PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Manfaat Susu | Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kebaikannya

3 min read

Manfaat susu

Manfaat Susu Bagi Tubuh

Susu adalah sumber kalsium terbaik dalam makanan. Manfaat susu dalam tubuh kita banyak sekali. Susu secara alami kaya nutrisi, merupakan sumber kalsium yang baik, tetapi juga protein berkualitas, mineral seperti kalium, fosfor, magnesium dan seng, vitamin (B2 dan B12 dan sedikit A dan D). Susu skim dan semi-skim juga rendah lemak.

1 Juni: Hari Susu Sedunia

Pencegahan berbagai penyakit

Selain itu, kalsium susu dapat berperan dalam pencegahan berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi dan obesitas. Senyawa bioaktif lainnya hadir dalam susu dan juga dianggap memiliki efek kesehatan. Ini adalah kasus pada laktoferin, protein yang berperan dalam melawan infeksi. Itu juga akan melindungi terhadap jenis kanker tertentu.

Program Nutrisi Kesehatan Nasional merekomendasikan untuk mengonsumsi 3 produk susu sehari dan bertaruh pada variasinya untuk menyeimbangkan asupan kalsium, lemak, dan garam kita. Dianggap bahwa 100 hingga 150 ml susu sesuai dengan produk susu.

Sumber kalsium

Produk susu adalah sumber kalsium terbaik dalam makanan kita. Kalsium mereka sangat baik diserap dan diasimilasi oleh tubuh. Bioavailabilitas ini ditingkatkan dengan adanya protein dan fosfor.

Kalsium diperlukan untuk mineralisasi tulang dan gigi sepanjang hidup. Ini juga terlibat dalam banyak proses vital: kontraksi otot, pembekuan darah, tekanan darah, transmisi impuls saraf, fungsi hormonal, aktivitas enzimatik, pembaruan sel.

Sumber fosfor bagi tubuh

Produk susu juga merupakan sumber fosfor yang sangat baik, yang juga penting untuk mineralisasi tulang dan gigi, serta untuk regenerasi jaringan.

Manfaat susu bagi tubuh juga menyediakan pasokan protein berkualitas, yang nilai biologisnya sebanding dengan protein daging.

Sumber dari beberapa vitamin

Vitamin B12 sangat penting untuk tubuh. Ini terlibat dalam pertumbuhan, pembelahan sel, keseimbangan sistem saraf, sintesis protein, pembentukan sel darah merah, metabolisme karbohidrat dan lipid… Daging dan ikan merupakan sumber pertama vitamin B12, Vegetarian adalah terutama pada risiko defisiensi. Konsumsi produk susu secara teratur dengan kadar vitamin B12 yang baik memastikan cakupan yang lebih baik dari kebutuhan tubuh.

Terakhir, susu mengandung vitamin A, di sini hadir dalam bentuk retinol. Vitamin ini dapat meningkatkan kesehatan kulit, tulang dan gigi, serta ketajaman visual. Ini juga memberikan tindakan antioksidan.

Asam lemak jenuh dan tak jenuh yang ada dalam susu berpartisipasi dalam pembangunan membran sel dan memungkinkan penggunaan vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E dan K) oleh tubuh.

Dengan demikian, produk susu berpartisipasi dalam pencegahan osteoporosis, penyakit kardiovaskular, kanker usus besar, dan obesitas. Memang, produk susu tampaknya berperan dalam pengelolaan kelebihan berat badan dan munculnya sindrom metabolik. Studi epidemiologi menunjukkan bahwa konsumsi 3 produk susu per hari dikaitkan dengan penurunan kejadian sindrom metabolik sekitar 30%.

Akhirnya, konsumsi susu secara teratur akan membantu menjaga kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) darah tinggi, faktor pelindung terhadap penyakit kardiovaskular.

Bahaya konsumsi berlebihan

Penelitian Swedia menyimpulkan bahwa minum terlalu banyak susu berbahaya bagi kesehatan. Menurut hasil penelitian yang dilakukan, wanita yang minum lebih dari tiga gelas susu sehari lebih berisiko mengalami patah tulang. 90% statistik membuktikan bahwa konsumsi juga bisa menjadi penyebab kematian.

Konsumsi sedang

Apakah ada cara yang benar untuk mengkonsumsi susu? Ya ! Ahli gizi menyarankan untuk memvariasikan produk daripada berfokus pada susu sapi mentah.

Mereka juga menyarankan mengonsumsi produk susu lain setiap hari untuk menyeimbangkan kadar kalsium dan menghindari ketidaknyamanan. Yogurt, keju, mentega atau krim adalah turunan yang memberikan nutrisi yang kurang lebih sama.

Makanan dengan banyak manfaat ini adalah pendamping penting dari diet seimbang. Produk turunannya memiliki kualitas yang sama dan datang dalam bentuk yang berbeda.

Makanan penting atau tidak?

Berkat manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam susu, Anda hampir tidak dapat membuangnya dari diet Anda. Namun, mereka yang tidak toleran terhadap produk ini telah mendorong para peneliti untuk mencari alternatif untuk mengisi kesenjangan tersebut.

Dalam beberapa resep, misalnya, diganti dengan santan, pure biji minyak atau bahkan krim kedelai.

Berkat kekayaan nutrisinya, telur juga merupakan pengganti yang sangat baik. Dalam kue misalnya, itu juga bisa membuat adonan yang renyah dan lembut. Meskipun penting untuk pertumbuhan yang baik dan pemeliharaan kesehatan, susu dapat membahayakan metabolisme dan meningkatkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Oleh karena itu penting untuk menghormati jumlah harian maksimal 3 gelas per hari dan menggantinya dari waktu ke waktu dengan pengganti seperti krim kedelai atau telur.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: PubmedDairy products and colorectal cancer, Milk consumption, stroke, and heart attack risk, The Local

Sumber foto: Piqsels (CC0 Public Domain)

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.