Karsinoma Dimulai di Jaringan Epitel Kulit

6 min read

Kanker karsinoma

Penjelasan Karsinoma

Karsinoma adalah jenis kanker yang paling umum. Itu dimulai di jaringan epitel kulit, atau di jaringan yang melapisi organ-organ internal, seperti hati atau ginjal. Karsinoma merupakan segala jenis tumor (kanker) yang tumbuh dari sel di lapisan permukaan penutup atau membran pembatas dari organ.

Jaringan epitel adalah salah satu dari empat jaringan dasar (lainnya: Jaringan Ikat, jaringan otot, jaringan saraf). Dahulu istilah epitel digunakan untuk menyebut selaput jernih yang berada di atas permukaan tonjolan anyaman penyambung di merah bibir (Epitel: Epi di atas; Thele bibir). Istilah ini kini digunakan untuk semua jaringan yang melapisi sesuatu struktur dan saluran.

Karsinoma berbeda dengan sarkoma yang merupakan kanker yang muncul dari tulang, otot, atau jaringan ikat.

Karsinoma (dari bahasa Yunani karkinôma, kanker) atau epitelioma adalah kanker yang berkembang dari jaringan epitel (kulit, selaput lendir).

Tergantung pada jenis epitel, kita dapat membedakan:

  • karsinoma sel skuamosa atau karsinoma sel skuamosa, berkembang dengan mengorbankan epitel skuamosa;
  • adenokarsinoma, berkembang dengan mengorbankan epitel kelenjar;
    anaplastik, tidak berdiferensiasi, karsinoma embrionik, dll.

Dua jenis utama kanker kulit adalah karsinoma (96% kasus) dan melanoma (4% kasus).


Dimana Terdapat Karsinoma?

Contoh karsinoma yang umum terdapat pada:

  • Paru-paru
  • Payudara
  • Kulit
  • Serviks
  • Usus besar
  • Rektum

Pada kanker usus besar terdapat tahapan sebagai berikut:

  • Secara genetika, gen supressor tumor APC (adenomatous polyposis coli) akan hilang sehingga mengakinatkan tumbuhnya polip. Polip akan terlihat normal tetapi akan membelah secara tidak normal.
  • Terjadi aktivasi gen ras dan kehilangan gen supressor tumor DCC (deleted in colorectal cancer), sehingga polip menjadi besar dan disebut adenoma (tumor jinak)
  • Terjadi kehilangan gen supressor tumor p53 dan akan terjadi mutasi-mutasi lainnya sehingga adenoma akan berubah menjadi karsinoma.

Dari tahap-tahap tersebut dapat dilihat bahwa tubuh manusia memiliki gen yang dapat menghambat pertumbuhan tumor tetapi bila gen-gen tersebut hilang atau termutasi maka tumor akan muncul.


Lokasi Penyebaran Karsinoma Dalam Tubuh

Karsinoma dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, atau terbatas pada lokasi utama:

  • Karsinoma in situ: Kanker tahap awal yang masih terbatas pada lapisan jaringan tempat dimulainya, dan belum menyebar ke jaringan di sekitarnya atau bagian lain dari tubuh.

  • Karsinoma invasif: Kanker telah menyebar di luar lapisan jaringan primer ke jaringan di sekitarnya

  • Karsinoma metastasis: Kanker telah menyebar ke seluruh tubuh ke jaringan dan organ lain.

Kanker karsinoma
Basal Cell Carcinoma – Kanker Kulit Ganas. Sumber foto:BruceBlaus via Wikimedia Commons (CC BY-SA 4.0)

Jenis-Jenis karsinoma

Karsinoma dapat terjadi di banyak bagian tubuh. Beberapa jenis karsinoma yang umum termasuk:

  • Karsinoma sel basal: Jenis kanker kulit yang paling umum. Sel-sel kanker berkembang di dalam lapisan sel basal kulit, atau bagian terendah epidermis. Kanker sel basal biasanya tumbuh lambat, dan jarang menyebar, atau bermetastasis, ke kelenjar getah bening di sekitarnya atau bahkan bagian tubuh yang lebih jauh.

  • Karsinoma sel skuamosa: Jenis kanker kulit kedua yang paling umum. Sel-sel kanker berkembang dari sel-sel skuamosa datar yang merupakan jenis sel utama yang membentuk lapisan kulit terluar, epidermis. Kanker sel skuamosa biasanya tumbuh lambat, dan tidak lazim bagi mereka untuk menyebar, atau bermetastasis, tetapi mereka lebih mungkin daripada karsinoma sel basal untuk menyerang jaringan lemak di bawah kulit atau menyebar lebih jauh.

  • Renal cell carcinoma (RCC): Jenis kanker ginjal yang paling umum. Sel-sel kanker biasanya berkembang di lapisan tabung yang sangat kecil di ginjal, yang disebut tubulus. Seiring waktu, sel-sel ini dapat tumbuh menjadi massa dan menyebabkan obstruksi. Kanker dapat terbentuk di satu atau kedua ginjal.

  • Ductal carcinoma in situ (DCIS): Jenis kanker payudara yang paling umum. Sel-sel kanker terkurung dalam lapisan saluran susu, dan belum menyebar melalui dinding saluran ke jaringan payudara di sekitarnya.

  • Karsinoma duktal invasif: Sel-sel kanker tumbuh di lapisan duktus, menembus dinding duktus dan menyerang jaringan payudara lokal. Dari sana, kanker dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh.

Pilihan Pengobatan & Terapi Karsinoma

Perawatan untuk karsinoma bervariasi tergantung pada jenis, lokasi dan luasnya penyakit, tetapi mungkin termasuk:

  • Pembedahan: Tergantung pada jenis kankernya, karsinoma dapat diobati dengan operasi pengangkatan jaringan kanker, serta beberapa jaringan di sekitarnya. Metode perawatan bedah invasif minimal dapat membantu mengurangi waktu penyembuhan dan meminimalkan risiko infeksi setelah operasi.

  • Terapi radiasi: Terapi radiasi dapat digunakan dalam kombinasi dengan pembedahan dan / atau kemoterapi. Terapi radiasi tingkat lanjut menggunakan panduan gambar sebelum dan selama perawatan untuk menargetkan tumor, sambil menyisakan jaringan sehat dan organ di sekitarnya.

  • Kemoterapi: Kemoterapi mengobati karsinoma dengan obat-obatan yang menghancurkan sel-sel kanker, baik di seluruh tubuh, atau di area tertentu. Dalam beberapa kasus, kemoterapi dapat digunakan dalam kombinasi dengan perawatan lain, seperti terapi radiasi atau pembedahan.

Perawatan

Terutama perawatan bedah (operasi)

Diakui oleh semua dokter yang mengkhususkan diri dalam pengelolaan kanker kulit bahwa pengobatan standar untuk karsinoma sel basal dan skuamosa adalah pembedahan. Metode perawatan lainnya dicadangkan untuk bentuk atau medan tertentu. Untuk sebagian besar karsinoma, pembedahan efektif dalam mengobati tumor dan dampak estetika dan fungsionalnya sangat rendah.

Aturan yang tepat

Pembedahan karsinoma mengikuti aturan yang terkodifikasi dengan baik, salah satu yang paling penting adalah realisasi eksisi yang harus melebihi batas yang terlihat dari lesi yang diangkat. Dengan membuang area jaringan sehat di sekitar lesi, baik di permukaan maupun di dalam (dikenal sebagai margin eksisi), ahli bedah membantu mengurangi risiko kekambuhan dari beberapa sel abnormal yang mungkin berada di lokasi lesi. pinggiran lesi.

Untuk karsinoma sel basal, margin reseksi ini bervariasi dari 3 hingga 10 mm di sekitar lesi, tergantung pada lokasi serta tipe klinis dan histologis tertentu. Untuk karsinoma sel skuamosa, margin reseksi minimum adalah 5 mm, seringkali 10 mm, atau bahkan lebih.

Prosedur pembedahan dilakukan oleh dokter yang akrab dengan kanker kulit dan bedah kulit, dokter kulit atau ahli bedah plastik pada khususnya.

Gabungkan hasil onkologis yang baik
estetika DAN
Bergantung pada ukuran tumor, lokasinya, dan margin eksisi yang diperlukan, potongan kulit yang harus diangkat bisa memiliki dimensi yang sangat bervariasi. Oleh karena itu 3 elemen inilah yang akan menentukan jenis intervensi.

Kapan pun secara fungsional dan estetis memungkinkan, area eksisi mendapat manfaat dari jahitan sederhana, menghasilkan bekas luka yang paling sedikit terlihat; dalam hal ini, semuanya diselesaikan dalam seminggu hingga 10 hari.

Jika jahitan sederhana tidak memungkinkan, seseorang dapat membiarkan penyembuhan berlangsung sendiri dengan bantuan pembalut lemak penyembuhan “antarmuka” yang sering memungkinkan untuk mendapatkan bekas luka berkualitas baik, tetapi membutuhkan dua bulan hingga dua bulan setengah, baik menutupi area yang dioperasi dengan sepotong kulit yang dipindahkan dari area tetangga (teknik yang dikenal sebagai flap kulit) atau meminta bantuan cangkok kulit yang diambil dari pasien, dengan waktu penyembuhan sekitar 3 minggu untuk flap hingga 2 bulan untuk cangkok.

Tindak lanjut klinis

Setelah lesi dihilangkan, pasien harus dipantau secara teratur untuk mengidentifikasi kemungkinan kekambuhan (setiap 6 bulan selama tahun pertama, kemudian setiap tahun) atau kemungkinan munculnya lesi lain, karena harus diketahui bahwa jika Anda telah memiliki karsinoma kulit, Anda memiliki peningkatan risiko mengembangkan yang lain.

Hal ini juga diperlukan untuk memperkuat perlindungan matahari.

Intervensi satu atau dua langkah

Dalam kasus yang paling sederhana dan untuk lesi kecil, dalam praktik hingga 5 mm, perawatan dilakukan dalam satu tahap, biopsi sekaligus tindakan bedah eksisi. Untuk lesi yang lebih lanjut atau terletak di area yang secara estetis atau fungsional sulit untuk dilakukan intervensi besar, tindakan pembedahan umumnya dilakukan setelah biopsi kecil awal.

Dalam kasus di mana hemat kulit penting secara fungsional atau estetis, tindakan bedah sering dilakukan dengan melewati sedekat mungkin ke tumor, dan itu terjadi bahwa pemeriksaan histologis bagian operasi menunjukkan margin eksisi tidak cukup untuk menjamin tindakan kuratif, yang membutuhkan operasi ulang. Dimungkinkan untuk menghindari kesulitan dengan dua cara:

Dengan merencanakan operasi dua tahap sejak awal, yaitu pengangkatan lesi dengan margin eksisi yang tampaknya sesuai dan menunggu hasil pemeriksaan histologis, sebelum menutup area intervensi atau, jika perlu, menghilangkan kulit tambahan untuk mencapai zona sehat. Menunggu hasil analisis histologis, pembalut berlemak diterapkan pada area yang dioperasi untuk mencegah infeksi dan memfasilitasi penyembuhan selanjutnya.

Dengan menggunakan apa yang disebut teknik bedah Mohs (dinamai sesuai dengan ahli bedah yang mengembangkannya) di mana tepi area yang diangkat diperiksa secara histologis “secara real time”. Hal ini memungkinkan ahli bedah untuk secara bertahap menyelesaikan gerakannya sampai dia yakin berada di zona sehat di semua sisi eksisi. Operasi ini, yang secara teknis sulit dilakukan, kurang berkembang di Eropa karena indikasi yang terbatas. Ini lebih dipraktikkan di Amerika Serikat, sebagian karena alasan ekonomi yang menguntungkan bagi ahli bedah yang melakukan jenis intervensi ini.

Mengingat tingkat kecanggihan yang tinggi dari dua alternatif ini, mereka dalam praktiknya disediakan untuk lesi yang memiliki risiko tinggi kekambuhan jika terjadi eksisi yang tidak lengkap.

Kemungkinan terapi lainnya

Jika operasi pengangkatan tumor tidak memungkinkan karena alasan teknis atau jika merupakan kontraindikasi, maka dimungkinkan untuk melakukan radioterapi yang, bagaimanapun, memberikan hasil yang kurang baik baik dalam hal pengendalian kanker dan secara stetis. Teknik ini terutama digunakan pada subjek yang sangat tua yang tidak dapat dioperasi dan dalam kasus tumor yang terlalu besar untuk dioperasi tanpa gejala sisa yang besar.

Untuk tumor superfisial

Untuk tumor superfisial (karsinoma sel basal superfisial, keratosis matahari atau aktinik, penyakit Bowen atau karsinoma sel skuamosa in situ), ada juga dua jenis perawatan kimia, imiquimod, dan 5-fluorouracil dan perawatan yang menggabungkan produk kimia dengan cahaya: dinamis fototerapi. Penggunaan perawatan kimia ini memerlukan pemantauan ketat terhadap pasien, karena risiko kekambuhan lebih besar dibandingkan dengan pembedahan.

Untuk bentuk lanjutan atau metastatik

Untuk bentuk lanjut atau metastatik, terapi bertarget telah dikembangkan selama beberapa tahun (= menargetkan anomali molekuler pada asal tumor ini) yang lebih efektif dan ditoleransi lebih baik daripada kemoterapi konvensional.

Akhirnya, imunoterapi baru-baru ini menjadi senjata terapeutik untuk bentuk lanjut karsinoma sel skuamosa dan masih dipelajari untuk karsinoma sel basal.

Fototerapi dinamis

Ada juga metode pengobatan yang menggabungkan bahan kimia dan fisik yang disebut fototerapi dinamis dan terdiri dari mengoleskan krim fotosensitisasi (atau prekursor) pada lesi, kemudian menyinari dengan sumber cahaya yang sesuai, paling sering lampu merah beberapa jam kemudian. , memungkinkan penghancuran sel kanker. Hasilnya sangat baik pada karsinoma superfisial.

Secara umum, perawatan kimia dan fototerapi dinamis terutama diindikasikan pada subjek yang memiliki karsinoma superfisial berulang. Perawatan ini merupakan alternatif untuk operasi berulang, tetapi memerlukan pemantauan yang sangat ketat karena risiko kekambuhan.

Krioterapi

Cryotherapy juga dapat diusulkan untuk karsinoma sel basal superfisial. Ini memiliki keuntungan karena dapat dilakukan secara musyawarah. Dalam 80% kasus tetapi dapat meninggalkan bekas luka depigmentasi.


Daftar Jenis Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis, bersama contoh-contohnya!

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: CleverlySmart, Cancer CenterWikipedia

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.