Laut Terdalam di Dunia – 10 Daftar Lautan Terdalam

Laut Terdalam di Dunia

Berikut daftar laut terdalam di dunia:

1. Mariana

Lebih dikenal sebagai titik terdalam di permukaan bumi atau laut terdalam di dunia, parit atau palung ini terletak di Samudra Pasifik, di Challenger Deep.

Terletak di kedalaman sekitar 10,91 km atau 11.033 meter di bawah permukaan laut, palung ini membentang sejauh 2.550 kilometer, di suatu tempat di bawah bentangan air yang terbentang antara Australia dan Jepang.

Kepulauan Mariana Utara adalah kepulauan yang berada di wilayah negara Amerika Serikat. Kepulauan Mariana ini terletak di Samudra Pasifik.[2] Kepulauan ini terdiri dari 15 pulau yang terletak di antara pulau Hawai dan negara Filiphina.

2. Tonga

Palung Tonga yang terletak sekitar 10.882 m di bawah permukaan laut. Hadir di Samudra Pasifik juga, ini adalah kedalaman terdalam kedua samudera yang telah dieksplorasi melalui upaya manusia.

3. Kuril – Kamchatka

Palung Kuril adalah palung bawah laut yang dalam di Samudra Pasifik barat, terletak di sisi timur Semenanjung Kamchatka, Kepulauan Kuril, dan Pulau Hokkaido, Jepang.

Bagian samudera terdalam lainnya yang termasuk Samudera Pasifik, palung atau laut ini ini terletak pada kedalaman 10.500 m di bawah permukaan laut.

Berbaring dekat dengan Pulau Kuril dan lepas pantai Kamchatka, parit ini bertanggung jawab atas banyak aktivitas gunung berapi di wilayah ini.

4. Filipina

Pada kedalaman 10.540 m, palung ini membuat bagian terdalam keempat samudera di dunia dan Samudra Pasifik, keduanya.

5. Kermadec

Palung samudera dalam lainnya yang terletak di Samudra Pasifik adalah Parit Kermadec pada kedalaman 10.047 m menjadikannya bagian terdalam kelima samudera, dekat Selandia Baru.

Ini berjalan sekitar seribu kilometer sebelum akhirnya bergabung dengan rantai Louisville Seamount.

6. Puerto Rico

Ditemukan di Samudra Atlantik, parit ini menandai titik terdalam di samudera ini dan titik terdalam keenam yang ditemukan di permukaan bumi.

Ditemukan pada kedalaman 8.800 m dan panjang lebih dari 800 kilometer, parit ini bertanggung jawab atas banyak kegiatan tragis tsunami dan gempa bumi di wilayah ini dengan aktivitas tertinggi dengan skala Richter 8,1 pada tahun 1953. Upaya pemetaan lengkap parit ini sudah berlangsung sejak lama

7. Sandwich Selatan

Berbaring di Samudera Atlantik, parit ini membuat titik terdalam kedua yang ditemukan di lautan ini. Ini berada di kedalaman sekitar 8.428 m dan berjalan selama lebih dari 956 km, menjadikannya salah satu parit paling mencolok di dunia.

Parit ini dikaitkan dengan busur vulkanik aktif.

8. Romanche

Itu terletak di kedalaman 7.760 m dan panjangnya 300 km, dekat dengan garis katulistiwa. Ini menjadikannya parit terdalam ketiga di Samudera Atlantik dan masuk dalam daftar lima belas bagian terdalam samudera di dunia.

Parit ini memainkan peran utama dalam distribusi air yang seragam di bagian khusus Samudra Atlantik ini.

9. Jawa

Pada kedalaman 7,725 m, palung ini adalah bagian terdalam dari Samudera Hindia. Kadang-kadang disebut juga palung Sunda, terletak dekat dengan pulau-pulau di Samudra Hindia termasuk Pulau Jawa, Sumatra, dan Andaman.

10. Cekungan Eurasia

Ditemukan di bawah perairan beku Samudra Arktik, palung ini terletak di kedalaman 5.450 m dan membentang sekitar 350 kilometer. Palung ini menandai titik terdalam Samudra Arktik dan bagian ke-20 terdalam dari semua samudera di dunia.

Baca juga 👉 Samudra Terbesar Di Dunia Adalah Samudra Pasifik

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: South East Asia, Marine Inside

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

By | 2020-08-11T19:55:37+07:00 Juli 30th, 2020|Geografi & Sejarah, Top 10|0 Comments

Leave A Comment