Patologi Adalah Pelajaran Tentang Penyakit

2 min read

patologi dan Mikroskop

Patologi

Secara singkat, patologi adalah pelajaran tentang penyakit. Subyek pengklasifikasian sistematik penyakit disebut nosologi (adalah cabang dari ilmu kedokteran yang mengurusi pengelompokan penyakit-penyakit). Badan pengetahuan yang lebih luas tentang penyakit adalah kedokteran.

Studi patologi, termasuk pemeriksaan secara detail dari organ tubuh, termasuk penyelidikan penyakit, yang sudah dilakukan pada jaman kuno. Telah dibuktikan dalam catatan dari masyarakat pada jaman dahulu, termasuk orang-orang dari Timur Tengah, India dan China.

 

Patologi Modern

Patologi modern mulai dikembangkan sebagai bidang penyelidikan pada abad ke-19. Mereka dikembangkan melalui Filosofi Alamiah dan para Dokter yang belajar penyakit dan studi yang tidak resmi / formal yang  diistilahkanpatologis anatomi tubuh” atau “morbid anatomi tubuh“.

Bidang studi patologi termasuk adaptasi selular cedera, nekrosis, peradangan, penyembuhan luka dan neoplasia. Itu membentuk dasar patologi, penerapan pengetahuan ini untuk mendiagnosis penyakit pada manusia dan hewan.

Namun, patologi sebagai bidang formal / resmi dikembangkan sepenuhnya pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, dengan munculnya studi yang lebih terinci tentang mikrobiologi.
Mikrobiologi adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme. Objek kajiannya yang biasanya adalah semua makhluk (hidup) yang perlu dilihat dengan mikroskop, khususnya bakteri, fungi / jamur, alga mikroskopik, protozoa dan Archaea. Virus sering juga dimasukkan walaupun sebenarnya tidak sepenuhnya dapat dianggap sebagai makhluk hidup.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber: Stanford University School of Medicine

 

 

                   

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.