PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Firaun Paling Terkenal dan Terbesar Pada Zaman Mesir Kuno

6 min read

Firaun paling terkenal

Firaun Paling Terkenal

Di bawah ini adalah firaun paling terkenal. Selama lebih dari 3.000 tahun, banyak firaun memerintah Mesir kuno. Jika tidak mungkin untuk membuat daftar yang tepat, hari ini diperkirakan bahwa mereka antara 190 dan 260 untuk menggantikan satu sama lain di atas takhta. Beberapa telah terlupakan; yang lainnya, pria dan wanita, telah menandai sejarah dengan nama mereka. Temukan yang terbaik dari mereka.

1. Cheops, yang membangun piramida besar Giza.
2. Ramses II, seorang penakluk yang hebat.
3. Amenophis IV atau Akhenaten, yang mencoba mengubah agama Mesir
4. Tutankhamun, yang makamnya ditemukan hampir utuh pada tahun 1922.
5. Cleopatra yang dikalahkan oleh Romawi, bunuh diri pada 29 SM. AD dan merupakan firaun terakhir.
6. Hatshepsut terkenal karena pemerintahannya yang sukses dan proyek pembangunan yang ambisius, terutama pembangunan kuil kamar mayatnya di Deir el-Bahari.
7. Seti I, terkenal karena kampanye militernya, proyek pembangunan kuil, dan relief serta dekorasi indah di kuil kamar mayatnya, khususnya Daftar Raja Abydos, yang memberikan informasi berharga tentang firaun Mesir kuno.
8. Tutmose IV, terkenal dengan Prasasti Impiannya, yang menceritakan visi ilahi dan melegitimasi klaimnya atas takhta, serta restorasi dan penyelesaian Sphinx Agung Giza, yang telah terkubur di pasir selama berabad-abad.
9. Ramses III, dikenal karena kemenangan militernya melawan pasukan penyerang, termasuk Masyarakat Laut, dan upayanya menjaga stabilitas dan keamanan pada masa pemerintahannya, seperti yang digambarkan dalam prasasti di kuil kamar mayatnya di Medinet Habu.

Firaun memegang kail dan cambuk, lambang kekuasaan kerajaan. Ia juga memiliki ankh yang merupakan sejenis salib yang melambangkan keabadian. Dari dagunya menggantung janggut palsu yang lurus, ciri khas raja, yang berbeda dari janggut melengkung para dewa. Dia memiliki hiasan kepala: nemes. Di sarangnya ada kobra pelindung (Uraeus) dan burung nasar pelindung.

Cheops (Khufu) dan Ramses II, dua firaun paling terkenal dan terbesar di Mesir kuno

Khufu atau Cheops akan memerintah antara 2551 dan 2526 SM. Dia sangat terkenal karena pencapaian arsitektural yang dia lakukan. Kami berhutang padanya khususnya pembangunan piramida besar Giza, satu-satunya Keajaiban dunia kuno yang bertahan selama berabad-abad.

Kairo Museum Statuette Cheops 03 (cropped)
Statuette of the sitting king Cheops of the 4th ancient Egyptian dynasty (height: 7.5 cm, width: 2.5 cm, depth: 2.9 cm), found 1903 in Abydos, exhibited at the Egyptian Museum in Cairo, Egypt. Olaf TauschCC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Ramses II memerintah Mesir dari 1279 sampai 1213 SM Dikenal karena telah mengalahkan orang Het, dia sering dianggap sebagai firaun yang menentang Musa. Namun, tidak ada bukti sejarah yang dapat membuktikan hal ini!

Luxor-Tempel 27
Patung raksasa Ramses II berdiri di antara tiang-tiang Kuil Luxor. Olaf TauschCC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Amenophis IV atau Akhenaten

Dikenal karena reformasi agamanya, termasuk promosi Aten, dewa matahari, sebagai dewa tertinggi, dan pendirian ibu kota baru, Amarna, yang didedikasikan untuk pemujaan Aten.

Statue of Akhenaten, Egyptian Museum, al-Qāhirah, CG, EGY (46992837435)
Era Akhenaten, juga dikenal sebagai Periode Amarna, terjadi pada masa Dinasti ke-18 Mesir kuno, kira-kira antara tahun 1353 dan 1336 SM (kira-kira 3.370 hingga 3.353 tahun yang lalu). Ia memerintah sebagai firaun pada masa ini dan memprakarsai reformasi agama dan seni yang signifikan, terutama yang berpusat pada pemujaan terhadap cakram matahari, Aten. Warren LeMay from Cincinnati, OH, United States, CC0, via Wikimedia Commons

Akhenaten memperkenalkan konsep revolusioner yang berpusat pada pemujaan terhadap satu dewa, Aten, yang dilambangkan dengan cakram matahari. Pergeseran agama ini menjauh dari kepercayaan politeistik di Mesir, yang menganut banyak dewa dan dewi. Aten digambarkan sebagai piringan matahari dengan sinar yang ujungnya di tangan memegang simbol ankh, menandakan kehidupan.

Cleopatra VII, salah satu ratu terbesar Mesir kuno

Meski tidak menyandang gelar firaun, Cleopatra VII memiliki semua atribut. Naik tahta pada 51 SM, dia menjadi ratu legendaris Mesir kuno.

Giambattista Tiepolo - The Banquet of Cleopatra - Google Art Project
Lukisan oleh Giovanni Battista Tiepolo, Perjamuan Cleopatra, 1743–44. Giovanni Battista Tiepolo, Public domain, via Wikimedia Commons

Terkenal karena kecantikannya, dia terkenal karena hubungannya dengan Julius Caesar dan kemudian Marc Antoine. Dengan bunuh diri pada 30 SM, dia memperkuat legendanya.

Bust of Cleopatra VII - Altes Museum - Berlin - Germany 2017 (2)
Cleopatra, Ratu-Firaun Mesir. Patung Cleopatra VII yang dikenal sebagai Cleopatra (Museum Altes, Berlin), potret ratu yang paling mungkin. © José Luiz Bernardes Ribeiro (CC BY-SA 4.0)

Tutankhamun

Tutankhamun adalah salah satu firaun paling terkenal di Mesir kuno. Namun, ketenarannya terutama karena harta karun yang menyembunyikan penguburannya. Tiba di atas takhta pada usia sembilan tahun, dia hanya akan memerintah selama sepuluh tahun.

Keahlian yang teliti dan kekayaan barang-barang yang ditemukan di makam Tutankhamun mencerminkan kemewahan dan keterampilan artistik canggih dari peradaban Mesir kuno. Penemuan makam ini memberikan wawasan yang sangat berharga mengenai praktik penguburan Mesir kuno, keyakinan agama, dan adat istiadat kerajaan.

Segundo sarcófago de Tutankhamón
Replica of the second sacophagus from the tomb of Tutankhamun. Jl FilpoCCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Hatshepsut

Salah satu dari sedikit firaun perempuan, Hatshepsut terkenal karena pemerintahannya yang sukses dan proyek pembangunan yang ambisius, terutama pembangunan kuil kamar mayatnya di Deir el-Bahari.

Seated Statue of Hatshepsut MET Hatshepsut2012
Statue of Hatshepsut on display at the Metropolitan Museum of Art, New York City. Metropolitan Museum of Art, CC0, via Wikimedia Commons

Hatshepsut, seorang tokoh luar biasa dalam sejarah Mesir kuno, dikenal sebagai salah satu dari sedikit wanita yang memerintah sebagai firaun. Pada masa pemerintahannya dari tahun 1479 SM hingga 1458 SM, ia awalnya menjabat sebagai wali untuk anak tirinya, Thutmose III, sebelum mengambil alih kekuasaan penuh firaun. Pemerintahannya yang berlangsung selama hampir 22 tahun, sebuah pemerintahan yang relatif lama pada saat itu, ditandai dengan perdamaian dan kemakmuran, dengan fokus pada perdagangan dan diplomasi. Dia menugaskan proyek pembangunan yang ambisius, termasuk kuil kamar mayat yang mengesankan di Deir el-Bahri, dan meluncurkan ekspedisi perdagangan ke Punt (sekarang Somalia), membawa kembali sumber daya yang berharga.

Hatshetsup-temple-1by7
Mortuary temple of Hatshepsut
Djeser-Djeseru.. Ian Lloyd, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Hatshepsut mempromosikan dirinya sebagai penguasa yang kuat dengan mengadopsi pakaian dan gelar tradisional firaun laki-laki. Dianggap sebagai salah satu firaun paling sukses dalam sejarah Mesir, pemerintahannya menandai masa keemasan perdamaian dan kemakmuran, yang menjadi inspirasi bagi penguasa perempuan di masa depan. Ia adalah putri Raja Thutmose I dan Ratu Ahmose dan menikah dengan saudara tirinya Thutmose II, yang kemudian menjadi wali bagi anak tirinya. Meskipun ada upaya dari para penguasa di kemudian hari untuk menghapus pencapaiannya dari sejarah, makamnya masih bertahan, memberikan wawasan berharga tentang pemerintahannya.

Seti I

Terkenal karena kampanye militernya, proyek pembangunan kuil, dan relief serta dekorasi indah di kuil kamar mayatnya, khususnya Daftar Raja Abydos, yang memberikan informasi berharga tentang firaun Mesir kuno.

Abydos sethi
Gambar Seti I dari kuilnya di Abydos, di Mesir Hulu. Dibangun di sekitar. 1300 SM. Messuy at French Wikipedia, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Seti I, juga dikenal Sety I, adalah seorang firaun Mesir kuno yang memerintah pada Dinasti ke-19 periode Kerajaan Baru. Ia memerintah sekitar tahun 1290 hingga 1279 SM, menggantikan ayahnya, Ramses I. Seti I terkenal karena kampanye militernya, proyek pembangunan kuil, dan relief serta dekorasi yang sangat indah di kuil kamar mayatnya di Abydos. Ia juga terkenal karena menugaskan Daftar Raja Abydos, sebuah prasasti hieroglif yang mencantumkan nama-nama firaun sebelumnya, memberikan informasi sejarah berharga tentang Mesir kuno. Seti I digantikan oleh putranya, Ramses II, yang kemudian menjadi salah satu firaun paling terkenal di Mesir kuno.

Tutmose IV

Terkenal dengan Prasasti Impiannya, yang menceritakan visi ilahi dan melegitimasi klaimnya atas takhta, serta restorasi dan penyelesaian Sphinx Agung Giza, yang telah terkubur di pasir selama berabad-abad.

Head of Thutmose IV wearing the blue crown. 18th Dynasty. State Museum of Egyptian Art, Munich
Wajah agung Thutmose IV, dihiasi dengan mahkota biru yang termasyhur, merupakan bukti keagungan Dinasti ke-18. Artefak luar biasa ini, yang disimpan di Museum Negara Seni Mesir di Munich, menawarkan gambaran sekilas tentang warisan mewah kerajaan Mesir kuno. Osama Shukir Muhammed Amin FRCP(Glasg), CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Thutmose IV, juga dikenal sebagai Thutmosis IV atau Tuthmosis IV, adalah seorang firaun Mesir kuno yang memerintah pada Dinasti ke-18 periode Kerajaan Baru. Ia memerintah sekitar tahun 1401 hingga 1391 SM, menggantikan ayahnya, Amenhotep II. Thutmose IV terkenal dengan Dream Stele-nya, sebuah monumen tertulis yang didirikan di antara kaki Sphinx Agung Giza. Prasasti Mimpi menceritakan penglihatan ilahi Thutmose IV di mana Sphinx menjanjikannya jabatan raja jika dia membersihkan pasir dari tubuhnya. Peristiwa ini melegitimasi klaim Thutmose IV atas takhta dan dianggap sebagai salah satu peristiwa paling penting pada masa pemerintahannya. Thutmose IV juga memulihkan dan menyelesaikan Sphinx Agung, yang telah terkubur di pasir selama berabad-abad, semakin memperkuat warisannya sebagai firaun Mesir kuno yang cakap dan dihormati.

Ramses III

Dikenal karena kemenangan militernya melawan pasukan penyerang, termasuk Masyarakat Laut, dan upayanya menjaga stabilitas dan keamanan pada masa pemerintahannya, seperti yang digambarkan dalam prasasti di kuil kamar mayatnya di Medinet Habu.

KhonsuTemple-Karnak-RamessesIII-2
Relief yang diukir dengan rumit dari tempat suci Kuil Khonsu di Karnak, yang terletak di dekat kota megah Luxor, Mesir, menawarkan gambaran memukau dari firaun yang dihormati, Ramses III. Karya seni yang luar biasa ini menangkap esensi pemerintahannya yang termasyhur, menunjukkan otoritas ilahi dan kehebatannya sebagai seorang pemimpin. Saat seseorang memandangi mahakarya ini, mereka dibawa kembali ke masa lalu ke era kemewahan dan keagungan, di mana warisan Ramses III terus menginspirasi kekaguman dan kekaguman. Asavaa, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Ramses III adalah seorang firaun Mesir kuno yang memerintah pada masa Dinasti ke-20 Kerajaan Baru. Ia memerintah sekitar tahun 1186 hingga 1155 SM, menggantikan ayahnya, Setnakhte. Ramses III terkenal karena kemenangan militernya melawan pasukan penjajah, termasuk Masyarakat Laut, yang mengancam keamanan Mesir pada masa pemerintahannya. Ia juga terkenal karena proyek pembangunannya yang ekstensif, termasuk pembangunan kuil kamar mayatnya di Medinet Habu, yang berisi relief rinci yang menggambarkan kampanye militer dan ritual ketuhanannya. Meskipun menghadapi kerusuhan internal dan tantangan ekonomi di kemudian hari pada masa pemerintahannya, Ramses III dikenang sebagai penguasa yang cakap yang berhasil mempertahankan Mesir dari ancaman eksternal dan menjaga stabilitas dan kemakmuran sepanjang masa pemerintahannya.


Daftar Dinasti Mesir Kuno | Kronologi, Daftar Dinasti dan Firaun


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Britannica, History

Sumber foto utama dari Midjourney

Mesir Kuno: Sejarah peradaban lebih dari 5000 tahun yang lalu

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Operasi Piring Terbang di Brazil (Operacao Prato), investigasi misteri…

Mengungkap Misteri: Kebenaran Dibalik Operasi UFO di Brasil (Operasi Piring Terbang) Menyelami inti dari salah satu operasi militer Brasil yang paling menarik dengan Investigasi...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *