fbpx

Seorang ahli yang pertama menerangkan tentang genetika

Quiz: Seorang ahli yang pertama menerangkan tentang genetika adalah…

a) JB. Lanmarck
b) Gregor Mendel
c) Nelson Mandela
d) Charles Darwin

 

Jawaban: b) Gregor Mendel

Nama lengkappnya Gregor Johann Mendel. Lahir di Hynčice (Heinzendorf bei Odrau – Austria), pada tanggal 20 Juli 1822 &  meninggal di Brno, Kekaisaran Austria-Hungaria , 6 Januari 1884.

Beliau adalah ilmuwan dan biarawan Augustinian berbahasa Jerman Silesian yang meraih ketenaran anumerta sebagai pendiri baru ilmu dari genetika. Mendel menunjukkan bahwa warisan biologis gen tertentu darisifat dalam tanaman kacang ercis mengikuti pola-pola tertentu, sekarang disebut sebagai Hukum Mendel.

Makna mendalam dari karya Mendel tidak diakui sampai pergantian abad ke-20, ketika ditemukan kembali hukum-hukum Mendel memprakarsai ilmu genetika modern.

Karya Mendel ditolak pada awalnya & tidak bisa diterima secara luas sampai setelah beliau meninggal. Selama masa hidupnya, sebagian besar ahli biologi memegang gagasan bahwa semua karakteristik yang diteruskan ke generasi berikutnya melalui warisan pencampuran, di mana ciri-ciri dari setiap orangtua yang rata-rata sama.

 

Fenomena

Contohnya fenomena ini sekarang dijelaskan oleh aksi dari beberapa gen dengan efek kuantitatif. Charles Darwin (seorang naturalis & ahli geologi dari Inggris, yang paling dikenal untuk kontribusinya kepada teori evolusi. Dia menetapkan bahwa semua spesies dari kehidupan telah diturunkan dari waktu ke waktu dari nenek moyang bersama, & didalam publikasi bersama dengan Alfred Russel Wallace memperkenalkan teori ilmiah bahwa pola percabangan evolusi dihasilkan dari sebuah proses yang dia sebut seleksi alam, di mana perjuangan untuk eksistensi memiliki efek yang sama dengan seleksi buatan yang terlibat dalam pemuliaan selektif )mencoba gagal untuk menjelaskan warisan melalui teori pangenesis. Tidak sampai awal abad 20 bahwa pentingnya gagasan Mendel diwujudkan.

 

Tahun 1900an

Pada tahun 1900an, penelitian yang bertujuan untuk menemukan teori sukses warisan terputus daripada warisan pencampuran menyebabkan duplikasi independen karyanya berdasarkan Hugo de Vries dan Carl Correns & penemuan kembali tulisan-tulisan Mendel dan hukum. Keduanya mengakui prioritas Mendel & diperkirakan kemungkinan bahwa de Vries tidak memahami hasil yang telah ditemukan sampai setelah membaca Mendel. Meskipun Erich von Tschermak awalnya juga dikreditkan dengan penemuan kembali, ini tidak lagi diterima karena dia tidak mengerti hukum Mendel. Meskipun de Vries kemudian kehilangan minat Mendelisme, ahli biologi lainnya mulai membangun genetika sebagai ilmu.

Hasil Mendel dengan cepat direplikasi & keterkaitan genetik cepat bekerja. Ahli biologi lainnya berbondong-bondong ke teori, meskipun itu belum berlaku untuk banyak fenomena, ia berusaha untuk memberikan genotip pemahaman hereditas yang mereka rasakan kurang dalam studi sebelumnya hereditas yang berfokus pada fenotipik pendekatan. Fenotip adalah: suatu karakteristik (baik struktural, biokimiawi, fisiologis, dan perilaku) yang dapat diamati dari suatu organisme yang diatur oleh genotipe dan lingkungan serta interaksi keduanya.

Paling menonjol dari pendekatan kedua adalah biometrik sekolah Karl Pearson dan WFR Weldon, yang didasarkan berat pada studi statistik variasi fenotip. Oposisi terkuat ke sekolah ini berasal dari William Bateson, yang mungkin melakukan yang paling dalam hari-hari awal mempublikasikan manfaat teori Mendel (kata “genetika”, dan banyak istilah lainnya disiplin itu, berasal Bateson). Ini perdebatan antara biometricians dan Mendelians sangat kuat di dua dekade pertama abad kedua puluh, dengan biometricians mengklaim kekakuan statistik dan matematika, sedangkan Mendelians diklaim lebih memahami biologi.

Pada akhirnya, kedua pendekatan tersebut digabungkan, terutama oleh pekerjaan yang dilakukan oleh R. A. Fisher sedini 1918. Kombinasi, pada 1930-an dan 1940-an, dari genetika Mendel dengan teori Darwin tentang seleksi alam menghasilkan sintesis yang modern evolusi biologi.

 

Tes Matematika

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Source: Wikipedia, Brainly, Biography

 

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-06T12:11:13+07:00 April 20th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment