Berapa Jumlah Kartu Merah Di 1 Pak Kartu Remi? | Sejarah, Cara & Aturan Bermain Kartu Remi

5 min read

Kartu Remi

Berapa Jumlah Kartu Merah Di 1 Pak Kartu Remi?

Kartu remi adalah hasil evolusi atau perkembangan dari permainan catur yang dimainkan oleh penggembala di Asia Barat. Kartu remi yang umumnya kita gunakan saat ini adalah kartu remi Inggris.

Permainan kartu diciptakan di Cina pada awal abad ke-9 dan muncul di Eropa pada awal abad ke-14.

Keempat simbol jenis kartu adalah sekop, keriting, wajik, dan hati. Teori mengatakan bahwa standar dek 52-kartu berkorelasi dengan alam dan musim.

Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu. Seperti “odol” adalah merek pasta gigi.

Hirarki kartu: Dari terlemah hingga terkuat: Ace-2-3-4-5-6-7-8-9-10-Jack-Queen-King-Ace (Oleh karena itu Ace memiliki nilai ganda)

Filosofi Kartu Remi

Jumlah kartu remi adalah 52 (tidak ditambah dengan joker), hal ini melambangkan jumlah minggu dalam setahun.

Yang menarik, jumlah kartu 52 ada artinya yakni: 52 (5+2) = 7 hari dalam seminggu.

4 Simbol dalam kartu remi? Ini melambangkan jumlah musim di Eropa. Dimana;
() Waru / Sekop (Spades) melambangkan musim dingin.
() Keriting (Clubs) melambangkan musim panas.
() Hati (Hearts) melambangkan musim gugur.
() Wajik (Diamonds) melambangkan musim semi. 

Dalam setiap kelompok kartu terdapat 13 kartu. Angka 13 ini melambangkan jumlah minggu dalam satu musim di Eropa. 

Warna hitam dan merah melambangkan siang (merah) dan malam (hitam).

Jika angka di setiap kartu dijumlahkan maka akan diperoleh hasil 364, dimana 364 adalah jumlah hari dalam kalender Masehi. Contoh: Sekop = 1 (As) + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + 11 (Jack) + 12 (Queen) + 13 (King) hasilnya 91. Lalu 91 x 4 (sesuai empat jenis kartu) maka hasil akhir adalah: 364. Ditambah Jocker menjadi 365. Inilah jumlah hari didalam setahun.

Simbol Tokoh Kartu Raja “King”

Tapi tahukah anda bahwa diantara kartu tersebut terdapat kartu KING yang merupakan perlambangan dari raja-raja terkenal di masanya dan masih kita dengar tentang mereka hingga sekarang. Siapa saja raja-raja tersebut? Berikut Raja-raja yang terdapat dalam kartu KING remi tersebut:

1. () Sekop = David/Raja Daud

Daud ialah nabi sekaligus raja Bani Israil. Semenjak masih muda telah menyertai tentera Bani Israil di bawah pimpinan Thalut melawan pasukan bangsa Palestin yang dipimpin oleh Jalut (Goliath). Daud berhasil membunuh Jalut, sehingga dipuji sebagai pahlawan perang. Setelah Raja Thalut meninggal, Daud menggantikannya sebagai raja.

Baca juga: Roulette Eropa dan Amerika | Sejarah dan Cara dan Aturan Bermain Roulette

2. () Keriting = Alexander the Great/Iskandar Agung

Alexander merupakan seorang raja penakluk yang berasal dari Makedonia. Ia diakui sebagai salah seorang pemimpin militer paling jenius sepanjang zaman. Ia juga menjadi inspirasi bagi penakluk-penakluk seperti Hannibal, Pompey dan Caesar dari Romawi dan Napoleon. Dalam masa pemerintahannya yang singkat, Alexander mampu menjadikan Makedonia sebagai salah satu kekaisaran terbesar di dunia.

3. () Hati = Charlemagne/ Raja Prancis

Charlemagne atau yang lebih dikenal dengan Karel yang Agung merupakan raja kaum Frank dari 768 sampai 814 dan kaum Lombard dari 774 sampai 814. Ia dinobatkan sebagai Emperor Augustus di Roma pada hari natal tahun 800 oleh Paus Leo III, dan merupakan pendiri Kekaisaran Romawi Suci (dengan gelar Karel I).

Melalui pertahanan dan penaklukan, ia mengukuhkan dan mengembangkan kekuasaannya hingga meliputi sebagian besar Eropa Barat. Ia sering dianggap merupakan Bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan kadang sebagai Bapak pendiri Eropa. Ia adalah kaisar pertama di Barat sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi.

4. () Wajik = Julius Caesar

Julius Caesar merupakan seorang pemimpin militer dan politikus Romawi yang kekuasaannya terhadap Gallia Comata memperluas dunia Romawi hingga Oceanus Atlanticus. Ia juga melakukan serangan Romawi pertama ke Britania dan memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Gaul (Perancis kini), sebuah pencapaian yang akibat langsungnya masih terlihat hingga kini. Dia sendiri menjadi diktator seumur hidup dan memusatkan pemerintahan yang makin melemah dalam republik tersebut.

Tokoh Dibalik Kartu Queen (Q)

Sekop () : Queen Judith dari kekaisaran Romawi
Hati () : Queen Ragnel
Wajik () : Queen Pallas
Keriting () : Queen Argeria

Tokoh Di Balik Kartu Jack (J)

() : Judah Maccabee adalah seorang imam Yahudi yang juga putra dari Imam Mattathias. Ia pemimpin pemberontakan Makabe (Maccabean Revolt) melawan Kekaisaran Seleukus sekitar tahun 167 SM.
() :  Ogier el Danés / Ogier the dane adalah tokoh legendaris yang muncul dalam puisi epik untuk pertama kali. Yang ditulis di  Old French chanson de geste.
() : Aulus Hirtius merupakan salahsatu konsultan republik romawi yang juga penulis untuk pelajaran militer dizaman Julius Caesar.
() : Hector merupakan seorang pangeran dari Raja Priam dan Ratu Hecuba yang juga pejuang dari Troy pada perang Troya.

Baca juga: Jenis Permainan Kasino Online Beserta Sejarah dan Perkembangannya

Jawaban

Ada 26 kartu merah dalam permainan kartu standar. Didalam kartu merah ada wajik (diamond) & hati (heart) dan kartu hitam ada keriting (club) dan sekop (spade).

Cara & Aturan Bermain Kartu Remi Nasional

Biasanya dimainkan di Pulau Jawa dan sekitarnya.

  • Kalau kita membuang Joker, maka semua kartu dari tempat buangan akan tertutup oleh joker. Permainan pun tetap berlanjut.
  • Kalau aturan internasional menutup permainan dengan As nilainya 250. Disini saya memakai 150 saja. Kasian kan ke yang ngebuang penutup As nanti di minus 250. Heheh.
  • Joker yang ngga kepake, maka akan di minus sesuai dengan nilainya. Kalo angka di -50, kalo kerajaan di -100 , kalo As ya di -150.
  • Kalau dia mempunyai kartu yang disebut “Threes Four” melakukan closed card/tutup tangan, (contohnya 3 3 3 Q Q Q Q), maka dia mendapat nilai 500 !!
  • Kalau di tangan kita ada kartu yang gambarnya sama terus berurutan semua, (misalnya adalah 2 3 4 5 6 7 8). maka kalau dia melakukan tutup tangan akan mendapat nilai 700 !!

Cara & Aturan Bermain Kartu Remi Internasional

Biasanya dimainkan kira-kira 2-4 orang, dimulai dengan membagi kartu (masing-masing pemain mendapat 7 kartu di awal).

Tujuannya: Anda harus membuat deretan kartu angka(sama jenis) dari 2-10 minimal 3 deret seri(misal 2-3-4 love), atau J-Q-K(tempe), atau angka yang sama(minimal 3) sepertu J-J-J, Q-Q-Q, As-As-As dan 7-7-7. Joker bisa menggantikan kartu apa aja

Nilai angka tiap jadinya 5, nilai as 15, Nilai J/Q/K 10

Game Kartu Remi:

  • Pemain pertama mulai mengambil kartu di deck, memilih kartu yang tidak dikehendaki dari tangan untuk dibuang.
  • Dilanjutkan dengan pemain berikutnya
  • Ingat selalu! setelah ambil kartu dimana saja, harus buang satu kartu
  • Kita boleh memilih dalam satu giliran mau ambil kartu di deck atau ambil kartu di tempat buangan.
  • Syarat untuk ngambil kartu di buangan adalah harus langsung jadi (minimal di tangan punya 2 kartu). Maksimal pengambilan 7 kartu dari ujung awal. Misal : kita punya 3 dan 5 hati, ternyata di pembuangan ada kartu 4, dan masih dalam batas 7 kartu. Kita boleh ambil dan tetap buang satu kartu.
  • Jangan pernah membuang kartu joker, atau permainan sesi ini berakhir
  • Oh iya. Yang jadi pertama kali tiap pemain harus seri, bukan sama, dan belum boleh pakai joker. Kecuali as, karena tak punya seri.

Akhir Permainan:

  • Permainan berakhir jika kartu di deck habis atau satu pemain ada yang “closed card”
  • Jika berakhir saat deck kartu habis, maka dilakukan perhitungan:
  1. Semua yang jadi diitung berdasarkan rumus nilai di atas : As 15, raja-raja 10, angka 5 (misal jadi 4 as 4×15 =60)
  2. Yang gak jadi menjadi nilai minus, nilainya sama dengan nilai penambahan tiap kartunya(misal gak jadi 4 6 7 9 –> 4x (-5)= – 20
  3. Kemudian ditotal ya.

Jika Permainan Kartu Remi Berakhir Dengan Closed Card oleh salah satu pemain berarti:

  1. Pada saat pemain mengambil kartu (baik dari deck atau ambil satu kartu dari buangan) semua jadi deretan ataupun kartu yang sama, kecuali satu kartu sebagai closed card
  2. Jika a) si penutup kartu ambil dari deck. Pemainan sesi ini selesai. Disebut “Closed Card” (atau bahasa kerennya tutup tangan). Si penutup dapat otomatis 250 poin. Tambah semua perhitungan kartu yang udah jadi. Pemain lain melakukan perhitungan seperti biasa
  3. Jika b) si penutup kartu ambil dari tempat buangan, maka poin otomatisnya tegantung kartu yang di tutup. As =250, J/Q/K=100, Angka= 50. Sama seperti poin a, nilai otomatis si penutup tetap di tambah kartu yang jadi. Pemain lain juga hitung biasa. Tapi kalau si penutup mengambil kartu buangan teman sebelahnya untuk menutup permainan, maka si pembuang kartu yang diambil kartunya akan di minus sesuai dengan nilai kartunya. Misalnya jika membuang kerajaan di minus 100.

Aturan Tambahan

  • Nilai sesi pertama dihitung total akhirnya, nilai bisa minus.
  • Lakukan beberapa sesi hingga ada yang bertotal minimal 1000.
  • kalau dalam sesi tertentu nilai seorang player atau beberapa orang player tersalip oleh player lain maka player yang tersalip nilainya balik menjadi 0 [DEATH MATCH].

Sekilas tentang Joker di REMI

  • Joker enak sekali dapat menggantikan kartu apapun (tidak peduli warnanya).
  • Joker tidak dapat dipakai untuk deret jadi yang pertama.
  • Awas Joker yang tidak terpakai dia akhir cerita mendapat minus 500.
  • Tutup permainan pakai joker point-nya 500.

Bacaan Lanjutan

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly, Smart, Rummy

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *