Gunung Berapi Stromboli – Meletus Secara Konstan Selama Lebih Dari 20 000 Tahun

Gunung Berapi Stromboli

Gunung berapi Stromboli, dijuluki sebagai “mercusuar dari Mediterania”, gunung berapi setinggi 926 meter di lepas pantai Italia, adalah letusan hampir konstan selama lebih dari 20 000 tahun. Ia melepaskan asap dan fragmen lava setiap 20 sampai 40 menit.

 

Bentuk Stromboli bagian timur laut-sebagian besar pulau-pulau Aeolian. Basisnya dimulai lebih dari 1000 meter di bawah permukaan Laut Tyrrhenian dan naik ke ketinggian 924 meter di atas permukaan laut.


Mengapa Fenomena Gunung Stromboli Terus Meletus Secara Konstan?

Memahami proses yang menyebabkan letusan gunung berapi dapat membantu ilmuwan memprediksi seberapa sering dan seberapa keras gunung berapi akan meletus.

Meskipun para ilmuwan memiliki gambaran umum tentang bagaimana proses ini bekerja – pencairan magma di bawah gunung berapi menyebabkan magma dan gas cair memaksa jalan mereka ke permukaan bumi – letusan terjadi sangat jarang dan seringkali dengan sedikit peringatan, bahwa hal itu bisa sulit dilakukan untuk mempelajari mereka secara rinci.

Gelembung gas raksasa tidak bisa mendorong letusan Stromboli karena gelembung tersebut tidak sesuai dengan hukum dasar dinamika fluida atau ilmu tentang bagaimana cairan bergerak. Malahan gelembung besar yang muncul di puncak saluran Stromboli – seperti bukaan piapa yang menghubungkan ruang magma gunung berapi ke permukaan bumi.

Mr Suckale (Seorang mahasiswa pascasarjana di MIT Department of Earth, Atmospheric and Planetary Sciences) berpikir bahwa letusan disebabkan oleh “steker spongel” (bentuk lahan dibuat saat magma vulkanik mengeras di dalam lubang angin di sebuah gunung berapi yang aktif) yang terletak di dalam saluran, mirip dengan gabus di dalam botol sampanye, yang meretakkan setiap beberapa menit sebagai akibat tekanan yang diciptakan oleh tekanan gelembung yang jauh lebih kecil.


Pemukiman Di Daerah Stromboli – Italia

Dua desa San Bartolo dan San Vincenzo terbentang di timur laut sementara desa kecil Ginostra terletak di barat daya. Secara administratif, mereka adalah salah satu Frazione dari Lipari (Italia).

Pada awal 1900-an beberapa ribu orang menghuni pulau itu, namun setelah beberapa emigrasi, jumlah penduduknya berjumlah beberapa ratus pada pertengahan tahun 1950an.

Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahui bahwa ada sekitar 400 sampai 750 orang yang tinggal di pulau Stromboli, dalam bayangan gunung berapi!

 

Peta Lokasi Gunung Berapi Stromboli

Peta yang menunjukkan lokasi Stromboli, di Laut Tyrrhenian. Peta oleh Geology.com dan MapResources. Gunung berapi terdekat: Etna, Vesuvius.


Jenis Gunung Berapi Stromboli

Stratovolcano

Pegunungan (gunung berapi) yang tinggi dan mengerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras. juga dikenal sebagai gunung api komposit.

 

Kerucut piroklastik

Kerucut vulkanik adalah di antara yang paling sederhana vulkanik bentang alam. Mereka dibangun dengan ejecta dari ventilasi vulkanik, menumpuk di sekitar ventilasi dalam bentuk kerucut dengan pusat kawah. Ejecta dalam vulkanik adalah partikel yang keluar dari celah vulkanik, bergerak di melintasi udara atau air, dan jatuh kembali ke permukaan tanah atau dasar laut


Jenis Batu Gunung Berapi Stromboli

Utama

  • Trachyandesite / Trachyandesite Basaltik
  • Andesit / Andesit Basalitik
  • Basalt / Picro-Basal


Minor

  • Trachyte / Trachydacite
  • Trachybasalt / Tephrite Basanite


Bacaan Lainnya

 

Gunung Berapi Stromboli Italia

 

Photo Credit: Volcano Discovery

Sumber bacaan: GeologyVolcano DiscoveryItaly’s VolcanoSmitsonian Institution (Stratovolcano)Smitsonian Institution (Stromboli)Geophysical Research Letters, Science Daily


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 

loading…


By | 2017-06-22T16:12:59+00:00 Juni 18th, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment