Jenis-Jenis Gerhana Matahari

Terjadinya Gerhana Matahari

Gerhana bisa terjadi saat Matahari, Bumi dan Bulan berada pada satu garis lurus (disebut dengan “syzygy”). Gerhana matahari terjadi ketika bulan baru, saat Bulan berada di antara Matahari & Bulan.

Sebaliknya, gerhana bulan terjadi saat bulan purnama, ketika Bumi berada di antara Matahari & Bulan.


Jenis Gerhana Matahari

Gerhana matahari dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

1.  Gerhana Total

Gerhana total, terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.


2. Gerhana Sebagian

Gerhana sebagian, terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.


3. Gerhana Cincin

Gerhana cincin, terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari.

Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.


4. Gerhana Hibrida

Gerhana hibrida, bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.


Bagaimana terjadinya gerhana matahari total?

Jika dilihat dari Bumi, ukuran Bulan tampaknya tidak lebih besar dari ukuran Matahari. Diameter sudut (atau sudut padat) kedua objek ini sama karena perbedaan jarak antara Matahari & Bulan dari Bumi; meskipun diameter Matahari 400 kali lebih besar dari diameter Bulan.

Info lebih lanjut, mohon klik disini.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2017-12-15T23:33:29+07:00 Juli 29th, 2015|IPA|0 Comments

Leave A Comment