fbpx

Pembangunan Berkelanjutan – Sustainable Development – Beserta Goal dan Contoh

Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip “memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan” (menurut Laporan Brundtland dari PBB, 1987).

Pembangunan berkelanjutan adalah terjemahan dari Bahasa Inggris, sustainable development. Salah satu faktor yang harus dihadapi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan pembangunan ekonomi dan keadilan sosial. Dengan demikian “pembangunan tidak hanya dipahami sebagai pembangunan ekonomi, namun juga sebagai alat untuk mencapai kepuasan intelektual, emosional, moral, dan spiritual”. dalam pandangan ini, keragaman budaya merupakan kebijakan keempat dari lingkup kebijakan pembangunan berkelanjutan.

 

Goal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development)

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah seruan untuk bertindak oleh semua negara – miskin, kaya dan berpenghasilan menengah – untuk mempromosikan kemakmuran sambil melindungi planet ini. Mereka menyadari bahwa pengentasan kemiskinan harus berjalan seiring dengan strategi yang membangun pertumbuhan ekonomi dan menangani berbagai kebutuhan sosial termasuk pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, dan peluang kerja, sambil menangani perubahan iklim dan perlindungan lingkungan.

  1. Akhiri kemiskinan dalam segala bentuknya di mana-mana.

  2. Akhiri kelaparan, capai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik, dan promosikan pertanian berkelanjutan.

  3. Pastikan hidup sehat dan promosikan kesejahteraan untuk semua usia di segala usia

  4. Pastikan pendidikan berkualitas inklusif dan adil dan mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua.

  5. Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan anak perempuan.

  6. Pastikan ketersediaan dan pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.

  7. Pastikan akses ke energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua.

  8. Mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, inklusif dan berkelanjutan, pekerjaan penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak untuk semua.

  9. Bangun infrastruktur yang tangguh, promosikan industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan, dan bina inovasi.

  10. Mengurangi ketimpangan di dalam dan di antara negara-negara.

  11. Jadikan kota dan pemukiman manusia inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

  12. Pastikan pola konsumsi dan produksi berkelanjutan.

  13. Ambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

  14. Menghemat dan menggunakan sumber daya laut, laut, dan laut secara berkelanjutan untuk pembangunan berkelanjutan.

  15. Melindungi, memulihkan dan mempromosikan penggunaan ekosistem terestrial yang berkelanjutan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi penggurunan, dan menghentikan serta membalikkan degradasi lahan dan menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati.

  16. Mempromosikan masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses keadilan bagi semua dan membangun institusi yang efektif, akuntabel, dan inklusif di semua tingkatan.

  17. Memperkuat cara implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan

 

Pembangunan berkelanjutan - sustainable development

Goal Pembangunan berkelanjutan – sustainable development. Sumber foto: Wikimedia Commons dan Kinderrechten.nl

 

Pembangunan Berkelanjutan Mencakup 3 Lingkup Kebijakan

1. Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi

  1. Merupakan proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang.
  2. Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan.
  3. Tidak memperhatikan pertambahan penduduk
  4. Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  5. Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi
  6. Setiap input dapat menghasilkan output yang lebih

Pembangunan Ekonomi

  1. Merupakan proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk per kapita.
  2. Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
  3. Memperhatikan pertambahan penduduk.
  4. Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  5. Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
  6. Setiap input selain menghasilkan output yang lebih banyak juga terjadi perubahan – perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

  • Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
  • Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran.
  • Terciptanya lapangan pekerjaan akibat adanya pembangunan ekonomi secara langsung bisa memperbaiki tingkat pendapatan nasional.
  • Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan semakin beragam dan dinamis.
  • Pembangunan ekonomi menuntut peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini, dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

  • Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup.
  • Industrialisasi mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian.

 

2. Pembangunan Sosial

Pembangunan sosial merupakan konsep pembangunan yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi.

Konsep ini memperkenalkan pembangunan sosial sebagai suatu proses perubahan sosial terencana yang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, dimana pembangunan dilakukan saling melengkapi proses pembangunan ekonomi.

Karakteristik Pembangunan Sosial

Pendekatan pembangunan sosial untuk kesejahteraan sosial dalam mengatasi permasalahan sosial memiliki 8 karakteristik:

  1. Proses pembangunan sosial terkait dengan pembangunan ekonomi.
  2. Memiliki fokus yang interdisiplin, di mana ia menggambarkan sudut pandang dari beragam ilmu sosial.
  3. Menunjukkan sebagai proses.
  4. Proses perubahannya bergerak maju secara alami.
  5. Proses pembangunan sosial bersifat intervensionis.
  6. Memiliki strategi yang beragam.
  7. Menekankan pada populasi sebagai suatu kesatuan (cakupannya bersifat universal atau inklusif).
  8. Bertujuan mempromosikan atau mendukung terwujudnya kesejahteraan sosial.

Strategi Pembangunan Sosial

Menurut Midgley, pembangunan sosial memiliki 3 strategi besar yaitu:

  1. Pembangunan sosial oleh individu, dikenal juga sebagai pendekatan individualis atau perusahaan. Akar ideologinya adalah liberal atau individualis, di mana ideologi tersebut menekankan pada pentingnya kebebasan individu dalam memilih. Pendekatan individualis atau perusahaan memang saat ini tidak populer dalam pembangunan sosial. Pendekatan ini dipromosikan melalui peningkatan fungsi sosial individu dan hubungan antarpribadi. Dalam strategi ini, individu-individu dalam masyarakat secara swadaya membentuk usaha pelayanan guna memberdayakan masyarakat.
  2. Pembangunan sosial oleh komunitas dikenal juga sebagai pendekatan komunitarian. Pendekatan komunitarian sendiri dipengaruhi kuat oleh ideologi populis. Strategi ini percaya bahwa antara masyarakat dan komunitas memiliki kemampuan yang saling terkait untuk memastikan kebutuhan dasar mereka terpenuhi, masalah sosial mereka teratasi, dan kesempatan untuk maju tersedia. Untuk mencapai hal tersebut, masyarakat dan komunitas perlu saling bekerja sama melalui pengembangan komunitas lokalnya.
  3. Pembangunan sosial oleh pemerintah dikenal pula sebagai pendekatan statis. Pendekatan statis didasari oleh ideologi kolektivis atau sosialis di mana ia menekankan pada pentingnya kolektivitas. Kumpulan ini dibangun dari asosiasi masyarakat yang memiliki sumber daya secara kolektif dan membagi wewenang untuk membuat keputusan. Melalui strategi tersebut, pembangunan sosial dilakukan oleh lembaga-lembaga atau organisasi dalam pemerintahan. Di samping adanya partisipasi individu dan masyarakat, pemerintah juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan apakah kebijakan pembangunan sosial diimplementasikan dan apakah kebijakan sosial dan ekonomi diselaraskan.

 

3. Perlindungan Lingkungan

Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.

 

Contoh Pembangunan Berkelanjutan

1. Energi Matahari

Keuntungan terbesar dari energi surya adalah bahwa ia sepenuhnya gratis dan tersedia dalam pasokan tanpa batas. Kedua faktor ini memberikan manfaat besar bagi konsumen dan membantu mengurangi polusi. Mengganti energi yang tidak terbarukan dengan jenis energi ini efektif secara lingkungan dan finansial.

2. Energi Angin

Energi angin adalah sumber energi lain yang tersedia. Memanfaatkan kekuatan energi angin mengharuskan penggunaan kincir angin; Namun, karena biaya konstruksi dan menemukan lokasi yang cocok, energi semacam ini dimaksudkan untuk melayani lebih dari sekedar individu.

Energi angin dapat menambah atau bahkan mengganti biaya tenaga jaringan, dan karenanya dapat menjadi investasi yang baik dan tetap menjadi contoh yang bagus untuk pembangunan berkelanjutan.

3. Rotasi Tanaman

Rotasi tanaman didefinisikan sebagai “penanaman berturut-turut dari berbagai tanaman di lahan yang sama untuk meningkatkan kesuburan tanah dan membantu mengendalikan serangga dan penyakit.”

Praktek pertanian ini bermanfaat dalam beberapa cara, terutama karena bebas bahan kimia. Rotasi tanaman telah terbukti memaksimalkan potensi pertumbuhan tanah, sementara juga mencegah penyakit dan serangga di tanah. Bentuk pengembangan ini tidak hanya bermanfaat bagi petani komersial, tetapi juga dapat membantu mereka yang berkebun di rumah.

4. Perlengkapan Air yang Efisien

Mengganti praktik konstruksi saat ini dan mendukung pemasangan kepala pancuran mandi yang efisien, toilet dan peralatan air lainnya dapat menghemat salah satu sumber daya bumi yang paling berharga: air.

Contoh perlengkapan efisien termasuk produk dari program WaterSense EPA, serta toilet dual-flush dan kompos. Menurut EPA, dibutuhkan banyak energi untuk memproduksi dan mengangkut air dan untuk mengolah air limbah, dan karena kurang dari satu persen pasokan air bumi yang tersedia adalah air tawar, penting bahwa penggunaan air berkelanjutan digunakan pada individu tersebut. dan tingkat masyarakat.

5. Ruang Hijau

Ruang hijau mencakup taman dan area lain di mana tumbuhan dan satwa liar didorong untuk berkembang. Ruang-ruang ini juga menawarkan kesempatan besar bagi publik untuk menikmati rekreasi di luar ruangan, terutama di daerah perkotaan yang padat.

Menurut Departemen Perencanaan Kota dan Wilayah UW-Madison, keuntungan dari ruang hijau termasuk, “membantu mengatur kualitas udara dan iklim … mengurangi konsumsi energi dengan melawan efek pemanasan permukaan beraspal … mengisi ulang persediaan air tanah dan melindungi danau dan aliran dari limpasan yang tercemar. ”Penelitian yang dilakukan di Inggris oleh University of Exeter Medical School juga menemukan bahwa pindah ke area yang lebih hijau dapat mengarah pada peningkatan yang signifikan dan berkelanjutan bagi kesehatan mental individu.

 

Bacaan Lainnya Yang Dapat Membuat Anda lebih Pintar

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: International Institute for Sustainable Development (IISD)Science DirectSisu@UTUnited Nations (UN)Borgen Project

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-09T00:37:51+07:00 Januari 8th, 2019|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment