fbpx

Mengapa Anda Tidak Boleh Memasukkan Logam Ke Dalam Microwave?

Instruksi Yang Sering Diulang Untuk Anak-Anak

Kita semua pernah mendengar bahwa tidak aman memasukkan logam ke dalam microwave. Jangan sekali-kali memasukkan benda logam, seperti sendok, garpau atau pisau ke dalam oven microwave, bahkan piring atau gelas makan yang ada hiasannya terbuat dari logam metal, termasuk aluminum foil.
Kecerobohan menyebabkan memang munculnya percikan api besar, busur listrik atau api, dan dapat berbahaya bagi pengguna, serta sirkuit mesin. Fenomena ini disebabkan oleh gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh perangkat.

Frekuensi yang tepat (2,450 MHz) membuat molekul logam dan juga makanan yang memungkinkan untuk memanaskannya.
Dan selain berbahaya, meletakkan piring logam di dalam microwave ternyata sangat tidak berguna.

Gelombang memang tercermin dari bahan ini, dan karenanya, tidak bisa, mencapai dan menghangatkan makanan.

 

Microwave oven

 


Bagaimana Oven Microwave Bekerja?

Intinya, oven microwave adalah perangkat yang cukup sederhana: microwave bekerja dengan menghasilkan gelombang elektromagnet oleh alat yang disebut magnetron. Magnetron terhubung ke sumber tegangan tinggi.

Gelombang microwave dibuat sedemikian sehingga gelombang yang dihasilkan akan membentur dinding metal oven, namun dapat melewati bahan-bahan seperti kertas, gelas dan plastik dan dapat diserap oleh makanan, lebih tepatnya kandungan air dalam makananan. Molekul air yang terkena gelombang microwave akan terosilasi dan mengakibatkan panas, sehingga makanan pun memanas.

Zat yang bekerja dengan baik adalah dengan air, keramik dan polimer tertentu, yang akhirnya mengubah energi gelombang mikro menjadi panas dengan cukup efektif.

Logam, di sisi lain, dikemas dengan elektron yang bisa bergerak bebas, yang dimana mereka merupakan konduktor listrik yang hebat. Pada saat microwave bertemu dengan metal, elektro-elektron yang bergerak bebas di permukaan logam; akhirnya bergerak dari sisi ke sisi dengan gerakan yang sangat cepat. Hal ini, pada gilirannya, mencegah gelombang listrik memasuki logam dan gelombang akhirnya terpantul.

 

Microwave oven

Radar Range 1971 RR-4. Pada akhir 1970-an, Sering disebut “oven elektronik” pada tahun 1960an, nama “oven microwave” kemudian dalam berjalannya waktu dan sekarang mereka disebut “gelombang mikro / microwave”.


Bagaimana Jika Logam Diletakkan Di Dalam Microwave?

Logam, karena sifatnya sebagai konduktor, memiliki susunan elektron yang cenderung bebas. Ketika gelombang microwave mengenai logam, maka elektron dengan mudah melompat ke udara. Elektron-elektron bebas di udara ini menjadi seperti awan petir yang siap menyambar. Saat elektron-elektron ini kembali ke logam, energi akan dilepaskan dalam bentuk cahaya dan panas, sepertinya layaknya sambaran petir.

 

Microwave oven

Jika Anda memasukkan benda logam di dalam microwave oven.


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!
Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Mental FlossQuoraWonderopolis

 

           

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-30T00:16:25+07:00 Oktober 30th, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment