fbpx

Kanker Belakang Rongga Hidung dan Mulut – Kanker Nasofaring

Pengertian Kanker Nasofaring

Adalah jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Penyebab kanker nasofaring atau kanker belakang rongga hidung dan mulut, belum diketahui dengan pasti. Kanker nasofaring juga dikaitkan dengan adanya virus epstein bar.

Virus Epstein-Barr, juga disebut Virus herpes manusia 4 adalah virus dari famili herpes (yang juga terdapat virus herpes simplex dan Sitomegalovirus), dan merupakan salah satu virus yang paling umum pada manusia. Banyak orang terinfeksi dengan Virus Epstein-Barr yang sering asimtomatik tetapi umumnya menyebabkan mononukleosis.

 

Gejala Kanker Belakang Rongga Hidung dan Mulut

Letak nasofaring yang tersembunyi di belakang hidung atau belakang langit-langit rongga mulut menyebabkan serangan kanker ini sering kali terlambat diketahui. Namun, biasanya pada stadium dini menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut.

1. Di dalam telinga timbul suara berdengung dan terasa penuh tanpa disertai rasa sakit sampai pendengaran berkurang.
2. Hidung sedikit mimisan, tetapi berulang. Hidung tersumbat terus-menerus, kemudian pilek.

Pada kondisi akut menunjukkan gejala sebagai berikut.

1. Kelenjar getah bening pada leher membesar.
2. Mata menjadi juling, penglihatan ganda, dan mata bisa menonjol keluar
3. Sering timbul nyeri dan sakit kepala.

 

CT Scan kanker belakang rongga hidung dan mulut - nasofaring

FDG-PET / CT scan pasien dengan kanker nasofaring. Potongan melintang menunjukkan situs utama FDG-positif. Sumber foto: Gulec SA et al. / BioMedCentral License / Wikimedia Commons

 

Pemeriksaan Kanker Belakang Rongga Hidung dan Mulut (Nasofaring)

Pemeriksan adanya kanker nasofaring dapat dilakukan dengan CT Scan, rhinoskopi anterior dan posterior, nasofaringoskopi, biopsi dan pemeriksaan histopatologi. Karena itu, jika ada keluhan pada telinga dan hidung di satu sisi yang tidak kunjung sembuh harus segera diperiksakan ke dokter THT. Dengan tindakan yang cepat dan ditemukannya kanker pada stadium dini, kemungkinan untuk sembuh semakin besar.

 

Pencegahan Kanker Belakang Rongga Hidung dan Mulut

1. Ciptakan lingkungan hidup dan lingkungan kerja yang sehat, serta usahakan agar pergantian udara (sirkulasi udara) lancar.

2. Hindari mengonsumsi makanan yang diawetkan, makanan yang panas, atau makanan yang merangsang selaput lender.

3. Hindari polusi udara, seperti kontak dengan gas hasil zat-zat kimia, asap industry, asap kayu, asap rokok, asap minyak tanah dan polusi lain yang dapat mengaktifkan virus Epstein bar.

 

Perawatan Kanker Belakang Rongga Hidung dan Mulut

  • Pengobatan kanker nasofaring bisa dilakukan dengan radioterapi, atau kombinasi dengan kemoterapi. Selain itu juga ada kombinasi tambahan lainnya untuk pengobatan kanker ini.

  • Tindakan operasi tidak dilakukan untuk jenis kanker ini karena posisinya yang sulit dan dekat metastase kelenjar getah bening. Tindakan operasi (bedah) yang umum hanyalah biopsi, untuk stadium awal kanker ini jarang dilakukan biopsi.

 

Faktor Risiko Kanker Belakang Rongga Hidung dan Mulut

1. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, termasuk makanan yang diawetkan dengan cara diasinkan atau diasap.

2. Sering mengonsumsi makanan dan minuman yang panas atau bersifat panas dan merangsang selaput lendir, seperti yang mengandung alkohol. Selain itu, sering mengisap asap rokok, asap minyak tanah, asap kayu bakar, asap obat nyamuk, atau asap candu.

3. Sering mengisap udara yang penuh asap atau rumah yang pergantian udaranya kurang baik.

4. Faktor genetik, yakni yang mempunyai garis keturunan penderta kanker nasofaring.

 

Bagaimana Kanker Nasofaring Diobati?

Jika Anda didiagnosis menderita kanker nasofaring, Anda akan dirawat oleh tim spesialis yang berbeda yang bekerja bersama yang disebut tim multidisiplin.

Anggota tim multidisiplin Anda akan berdiskusi dengan Anda tentang apa yang menurut mereka merupakan pilihan perawatan terbaik untuk Anda.

2 Perawatan utama untuk kanker nasofaring adalah:

  • Radioterapi – di mana radiasi digunakan untuk membunuh sel kanker.
  • Kemoterapi – di mana obat digunakan untuk membunuh sel kanker
    Dalam kebanyakan kasus, kombinasi radioterapi dan kemoterapi akan digunakan.

Pembedahan biasanya tidak digunakan untuk mengobati kanker nasofaring karena sulit bagi ahli bedah untuk mengakses daerah yang terkena.

Jika Anda merokok, penting bagi Anda untuk menyerah. Merokok meningkatkan risiko kanker kembali dan dapat menyebabkan lebih banyak efek samping dari perawatan.

 

Radioterapi

Radioterapi adalah pengobatan yang paling umum digunakan untuk kanker nasofaring.

Ini dapat digunakan sendiri untuk mengobati kanker stadium sangat dini, atau dalam kombinasi dengan kemoterapi untuk kanker yang lebih lanjut.

Dalam kebanyakan kasus, radioterapi eksternal digunakan. Ini melibatkan penggunaan mesin untuk memfokuskan sinar radiasi berenergi tinggi ke area yang membutuhkan perawatan.

Pada kanker nasofaring, bentuk lanjutan dari radioterapi eksternal yang disebut terapi radiasi intensitas-termodulasi (IMRT) digunakan.

Ini melibatkan mengarahkan sinar radiasi dengan kekuatan yang berbeda pada tumor dari beberapa sudut yang berbeda.

Ini membantu memaksimalkan dosis yang dikirim ke tumor, sambil meminimalkan efek pada jaringan sehat di sekitarnya.

Radioterapi stereotactic adalah cara lain untuk memberikan radioterapi secara eksternal dan dapat digunakan untuk menargetkan area tertentu di mana kanker telah kembali.

Radioterapi eksternal sering diberikan dalam sesi singkat, sekali sehari dari Senin hingga Jumat, dengan istirahat di akhir pekan.

Ini biasanya dilakukan hingga 7 minggu. Anda tidak perlu menginap di rumah sakit di antara janji temu ini.

Dalam beberapa kasus, radioterapi internal mungkin diperlukan ketika kanker nasofaring telah kembali setelah perawatan awal.

Sumber radioaktif ditempatkan di atau dekat daerah kanker dan dibiarkan di mana saja dari beberapa menit hingga beberapa hari.

Tergantung pada jenis perawatan yang Anda miliki, Anda mungkin perlu tinggal di rumah sakit untuk waktu yang singkat.

Radioterapi itu sendiri tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi dapat memiliki beberapa efek samping yang signifikan, seperti:

  • Kulit merah dan sakit di area perawatan.
  • Merasa sakit.
  • Mengubah indra perasa Anda.
  • Mulut kering.
  • Rambut rontok.
  • Efek samping ini biasanya bersifat sementara, tetapi beberapa dapat bersifat permanen. Biarkan tim perawatan Anda tahu jika Anda mengalami masalah ini karena perawatan sering tersedia untuk membantu.

 

Kemoterapi

Kemoterapi dapat digunakan sebelum atau bersamaan dengan radioterapi untuk kanker nasofaring yang lebih lanjut.

Biasanya diberikan melalui infus ke dalam vena (kemoterapi intravena), dengan sesi setiap 3 hingga 4 minggu tersebar selama beberapa bulan.

Anda biasanya tidak perlu menginap di rumah sakit selama perawatan.

Seperti halnya radioterapi, kemoterapi dapat menyebabkan sejumlah efek samping yang signifikan, seperti:

  • Merasa sakit.
  • Diare.
  • Mulut sakit.
  • Kelelahan
  • Efek samping ini biasanya bersifat sementara, tetapi ada juga risiko masalah jangka panjang, seperti infertilitas.

Anda harus mendiskusikan kekhawatiran Anda tentang efek samping potensial dari perawatan dengan tim perawatan Anda sebelum perawatan dimulai.
Setelah perawatan berakhir, Anda harus memiliki janji temu dan scan secara teratur untuk memantau pemulihan Anda dan memeriksa tanda-tanda kanker kembali.

Untuk mulai dengan, janji temu ini akan menjadi setiap beberapa minggu atau bulan, tetapi mereka akan secara bertahap menjadi kurang sering dari waktu ke waktu.

 

Daftar Jenis Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis, bersama contoh-contohnya!

 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-10T00:50:56+07:00 Januari 8th, 2019|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment