus “finger tutting” menemukan penggemarnya, terutama bagi para remaja karena gaya dance yang mudah serta penuh inovasi gerakan-gerakan sederhana dengan hanya menggunakan kedua tangan.

Tutting itu sendiri merupakan gaya tari jalanan (street dance) kontemporer, yang dasar tariannya berasal dari jaman hieroglif Mesir (Mesir kuno). Istilah Tutting berasal dari nama Firaun Mesir; Tutankhamun. Tutting dilakukan dengan cara menyesuaikan irama musik ‘dengan mengubah posisi tubuh dan anggota badan dengan gaya atau gerakan robot. Pada masa sekarang, finger tutting adalah gerakan tarian yang dilakukan hanya dengan menggunakan jari-jari

Dubstep

Mungkin tarian ini bisa dilakukan oleh jenis tarian manapun, karena tarian ini mengkolaborasikan beat/ketukan lagu dengan gerakan . dan Dubstep adalah genre musik dansa elektronik yang berasal dari London Tenggara, awalnya hanya menjadi salah satu tema bagi kalangan tertentu saat merayakan pesta.

Musik Dubstep mulai ramai dibicarakan pada 2001 di kalangan anak muda London, Inggris. Dubstep populer buat anak muda yang suka bereksperimen dengan musik garasi. Dengan makin maraknya musik-musik remix juga ikut membuat jenis musik ini tersebar luas.

 

Floss dance

 

 

Apa sebenarnya tarian itu? Ini adalah ketika Anda mengayunkan lengan kaku dan pinggul Anda serempak, semua sambil bergantian dengan mengayunkan lengan Anda di belakang belakang Anda dari kiri ke kanan atau sebaliknya, membuatnya terlihat seperti flossing gigi, tetapi tidak ada gigi yang terlibat. Gerakan itu sendiri, tampak sederhana, tetapi bagian yang menantang, mampu melakukannya dengan sangat cepat.

Tarian ini diduga diciptakan oleh penduduk asli Georgia berusia 16 tahun, Russel Horning, juga dikenal sebagai “Kid Backpack.” Horning telah memposting video sejak awal 2015 saat menari dengan tas ranselnya, tetapi mendapat ketenaran serius saat melakukan tarian selama penampilan Katy Perry di Saturday Night Live.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: The Odyssey OnlineSocial Dance

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-20T23:52:14+00:00 Desember 11th, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment