Matahari Adalah Bintang Di Pusat Tata Surya

Matahari Adalah Bintang Di Pusat Tata Surya

Pusat tata surya kita adalah Matahari. Iya, Matahari adalah bintang di pusat Tata Surya. Terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameter +- 1,4jt km, +- 109 kali diameter Bumi.

Matahari Bukan Bintang Terbesar

Meski bukan bintang terbesar, tapi matahari menjadi bintang paling besar bagi manusia di Bumi karena jaraknya ke-3 dekat dengan bumi.

Jarak Matahari Ke Bumi

Jarak matahari dari bumi adalah 149.000.000 km sehingga sering dibulatkan menjadi 150 juta km dan inilah yang disebut dengan satu satuan astronom (1 Astronomical Unit, biasa disingkat AU).

Baca juga ūüĎȬ†Jarak Matahari Ke Bumi Yang Paling Tepat Adalah 149 597 870 700 Meter

Diameter Matahari

Diameter matahari diperkirakan mencapai 1.390.000 km.

Matahari Terbuat Dari Apa?

Matahari tersusun atas 71% hidrogen, 27% helium, dan sisanya unsur-unsur berat.

Simetri Gerhana Matahari Yang Indah

Simetri indah dari gerhana matahari total terjadi dengan faktor keberuntungan secara murni. Karena matahari adalah 400 kali lebih besar dari Bulan, tetapi juga 400 kali lebih jauh dari Bumi, jika merka muncul di langit secara bersamaan, itulah yang membuat gerhana matahari total.

Baca juga ūüĎȬ†8 Gerakan Fase Bulan


Fenomena Sesaat Gerhana Matahari

Tidak selamanya gerhana matahari dapat dilihat dari Bumi. Pada masa awal setelah pembentukan sistem tata surya, jarak Bulan dan Bumi masih terlalu pendek sehingga Bulan sepenuhnya menutupi Matahari ketika terjadinya gerhana. Tapi karena Bulan bergerak menjauh 2 cm dari Bumi setiap tahun, dalam 600 juta tahun, gerhana tidak akan lagi tampil sempurna karena posisi perputaran dan letak Bulan yang terlalu jauh dari Bumi.

Baca juga ūüĎȬ†Jenis-Jenis Gerhana Matahari


Perputaran Kutub

Ilmuwan mengungkap, kurang lebih setiap 11 tahun matahari memutar kutub magnetiknya, sehingga kutub utara menjadi selatan dan sebaliknya. Terakhir perputaran medan magnet matahari terjadi pada akhir 2013 silam. Lantaran massanya yang besar, medan magnet matahari mencapai hingga miliaran kilometer melampaui Pluto.


Gaya Gravitasi Di Matahari

Matahari mampu memuat 1 juta benda langit seukuran Bumi di dalamnya. Manusia yang memiliki berat badan 70 Kilogramm di Bumi akan berbobot 1960 kilogramm di permukaan matahari, lantaran gaya gravitasinya yang 28 kali lebih besar. Satu hari di permukaan matahari sama dengan 25,38 hari di permukaan Bumi


Radiasi Kosmik

Radiasi kosmik dari letusan kuat di permukaan matahari itu, memiliki kecepatan berbeda-beda. Mulai radiasi proton berkecepatan sampai 150 juta kilometer per jam, hingga pancaran materi berupa plasma yang lebih lambat. Jarak matahari ke bumi diketahui sekitar 150 juta kilometer. Artinya hanya dalam waktu satu jam, badai radiasi elektromagnetik dan proton sudah mencapai bumi.


Peranan Matahari bagi Kehidupan di Bumi

Matahari merupakan benda angkasa yang memiliki cahaya sendiri. Oleh karena itu, matahari memiliki peranan sangat penting, antara lain sebagai sumber cahaya dan panas bagi planet-planet di sekitarnya, termasuk Bumi, sehingga dapat berlangsung kehidupan manusia, tumbuhan, dan hewan di Bumi.
Selain sebagai sumber panas dan cahaya, matahari memiliki peranan, sebagai pengatur iklim dan cuaca sehingga memungkinkan terjadinya variasi kehidupan di muka bumi.


Inti Matahari

Diperkirakan merentang dari pusatnya sampai 20‚Äď25% radius Matahari. Kepadatannya mencapai 150 g/cm3 (sekitar 150 kali lipat kepadatan air) dan suhu mendekati 15,7 juta kelvin (K). Sebaliknya, suhu permukaan Matahari kurang lebih 5.800 K. Analisis terkini terhadap data misi SOHO menunjukkan adanya tingkat rotasi yang lebih cepat di bagian inti ketimbang di seluruh zona radiatif.

Sepanjang masa hidup Matahari, energi dihasilkan oleh fusi nuklir melalui serangkaian tahap yang disebut rantai p‚Äďp (proton‚Äďproton); proses ini mengubah hidrogen menjadi helium. Hanya 0,8% energi Matahari yang berasal dari siklus CNO (2 reaksi fusi yang mengubah hidrogen menjadi helium di dalam inti bintang).

Dalam sistem tata surya planet-planet berputar mengelilingi matahari pada orbitnya karena…

Gaya gravitasi antara planet dan matahari.

Rotasi merupakan perputaran planet pada porosnya, sementara revolusi adalah perputaran mengelilingi Matahari. Alasan ilmiah yang mendasar tentang mengapa planet-planet mengelilingi Matahari adalah: karena gravitasi Matahari yang membuat keseluruh planet tetap berada dalam orbitnya.

Anggota tata surya yang memiliki orbit paling lonjong adalah…

Komet.

Komet adalah benda Tata Surya yang tersusun dari gas beku, batu dan debu yang mengorbit Matahari.

Komet memiliki orbit elips, namun dengan betuk lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet. Ini menyebabkan variasi yang sanagt besar pada letak komet, yang kadang sangat jauh dan kadang sangat dekat dengan Matahari.

Ketika komet berada di titik yang sangat jauh dari Matahari, debu dan gas di komet akan membeku menjadi es.

Ketika orbit komet mendekat ke Matahari, es pada komet memanas sehingga mengeluarkan ekor komet yang terbentuk dari debu dan gas yang memanas.

Komet yang paling terkenal adalah komet Halley, yang mengorbit Matahari setiap 76 tahun sekali. Komet ini ketika mendekati Matahari akan nampak sangat terang akibat pemanasan debu dan gas di sekitarnya. Komet ini terakhir nampak mendekati Matahari pada tahun 1985‚Äď86 dan diprediksi akan nampak lagi pada tahun 2061.

Manfaat dan peran Matahari

Matahari adalah sumber energi bagi kehidupan. Matahari memiliki banyak manfaat dan peran yang sangat penting bagi kehidupan seperti:

1. Panas Matahari memberikan suhu yang pas untuk kelangsungan hidup organisme di Bumi.

Bumi juga menerima energi Matahari dalam jumlah yang pas untuk membuat air tetap berbentuk cair, yang mana merupakan salah satu penyokong kehidupan. Selain itu panas Matahari memungkinkan adanya angin, siklus hujan, cuaca, dan iklim.

2. Cahaya Matahari dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofil untuk melangsungkan fotosintesis.

Sehingga tumbuhan dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pangan bagi hewan dan manusia. Makhluk hidup yang sudah mati akan menjadi fosil yang menghasilkan minyak Bumi dan batu bara sebagai sumber energi. Hal ini merupakan peran dari energi Matahari secara tidak langsung.

3. Pembangkit listrik tenaga Matahari adalah moda pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan.

Pembangkit listrik ini terdiri dari kaca-kaca besar atau panel yang akan menangkap cahaya Matahari dan mengkonsentrasikannya ke satu titik. Panas yang ditangkap kemudian digunakan untuk menghasilkan uap panas bertekanan, yang akan dipakai untuk menjalankan turbin sehingga energi listrik dapat dihasilkan. Prinsip panel surya adalah penggunaan sel surya atau sel photovoltaic yang terbuat dari silikon untuk menangkap sinar Matahari. Sel surya sudah banyak dipakai untuk kalkulator tenaga surya. Panel surya sudah banyak dipasang di atap bangunan dan rumah di daerah perkotaan untuk mendapatkan listrik dengan gratis.

4. Pergerakan rotasi Bumi menyebabkan ada bagian yang menerima sinar Matahari dan ada yang tidak.

Hal inilah yang menciptakan adanya hari siang dan malam di Bumi. Sedangkan pergerak Bumi mengelilingi Matahari menyebabkan terjadinya musim.
Matahari menjadi penyatu planet-planet dan benda angkasa lain di sistem tata surya yang bergerak atau berotasi mengelilinya. Keseluruhan sistem dapat berputar di luar angkasa karena ditahan oleh gaya gravitasi Matahari yang besar.

Bacaan Lanjutan


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚Äúohh begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Telescope, Wikipedia, The Planets, Facts Slides

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-07-04T21:10:00+07:00 Juni 18th, 2015|IPA|0 Comments

Leave A Comment