PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Khao Sok Taman Nasional di Surat Thani, Thailand

4 min read

Khao sok thailand

Taman Nasional Khao Sok

Rencana perjalanan di Thailand tidak dapat melewatkan kunjungan ke Taman Nasional Khao Sok, harta karun berupa keanekaragaman hayati yang menempati peringkat di antara hutan hujan tertua di dunia. Lokasinya strategis: memang tidak jauh dari destinasi terpopuler di Thailand selatan, yaitu Phuket, Krabi dan Khao Lak.

Taman Nasional Khao Sok berjarak 519 mil (835 km) dari Bangkok. Terletak di pantai barat daya Teluk Thailand.

Salah satu cara termurah untuk pergi dari Bangkok ke Taman Nasional Khao Sok adalah dengan naik kereta api, tiket dengan biaya rata-rata 35 USD dan waktu tempuh sekitar 12 jam.

Bus dari Bangkok: naik bus ke Taman Nasional Khao Sok. Durasi 15j 30m. Berangkat setiap hari. Biaya tipikal: 1375 THB (39 $US).

Dengan pesawat dari Bangkok Don Mueang (DMK) ke Bandara Internasional Surat Thani (URT) 1 jam 15 menit. Kemudian Anda perlu berkendara atau naik bus dari Bandara Surat Thani (URT) ke Taman Nasional Khao Sok; sekitar 1 jam 38m (105 km atau 65 mil).

Anda dapat berkendara dari Phuket ke Taman Nasional Khao Sok dan memakan waktu sekitar 2 jam 45 menit.

Dengan Pesawat dari bandara Phuket ke taman nasional:

Saat Anda bepergian dari luar negeri, bandara Phuket adalah pilihan termudah, karena mereka memiliki penerbangan yang lebih sering. Bahkan ada penerbangan langsung ke luar negeri dari Eropa dan Australia ke Bandara Phuket dan menjadikannya titik kedatangan yang sempurna untuk perjalanan Anda ke Khao Sok. Kemudian Anda dapat berkendara dari bandara Phuket ke Taman Nasional Khao Sok dan memakan waktu sekitar 2 jam 45 menit (132 km atau 82 mil).


Khao Sok National Park. Chaiyathat, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Pemandangannya tak tertandingi: tebing kapur megah yang terlihat seperti patung, ditutupi dengan hutan rimbun yang tercermin dalam air zamrud. Selain menjelajah ke hutan, Anda juga dapat melakukan perjalanan kayak yang fantastis atau meluncur di atas perahu ekor panjang di Danau Cheow Lan: mengingat kualitas pemandangannya, Anda akan bermimpi bahwa pengalaman ini tidak akan pernah berakhir.

Hutan berusia 160 juta tahun

Terletak di selatan Thailand, antara pulau Phuket dan Surat Thani, Taman Nasional Khao Sok adalah salah satu permata alam Thailand. Tidak mudah diakses dan relatif tidak dikenal, Khao Sok menampilkan pemandangan pagi dunia yang memukau. Ketika Anda sampai di sana, Anda pikir tempat itu tidak berubah selama jutaan tahun…

Hutan Khao Sok adalah salah satu hutan hujan tropis tertua di planet ini. Tidak kurang dari 160 juta tahun! Di mana-mana, menyerbu setiap sudut taman, menyerang pegunungan karst yang mengesankan yang berpuncak pada 980m.

Hutan Khao Sok begitu tak tertembus sehingga, pada 1970-an, mahasiswa komunis berlindung di sana untuk menghindari penindasan. Sejak 1980, Khao Sok telah menjadi taman nasional yang dilindungi.

Mencakup 740 km2, Khao Sok berada di area terbasah di negara ini. Taman ini diairi oleh angin musim Laut Andaman dan Teluk Thailand, hampir sepanjang tahun.

Fauna dan flora yang ceria

Kondisi geografis dan iklim khusus ini membuat Khao Sok menjadi suaka istimewa bagi satwa liar. Bintang-bintang tempat itu, owa-owa menggemakan tangisan melengking mereka di luar lapisan tebal hutan.

Di antara hewan lain di taman, kijang, gaurs, tapir, kupu-kupu tetapi juga sekitar 300 spesies burung dan hewan yang lebih berbahaya seperti macan tutul, ular sanca dan kobra. Yakinlah, ada sedikit kesempatan untuk bertemu mereka. Di sisi lain, hati-hati dengan lintah di musim hujan.

Di sisi flora, hutan rimbun dengan kerapatan luar biasa, dengan pohon setinggi 65 meter. Dari November hingga Januari, Anda dapat melihat bunga rafflesia yang bersinar, yang merupakan bunga terbesar di dunia (lebar 90 cm). Tanda khusus: tidak memiliki batang atau akar dan mengeluarkan bau daging busuk yang memuakkan!


It has both a land entrance and a lake entrance to the park. This is the ‘front door’ of the lake entrance. AjarnRichard, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Perjalanan dan pendakian

Khao Sok adalah surga bagi para pendaki. Mulai dari perkampungan di pintu masuk taman, ditandai jalan setapak berliku menembus hutan, di kaki bebatuan kapur dan tebing karst.

Dalam perjalanan, kami menyeberangi air terjun, gua, dan sungai. Brosur penjelasan tersedia di pintu masuk taman. Ambil sesuatu untuk menghilangkan dahaga Anda, karena panas.

Jika Anda kurang berani, pilihlah perjalanan kano di Sungai Sok. Akhirnya, untuk yang lebih suka berpetualang, wisma tamu di taman ini menawarkan perjalanan, yang kurang lebih sulit, dengan durasi yang bervariasi (hingga 3 jam dengan berkemah di hutan), beberapa di antaranya di malam hari! Bagaimanapun, sangat penting untuk didampingi oleh pemandu.

Favorit kami: Danau Chiew Larn

Mustahil untuk datang ke Khao Sok tanpa melakukan perjalanan ke Danau Chiew Larn, 65 km dari pintu masuk taman. Hamparan air yang luas ini terbentuk selama pembangunan Bendungan Rachabrapha, yang membanjiri 170 km² cagar alam Khao Sok. Pemandangan danau yang menakjubkan dari mana muncul puncak-puncak karst, ribuan puncak dan puncak pohon hantu ditelan oleh air.

Tempat ini dijuluki “Thai Guilin” mengacu pada wilayah Cina yang terkenal. Kami juga memikirkan Phang Nga atau Teluk Halong. Saat fajar menyingsing, pemandangan yang muncul dari kabut mengambil suasana misterius. Saat malam tiba, bayang-bayang pinggir puncak batu kapur yang membangkitkan set film fantasi.


Danau Bendungan Ratchaprafru (Chiao Lan), Taman Nasional Khao Sok, Provinsi Surat Thani di Thailand. BerryJ, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Jika wisma tamu di Khao Sok menawarkan wisata sehari, Anda juga dapat bermalam di danau. Sebaiknya pergi selama seminggu, karena akhir pekan bisa sibuk. Pondok terapung dengan kenyamanan yang kurang lebih sederhana berfungsi sebagai akomodasi. Itu tidak murah (hitung 2.500 baht – 60 €, termasuk perahu dan makanan), tetapi ketika Anda mencapai tujuan Anda, sebaiknya di ujung seberang danau, rasanya seperti akhir dunia.

Begitu perahu motor pergi, keheningan menguasai, terganggu oleh suara hutan. Setelah jam 10 malam, aliran listrik padam. Di sini Anda sendirian, di kabin yang dibuai ombak, dengan sedikit penghuni tempat itu dan cahaya bulan sebagai teman. tak terlupakan.

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.



Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Lonely Planet, Wanderlust Chloe, Wandering Wheatleys

Sumber foto utama: Author: SupawatR (CC BY-SA 4.0), via Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!