PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

PET Scan (Positron Emission Tomography) | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

3 min read

Pet scan

PET Scan (Positron Emission Tomography)

Pemindaian PET scan atau tomografi emisi positron digunakan untuk mendeteksi tumor kanker dan memantau perkembangannya. Mengapa melakukan pemindaian PET? Pengertian, indikasi, efek samping, harga…

Definisi: apa itu pemindaian PET scan?

Pemindaian PET, atau PET dalam bahasa Prancis mengacu pada tomografi emisi Positron. Ini adalah proses pencitraan medis yang bertujuan mempelajari aktivitas organ. Prinsipnya adalah menyuntikkan ke dalam tubuh pelacak, sejumlah kecil zat radioaktif tanpa bahaya bagi tubuh, kemudian, satu jam kemudian, untuk mengambil gambar organ yang dipelajari, melalui mesin yang menyerupai pemindai. sebuah cincin besar. Berbagai detektor ditempatkan di dalam perangkat ini kemudian menangkap radiasi yang dipancarkan dan mereproduksinya di layar komputer.

Mengapa melakukan PET Scan?

Pemindaian PET direkomendasikan dalam diagnosis dan pemantauan tumor, patologi infeksi atau inflamasi.

PET-Scan terutama digunakan dalam onkologi: konsentrasi pelacak di area tertentu mengungkapkan keberadaan, aktivitas, dan tingkat tumor kanker.

Ini juga dapat dilakukan berulang kali untuk memantau keefektifan pengobatan atau untuk mencari kemungkinan metastasis yang tidak terlihat pada gambar yang diperoleh dengan teknik pencitraan lain. Tes ini juga digunakan dalam kardiologi untuk menganalisis aliran darah di arteri koroner atau ruang jantung, dan untuk memvisualisasikan tingkat kerusakan setelah infark miokard.

Dalam neurologi, memungkinkan untuk mengevaluasi fungsi otak pada patologi neurodegeneratif tertentu seperti penyakit Alzheimer atau Parkinson. Akhirnya, ia dapat mendeteksi anomali tertentu yang tidak dapat diakses oleh teknik pencitraan lainnya.

Mengapa dokter saya meresepkan pemindaian PET untuk saya?

Tujuan pemeriksaan adalah untuk memvisualisasikan organ yang terakumulasi secara berlebihan pelacak, yang menunjukkan konsumsi glukosa yang berlebihan. Kita tahu bahwa konsumsi seluler glukosa biasanya meningkat pada sel tumor, infeksi dan inflamasi.

Pemeriksaan PET scan dapat berkontribusi dalam berbagai cara untuk manajemen / pengobatan Anda karena dapat digunakan untuk:

  • mendeteksi peradangan atau infeksi
  • mendeteksi keberadaan atau menilai luasnya suatu penyakit
  • memilih pengobatan yang tepat dan menilai efektivitas pengobatan ini

PET Scan otak

Brain PET atau PET scan otak menggunakan 18F-fluorodesoxyglucose (FDG) sebagai pelacak memungkinkan untuk belajar, berkat protokol khusus, metabolisme karbohidrat otak dalam keadaan dasarnya.

Bergantung pada distribusi anomali, ini membantu untuk berpartisipasi dalam penilaian etiologis gangguan kognitif.

Penggunaan pemeriksaan pencitraan yang tepat, memungkinkan untuk diagnosis dini penyakit Alzheimer.

Pencitraan ini juga direkomendasikan dalam hal presentasi atipikal penyakit Alzheimer atau keraguan diagnostik dengan degenerasi frontotemporal.

Ini mungkin berguna untuk diagnosis kemungkinan penyakit Alzheimer secara klinis. Secara khusus, adanya hipometabolisme di daerah temporo-parietal bilateral merupakan elemen yang mendukung diagnosis penyakit Alzheimer, seperti atrofi hipokampus pada MRI, adanya kelainan atau gangguan dalam Cerebrospinal Fluid Dynamics (CFD). Cairan serebrospinal atau zalir serebrospinal (bahasa Inggris: Liquor cerebrospinalis, cerebrospinal fluid, CSF) adalah sejenis cairan tubuh yang menempati ruang sub-arachnoid dan sistem ventrikular yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang. CSF merupakan larutan yang menyangga sistem saraf pusat dan diproduksi dibagian choroid plexus otak. Oleh karena CSF, otak dapat mengambang dengan sempurna dan tidak mengalami gangguan oleh beratnya sendiri, terutama saat terjadi gerakan kepala.

Data dari pemeriksaan ini harus dimasukkan dalam semua data klinis dan khususnya dalam penilaian neuro-psikologis yang lengkap.

Bagaimana pengujiannya?

Pertama-tama, pasien harus berpuasa setidaknya enam jam. Dia bisa mengkonsumsi air dan minuman tanpa pemanis, tapi tidak makan. “Sesampainya di bangsal, diperiksa gula darahnya dan jika benar disuntik dengan pelacak. Pasien kemudian diistirahatkan selama satu jam, sementara obatnya diedarkan ke dalam tubuh dan ditangkap oleh sel-sel yang mengkonsumsi gula, setelah waktu ini lewat di bawah kamera selama sekitar sepuluh menit.

Untuk tes ini, produk radioaktif lemah (isotop), yang mengikat sel tumor dan / atau metastasisnya, disuntikkan ke dalam tubuh. Produk ini, karena radioaktifnya lemah, dapat terlihat menggunakan teknik pencitraan (dalam bentuk titik terang pada foto). Isotop yang paling banyak digunakan untuk pemindaian PET adalah FDG, gula berfluorinasi dengan masa simpan tidak lebih dari dua jam. Oleh karena itu, tidak ada risiko terkena radiasi seperti di Chernobyl!

Efek samping apa setelahnya?

Pemindaian PET tidak menimbulkan efek samping karena jumlah obat yang mereka suntikkan sangat sedikit. Tidak ada reaksi alergi, mual atau muntah.

Pemindaian PET dan kelelahan

“Tidak ada efek kelelahan atau kantuk, Anda dapat mengemudi sepenuhnya setelahnya. Satu-satunya kelemahan adalah waktu pemeriksaan yang akan berlangsung total dua jam dan kemudian waktu di bawah kamera di mana Anda tidak perlu bergerak. Namun, ini adalah perangkat yang terlihat seperti pemindai sehingga sama sekali tidak menindas seperti halnya MRI”, lanjut spesialis.

Harga

Pemindaian PET adalah ujian yang harganya cukup mahal, bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Hubungi rumah sakit yang memiliki fasilitas PET Scan, untuk mengetahui lebih lanjut.

Jenis Kanker – Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker dan Namanya


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Radiological Society of North America, Medical News Today, Johns Hopkins Medicine

Sumber foto: Brudersohn / Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0)
Title / file (judul / file): PET-CT Siemens Biograph01

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.