PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Ohmmeter Ω

3 min read

Ohmmeter Ω

Ohmmeter

Jika Anda melakukan pekerjaan listrik, Anda mungkin memerlukan ohmmeter dalam banyak situasi. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk mengukur resistansi sirkuit elektronik atau listrik. Ini akan sangat berguna. Ohmmeter adalah alat ukur yang mengukur hambatan listrik dari suatu komponen atau rangkaian listrik. Satuan pengukuran (SI) adalah ohm, dilambangkan sebagai Ω.

Apakah Ohmmeter itu?

Alat ini adalah perangkat yang terlihat sedikit seperti multimeter dan memungkinkan Anda untuk mengukur resistansi beban. Ini banyak digunakan dalam elektronik atau dalam konteks pekerjaan listrik. Ini mengukur arus listrik dalam ohm dan memungkinkan Anda untuk menemukan masalah listrik di rumah. Ohm adalah ukuran hambatan dalam rangkaian listrik.

Ohmmeter digunakan untuk apa?

Dalam kebanyakan penggunaan, ohmmeter digunakan untuk menguji motor alat, tetapi juga sekering atau bahkan setrika. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah mereka dipanggang atau tidak.

Buka: berarti rangkaian terbuka: dalam hal ini ohmmeter menampilkan angka 1 di panel tampilan. Nilainya melebihi range, artinya bebannya bagus untuk diganti, sekring misalnya. Rangkaian terbuka memiliki hambatan yang besar.

Tidak terbakar: sirkuit kemudian ditutup dan ohmmeter kemudian menampilkan nilai mendekati nol. Artinya sekring atau motor masih bagus.

Ini menawarkan kemungkinan untuk memeriksa apakah perangkat tidak memiliki kebocoran listrik ke ground atau tidak ada korsleting. Tes kontinuitas saat ini dilakukan dengan bunyi bip yang menunjukkan lintasannya.

Bagaimana cara kerja ohmmeter?

Ia bekerja hanya dengan mengirimkan arus kecil melalui sirkuit menggunakan dua kunci logam, yang memungkinkan untuk mengukur resistansi. Itu perlu dikonfigurasi untuk memberi Anda pengukuran yang ditetapkan, dan kemudian Anda dapat melakukan pengukuran yang sebenarnya.

Anda mulai dengan melepaskan beban dari rangkaian yang akan diukur dan kemudian Anda menempatkan ohmmeter di terminalnya. Perangkat, melalui baterai internalnya, mensirkulasikan arus yang sangat rendah dalam beban dan mengukur tegangan, yang memungkinkan untuk mengukur resistansinya.

Prinsip kerja

Dua metode dapat digunakan untuk mengukur nilai resistor:

1. Pengukuran arus dengan generator tegangan.
2. Pengukuran tegangan dengan generator arus.

Cara menggunakan

Perangkat harus diberi daya dengan benar. Ini memiliki baterai kecil atau baterai yang mungkin sudah terpasang atau belum. Catu daya terkadang disediakan dan Anda perlu memasangnya. Beberapa perangkat dapat ditenagai oleh transformator kecil.

Tipe jenis

  1. Seri

Komponen yang ingin diukur dapat dihubungkan dengan meteran secara seri. Nilai resistansi dapat dihitung melalui resistor shunt R2 menggunakan gerakan D’Arsonval yang dihubungkan paralel. Resistansi R2 dapat dihubungkan secara seri dengan baterai serta resistansi R1. Komponen pengukur dihubungkan secara seri oleh dua terminal A dan B.

  1. Shunt

Ini dapat dilakukan setiap kali komponen penghitung dihubungkan secara paralel dengan baterai. Jenis rangkaian ini digunakan untuk menghitung resistansi bernilai rendah.
Jika nilai resistansi komponen adalah nol maka arus dalam meter akan menjadi nol. Demikian pula ketika hambatan komponen menjadi besar maka aliran arus yang melalui baterai dan jarum menggambarkan defleksi skala penuh ke arah kiri. Meteran jenis ini tidak memiliki arus pada skala ke arah kiri serta titik tak terhingga di arah kanannya.

  1. Multi rentang (multi-range)

Rentang ohmmeter multi-rentang sangat tinggi, dan meteran ini mencakup pengatur, dan kisaran meteran dapat dipilih oleh pengatur berdasarkan kebutuhan.
Anda dapat menggunakan meteran untuk menghitung resistansi di bawah 10 ohm. Maka Anda perlu memperbaiki nilai resistansi menjadi 10 ohm. Komponen pengukur dihubungkan dengan meteran secara paralel. Besarnya hambatan dapat ditentukan dengan defleksi jarum.

Berapa jenis omhmeter

1. Analog atau mekanik: desainnya cukup sederhana, sehingga tidak mahal untuk dibeli. Mereka dapat mengukur resistansi rendah (0 hingga 10 ), tetapi juga resistansi tinggi (0 hingga 10.000 ). Mereka memiliki rentang pengukuran yang sama, tetapi keuntungannya adalah memiliki fungsi otomatis untuk pilihan rentang. Cukup colokkan ke sirkuit dan kemudian menyesuaikan sendiri.

2. Digital: perangkat generasi baru ini intuitif. Mereka menampilkan nilai resistansi tubuh yang diukur langsung pada layar tampilan LCD. Jenis ini memiliki banyak fitur:

  • Pengukuran resistansi tubuh setelah analisis rangkaian DC/AC.
  • Evaluasi konduktivitas suatu komponen dengan mengukur tegangan.
  • Ini memiliki kemungkinan untuk beralih di antara rentang berbeda yang ditawarkan.
  • Indikasi yang tepat pada rentang yang dipilih.
  • Pengukuran menurut beberapa jenis resolusi.

3. Mikro ohmmeter

Benda ini dirancang untuk mendeteksi resistansi hanya beberapa puluh Ohm. Tingkat presisi bahkan bisa mendekati microohm. Ini sebagian besar perangkat digital. Mereka mengintegrasikan:

Tujuh rentang pengukuran
Tiga Mode Pilihan
Layar digital
Baterai isi ulang
Deteksi keberadaan tegangan
Arus uji kontinu maksimum sekitar 10 amp

Latihan

Jika ohmmeter yang terhubung ke sakelar tertutup akan ditampilkan di sekitar:

A) 0 ohm
B) 1k ohm
C) 100k ohm
D) 1000 kohm

Jawaban: 1. 0 ohm

Jika rangkaian ohmmeter seri menggunakan baterai 3 V dan gerakan 1 mA meter. Berapakah hambatan setengah skala untuk gerakan ini?

A) 3 kO
B) kO
C) kO
D) 6 kO

Jawaban: A

Sebuah ohmmeter yang terhubung melalui sakelar terbuka akan menampilkan:

A) 0 ohm
B) 100 ohm
C) 50 kohm
D) 0L

Jawaban yang benar: 0L
Karena 0L menunjukkan sangat tinggi (di luar jangkauan ohmmeter) atau loop terbuka. Sebuah loop terbuka memiliki resistansi tak terbatas.

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita! Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Elprocus, Circuit Globe

Sumber foto: Spoot via Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.