PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

USG atau Ultrasound atau Ultrasonografi | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

4 min read

USG ultrasound

Apa itu USG?

Ultrasound, juga disebut USG adalah pemeriksaan tanpa rasa sakit dan efektif yang menggunakan mesin ultrasound (gelombang suara frekuensi tinggi) untuk membuat gambar diagnostik real-time dari janin dan organ dalam tubuh Anda (payudara, payudara, jantung, hati, ginjal). Ini juga mengukur aliran darah di vena dan arteri utama.

Mempersiapkan USG tergantung pada struktur dan organ yang akan diperiksa.

USG memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan organ-organ yang terletak di perut, panggul kecil, leher (tiroid, kelenjar getah bening, hati, limpa, pankreas, ginjal, kandung kemih, alat kelamin) tetapi juga pembuluh (arteri dan vena), ligamen dan jantung. Ini bertujuan untuk mendeteksi infeksi, malformasi atau tumor.

Prinsip, definisi:

Ultrasound adalah teknik pencitraan yang menggunakan gelombang ultrasonik frekuensi tinggi, diproduksi dan diterima oleh alat (probe) yang digerakkan di atas kulit dengan cara digeser dengan menggunakan gel.
Ultrasonografi yang diterima diubah menjadi gambar oleh komputer.
Ultrasonografi hanya menganalisis area yang dieksplorasi dan bukan seluruh tubuh.
Teknik yang sama sekali tidak berbahaya, ini sangat menarik pada anak-anak dan wanita hamil dan dapat diulang jika perlu tanpa bahaya.

USG Dopler

Ultrasonografi Doppler arteri terdiri dari mengamati arteri tertentu dan aliran darahnya pada gambar bergerak. Tindakan ini dilakukan untuk mendiagnosis kemungkinan penyakit arteri, mengikuti perkembangannya atau untuk mengobatinya.

Prinsipnya sangat sederhana: sebuah probe ditempatkan pada tubuh yang memancarkan ultrasound. Gambar ditranskripsikan sesuai dengan penetrasi dan gema ultrasound pada organisme yang dipelajari.

The most recent ultrasound machines put into service in clinics and hospitals provide optimal image and interpretation quality. Depending on the regions studied, ultrasound machines allow 3D reconstructions and make it possible to couple the ultrasound with imaging of the elasticity of a mass.

Mesin ultrasound terbaru yang digunakan di klinik dan rumah sakit memberikan kualitas gambar dan interpretasi yang optimal. Tergantung pada daerah yang dipelajari, mesin ultrasound memungkinkan rekonstruksi 3D dan memungkinkan untuk menggabungkan ultrasound dengan pencitraan elastisitas massa.

Efek Doppler memungkinkan untuk mempelajari sirkulasi darah, di vena atau arteri dengan mengukur kecepatan peredaran darah. Ini memungkinkan untuk mengukur kecepatan sirkulasi di dalam pembuluh darah dan secara tepat mengukur diameter pembuluh darah. Lamanya ujian tergantung pada jumlah daerah yang akan dijelajahi. Berikan waktu sekitar 20 menit untuk ujian.

Efek samping:

USG tidak menimbulkan efek samping. Pemeriksaan ini seharusnya tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi terkadang tekanan yang diberikan transduser pada tubuh akan menyebabkan ketidaknyamanan jika ditempatkan di atas area yang sudah sakit.

Teknik:

Di klinik dan rumah sakit, kami melakukan semua jenis ultrasound serta tusukan dan biopsi yang dilakukan di bawah kendali ultrasound (hati, payudara, tiroid, dll.)

USG

– Perut dan panggul (eksplorasi seluruh perut untuk nyeri misalnya)
– Hati, saluran empedu dan pankreas.
– Ginjal dan saluran kemih (kandung kemih +/- prostat)
– Panggul (rahim dan ovarium) dengan pendekatan abdomen +/- endovaginal
– Kebidanan (+/- 3D)
– Testis.
– Payudara (sendiri atau dengan mammogram)
– Dari dinding dan jaringan superfisial
– Tiroid, kelenjar ludah
– Osteoarticular (bahu, lutut, pergelangan tangan dan tangan, pergelangan kaki …)
– Eko-doppler arteri atau vena

Kami menggunakan probe resolusi tinggi, dengan berbagai bentuk dan frekuensi AS, yang disesuaikan dengan bagian tubuh yang diperiksa, probe internal atau 3D.

Persiapan:

Ini bervariasi tergantung pada area tubuh yang diperiksa.

Untuk USG perut (Doppler dari aorta perut atau arteri ginjal) puasa 5 jam diperlukan, memungkinkan obat untuk diminum dengan sedikit air, terutama pada pasien diabetes atau jantung.

Untuk USG panggul atau saluran kemih, kandung kemih harus penuh, kami minta untuk mengosongkan kandung kemih 1 jam sebelum pemeriksaan kemudian minum 3/4 liter dengan cepat dan tidak buang air kecil.

Untuk USG awal kehamilan (kencan dan trimester pertama) kami meminta untuk tidak buang air kecil 1 jam sebelum pemeriksaan.

Untuk USG lainnya: kehamilan trimester 2 dan 3, superfisial, serviks dan Doppler pembuluh leher, osteoarticular, tidak ada persiapan yang diperlukan.

Prosedur USG:

Pemeriksaan dilakukan oleh ahli radiologi yang berkomunikasi dengan Anda secara langsung dan memberikan kesimpulan secara lisan.

Di ruangan yang didedikasikan untuk ultrasound, paling sering berbaring telentang (kadang tengkurap atau miring). Dalam posisi duduk untuk USG ekstremitas atas.

Dokter menempatkan gel pada kulit yang memungkinkan perangkat meluncur di atas kulit dengan kontak yang baik.

Untuk USG kandung kemih penuh, Anda akan sering diminta untuk mengosongkan kandung kemih sebelum bagian kedua pemeriksaan (vagina untuk rahim atau rektal untuk prostat), atau untuk menilai evakuasi yang baik.

Durasi atau berapa lama pengujiannya:

Durasi minimal 30 menit diperlukan, waktu ini meliputi:

Formalitas administrasi,

Waktu pemasangan

Waktu ujian

Pembuatan laporan

Kali ini lebih lama untuk beberapa ultrasound

(kebidanan, USG Doppler, tusukan dan biopsi di bawah USG)

Harga:

Pemeriksaan USG sederhana sekitar Rp 250 000 ke atas, tergantung pada struktur dan organ yang akan diperiksa.

Manfaat:

  • Dilakukan oleh seorang profesional, USG untuk tujuan medis hampir aman: itu adalah satu-satunya teknik yang memungkinkan untuk memiliki gambar janin dengan keamanan yang baik. Tidak ada alergi atau kontraindikasi pada pemeriksaan ini;
  • itu tidak menyakitkan bagi pasien. Itu tidak memerlukan, dengan pengecualian, baik rawat inap maupun anestesi. Itu dapat diulang tanpa masalah;
  • Ultrasound adalah teknik pencitraan medis yang relatif murah: hanya membutuhkan satu perangkat dan biaya bahan habis pakai dapat diabaikan. Pemeriksaan dilakukan dengan satu orang (dokter, bidan, misalnya);
    mesin ultrasound bergerak, memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan di tempat tidur pasien sendiri, di unit resusitasi misalnya;
  • jika dilakukan oleh dokter atau bidan, hasilnya langsung terasa;
  • itu non-iradiasi;
  • ini adalah satu-satunya teknik pencitraan waktu nyata, yang selalu memungkinkan untuk menyelesaikan pertanyaan dan pemeriksaan klinis pasien yang diperiksa. Hal ini memungkinkan presisi diagnostik yang besar di tangan ahli dan memungkinkan untuk menggunakan beberapa modalitas untuk menentukan anomali: 2D, 3D, rekonstruksi planar, USG kontras, Doppler berdenyut atau warna, elastografi, manuver dinamis;
  • ketika ekogenisitas dan jarak dari organ memungkinkan, ekografi dalam beberapa kasus memiliki resolusi spasial yang lebih tinggi daripada CT dan MRI.
  • USG dapat mengungkapkan jenis kelamin janin sebelum lahir.

Kekurangan

  • Ultrasonografi non-medis, yang memaparkan janin pada ultrasonografi terus-menerus untuk tujuan kosmetik, menimbulkan risiko bagi janin;
  • gambar terkadang kurang tajam, sampai terkadang tidak dapat digunakan: ini adalah masalah ekogenisitas, lemah khususnya dalam kasus obesitas;
  • pemeriksaan, dan karena itu hasilnya, bergantung pada pemeriksa: pengukuran dan kualitas gambar sangat bergantung pada posisi probe (bidang potong), dan oleh karena itu, pada keterampilan dan kompetensi ‘pemeriksa. Penempatan manual probe ini bervariasi dari satu pemeriksaan ke pemeriksaan lainnya dan tidak diketahui secara apriori, yang membuat interpretasi ulang pemeriksaan dan pendaftaran dengan kompleks modalitas pencitraan medis lain. Dengan kata lain, dalam hal keragu-raguan atau pembahasan, pemeriksaan harus diulang secara keseluruhan, idealnya oleh pemeriksa lain;
  • suara “noise” utama yang mengganggu citra ultrasonik adalah speckle atau “granularity” (karena citra memberikan kesan seperti butiran). Noise ini disebabkan oleh fakta bahwa pencitraan ultrasound adalah teknik pencitraan yang koheren, yang memungkinkan interferensi antara gelombang dan oleh karena itu aspek gambar yang kasar ini. Refleksi pada banyak “kotoran” kecil di media propagasi saling mengganggu. Perhatikan bahwa pentingnya spekel terkait dengan kerapatan pengotor ini (kekasaran material), karena itu dapat menjadi vektor informasi.

Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, MedlinePlus, Mayo Clinic, Radiological Society of North America, Inc. (RSNA)

Sumber foto: MIKI Yoshihito / Flickr

Penjelasan foto: diagnostik dan peralatan ultrasound 4D.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.