Fakta Ubur-Ubur

Fakta Ubur-Ubur

Ubur-ubur menjadi salah satu hewan yang ditakuti banyak orang yang berlibur ke pantai, karena ubur-ubur dikenal memiliki sengatan yang jahat. Namun, sesungguhnya banyak fakta ubur-ubur lain yang bisa kita ketahui tentang ubur-ubur. Mereka memiliki beberapa karakteristik yang unik dalam sejarah dan siklus kehidupan mereka.

 

1. Ubur-ubur terbuat lebih dari 95% air

Tubuh ubur-ubur sangat lembut dan halus. Mereka juga tidak memiliki struktur rangka atau cangkang luar. Ubur-ubur membutuhkan air untuk kebutuhan tubuh mereka, jika mereka tidak mendapatkan air atau dikeluarkan dari air, maka mereka akan mati.

 

2. Ubur-ubur merupakan simetri radial

Ini maksudnya adalah mereka simetris, dari atas tubuh bell mereka hingga ke ujung tentakel. Mereka memiliki sisi atas dan bawah, tetapi tidak memiliki sisi kiri dan akan. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis hewan lainnya, seperti mamalia, reptile, burung dan arthropoda yang merupakan simetri bilateral

 

3. Ubur-ubur tidak memiliki otak, darah, dan sistem saraf

Indera yang mereka miliki sangat primitif. Mereka memiliki bintik mata yang dapat merasakan cahaya gelap dan lubang chemosensory yang membantu mereka mengidentifikasi mangsa.

 

4. Ubur-ubur memiliki sistem pencernaan yang sederhana, hanya dengan satu lubang

Mereka mengambil makanan melalui mulut yang terletak di bagian bawah belnya. Makanan  kemudian dicerna dalam struktur kantung yang disebut coelenterons atau rongga gastrovascular. Bahan limbah atau sisa makanan pun diteruskan melalui mulut itu.

 

5. Bergerak seperti jet air

Untuk bergerak maju, ubur-ubur mengambil air ke dalam otot bel mereka kemudian meyemprotkannya keluar dari belakang tubuh mereka. Itu mencipakan bentuk mirip jet air. Selain melalui gerakan itu, ubur-ubur juga bergerak dengan cara melayang pada arus air.

 

6. Tubuh mereka terdiri dari 3 lapisan

Lapisan luar tubuh mereka disebut epidermis, lapisan tengah terdiri dari zat kental yang disebut mesoglea, dan lapisan terdalam melapisi rongga gastrovascular yang disebut gastrodermis.

 

7. Ribuan nematocytes terletak di tentakel, lengan, dan mulut ubur-ubur

Nenatocytes terdiri dari kapsul yang menyimpan gulungan duri berongga, kantung vemon, dan rambut pemicu sensitive kemo yang mendeteksi mangsa yang dapat dimakan. Mereka akan melumpuhkan mangsa dengan racun mereka.

 

8. Ubur-ubur termasuk dalam Filum Cnidaria

Ini merupakan kelompok hewan yang semuanya adalah simetris radial, termasuk karang, anemone laut, dan ubur-ubur.

 

9. Ada sekitar 200 spesies ubur-ubur sejati

Ubur-ubur Sejati adalah spesies yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Contoh dari spesies ini adalah ubur-ubur bulan, ubur-ubur meiditerania, sea nettles, ubur-ubur lion mane, ubur-ubur biru, dan masih banyak spesies yang kurang dikenal. Untuk kelas Cubozoa, mencakup sekitar 20 spesies tidak dianggap sebagai Ubur-ubur Sejati. Kelas Cubozoa juga disebut sebagai ubur-ubur kotak.

 

10. Spesies craspedacusta sowerbii kadang-kadang disebut sebagai satu-satunya spesies ubur-ubur air tawar, meski bukan termasuk ubur-ubur sejati

Craspedacusta sowerbii termasuk dalam kelas Hydrozoa, bukan kelas scyphozoa.

 

Jelatang laut (Chrysaora quinquecirrha), salah satu anggota Semaeostomeae

Jelatang laut (Chrysaora quinquecirrha), salah satu anggota Semaeostomeae.

 

Nausithoe aurea, salah satu anggota Coronatae

Nausithoe aurea, salah satu anggota Coronatae.

 

Bacaan Lainnya

 

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oh begitu ya…” akan semakin sering terdengar jika Anda mengunduh (download) aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Wikipedia

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T12:07:47+07:00 Februari 1st, 2018|IPA|0 Comments

Leave A Comment