Hormon pada tumbuhan yang berfungsi untuk pemasakan buah

1 min read

Hormon tumbuhan

Hormon pada tumbuhan yang berfungsi untuk mempercepat pemasakan buah adalah…

Dibawah ini adalah pilihan-pilihant hormon tumbuhan yang mempercepat pemasakan buah:

A. Gas Etilen
B. Asam Absisat
C. Sitokonin
D. Auksin

Hormon tumbuhan

Pembahasan:

Gas etilen

Adalah hormon yang memacu proses pemasakann buah. Asam abisat adalah hormon. Sitokonim adalah hormon yang berfungsi untuk merangsang pembelahan sel,mempercepat pembungaan, dan pertumbuhan buah, serta berperan dalam perkecambahan. Auksin adalah untuk mempengaruhi berbagai poses pertumbuhan, antara lain kecepatan pertumbuhan, perkecambahan, pembentukan bunga dan buah, serta penuaan dan pengguguran.

Asam absisat

Adalah molekul seskuiterpenoid (memiliki 15 atom karbon) yang merupakan salah satu hormon tumbuhan. Selain dihasilkan secara alami oleh oleh tumbuhan, hormon ini juga dihasilkan oleh alga hijau dan cendawan. Hormon ini ditemukan pada tahun 1963 oleh Frederick Addicott.

Sitokonin atau Sitokinin

Adalah sekelompok hormon tumbuhan dan zat pengatur tumbuh yang mendorong terjadinya pembelahan sel (sitokinesis) di jaringan meristematik (bahasa Inggris: cytokinins, CK). Selain peran utamanya sebagai pengatur pertumbuhan dan diferensiasi sel, sitokinin juga mempengaruhi dominansi pucuk, pertumbuhan kuncup tepi dan penuaan (senescense) daun.

Jawaban: A

Bacaan Lainnya

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing