PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Ilmu Bumi (Geosains)

5 min read

Geosains ilmu bumi

Ilmu Bumi (Geosains)

Geosains atau Ilmu Bumi mengintegrasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem Bumi, mulai dari intinya hingga atmosfernya. Mereka mempelajari struktur, evolusi dan dinamika planet kita, serta proses (fisik dan kimia) yang terjadi di dalam litosfer (batuan), pedosfer (tanah), hidrosfer (air), kriosfer (es) dan atmosfer (udara).

Apa yang dipelajari?

Geosains juga menyelidiki siklus dan aliran komponen-komponen geosfer ini antara mereka sendiri atau dengan biosfer. Geosains juga menangani dampak aktivitas manusia (antropogenik) di planet kita, serta transformasi sosial, ekonomi, teknologi, dan teritorial di dunia yang terus berubah.

Geosains memainkan peran penting dalam pasokan energi dan bahan mentah kita. Geoscientists prospek untuk sumber air minum, hidrokarbon (minyak, gas, batubara), logam dan sumber daya mineral lainnya seperti kerikil, pasir konstruksi, tanah liat, batu kapur, gipsum, dll, tetapi juga untuk menemukan reservoir yang dalam untuk mengeksploitasi energi panas bumi atau bahkan lapisan geologi dalam yang cocok untuk menyimpan limbah radioaktif dalam jangka panjang. Geosains terapan seperti geologi teknik, geofisika, geoteknik atau geodesi berperan penting dalam banyak proyek konstruksi (pekerjaan tanah, bendungan, struktur bawah tanah, stabilisasi lereng).

Bidang Ilmu Bumi (Geosains)

Bidang geosains lainnya seperti hidrogeologi, hidrologi, geokimia (termasuk geokimia mikroba), ekotoksikologi, ilmu tanah, ilmu hutan atau klimatologi berkaitan dengan isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Astrogeodesi

Astrogeodesy adalah bidang spesialis antara astrometri dan geodesi yang menggunakan pengetahuan, sarana dan metode astronomi untuk tugas survei.

Ilmu tanah

Ilmu tanah (pedologi) adalah ilmu yang mempelajari asal usul, perkembangan, komponen dan klasifikasi tanah. Tanah terbentuk dari batuan padat melalui pelapukan fisika dan kimia.

Penginderaan jauh (Remote sensing)

Instrumen interdisipliner untuk pengumpulan data melalui foto udara dan satelit penginderaan jauh.

Fotogrametri

Berarti rekonstruksi bentuk objek tiga dimensi (khususnya di sini permukaan bumi atau medan) dari gambar (misalnya gambar perspektif dari sebuah foto).

Geokimia

Geokimia berkaitan dengan struktur material dan distribusi unsur-unsur dan isotop di bumi, di planet lain dan di ruang angkasa (kosmokimia). Dia juga meneliti hukum transportasi massal dan siklus materi dalam mineral dan batuan dan di seluruh sistem Bumi.

Geodesi

Geodesi atau survei berkaitan dengan penentuan bentuk dan medan gravitasi bumi, representasi mereka dalam peta dan rencana serta survei dan deskripsi medan dan objek atau fakta di permukaan bumi. Sub-bidang geodesi adalah pengukuran bumi, survei nasional, kartografi, fotogrametri, survei properti dan kadaster serta survei konstruksi dan teknik.

Geografi

Geografi mencatat, mendeskripsikan dan menjelaskan lingkup lanskap dalam bentuk integratif, serta interaksinya dengan manusia. Dia mengeksplorasi hubungan antara manusia dan lingkungan di ruang terestrial. Dua subbidang utama geografi adalah fisiogeografi dan geografi manusia.

Geoinformatika

Geoinformatika berkaitan dengan sifat dan fungsi geoinformasi, dengan penyediaannya dalam bentuk geodata dan dengan aplikasi yang didasarkan padanya. Pengetahuan yang diperoleh dengan cara ini mengalir ke dalam teknologi sistem informasi geografis (SIG). Referensi spasial umum untuk semua aplikasi geoinformatika.

Geologi

Geologi mempelajari struktur planet bumi, terutama batuan di kerak bumi. Prinsip geologi yang paling penting adalah aktualisme. Pada awal 1960-an, sains mengalami lompatan maju dengan diterimanya teori tektonik lempeng secara umum. Ilmu geologi yang bersaudara adalah paleontologi dan geologi sejarah. Lihat juga: Sejarah Geologi

Geofisika

Geofisika adalah cabang ilmu bumi dan fisika dan menggunakan prinsip-prinsip fisika untuk mempelajari bumi. Subbidang geofisika adalah seismik, seismologi, gravimetri, geolistrik, panas bumi, geofisika isotop, geomagnetik, dan geofisika lubang bor. Geofisika juga mengkaji sifat-sifat ruang dekat Bumi dan hubungannya dengan meteorologi. Sebagian besar hidrologi dan oseanografi diperhitungkan baginya; bersama-sama dengan mereka dan geodesi mereka membentuk Persatuan Internasional IUGG.

Gomorfologi

Geomorfologi atau ilmu bentuk lahan adalah sub-bidang geografi fisik. Dia meneliti bentang alam yang ditemukan di permukaan bumi saat ini. Ini termasuk klasifikasi, deskripsi, kekhasan, asal-usul, perkembangan dan hubungannya dengan struktur geologi yang mendasari dan erosinya.

Geoteknik

Istilah umum untuk disiplin ilmu teknik sipil yang berhubungan dengan fondasi struktur bawah tanah.

Panas bumi (Geothermal)

Energi panas bumi mencoba menggunakan panas dalam bumi untuk menghasilkan energi.

Hidrologi

Hidrologi adalah ilmu tentang air, sifat-sifatnya, dan manifestasinya di atas dan di bawah permukaan tanah.

Geologi teknik

Teknik atau geologi bangunan adalah cabang ilmu geologi terapan yang mempelajari lapisan tanah bawah dalam pengertian teknik sipil. Ini menangani mis. B. dengan stabilitas pondasi bangunan, juga dengan keamanan gempa. Juga berperan dalam penghapusan dan penghindaran kerusakan lingkungan (tempat pembuangan sampah, tempat penyimpanan akhir).

Pemetaan (Cartography)

Kartografi adalah ilmu, seni dan teknik membuat peta untuk menggambarkan permukaan bumi dalam semua aspek topografi, tektonik, bio- dan geologi, teritorial dan infrastruktur, pemukiman, geografi sosial dan ekonomi, politik dan sejarah. Berdasarkan data primer, khususnya dari geodesi dan penginderaan jauh

Kristalografi

Kristalografi adalah ilmu material dan berkaitan dengan sifat fisik kristal.

Limnologi

Limnologi adalah ilmu tentang perairan pedalaman sebagai ekosistem yang mempelajari struktur, material dan keseimbangan energinya.

Meteorologi

Meteorologi (ilmu cuaca) adalah ilmu tentang fenomena atmosfer.

Mineralogi

Mineralogi berkaitan dengan komposisi dan klasifikasi mineral, kemunculannya dan teknisnya serta penggunaan dalam bidang ekonomi.

Ilmu samudra

Oseanografi mengkaji siklus material dan energi di lautan dunia. Sebuah link ke ilmu kehidupan ditemukan di planktologi.

Paleoklimatologi

Paleoklimatologi mencoba menggunakan berbagai data dari arsip iklim untuk memperjelas kondisi iklim yang berbeda di masa lalu dan, pada gilirannya, untuk menarik kesimpulan tentang masa depan iklim bumi.

Paleontologi

Paleontologi adalah ilmu tentang kehidupan lampau yang mempelajari catatan fosil tumbuhan purba (paleobotani) dan hewan (palaeozoologi). Selain fosil tubuh yang masih hidup seperti cangkang, gigi atau tulang, fosil jejak seperti tanda-tanda makan dan merumput, liang dan bagian individu makhluk hidup (biasanya hanya daun, batang atau akar yang bertahan dalam kasus tanaman), kotoran yang membatu ( koprolit) dan sisa-sisa yang dimodifikasi secara kimia termasuk di antara fosil.

Petrologi dan Petrografi

Dua disiplin ilmu yang memiliki batuan padat sebagai subjek penyelidikan. Petrografi mengambil peran yang lebih deskriptif. Berdasarkan perbedaan pembentukan batuan, petrologi dibagi menjadi tiga subbidang: petrologi batuan beku, batuan metamorf, dan batuan sedimen.

Petrofisika

Petrofisika berkaitan dengan penentuan sifat fisik sampel batuan. Ini telah menjadi sangat penting dalam mengevaluasi batuan reservoir untuk minyak dan gas.

Sedimentologi

Subdisiplin petrologi sedimen yang berhubungan dengan rekonstruksi dan studi tentang kondisi lingkungan yang berlaku pada periode pengendapan tubuh sedimen saat ini atau yang berlaku di masa lalu geologis. Informasi yang relevan diperoleh dari tubuh sedimen itu sendiri, dalam skala mikroskopis hingga regional.

Stratigrafi

Ini adalah cabang geologi dan mencoba, antara lain, untuk mengklasifikasikan batuan secara kronologis dalam skala waktu geologi sehubungan dengan usia pembentukannya. Tergantung pada fitur batuan yang menjadi dasar stratigrafi, seseorang membedakan: fosil atau biostratigrafi, litostratigrafi, magnetostratigrafi dan stratigrafi urutan.

Tektonik

Di satu sisi, tektonik adalah studi tentang struktur kerak bumi saat ini, mis. “tektonik Pegunungan Alpen”, di sisi lain, dari gerakan dan kekuatan yang bertanggung jawab atas keadaan saat ini (lihat gerakan kerak dan tektonik lempeng).

Pemantauan lingkungan (Environmental monitoring)

Bidang penelitian interdisipliner, seringkali berorientasi pada praktik, yang subjeknya adalah inventaris atau pengamatan jangka panjang dari lingkungan hidup dan mati pada skala lokal hingga global. Dalam perjalanan penelitian pemanasan global dan dampaknya, bidang penelitian bawahan sendiri telah terbentuk, penelitian perubahan global.

Vulkanologi

Subyek vulkanologi adalah fenomena vulkanik di bumi.

Geologi ekonomi

Dalam pencarian bahan baku (eksplorasi) yang bernilai ekonomis, geologi ekonomi atau geologi endapan tidak hanya menggunakan teknik geologi klasik seperti pemetaan dan pengambilan sampel di lapangan, tetapi juga metode geokimia, geofisika, dan penginderaan jauh. Untuk memperjelas asal usul endapan, gagasan tentang aliran bawah tanah, larutan mineralisasi (cairan) sangat penting. Teori deposit yang digunakan dalam eksplorasi dan eksploitasi deposit bijih v. a. Pengetahuan tentang tektonik dan geologi struktural. Pencarian bahan bakar fosil, serta bahan baku non-logam, juga membutuhkan pengetahuan paleontologi (terutama mikrofosil) dan sedimentologi.

Batasan

Batasan dari “geosciences” tidak didefinisikan secara ketat. Memang, jika cabang-cabang tertentu dari geosains seperti geologi, meteorologi atau hidrologi termasuk dalam ilmu-ilmu alam dan teknik, geografi, di sisi lain, terletak pada antarmuka ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu manusia.

Dengan demikian, di luar mata pelajaran yang disebut ilmu-ilmu “keras” yang disebutkan di atas, ilmu-ilmu kebumian, berkat kontribusi geografi, juga memasukkan aspek-aspek ilmu-ilmu manusia dan sosial yang berkaitan dengan spasial seperti perencanaan kota, pengembangan wilayah, masalah-masalah yang berkaitan dengan migrasi, ruang hidup, perbatasan, dll.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Britannica, Wikipedia, NASA

Sumber foto: ariadne-a-mazed / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.