PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Kesetrum | Penyebab, Bagaimana cara bereaksi terhadap sengatan listrik?

5 min read

Kesetrum

Kesetrum | Bagaimana cara bereaksi terhadap sengatan listrik?

Banyak insiden sengatan listrik atau kesetrum terjadi di lingkungan yang kita kenali, seperti di rumah dan tempat kerja. Penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah cedera ini, yang bisa serius, dan untuk mengetahui langkah pertama yang harus diambil untuk memberikan bantuan yang memadai kepada korban sengatan listrik.

Kesetrum adalah fenomena yang menunjukkan aliran listrik masuk ke dalam tubuh. Tubuh terutama terdiri dari air, tubuh adalah konduktor yang sangat baik untuk arus listrik. Ketika listrik melewatinya, cedera dapat terjadi pada jaringan eksternal dan internal, serta organ.

Sebenarnya ada bahaya bila arus lebih besar dari 5 MA (miliampere). Oleh karena itu, semua instalasi listrik dan perangkat yang terhubung harus ditangani dengan hati-hati.

Apa saja tanda-tandanya?

– Luka dimana arus masuk ke kulit dan arus listrik masuk tubuh korban;
– Masalah pernapasan;
– Masalah jantung ;
– Luka bakar;
– Keadaan syok.

Tindakan yang harus diambil

– Panggil bantuan;
– Potong daya;
– Jika harus memisahkan korban dari sumber arus, gunakan benda yang tidak menghantarkan listrik, seperti kayu, karet atau plastik;
– Pastikan tidak ada air di lantai;
– Kaji tanda-tanda vital korban.

Penting untuk mengenali di mana titik masuk dan keluar saat ini karena ini memungkinkan penilaian kondisi korban. Jika arus masuk ke tangan kiri dan keluar dari bahu kiri, kecil kemungkinannya melewati jantung. Oleh karena itu, henti jantung dapat lebih mudah dikesampingkan.

Di sisi lain, jika arus masuk ke lengan kiri dan keluar dari lengan kanan, jantung lebih mungkin terpengaruh oleh arus. Risiko gagal jantung kemudian lebih tinggi.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan listrik?

1. Lindungi diri Anda, karena korban mungkin berada di bawah tekanan.

2. Dalam kasus tegangan rendah (mana yang lebih cepat dan lebih aman): pindahkan korban dari sirkuit listrik menggunakan benda non-konduktif (sapu, bilah kayu, dll.), pindahkan dia dari zona bahaya atau hentikan aliran listrik. arus (cabut steker atau cabut sekring).

3. Dalam kasus tegangan tinggi: menjauhlah dan hubungi ambulans. Selama listrik mengalir, bisa berakibat fatal untuk mendekatinya!

4. Jika terjadi penurunan kesadaran, pusing, nyeri dada atau jantung berdebar: panggil ambulans.

5. Kontrol pernapasan dan nadi. Dalam kasus henti jantung atau pernapasan, lakukan pijat mulut ke mulut dan jantung segera dan sampai ambulans tiba.

6. Jika tidak ada gejala seperti itu: obati luka bakar dan bawa korban ke rumah sakit.

7. Jika terjadi cedera yang diakibatkannya (misalnya patah tulang atau memar): ambil tindakan dan konsultasikan dengan dokter.

Penyebab kesetrum

Luka bakar listrik yang disebabkan oleh elektrifikasi banyak terjadi setiap tahunnya. Penyebabnya bervariasi dan kecelakaan dapat terjadi:

Di rumah, kami berbicara tentang kecelakaan rumah tangga;
Dalam konteks waktu luang;
Sedang bekerja.

1. Kecelakaan domestik

Di rumah, tidak ada yang kebal terhadap sengatan listrik.

Beberapa kecelakaan rumah tangga tidak menyebabkan cedera, ketika pelepasan, meskipun sangat tidak menyenangkan, disebabkan oleh arus fase tunggal dengan intensitas rendah. Namun, kecelakaan yang lebih serius dapat disebabkan oleh:

Perangkat listrik dengan kabel telanjang yang dicolokkan ke stopkontak;
Instalasi dalam kondisi buruk dan tidak sesuai dengan standar kelistrikan;
Stopkontak listrik yang usang atau rusak;
Sakelar rusak;
Sirkuit listrik tanpa pengaman tanpa pemutus sirkuit diferensial.

Semua ini dapat dihindari dengan memastikan bahwa instalasi memenuhi standar saat ini.

2. Arus dan kelembaban

Air dan listrik jarang kompatibel. Jika terjadi banjir, pipa putus atau bahkan selokan, meteran listrik harus segera dimatikan. Faktanya, setiap kontak antara air dan listrik adalah risiko elektrifikasi jika Anda terkena air.

3. Apa yang disebut kecelakaan waktu luang

Ada juga risiko sengatan listrik di luar rumah. Insiden dapat disebabkan oleh busur listrik, khususnya petir. Di antara kegiatan yang berisiko, kami dapat menyebutkan:

  • Memancing saat cuaca badai;
  • Berlayar saat badai;
  • Berlatih terjun payung dan aktivitas udara lainnya saat langit mengancam atau mendung;
  • Berlatih aktivitas di dekat tiang listrik.

Secara umum, menyentuh aksesori dengan struktur logam (payung atau lainnya) dapat menyebabkan sengatan listrik, terutama saat terjadi badai petir.

Anda harus tahu bahwa kedekatan dengan sumber tegangan tinggi dapat menjadi penyebab sengatan listrik, bahkan sengatan listrik, bahkan jika tidak ada kontak. Memang, busur listrik kemudian dapat menyebabkan radiasi termal yang menyebabkan luka bakar. Ini dijelaskan oleh konduktivitas tubuh manusia yang tinggi, yang lebih tinggi daripada udara. Jika terjadi busur listrik, arus mengalir secara alami ke konduktor terbaik, di sini tubuh.

4. Kecelakaan di tempat kerja

Kecelakaan kesetrum ini terutama disebabkan oleh ketidakpatuhan. Pengetahuan yang tidak memadai, tergesa-gesa, gangguan, ketidaktahuan akan kondisi fasilitas, ketidakmampuan atau penggunaan alat yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebabnya. Secara umum, perdagangan yang terkait dengan kelistrikan (produksi, distribusi, perbaikan, dll.) aman untuk menghindari elektrifikasi.

Sektor kegiatan lain yang lebih terpengaruh, seperti yang bekerja di dekat saluran listrik, seperti pemangkasan pohon, misalnya. Orang yang bekerja di atap (roofer, dll.) juga prihatin, dan karena itu harus mengambil semua tindakan pencegahan mereka.

Mengapa ketika Anda menyentuh listrik bisa kesetrum?

Kesetrum dan menyetrum listrik

Dengan tidak sengaja menyentuh pagar berlistrik di pinggir sawah, kabel listrik telanjang (yang telah kehilangan sebagian selubungnya), atau dengan memasukkan jari-jari Anda ke dalam soket… ada banyak cara untuk kesetrum, yaitu dengan katakanlah dilintasi arus listrik. Jangan bingung dengan sengatan listrik, yang kita bicarakan hanya jika arus listrik yang melewati tubuh menyebabkan kematian. Jika listrik menyebabkan luka atau bahkan cedera, kematian sangat jarang terjadi.

Listrik, pengangkut beban (Listrik adalah pembawa muatan)

Listrik adalah transportasi partikel bermuatan. Atom-atom yang menyusun materi terbentuk dari inti bermuatan positif di mana elektron, partikel elementer bermuatan negatif, mengorbit. Dalam apa yang disebut bahan “konduktif”, elektron dari atomnya bebas bergerak, sedangkan dalam bahan yang disebut “isolasi”, elektron ini menempel pada atomnya masing-masing, dan tidak bergerak. Ketika perbedaan potensial listrik, yang disebut tegangan listrik dan dinyatakan dalam volt (V), diterapkan dari satu ujung konduktor ke ujung lainnya, elektron akan mulai bergerak di bawah pengaruh gaya gerak listrik, tertarik ke sisi bermuatan positif. . Mereka kemudian menciptakan apa yang disebut arus listrik.

Baca juga: Daya Listrik | Rumus, Penjelasan, Contoh Soal dan Jawaban

Dari pembangkit listrik yang menghasilkan listrik ke outlet listrik rumah-rumah, itu adalah seluruh jaringan distribusi yang menjamin pengangkutan listrik, khususnya melalui saluran tegangan tinggi, tetapi juga oleh jaringan “tidak terlihat”, yang tersembunyi di dinding rumah. Kabel listrik ini mengalir melalui rumah-rumah. “Jangan memasukkan jarimu ke dalam soket!” secara teratur mendengar dan akan mendengar banyak anak. Di dalam outlet listrik ada dua sisi: satu sisi bernama “fase” yang memiliki potensi 230 volt, satu sisi bernama “netral” yang tidak memiliki potensi listrik. Jika, secara tidak sengaja, kita menemukan diri kita menyentuh sisi fase, kita di satu sisi terhubung ke potensial tinggi melalui kontak dengan soket, di sisi lain terhubung ke potensial nol yang disebut bumi, artinya – katakanlah tanah . Ketika waktu kontak sangat singkat, misalnya dalam kasus jari-jari di soket yang langsung ditarik, perasaan itu hanya akan menjadi sensasi kesemutan yang sangat tidak menyenangkan, ini disebut “mengambil kastanye”. Tetapi dalam kasus kontak yang lama dengan arus, perbedaan potensial antara kaki dan jari-jari ini akan memungkinkan arus mengalir dari soket ke bumi, melalui tubuh manusia.

Tubuh manusia adalah penghantar listrik yang baik

Karena di antara konduktor terbaik adalah logam, air, dan karenanya … tubuh manusia. Memang, yang terakhir sebagian besar terdiri dari air, arus listrik dapat bersirkulasi di sana dengan mudah, oleh sistem pembuluh darah dan saraf, tetapi juga oleh kulit yang lebih konduktif ketika basah. Apakah pelepasan berasal dari petir, soket atau pagar listrik, akan selalu ada titik masuk, di mana ada kontak dengan sumber potensial tinggi, dan titik keluar, di mana arus akan mengalir dari tubuh ke elemen lain dengan potensial nol. , apakah itu ground atau sisi netral stopkontak, misalnya. Arus akan berusaha meminimalkan jalurnya, sehingga akan mengambil jalur terpendek untuk mencapai pintu keluar.

Elektrifikasi dapat menyebabkan banyak cedera yang bergantung pada intensitas arus, zona kontak, tetapi juga titik masuk dan keluar, yang menentukan lintasan dan durasinya. Seringkali tangan berfungsi sebagai titik masuk, dan kaki sebagai pintu keluar. Dengan melewati kontak dengan kulit, penghalang pertama untuk perjalanannya, listrik menghasilkan luka bakar yang kurang lebih parah, mulai dari kemerahan sederhana hingga luka bakar tingkat ke-3. Kemudian menyebar di bagian yang paling tidak tahan, selalu berusaha meminimalkan jalannya. Serabut saraf dan pembuluh darah adalah tempat perjalanan yang lebih disukai, tetapi jalurnya dapat meluas ke otot, menyebabkan kontraksi yang tidak disengaja. Dalam kasus intensitas yang sangat kuat, arus dapat masuk ke jantung dan menyebabkan disfungsi jantung, mulai dari gangguan sederhana hingga berhenti total.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita! Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, StudyMayo ClinicScience DirectWeb MD

Sumber foto: Pxhere

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *