PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Kolesterol Tinggi | Kadar, makanan, gejala peringatan, pengobatan

15 min read

Kolesterol tinggi

Kolesterol

Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh tubuh kita dan juga ditemukan dalam makanan. Ini adalah elemen penting untuk sintesis banyak hormon, tetapi juga untuk struktur membran yang mengelilingi sel. Kelebihan kolesterol atau kolesterol tinggi bukanlah penyakit itu sendiri tetapi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya.

Setelah beberapa tahun kadarnya terlalu tinggi, kolesterol secara bertahap menyebabkan hilangnya elastisitas di arteri dan mengurangi diameternya. Ini disebut aterosklerosis (atau arteriosklerosis), penyakit yang dapat memiliki konsekuensi serius. Pengobatan kelebihan kolesterol didasarkan pada langkah-langkah diet dan obat-obatan tertentu.

APA ITU KOLESTEROL TINGGI?

Kelebihan kolesterol bukanlah penyakit itu sendiri tetapi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya. Faktanya, kelebihan kolesterol LDL, juga disebut kolesterol jahat, yang mendorong pembentukan endapan di dinding arteri. Deposito ini secara bertahap menyebabkan hilangnya elastisitas di arteri dan mengurangi diameternya, yang meningkatkan risiko menderita infark, stroke, atau arteritis. Diperkirakan 12 juta orang Prancis menderita kelebihan kolesterol LDL.

Fraksi kolesterol lainnya, kolesterol HDL atau “kolesterol baik”, menjebak kolesterol yang berlebihan dalam darah dan merangsang pembuangannya oleh hati. Oleh karena itu memiliki efek mengurangi tingkat penyakit kardiovaskular.

Kadar kolesterol darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Setelah beberapa tahun menjadi terlalu tinggi, kolesterol membentuk endapan di dinding arteri, yang disebut plak aterosklerotik, yang mungkin mengandung zat lain, seperti kalsium. Ini disebut aterosklerosis (atau arteriosklerosis). Penyakit ini tidak menimbulkan gejala selama bertahun-tahun. Namun, suplai oksigen dan nutrisi ke organ yang terkena terkadang sangat berkurang, menyebabkan gejala yang parah dan terkadang tiba-tiba seiring waktu.

APA GEJALA KOLESTEROL BERLEBIHAN?

Kelebihan kolesterol LDL tidak menimbulkan gejala, tetapi pengendapannya di arteri dapat menyebabkan penyakit. Misalnya angina pektoris, kontraksi pembuluh darah jantung, bahkan infark miokard. Jika arteri otak terpengaruh, kelumpuhan, pusing atau gangguan bahasa mungkin terjadi, bahkan stroke. Akhirnya, jika arteri di kaki menyempit, arteritis menyebabkan kram betis intermiten saat berjalan. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi.

Gejala peringatan: Secara keseluruhan, kumpulan gejala yang mungkin menunjukkan penyakit kardiovaskular (jantung) yang melibatkan kelebihan kolesterol adalah sebagai berikut:

  • nyeri di betis,
  • nyeri di dada dengan perasaan sesak,
  • mual, pusing,
  • demam, sakit kepala,
  • sesak nafas, palpitasi,
  • perasaan dingin pada ekstremitas,
  • kehilangan kekuatan di wajah, lengan, kaki, terutama di satu sisi,
  • kesulitan bicara,
  • gangguan penglihatan,
  • dll

DAN TRIGLISERID?

Trigliserida membentuk sebagian besar lemak yang kita makan dan beredar dalam darah kita. Mereka adalah sumber energi penting bagi tubuh kita. Tampaknya tingkat trigliserida yang terlalu tinggi dalam darah mendorong perkembangan penyakit kardiovaskular, tetapi pendapat berbeda tentang hal ini. Tingkat trigliserida dalam darah biasanya di bawah 1,5 g/l. Tingkat abnormal tinggi sering dikaitkan dengan alkohol yang berlebihan, diabetes yang tidak terkontrol, kelebihan berat badan, kelebihan hati dengan lemak atau minum obat tertentu.

APA YANG MENYEBABKAN KOLESTEROL BERLEBIHAN?

Sejumlah besar faktor dapat berkontribusi pada peningkatan konsentrasi kolesterol LDL dalam darah:
keturunan;
diet yang terlalu tinggi lemak hewani dan kolesterol;
kelebihan berat badan dan obesitas;
aktivitas fisik yang tidak mencukupi;
jenis kelamin (laki-laki memiliki kolesterol LDL yang lebih tinggi).
Gangguan lain, seperti diabetes, hipotiroidisme, penyakit hati dan ginjal, dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

APA SAJA KOMPLIKASI PADA KOLESTEROL BERLEBIHAN?

Tanda-tanda aterosklerosis berbeda tergantung pada organ yang terkena. Mereka terjadi ketika aliran darah sangat berkurang oleh timbunan kolesterol sehingga mencegah fungsi organ yang tepat. Jika arteri jantung terpengaruh, pasien dapat mengalami serangan angina pektoris (kontraksi arteri yang mengairi otot jantung), atau bahkan infark miokard (kematian sebagian otot jantung karena kekurangan oksigenasi). ). Plak di arteri yang terletak di perut dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Jika arteri otak tersumbat oleh plak aterosklerotik, kelumpuhan, pusing, gangguan bahasa, dll. mungkin. Terkadang potongan plak pecah, bermigrasi dan menyumbat pembuluh kecil di hilir. Ini adalah salah satu penyebab stroke (“serangan otak”).

Akhirnya, jika arteri kaki menyempit, kram betis intermiten diamati selama berjalan: ini adalah arteritis kaki. Penyakit ini lebih penting karena kram dan nyeri terjadi setelah jarak yang sangat dekat. saat istirahat. Arteritis kaki yang parah dapat menyebabkan gangren (kematian area yang tidak lagi diairi) yang memerlukan amputasi. Ultrasonografi dapat menilai penurunan aliran darah di arteri dan mendiagnosis arteritis.

BAGAIMANA CARA MENDETEKSI KOLESTEROL BERLEBIHAN?

Deteksi kelebihan kolesterol dilakukan dengan tes darah (dilakukan dengan perut kosong) yang mengevaluasi kadar LDL, HDL dan kolesterol total, serta trigliserida. Sejak usia 50 tahun, pemeriksaan kolesterol sistematis dilakukan setiap lima tahun untuk wanita dan setiap tiga tahun untuk pria. Dosis ini mungkin lebih sering pada pasien dengan beberapa faktor risiko kardiovaskular. Ketika tes darah menunjukkan nilai yang terlalu tinggi, dokter melakukan tes darah puasa kedua untuk memastikan hasil yang pertama.

Aterosklerosis dapat dideteksi selama pemeriksaan medis, khususnya dengan mengauskultasi leher, selangkangan atau perut. Dokter mencari suara napas yang mencerminkan penyempitan pembuluh darah. Mengambil denyut nadi juga memungkinkan untuk menilai sejauh mana penurunan aliran darah.

BAGAIMANA CARA MEMBACA HASIL TES DARAH?

Dari sampel darah, laboratorium analisis mengukur parameter yang membentuk profil lipid pasien.

TOTAL KOLESTEROL

Istilah kolesterol total mencakup kadar kolesterol HDL dan LDL, serta seperlima dari kadar trigliserida. Tingkat ini biasanya kurang dari 2 g/l.

LDL KOLESTEROL

Disebut juga kolesterol jahat. Dalam darah, sebagian besar kolesterol total terdiri dari kolesterol LDL. Pada pasien, kadar kolesterol LDL yang diinginkan ditentukan oleh dokter berdasarkan adanya faktor risiko kardiovaskular. Dengan tidak adanya faktor risiko, kadar kolesterol LDL dianggap normal bila di bawah 1,6 g/l. Jika pasien memiliki satu atau lebih faktor risiko (misalnya, pria berusia di atas 50 tahun), nilai batas ini adalah 1,3 g/l. Di luar itu, tindakan terapeutik harus diambil.

KOLESTEROL HDL

Disebut juga kolesterol baik, perannya adalah untuk menangkap kelebihan kolesterol dalam darah dan membawanya ke hati untuk dibuang bersama empedu. Kadar kolesterol HDL dianggap terlalu rendah bila di bawah 0,35 g/l. Kolesterol HDL tingkat tinggi (lebih dari 0,60 g/l) melindungi terhadap penyakit kardiovaskular dan menghilangkan faktor risiko kardiovaskular. Dengan demikian, seorang pria berusia 50 tahun (faktor risiko) yang memiliki kadar kolesterol LDL 1,5 g/l dan kadar kolesterol HDL 0,65 g/l tidak akan dianggap membutuhkan perawatan medis.

TRIGLISERIDA

Trigliserida adalah bagian terbesar dari lemak darah yang tidak ditemukan sebagai kolesterol. Tingkat trigliserida meningkat setelah makan kaya dan banyak air, selama penyakit hati atau setelah minum obat tertentu. Hubungan antara kadar trigliserida yang tinggi (lebih dari 1,5 g/l) dan risiko penyakit kardiovaskular belum ditetapkan dengan jelas.

RASIO CT/HDL

Dengan membagi kadar kolesterol total (TC) dengan kadar kolesterol HDL, kami memperoleh rasio CT/HDL, yang digunakan untuk menilai risiko penyakit kardiovaskular. Rasio ini kurang digunakan saat ini.

Pengobatan kolesterol berlebih

Ketika seseorang memiliki kadar kolesterol darah yang terlalu tinggi pada dua tes darah berturut-turut, perawatan medis mungkin diperlukan. Dokter umum memutuskan ketepatan pengobatan berdasarkan beberapa parameter: kadar darah total, kolesterol LDL dan HDL, kadar trigliserida dan adanya faktor risiko kardiovaskular.

APA PENGOBATAN UNTUK KOLESTEROL BERLEBIHAN?

Perawatan terhadap kelebihan kolesterol LDL terdiri pertama-tama dalam memberikan pasien aturan gaya hidup dan diet. Jika tiga bulan penerapan aturan ini tidak cukup untuk mendapatkan nilai yang dapat diterima, perawatan obat diperlukan. Tujuan pengobatan ini adalah untuk mempertahankan kadar kolesterol LDL di bawah ambang batas target yang ditentukan sesuai dengan jumlah faktor risiko kardiovaskular yang ada pada pasien. Ketika kadar kolesterol LDL disimpan di bawah nilai-nilai ini, risiko penyakit kardiovaskular berkurang.

Ketika perawatan obat diresepkan, pertama-tama diberikan dalam dosis serendah mungkin. Jika ini tidak cukup, dosisnya ditingkatkan secara bertahap. Pemantauan efektivitas dan toleransi obat ini dilakukan dengan menggunakan tes darah. Yang pertama dari sampel darah kontrol ini diambil antara satu dan tiga bulan setelah dimulainya pengobatan.

APAKAH TINGKAT KOLESTEROL LDL DICARI BERDASARKAN FAKTOR RISIKO?

Dengan tidak adanya faktor risiko, tujuan pengobatan adalah kadar kolesterol LDL di bawah 2,2 g/l.
Dengan adanya faktor risiko, tujuan pengobatan adalah kadar kolesterol LDL di bawah 1,9 g/l.
Dengan adanya dua faktor risiko, tujuan pengobatan adalah kadar kolesterol LDL 1,6 g/l.

Dengan adanya lebih dari dua faktor risiko, tujuan pengobatan adalah kadar kolesterol LDL di bawah 1,3 g/l.
Pada pasien dengan risiko kardiovaskular tinggi (riwayat penyakit kardiovaskular, atau diabetes tipe 2 dengan kerusakan ginjal atau dua faktor risiko lainnya), tujuan pengobatan adalah kadar kolesterol LDL di bawah 1 g/l.
Namun demikian, ambang batas target ini hanyalah tujuan dan tidak direkomendasikan, karena kurangnya studi yang memadai, untuk mencoba mencapainya dengan biaya pengobatan obat yang berlebihan atau tidak dapat ditoleransi dengan baik.

Ketika perawatan obat diresepkan, pertama-tama diberikan dalam dosis serendah mungkin. Jika ini tidak cukup, dosisnya ditingkatkan secara bertahap. Pemantauan efektivitas dan toleransi obat ini dilakukan dengan menggunakan tes darah. Yang pertama dari sampel darah kontrol ini diambil antara satu dan tiga bulan setelah dimulainya pengobatan.

Mengatasi kelebihan kolesterol pada ibu hamil

Dalam kebanyakan kasus, pengobatan kolesterol dapat ditunda selama kehamilan karena kadar kolesterol tinggi pada wanita hamil tidak mewakili risiko besar. Mereka harus dihentikan jika kehamilan diinginkan. Jika kehamilan terjadi saat menjalani pengobatan penurun kolesterol, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.

Obat-obatan dari keluarga fibrate dapat digunakan selama kehamilan dalam situasi luar biasa tertentu (kadar trigliserida di atas 10 g/l yang membuat Anda berisiko terkena pankreatitis).

Diet penurun kolesterol

Mencegah aterosklerosis berarti mengubah gaya hidup Anda untuk menurunkan kadar kolesterol LDL Anda. Langkah-langkah diet sangat penting tetapi mereka tidak boleh terlalu membatasi untuk diikuti dari waktu ke waktu: diet anti-kolesterol yang baik adalah yang dapat Anda terapkan secara berkelanjutan. Dalam praktiknya, langkah-langkah diet yang direkomendasikan untuk orang dengan kolesterol LDL berlebih bervariasi tergantung pada apakah pasien kelebihan berat badan atau tidak.

1. PADA ORANG TANPA BERAT BADAN BERLEBIH

Dalam hal ini, tindakan yang direkomendasikan pada dasarnya terdiri dari membatasi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol – keduanya sering digabungkan dalam makanan – dan meningkatkan lemak tak jenuh (khususnya asam lemak omega-3 ) dan serat. Berhenti merokok juga sangat dianjurkan.

LANGKAH SEDERHANA UNTUK MEMBATASI LEMAK JENDUR DAN KOLESTEROL ASUPAN

Jika hanya ada tiga langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol harian Anda, itu adalah:
Hindari menggunakan mentega untuk memasak, simpan kacang untuk roti panggang pagi.
Secara signifikan mengurangi konsumsi daging berlemak seperti rillettes, sosis, sosis, dan bacon.
Hindari makan keju di semua waktu makan.

TINDAKAN LAINNYA

Ganti mentega dengan margarin dengan pitosterol. Anda dapat menemukan di supermarket margarin sayuran yang diperkaya dengan zat alami ini yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Dosis harian yang direkomendasikan dari pitosterol (satu hingga dua gram per hari) sesuai dengan konsumsi harian 30 hingga 40 g margarin ini, lemak yang diperkaya, yaitu setara dengan jumlah yang disebarkan pada empat atau lima roti. Harap dicatat, yang terbaik adalah mencari saran dari dokter Anda saat menggunakan produk ini untuk waktu yang lama. Anda juga bisa menggunakan margarin nabati untuk memasak untuk pembuatan short crust atau puff pastry.
Dalam kue, kue dan pancake, ganti mentega dengan minyak atau margarin, yang tinggi lemak tak jenuh; 150 ml minyak menggantikan 200 g mentega.
Kurangi setengah jumlah kuning telur yang ditunjukkan dalam resep.
Degrease kaldu daging dengan menempatkannya di lemari es. Gemuk membeku di permukaan dan dapat dengan mudah dihilangkan.
Potong daging dengan pisau sebelum dimasak.
Lebih suka daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, steak sapi atau kelinci, serta ikan, bahkan yang berlemak.
Lebih suka susu skim atau semi-skim dan produk susu.
Batasi konsumsi produk kelapa Anda.
Hindari membeli produk yang mengandung lemak terhidrogenasi (asam lemak trans) dan minyak sawit, kopra atau inti sawit, yang kaya akan asam lemak jenuh.
Pilih lemak tak jenuh (lihat di bawah).
Makan lebih banyak serat. Serat akan mengurangi penyerapan kolesterol makanan oleh usus. Mereka ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Bolehkah kita makan telur?
Mengkonsumsi kuning telur yang kaya kolesterol memiliki dampak yang lebih kecil pada kadar kolesterol darah daripada yang telah dikatakan. Efeknya tampaknya bervariasi sesuai dengan faktor genetik yang spesifik untuk setiap individu. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan satu telur sehari tidak meningkatkan kematian akibat penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu tidak dilarang, tetapi harus dikurangi bila kadar kolesterol darah tidak menurun meskipun telah dilakukan pengobatan yang tepat.

PILIH LEMAK TAK JENUH

Lemak tak jenuh ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel dan herring serta minyak nabati seperti zaitun, bunga matahari, jagung, rapeseed, walnut, biji anggur atau kedelai, misalnya. Asam lemak omega-6, seperti yang ditemukan dalam minyak jagung dan bunga matahari, tampaknya membantu menurunkan kadar kolesterol LDL darah. Mereka dari keluarga omega-3, hadir dalam ikan berminyak dan minyak lobak atau minyak kenari, jelas memainkan peran positif dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

Gunakan minyak lobak dalam salad Anda, misalnya dengan membuat campuran minyak lobak dan minyak zaitun atau kenari dengan perbandingan yang sama.
Makan ikan berminyak sekali atau dua kali seminggu.
Makan kacang secara teratur, dalam jumlah yang wajar.

MENGURANGI KONSUMSI ALKOHOL

Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol meningkatkan kadar trigliserida dan risiko komplikasi seperti kecelakaan kardiovaskular atau radang pankreas. Konsumsilah kurang dari tiga gelas sehari jika Anda seorang pria, dan kurang dari dua gelas sehari jika Anda seorang wanita, yang merupakan nasihat biasa untuk kesehatan yang baik.

2. PADA ORANG KELEBIHAN BERAT BADAN

TINDAKAN YANG HARUS DILAKUKAN

Pada orang yang kelebihan berat badan, membatasi asupan lemak secara keseluruhan adalah tujuan prioritas daripada mengurangi asupan kolesterol makanan. Menurunkan berat badan membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan risiko penyakit kardiovaskular. Mempraktikkan aktivitas fisik secara teratur, mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan berhenti merokok juga merupakan langkah penting untuk mengurangi risiko komplikasi.

Pada orang yang kelebihan berat badan, saran diet untuk orang tanpa kelebihan berat badan (rinci di atas) juga bermanfaat.

LATIHAN KEGIATAN FISIK

Secara umum, melakukan aktivitas fisik sedang setiap hari bermanfaat bagi kesehatan Anda. Aktivitas fisik yang berkelanjutan membantu menurunkan berat badan, membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dalam darah dan meningkatkan kolesterol HDL. Latihan yang optimal untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan melakukan aktivitas ketahanan seperti jalan cepat, bersepeda atau berenang tiga kali seminggu selama kurang lebih 45 menit. Intensitas latihan seharusnya membuat Anda sedikit terengah-engah, tetapi masih memungkinkan Anda untuk berbicara selama upaya (tetapi tidak bernyanyi, percepat jika Anda bisa). Sesak napas yang berlebihan, jantung berdebar-debar atau nyeri yang tidak biasa, terutama di dada, harus menyebabkan penghentian olahraga dan membenarkan konsultasi medis.

Orang yang memiliki kadar trigliserida darah yang terlalu tinggi harus mengikuti aturan kebersihan hidup yang sama. Selain itu, diet rendah kalori dan gula cepat diresepkan untuk mereka. Mereka juga disarankan untuk menghentikan semua konsumsi alkohol.

Perawatan dengan obat-obatan medis

Ada beberapa kelompok obat yang dimaksudkan untuk melawan kelebihan kolesterol LDL; mereka disebut penurun lipid. Mereka digunakan ketika tiga bulan langkah-langkah diet yang tepat (diet antikolesterol) belum cukup untuk membawa kadar kolesterol LDL kembali normal.

1. LIPIDEMI KELUARGA STATIN

Ini adalah obat penurun lipid yang lebih baru dan yang diresepkan pertama kali ketika terapi obat diperlukan. Mereka dapat secara efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan menghalangi enzim yang berpartisipasi dalam sintesisnya di dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa statin memiliki peran penting dalam mencegah kejadian kardiovaskular (infark miokard, stroke, arteritis) dan dalam mengurangi risiko kematian pada pasien dengan risiko kardiovaskular tinggi. Namun demikian, manfaat pengobatan bersifat individual dan harus diperkirakan oleh dokter sesuai dengan risiko yang ditimbulkan.

Efek samping yang paling sering ringan: gangguan pencernaan (sembelit, mual, perut kembung, diare, sakit perut), sakit kepala, kelelahan, pusing atau kram.

Efek samping yang dianggap serius jarang terjadi (kurang dari 1% pengguna) dan terjadi terutama pada dosis tinggi: peningkatan enzim hati (transaminase), kerusakan otot (kerusakan otot, penghancuran jaringan otot).

Penelitian telah menunjukkan bahwa statin juga dapat meningkatkan gula darah. Penggunaannya pada penderita diabetes dan orang yang berisiko diabetes telah diperdebatkan. Setelah menilai kembali file, agen obat (EMA dan ANSM) percaya bahwa manfaat obat ini tetap menguntungkan dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Pada pasien dengan risiko diabetes, pemantauan glukosa darah mungkin direkomendasikan.

Contoh nama obat: ATORVASTATINE PFIZER, ATORVASTATINE SANDOZ

Nyeri otot: hati-hati!
Jika Anda menggunakan obat statin, dan Anda mengalami kram otot, nyeri, nyeri tekan, atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya (terutama di lengan atau paha), segera laporkan ke dokter. Gejala-gejala ini dapat bervariasi dalam intensitas dan biasanya ringan. Namun, luar biasa, ini bisa menjadi kerusakan otot serius yang disebut rhabdomyolysis. Ini menghasilkan penghancuran sel-sel otot dan dapat menyebabkan gagal ginjal yang berpotensi fatal. Kemunculannya tidak dapat diprediksi. Kerusakan otot lebih sering diamati pada orang di atas 70 tahun, mereka yang menderita alkoholisme, gagal ginjal, hipotiroidisme, dll. Risiko juga ada dengan agen hipolipidemik dari keluarga fibrat dan meningkat jika dikaitkan dengan statin.
Orang yang memakai statin harus berada di bawah pengawasan medis secara teratur. Tes darah pertama dilakukan setelah empat sampai enam minggu pengobatan dan ini mungkin disesuaikan oleh dokter. Kemudian, tes darah dilakukan setiap tiga sampai enam bulan untuk memeriksa efektivitas pengobatan.

Jus jeruk bali berinteraksi dengan dua statin: simvastatin dan atorvastatin. Konsumsinya menghadapkan Anda pada risiko overdosis dan peningkatan efek samping dari kedua zat ini. Orang yang diobati dengan obat ini harus menahan diri dari mengonsumsi jeruk bali (jus dan buah). Buah jeruk lainnya tidak masalah.

2. HIPOLIPIDEMI KELUARGA FIBRAT

Obat-obatan dari keluarga fibrate menurunkan kadar kolesterol LDL, tetapi juga menurunkan sebagian kadar trigliserida dan asam urat dalam darah. Mereka digunakan ketika statin tidak memiliki efek atau telah menyebabkan efek samping yang mengganggu. Orang yang memakai fibrat harus berada di bawah pengawasan medis secara teratur. Dokter meresepkan penilaian awal setelah dua hingga tiga bulan perawatan dan mungkin memodifikasinya saat membaca hasilnya. Dia mungkin memutuskan untuk melakukan tes darah setiap dua sampai tiga bulan selama setahun untuk memeriksa efektivitas pengobatan.

Efek samping yang diamati dapat bervariasi tergantung pada zat: pencernaan yang sulit, mual atau diare, gatal-gatal, gatal-gatal, fotosensitifitas, pusing atau kelelahan. Batu empedu juga telah dilaporkan.

Contoh nama obat: LIPANOR, FEGENOR

3. EZETIMIBE

Ezetimibe adalah obat yang digunakan untuk mengobati kolesterol darah tinggi dan kelainan lipid tertentu lainnya. Umumnya digunakan bersama dengan perubahan pola makan dan statin. Sendiri, itu kurang disukai daripada statin. Itu diambil secara lisan.

Ezetimibe menghambat penyerapan usus kolesterol. Zat ini dicadangkan untuk kasus-kasus di mana statin saja bukanlah pengobatan yang efektif atau dapat ditoleransi dengan cukup baik. Dalam kasus pertama, itu dapat dikaitkan dengan mereka; dalam kasus kedua, itu dapat menggantikan statin yang ditoleransi dengan buruk. Efek sampingnya terutama gangguan pencernaan.

Contoh nama obat: EZETROL, ZETIA

4. PENGOBATAN LIPIDAMI KOMBINASI

Mengambil kedua obat hipolipidemik dari keluarga yang berbeda kadang-kadang diperlukan untuk mendapatkan penurunan kadar kolesterol dalam darah yang optimal. Ada obat-obatan yang menggabungkan ezetimibe dan statin dalam satu tablet atau kapsul: ezetimibe dan simvastatin (INEGY dan obat generik), ezetimibe dan atorvastatin (LIPTRUZET, RESELIP), ezetimibe dan rosuvastatin (LIPOROSA, TWICOR). Mereka dimaksudkan untuk menyederhanakan pengobatan pada pasien yang sudah dikendalikan oleh zat-zat yang diminum sendiri secara bersamaan.

Contoh nama obat:

  • Rosuvastatin + ezetimibe: LIPOROSA, SUVREZA, TWICOR
  • Statin + ezetimibe: INEGY, LIPTRUZET, RESELIP

5. ANTI-PCSK9 ANTIBODI MONOKLONAL

Dua antibodi monoklonal (alirocumab, evolocumab) sekarang tersedia untuk pengobatan kelebihan kolesterol, selain diet dan perawatan penurun lipid lainnya. Mereka dirancang untuk mengikat protein yang disebut PCSK9 yang berperan dalam kemampuan hati untuk memproses kolesterol. Dengan mengikat dan menghambat protein PCSK9, antibodi monoklonal ini meningkatkan jumlah kolesterol yang masuk ke hati dan dengan demikian menurunkan kadar kolesterol darah.

Obat ini berbentuk larutan injeksi di kandang yang sudah diisi sebelumnya untuk diberikan secara subkutan, setiap 2 minggu sekali. Mereka harus disimpan di lemari es (antara 2°C dan 8°C). Injeksi diri dimungkinkan setelah pelatihan dengan profesional kesehatan.

Efek samping yang paling umum dari obat ini adalah reaksi lokal di tempat suntikan, gejala saluran napas bagian atas (sakit tenggorokan, pilek, bersin), gatal, dan pengembangan antibodi anti-obat.

Contoh nama obat (nama dagang) untuk antibodi Monoklonal: PRALUENT, REPATHA, ALIROCUMAB

6. LOMITAPID

Lomitapide termasuk dalam keluarga penghambat protein transfer trigliserida. Dengan memblokir protein ini, ia menurunkan tingkat trigliserida dan kolesterol yang beredar dalam darah. Ini digunakan, dalam kombinasi dengan obat penurun lipid lainnya, pada orang dewasa dengan hiperkolesterolemia familial homozigot. Hiperkolesterolemia familial homozigot adalah penyakit genetik. Jika memungkinkan, itu harus dikonfirmasi dengan tes sebelum memulai perawatan.

Efek samping yang paling umum dari lomitapide adalah pencernaan: diare (79%), mual (65%), sulit pencernaan (38%), muntah (34%), ketidaknyamanan perut (20%) dan peningkatan enzim hati (transaminase).

Untuk membatasi efek pencernaan yang tidak diinginkan, obat ini harus diminum setidaknya 2 jam setelah makan malam.

Contoh nama obat (nama dagang): LOJUXTA

7. KOLESTIRAMIN

Colestyramine adalah resin yang menjebak asam empedu dan menurunkan penyerapan kolesterol oleh usus. Efek samping utamanya adalah gangguan pencernaan (nyeri, sembelit, perut kembung) dan risiko kekurangan vitamin A, D, E dan K. Hal ini dapat dikaitkan dengan statin dan fibrat.

Contoh nama obat (nama dagang): QUESTRAN

8. PENGOBATAN KOLESTEROL LAINNYA

Omega-3 asam lemak tak jenuh ganda kadang-kadang diresepkan untuk pasien yang memiliki kadar trigliserida darah tinggi, sebagai tambahan untuk diet. Asam lemak ini akan menghambat pembentukan kolesterol LDL. Efek samping utama mereka adalah perpanjangan waktu pembekuan darah.

Contoh nama obat yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega-3: Minyak Ikan, Omega-3, Lovaza, Kompleks Omega 3-6-9.

Penggunaan obat herbal

Fitoterapi adalah seni penyembuhan dengan tanaman. Banyak tanaman dapat membantu menghilangkan kolesterol lebih baik dan menormalkan kadar kolesterol.

Sebagian besar herbal penurun kolesterol ini terjadi secara alami dalam makanan, tetapi beberapa juga tersedia dalam kapsul atau teh herbal dan digunakan sebagai suplemen makanan.

Jika kadar kolesterol Anda tinggi, pertama-tama dokter akan menyarankan Anda untuk memperbaiki kebiasaan makan dan makan lebih banyak buah dan sayuran. Ini mungkin obat herbal yang paling efektif!

TANAMAN MANA UNTUK MELINDUNGI JANTUNG ANDA DAN PEMBUATANNYA?

Obat alami yang terdapat pada beberapa tanaman telah menunjukkan minat dalam melindungi jantung dan pembuluh darah. Namun demikian, beberapa tanaman kaya serat dapat membantu mencegah masalah kardiovaskular.

1. OAT (gandum) UNTUK MELINDUNGI JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Dedak gandum dan menir kaya akan serat makanan larut dan beta-glukan, yang menormalkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Pada tahun 2012, EFSA (European Food Safety Authority) memperkirakan bahwa produk oat berkontribusi pada pemeliharaan kadar kolesterol darah normal asalkan suplemen makanan (atau makanan) mengandung setidaknya 1 gram beta-glukan per porsi dan orang tersebut menelan 3 gram beta-glukan per hari.

Selain itu, produk ini dapat mengurangi kenaikan kadar glukosa darah setelah makan asalkan makanan mengandung setidaknya 4 gram beta-glukan untuk setiap 30 gram karbohidrat yang ada dalam makanan, dan makanan yang mengandung gandum dikonsumsi sebagai bagian dari sebuah makanan.

2. PSYLLIUM (ATAU ISPAGHUL) UNTUK MELINDUNGI HATI ANDA DAN PEMBULUNYA

Biji psyllium mengandung serat yang membentuk gel di perut yang mampu memperbaiki sebagian lemak yang terkandung dalam makanan dan dengan demikian mengurangi penyerapan kolesterol. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengizinkan pernyataan berikut pada paket makanan yang mengandung lebih dari 1,7 g serat psyllium per porsi: “Bila dikombinasikan dengan diet rendah lemak dan kolesterol, serat larut dari kulit biji psyllium dalam produk ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular”.

Pada tahun 2012, otoritas kesehatan Eropa (EFSA, Otoritas Keamanan Makanan Eropa dan Komisi Eropa) memutuskan klaim kesehatan tertentu yang dibuat oleh produk yang mengandung biji atau dedak psyllium (ispaghul). Setelah meninjau data ilmiah, mereka merasa bahwa produk psyllium tidak dapat mengklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

3. BAWANG PUTIH UNTUK MELINDUNGI JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Banyak studi klinis berfokus pada bawang putih segar atau ekstrak standar. Mereka hanya menunjukkan kemanjuran sederhana dalam mengendalikan kolesterol darah atau tekanan darah. Beberapa analisis cross-sectional mengungkapkan bahwa pemberian bawang putih setiap hari tampaknya hanya mengurangi kadar kolesterol LDL sebesar 4-6%, yang tampaknya tidak cukup untuk memberikan manfaat dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

4. FLAX UNTUK MELINDUNGI JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

Minyak biji rami sangat kaya akan asam lemak tak jenuh ganda (asam lemak omega-3), yang telah mengarahkan para ilmuwan untuk meneliti kemungkinan efek minyak biji rami dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Tetapi penelitian yang melihat efek biji rami atau minyak biji rami pada kadar kolesterol LDL telah menghasilkan hasil yang bertentangan. Pada tahun 2012, otoritas kesehatan Eropa melarang makanan dan suplemen makanan yang mengandung minyak biji rami yang diklaim dapat membantu kesehatan jantung atau pembuluh darah.

5. FENUGREEK DAN NOPAL TERHADAP PENYAKIT KARDIOVASKULAR

Fenugreek dan nopal adalah dua tanaman yang kadang-kadang diusulkan untuk mengurangi penyerapan lemak oleh usus, karena kandungan seratnya yang tinggi. Tidak ada penelitian yang mengkonfirmasi klaim ini.

Pada tahun 2016, EFSA (European Food Safety Agency) melarang suplemen makanan yang mengandung fenugreek (Teestar) yang diklaim dapat menurunkan kadar gula darah (misalnya, pada diabetes tipe 2).

APAKAH ADA RISIKO MELINDUNGI JANTUNG DAN PEMBULUH ANDA DENGAN TANAMAN?

Mengkonsumsi gandum, biji rami atau psyllium dapat menurunkan penyerapan zat tertentu. Umumnya disarankan untuk menghormati jangka waktu setidaknya dua jam antara mengambil tanaman ini dan minum obat. Orang yang menggunakan obat untuk kolesterol tinggi (terutama statin) harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi gandum. Orang yang memakai terapi antikoagulan harus menahan diri dari mengambil suplemen bawang putih.

Orang yang menderita penyakit celiac (intoleransi gluten) harus menahan diri dari mengonsumsi produk yang mengandung gandum, bahkan jika, di antara beberapa studi klinis, tidak ada yang menunjukkan memburuknya penyakit selama konsumsi sereal ini dalam jumlah sedang.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.


Bagian Utama otak mengendalikan berbagai aktivitas – Bagian Lobus Otak dan Fungsinya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi penting tentang artikel kesehatan di PINTERpandai.com

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: CleverlySmart, Mayo Clinic, MedlinePlus, NHS UK, American Heart Association, British Dietetic Association (BDA), Canadian Society for Vascular Surgery

Sumber foto: Fidsor / Pixabay

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.