10 Fakta Mesir Kuno – Temukan Rahasia Peradaban Kuno Ini

Perabadan Mesir Kuno

Mesir Kuno adalah suatu peradaban kuno di bagian timur laut Afrika. Peradaban ini terpusat di sepanjang hilir sungai Nil. Peradaban ini dimulai dengan unifikasi Mesir Hulu dan Hilir sekitar 3150 SM dan selanjutnya berkembang selama kurang lebih tiga milenium.

Mesir terkenal juga dengan peradaban kuno & beberapa monumen kuno termegah di dunia misalnya Piramid Giza, Kuil Ramses & Kuil Karnak, Lembah Raja. Di Luxor, sebuah kota di wilayah selatan terdapat kira-kira artefak kuno yang mencakup sekitar 65% artefak kuno di seluruh dunia. Kini, Mesir diakui secara luas sebagai pusat budaya dan politikal utama di wilayah Arab & Timur Tengah.

 

10 Fakta Mesir Kuno

 

1. Sebagian besar piramida Mesir Kuno dibangun sebagai makam untuk Firaun (penguasa Mesir Kuno) dan keluarga mereka. Sampai saat ini, lebih dari 130 piramida telah ditemukan di Mesir.

Piramida Mesir Kuno

 

2. Kehidupan akhirat sangat penting bagi orang Mesir. Mereka percaya bahwa dengan melestarikan tubuh orang mati – yang mereka lakukan melalui proses mumifikasi – jiwa mereka akan hidup selamanya.

z
,
a
H A53
Mumi (sˁḥ)
dalam Hieroglif

 

Mumi zaman mesir kuno Pharaoh Tutankhamun

 

3. Piramida Khufu di Giza adalah piramida Mesir terbesar. Struktur yang luar biasa ini berbeban sebanyak 16 bangunan Empire State di New York – Amerika Serikat!

Piramida Khufu

 

4. Baik pria dan wanita Mesir memakai make-up riasan. Cat mata biasanya berwarna hijau (terbuat dari tembaga) atau hitam (terbuat dari timah). Serta menawarkan perlindungan dari matahari, orang Mesir percaya bahwa make-up memiliki kekuatan penyembuhan yang magis juga!

Riasan mesir kuno


5. Jika Anda ingin membuka perban mumi Mesir Kuno bisa membentang sejauh 1,6 km.

Mumi Mesir Kuno


6. Alfabet Mesir yang bernama hieroglif, berisi lebih dari 700 hieroglif!

Alfabet Mesir yang bernama hieroglif


7. Orang Mesir kuno percaya pada lebih dari 2.000 dewa. Mereka memiliki Tuhan atau Dewa untuk segalanya, dari bahaya hingga masalah tugas atau pekerjaan. Masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda dan perlu disembah agar kehidupan bisa tetap seimbang.

Dewa dewa mesir kuno


8. Kucing dianggap sebagai binatang suci oleh orang Mesir Kuno. Diperkirakan kebanyakan keluarga memelihara seekor kucing sebagai hewan peliharaan, yang mereka percaya akan membawa keberuntungan untuk rumah tangga mereka.

Kucing Mesir Kuno


9. Satu permainan populer adalah Senet, yang dimainkan selama lebih dari 2.000 tahun! Permainan melibatkan melempar tongkat kecil (dengan cara yang sama seperti melempar dadu) untuk melihat berapa banyak kotak untuk memindahkan bagian Anda ke depan di papan tulis.

Nama lengkap permainan ini di zaman Mesir Kuno berkemungkinan zn.t n.t ḥˁb, yang berarti “permainan lewat”.

Mesir kuno - permainan papan Senet

Permainan papan Senet


10. Orang-orang Mesir Kuno menemukan banyak hal yang masih kita gunakan saat ini, seperti kertas papirus, bolpen, kunci dan gembok dan – percaya atau tidak – pasta gigi.

Tidak ada yang akan menyangkal bahwa orang dari negeri Cina yang mengubah dunia selamanya dengan penemuan kertas sekitar 140 SM. Tapi yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa orang Mesir Kuno telah mengembangkan pengganti yang mengagumkan ribuan tahun sebelumnya dari daun papirus.

 

Fakta Mesir Kuno


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: National GeographicAncient History ListsScience How Stuff Works

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-07T15:24:56+07:00 September 16th, 2015|Geografi & Sejarah, Top 10|0 Comments

Leave A Comment