Infeksi Jantung : Perikarditis, Endokarditis, Miokarditis

2 min read

Penyakit Infeksi Jantung

Infeksi jantung terjadi ketika bahan iritan seperti bakteri, virus, parasit atau bahan kimia mencapai otot jantung Anda. Infeksi dapat menyebabkan peradangan atau kerusakan pada lapisan dalam jantung, katup, membran luar, atau otot jantung itu sendiri.

Jenis Infeksi Jantung

Berikut tiga jenis utama infeksi jantung:

Perikarditis

Perikarditis, pembengkakan dan iritasi pada perikardium, selaput tipis seperti kantung yang mengelilingi jantung Anda. Biasanya dimulai secara tiba-tiba tetapi tidak berlangsung lama. Sebagian besar kasus ringan dan membaik dengan sendirinya, tetapi pengobatan atau pembedahan mungkin diperlukan pada kasus yang lebih parah.

Endokarditis

Endokarditis, infeksi pada katup jantung atau lapisan dalam. Jenis infeksi ini dapat merusak jantung Anda dan harus segera ditangani agar tidak mematikan. Kebanyakan orang yang mengembangkan endokarditis telah merusak katup jantung atau kelainan jantung lainnya.

Miokarditis

Miokarditis, penyakit langka yang ditandai dengan peradangan dan kerusakan otot jantung yang disebabkan oleh infeksi virus atau respons autoimun. Ini cenderung mempengaruhi orang yang sehat, dan efek jangka panjang bervariasi dari pemulihan cepat hingga gagal jantung.

Penyebab Infeksi Jantung

Perikarditis dapat disebabkan oleh infeksi virus atau setelah serangan jantung atau operasi jantung. Ia juga dapat berkembang sebagai akibat dari gangguan autoimun inflamasi seperti rheumatoid arthritis; trauma pada jantung atau dada; gangguan kesehatan seperti gagal ginjal atau AIDS; dan obat-obatan tertentu, meskipun ini tidak biasa.

Endokarditis biasanya terjadi ketika kuman berjalan melalui aliran darah Anda, berjalan ke jantung Anda, dan menempel pada jaringan jantung yang rusak. Bakteri dapat menyebar sebagai akibat dari gigi dan gusi yang tidak sehat, sakit kulit, prosedur gigi tertentu, infeksi menular seksual, atau kateter atau jarum.

Miokarditis umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau penyakit autoimun. Karena kondisinya yang sangat tidak biasa, penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui penyebabnya.

Baca juga ? Coronavirus Merusak Jantung Setelah Menyerang Paru-Paru, Penelitian Baru Mengungkapkan (Covid-19)

Gejala Infeksi Jantung

Bergantung pada jenis infeksi jantung, gejalanya bisa meliputi:

Sesak napas.
Kelelahan.
Sakit kepala ringan dan pingsan.
Palpitasi jantung.
Nyeri atau tekanan dada.
Demam.
Pembengkakan perut atau kaki.
Sendi atau otot yang sakit.
Darah dalam urin.
Bintik merah dan lembut di bawah kuku.
Bintik-bintik kecil berwarna ungu atau merah di kulit, bagian putih mata, atau di dalam mulut.

Pengobatan

Infeksi jantung umumnya diobati dengan satu atau lebih metode berikut:

Antibiotik.
Pengobatan yang digunakan untuk mengobati gagal jantung.
Kortikosteroid.
Obat yang mengurangi peradangan di tubuh.
Kadang-kadang, operasi.

Melawan Perikarditis, Miokarditis, dan Endokarditis

Pada kasus perikarditis atau miokarditis, obat antiviral biasanya tidak digunakan karena penyebab virusnya tidak diketahui, sedangkan obat anti inflamasi akan mengurangi peradangan dan nyeri. Waktu pengobatan dapat bervariasi, karena beberapa pasien dapat mengharapkan pengobatan selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Namun, dalam beberapa kasus, jantung terlalu lemah oleh miokarditis untuk pulih sepenuhnya, dan satu-satunya solusi yang tersisa adalah transplantasi jantung.

Karena endokarditis lebih disebabkan oleh infeksi sistemik (bakteri) daripada virus, maka dapat diobati dengan antibiotik. Dokter gigi dan dokter menggunakan antibiotik pencegahan setiap kali ada risiko bakteri masuk ke aliran darah. Antibiotik juga merupakan pengobatan paling efektif yang tersedia untuk pasien yang didiagnosis dengan endokarditis. Namun, jika infeksi merusak katup, gejala mungkin tetap ada bahkan setelah pengobatan berhasil, dan pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki atau mengganti jaringan yang rusak.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Detak Jantung Normal – Berapa Ukuran Denyut Nadi Normal? – Cara Menghitung

Denyut jantung adalah salah satu “tanda vital”, atau indikator penting kesehatan dalam tubuh manusia. Ini mengukur berapa kali per menit bahwa jantung berkontraksi atau berdetak. Berapa seharusnya detak jantung yang normal? Klik disini untuk membaca artikel ini lebih lanjut (akan membuka layar baru tanpa meninggalkan layar ini).

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Informasi perawatan / pengobatan yang diberikan di sini bukan kebijakan resmi dan tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk menggantikan keahlian dan penilaian tim Dokter perawatan kesehatan Anda. Ini dimaksudkan untuk membantu Anda dan keluarga Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, bersama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki alasan untuk menyarankan rencana perawatan yang berbeda dari opsi perawatan umum ini. Jangan ragu untuk bertanya kepadanya tentang pilihan perawatan Anda.

Sumber bacaan: Harvard University, NHLBI

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Efek Radiasi Sinar Kosmik Pada Makhluk Hidup

Apa saja efek radiasi sinar kosmik pada makhluk hidup? Kehidupan di Bumi dimungkinkan berkat atmosfer dan medan magnet Bumi, pada kenyataannya, tanpa kedua elemen...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *