Pijat Refleksi Kaki, Tangan dan Telinga | Titik Pijat dan Manfaatnya

3 min read

Titik pijat refleksi telapak kaki

Pijat Refleksi

Pijat refleksi adalah praktik yang menampilkan dirinya sebagai terapi dan menggunakan pijatan. Hal ini didasarkan pada sila pseudo-ilmiah bahwa setiap organ, bagian tubuh atau fungsi fisiologis berhubungan dengan suatu area atau titik di tangan, kaki, wajah atau telinga.

Pijat refleksi adalah praktik yang menampilkan dirinya sebagai terapi dan menggunakan pijatan. Hal ini didasarkan pada sila pseudo-ilmiah bahwa setiap organ, bagian tubuh atau fungsi fisiologis berhubungan dengan suatu area atau titik di tangan, kaki atau telinga.

Pijat Refleksi Kaki

Apa itu pijat refleksi kaki?
Ini adalah pijat kaki yang berasal dari Cina. Menurut pengobatan Tiongkok leluhur, setiap zona refleks berhubungan dengan organ, kelenjar atau bagian tubuh yang diproyeksikan ke telapak kaki. Sentuhan khusus menempatkan ketegangan dan membebaskannya. Sangat menenangkan, teknik ini mengaktifkan sirkulasi darah di kaki, menghilangkan stres pada hari itu.

Kaki adalah representasi miniatur tubuh manusia dimana setiap area kaki berhubungan dengan suatu organ atau bagian tubuh manusia.

Apa tujuan pijat refleksi?
Sesi pijat refleksi terdiri dari membebaskan orang tersebut dengan menangani ketidakseimbangan tubuh, berkat tekanan manual yang diberikan pada zona yang disebut “refleks”. Pijat refleksi digunakan hari ini:

Sebagai pencegahan;
Untuk mendukung cakupan perawatan medis (di bawah pengobatan non-konvensional non-alternatif).

Titik pijat refleksi telapak kaki
Titik pijat refleksi telapak kaki

Apa yang terjadi selama sesi pemijatan?

Karena praktisi atau si pemijat bukanlah seorang dokter, dia tidak berwenang untuk menegakkan diagnosis, atau memberikan atau mengubah pengobatan. Namun demikian, ada praktik yang harus dihormati yang dipelajari oleh ahli refleksologi di sekolah refleksologi.

Sebelum sesi, refleksolog harus bertanya kepada pasien mengapa dia berkonsultasi dan apa yang dia harapkan dari sesi tersebut. “Jika orang tersebut mengalami sakit, penyakit yang ingin dia obati, dia harus menjelaskan semuanya kepada ahli pijat refleksi. Terkadang, pasien dapat lupa memberi tahu si pemijat tentang sesuatu, dan kami menyadarinya selama sesi: misalnya, dengan memijat ke-2 dan jari kaki ketiga, kami menyadari bahwa orang tersebut memiliki masalah penglihatan yang signifikan, dan ini memang benar karena jari kaki ini adalah titik refleks mata”.

Selama sesi: pasien duduk dengan nyaman di kursi tipe kursi malas, “Kakinya bertumpu pada bantal, dan meletakkan selimut padanya, karena orang sering merasa kedinginan selama sesi, bahkan ketika suhu 30 °C” Infokan kepada si pemijat jika Anda memiliki alergi, karena mereka dapat menggunakan minyak pijat dengan aroma bunga-bungan.

Kaki pasien dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat atau handuk panas. Selama reflexology bisa memunculkan rasa sakit, dorongan untuk tidur, dan dalam hal ini jangan meronta-ronta. Disarankan untuk mata tetap tertutup, karena kita bisa merasakannya, segalanya lebih baik.

Pijat relaksasi pertama dilakukan. “Tujuannya agar orang tersebut, jika mereka masih stres atau tegang, dapat benar-benar rilek. Ini juga harus mempersiapkan kaki untuk menerima “pijat perawatan”. Bentuk pijat pertama ini bervariasi dari tempat ke tempat yang lain.

Praktisi mencari area yang akan dirawat berkat zona dan titik refleks, kemudian merangsangnya dengan pijatan yang lebih menyeluruh. Titik refleks yang menyakitkan menunjukkan organ dalam hiperfungsi (seperti yang dijelaskan sebelumnya dengan mata). Untuk mengatasi masalah tersebut, pijatan dari bagian dalam kaki ke luar dilakukan. Sebaliknya, untuk mengaktifkan kembali organ, pijatan dilakukan dari luar ke dalam.

Pijat Refleksi Tangan

Tangan adalah kesinambungan keberadaan kita, mereka digunakan untuk mengekspresikan diri kita sendiri dan untuk menjangkau orang lain. Tahukah Anda bahwa telapak tangan tidak menutup kurang dari 3000 ujung saraf, dalam kaitannya dengan seluruh organisme, yang menempatkannya di antara area paling sensitif?

Refleksi tangan, lebih mudah diakses daripada bagian tubuh lainnya, tersedia kapan saja, tampaknya merupakan praktik yang sangat menarik.

Pijat refleksi tangan
Pijat refleksi tangan. Sumber foto: Wikimedia Commons

1. Hipofisis (organ kecil yang berada di bawah otak)
2. Leher
3. Sisi Kepala dan Otak
4. Bagian atas kepala dan otak
5. Sinus
6. Mata
7. Tabung eustachius (saluran yang menghubungkan ruang di belakang gendang telinga atau telinga tengah dengan tenggorokan dan bagian belakang rongga hidung)
8. Telinga
9. Tiroid
10. Paru-paru
11. Hati
12. Solar plexus (terletak di tengah batang tubuh di atas pusar, merupakan lokasi sentral untuk saraf di dalam area perut)
13. Hati
14. Limpa
15. Lambung dan Pankreas
16. Usus Halus
17. Usus Besar
18. Kandung kemih
19. Tabung ureter (saluran kencing adalah saluran yang menghubungkan antara kandung kemih ke lubang saluran kemih pada ujung penis atau vagina)
20. Ginjal
21. Adrenal (bagian dari sistem endokrin karena kelenjar ini mengeluarkan hormon: Androgen adrenal: Hormon ini sering disebut hormon seks pria dan terdapat pada pria dan wanita, meskipun jumlahnya berbeda. Wanita membutuhkannya untuk reproduksi dan pertumbuhan rambut.
Glukokortikoid: Hormon seperti kortisol terkait dengan respon stres tubuh bertarung atau berlari. Ketika tubuh mendeteksi stres atau ancaman, kortisol dilepaskan, sehingga denyut jantung, kewaspadaan mental, dan tekanan darah akan meningkat).
Mineralkortikoid: Hormon ini berperan untuk menjaga keseimbangan natrium dan air. Terlalu banyak natrium dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal sementara sedikit air dapat menyebabkan dehidrasi.
22. Bahu
23. Ovarium / testis
24. Saraf siatik (saraf terpanjang di tubuh yang berawal dari saraf tulang belakang dan bercabang hingga ke kaki)

Pijat Refleksi Wajah

Wajah dan kepala adalah tempat dari banyak titik dan area yang sangat sensitif. Konsep terapeutik oriental, yang diturunkan langsung dari pengobatan Tiongkok, pijat refleksi wajah dan kepala didasarkan pada stimulasi zona refleks dan titik-titik yang terletak di wajah dan kepala, bekerja pada titik-titik energi tertentu, mendorong impuls saraf yang membuka blokir, membawa kenyamanan, relaksasi yang intens dan secara langsung.

Pendapat dokter tentang pijat refleksi

Teknik ini tidak didasarkan pada konsep yang terbukti secara ilmiah. Ini tidak boleh mengabaikan konsultasi medis biasa jika terjadi stres yang signifikan, depresi, atau gejala lainnya.

Resiko

Ada kontraindikasi untuk pijatan ini seperti adanya peradangan, atau trauma pada kaki seperti keseleo, trombosis, masalah jantung baru-baru ini, masalah peredaran darah (flebitis …) atau awal kehamilan.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Verywell Health, Health Line,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Memahami Prinsip dan Operasi Utama dalam Perbankan Islam: Riba,…

Perbankan Islam mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Ini melibatkan larangan terhadap riba (bunga), mempromosikan berbagai bentuk transaksi yang adil, serta mengutamakan...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *