fbpx

Depresi Gejala, Penyebab, Perawatan, Pengobatan, Cara Melawan

Depresi adalah

Suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu Gangguan Depresi Mayor. Beberapa gejala Gangguan Depresi Mayor adalah perasaan sedih, rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Depresi merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri.

 

Jenis depresi yang paling umum

1. Depresi mayor

Mengalami gejala depresi hampir setiap hari, hampir setiap hari minimal 2 minggu yang mengganggu kemampuan Anda untuk bekerja, tidur, belajar, makan, dan menikmati hidup. Episode hanya bisa terjadi sekali dalam seumur hidup seseorang, namun lebih sering, seseorang memiliki beberapa episode.

2. Gangguan depresi persisten (dysthymia)

Memiliki gejala depresi yang berlangsung paling tidak selama 2 tahun. Seseorang yang didiagnosis dengan bentuk depresi ini mungkin mengalami episode depresi berat bersamaan dengan periode gejala yang kurang parah.

 

Penyebab suatu kondisi depresi

  • Faktor organobiologis karena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin

  • Faktor psikologis karena tekanan beban psikis, dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial

  • Faktor sosio-lingkungan misalnya karena kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari lainnya

Menurut Diagnostic and Statistical Manual IV – Text Revision (DSM IV-TR) (American Psychiatric Association, 2000), seseorang menderita gangguan depresi jika: A. Lima (atau lebih) gejala di bawah telah ada selama periode dua minggu dan merupakan perubahan dari keadaan biasa seseorang; sekurangnya salah satu gejala harus (1) emosi depresi atau (2) kehilangan minat atau kemampuan menikmati sesuatu.

  1. Keadaan emosi depresi/tertekan sebagian besar waktu dalam satu hari, hampir setiap hari, yang ditandai oleh laporan subjektif (misal: rasa sedih atau hampa) atau pengamatan orang lain (misal: terlihat seperti ingin menangis).
  2. Kehilangan minat atau rasa nikmat terhadap semua, atau hampir semua kegiatan sebagian besar waktu dalam satu hari, hampir setiap hari (ditandai oleh laporan subjektif atau pengamatan orang lain)
  3. Hilangnya berat badan yang signifikan saat tidak melakukan diet atau bertambahnya berat badan secara signifikan (misal: perubahan berat badan lebih dari 5% berat badan sebelumnya dalam satu bulan)
  4. Insomnia atau hipersomnia hampir setiap hari
  5. Kegelisahan atau kelambatan psikomotor hampir setiap hari (dapat diamati oleh orang lain, bukan hanya perasaan subjektif akan kegelisahan atau merasa lambat)
  6. Perasaan lelah atau kehilangan kekuatan hampir setiap hari
  7. Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah yang berlebihan atau tidak wajar(bisa merupakan delusi), dan mengganggap bahwa sumber dari setiap masalah adalah dirinya
  8. Berkurangnya kemampuan untuk berpikir atau berkonsentrasi, atau sulit membuat keputusan, hampir setiap hari (ditandai oleh laporan subjektif atau pengamatan orang lain)
  9. Berulang-kali muncul pikiran akan kematian (bukan hanya takut mati), berulang-kali muncul pikiran untuk bunuh diri tanpa rencana yang jelas, atau usaha bunuh diri atau rencana yang spesifik untuk mengakhiri nyawa sendiri

 

Gejala depresi

Gejala-gejala tersebut juga harus menyebabkan gangguan jiwa yang cukup besar dan signifikan sehingga menyebabkan gangguan nyata dalam kehidupan sosial, pekerjaan atau area penting dalam kehidupan seseorang.

Cara menanggulangi depresi berbeda-beda sesuai dengan keadaan pasien, namun biasanya merupakan gabungan dari farmakoterapi dan psikoterapi atau konseling. Dukungan dari orang-orang terdekat serta dukungan spiritual juga sangat membantu dalam penyembuhan.

 

Perawatan depresi

Langkah pertama dalam mendapatkan perawatan yang tepat adalah dengan mengunjungi penyedia layanan kesehatan atau profesional kesehatan mental, seperti psikiater atau psikolog. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat melakukan tes ujian, wawancara dan tes laboratorium untuk menyingkirkan kondisi kesehatan lainnya yang mungkin memiliki gejala yang sama dengan depresi.

Setelah didiagnosis, depresi bisa diobati dengan obat-obatan, psikoterapi atau kombinasi keduanya. Jika perawatan ini tidak mengurangi gejala, terapi stimulasi otak mungkin merupakan pilihan pengobatan lain untuk dijelajahi.

Hormon stres kortisol

Pengobatan depresi

Obat-obatan

Obat yang disebut antidepresan bisa bekerja dengan baik untuk mengobati depresi. Mereka bisa memakan waktu 2 sampai 4 minggu untuk bekerja. Antidepresan dapat memiliki efek samping, namun banyak efek samping dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang efek samping yang Anda miliki. Jangan berhenti minum antidepresan Anda tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter Anda.

Harap dicatat: Meskipun antidepresan dapat efektif untuk banyak orang, mereka mungkin menimbulkan risiko serius pada beberapa orang, terutama anak-anak, remaja, dan orang dewasa muda. Antidepresan dapat menyebabkan beberapa orang, terutama mereka yang menjadi gelisah saat mereka pertama kali mulai minum obat dan sebelum mulai bekerja, memiliki pikiran untuk bunuh diri atau melakukan usaha bunuh diri. Siapa pun yang memakai antidepresan harus dipantau dengan ketat, terutama saat mereka pertama kali mulai meminumnya. Bagi kebanyakan orang, risiko depresi yang tidak diobati jauh lebih besar daripada pengobatan antidepresan saat mereka digunakan di bawah pengawasan ketat dari dokter.

Psikoterapi

Psikoterapi membantu dengan mengajarkan cara berpikir dan berperilaku baru, dan mengubah kebiasaan yang mungkin berkontribusi terhadap depresi. Terapi dapat membantu Anda memahami dan bekerja melalui hubungan atau situasi yang sulit yang dapat menyebabkan depresi Anda atau membuatnya semakin buruk.

Terapi Stimulasi Otak

Terapi Electroconvulsive (ECT) dan terapi stimulasi otak lainnya mungkin menjadi pilihan bagi penderita depresi berat yang tidak menanggapi obat antidepresan. ECT adalah terapi stimulasi otak yang paling banyak dipelajari dan memiliki sejarah pemakaian terpanjang. Terapi stimulasi lain yang dibahas di sini lebih baru, dan dalam beberapa kasus masih metode eksperimental.

 

Bagaimana saya bisa membantu diri sendiri jika mengalami depresi?

Saat Anda melanjutkan perawatan, Anda mungkin mulai merasa lebih baik secara bertahap. Ingat bahwa jika Anda memakai antidepresan, diperlukan waktu 2 sampai 4 minggu untuk mulai bekerja. Cobalah melakukan hal-hal yang biasa Anda nikmati. Pergilah dengan mudah pada dirimu sendiri. Hal-hal lain yang dapat membantu meliputi:

  • Berusaha aktif dan berolahraga.
  • Memecah tugas besar menjadi tugas kecil, menetapkan prioritas dan melakukan apa yang Anda bisa sesuka Anda (hobi positif).
  • Menghabiskan waktu dengan orang lain dan menceritakan teman atau kerabat yang tepercaya.
  • Menunda keputusan dalam hidup, penting sampai Anda merasa lebih baik. Diskusikan keputusan dengan orang lain yang mengenal Anda dengan baik.
  • Menghindari pengobatan sendiri dengan alkohol atau dengan obat-obatan yang tidak diresepkan untuk Anda.

 

Bagaimana saya bisa membantu orang yang dicintai yang mengalami depresi?

Jika Anda mengenal seseorang yang mengalami depresi, pertama-tama bantu dia menemui penyedia layanan kesehatan atau profesional kesehatan mental. Anda juga bisa:

  • Tawarkan dukungan, pengertian, kesabaran dan dorongan.

  • Jangan pernah mengabaikan komentar tentang bunuh diri dan laporkan ke penyedia layanan atau terapis atau orang yang dicintai.

  • Mengundang dia keluar untuk jalan-jalan, tamasya dan kegiatan lainnya.

  • Bantu dia mematuhi rencana pengobatan, seperti menyetel pengingat untuk mengambil obat yang diresepkan.

  • Bantu dia dengan memastikan bahwa dia menepati janji dan memiliki transportasi dan untuk pergi ke tempat terapis (psikolog contohnya).

  • Ingatkan dia bahwa, dengan waktu dan perawatan, depresi akan teratasi.

 

Cara melawan depresi secara alami

1. Luangkan waktu

Tidak mungkin berpikir jernih saat Anda dibanjiri rasa takut atau cemas. Hal pertama yang harus dilakukan adalah meluangkan waktu agar Anda bisa tenang secara fisik.

Ganggu diri Anda dari kekhawatiran selama 15 menit dengan berjalan di sekitar blok, membuat secangkir teh atau mandi.

2. Bernafas melalui kepanikan

Jika Anda mulai mendapatkan detak jantung yang lebih cepat atau telapak tangan yang berkeringat, yang terbaik adalah tidak melawannya.

Tinggallah di tempat Anda dan hanya merasakan kepanikan tanpa berusaha mengalihkan perhatian Anda. Letakkan telapak tangan Anda ke perut Anda dan hirup perlahan dan dalam.

Tujuannya adalah untuk membantu pikiran terbiasa mengatasi kepanikan, yang membawa rasa takut akan rasa takut.

Cobalah teknik pernapasan ini untuk stres.

  • Biarkan nafas Anda mengalir deras ke dalam perut Anda seperti yang nyaman, tanpa memaksanya.
  • Cobalah bernafas melalui hidung dan keluar melalui mulut Anda.
  • Bernapas dengan lembut dan teratur. Beberapa orang merasa terbantu untuk menghitung dengan mantap dari satu sampai lima. Anda mungkin tidak bisa mencapai lima pada awalnya.
  • Kemudian, tanpa berhenti atau menahan napas, biarkan mengalir dengan lembut, menghitung dari satu sampai lima lagi, jika Anda merasa terbantu.
  • Terus lakukan ini selama 3 sampai 5 menit.

3. Hadapi ketakutan Anda

Menghindari ketakutan hanya membuat mereka lebih menakutkan. Apapun rasa takut Anda, jika Anda hadapi itu, seharusnya mulai memudar. Jika Anda panik suatu hari naik lift, misalnya, sebaiknya kembali naik lift keesokan harinya.

Bayangkan yang terburuk
Coba bayangkan hal terburuk yang bisa terjadi – mungkin itu membuat panik dan mengalami serangan jantung. Kemudian coba pikirkan diri Anda untuk mengalami serangan jantung. Itu tidak mungkin. Rasa takut akan berlari jika Anda semakin Anda mengejarnya.

5. Lihatlah buktinya

Terkadang membantu menantang pikiran yang menakutkan. Misalnya, jika Anda takut terjebak dalam lift dan terasa tercekik, tanyakan pada diri Anda apakah Anda pernah mendengar hal ini terjadi pada seseorang. Tanyakan pada diri sendiri apa yang akan Anda katakan kepada teman yang memiliki ketakutan serupa.

6. Jangan mencoba untuk menjadi sempurna

Hidup itu penuh dengan tekanan, namun banyak di antara kita merasa bahwa hidup kita pasti sempurna. Hari-hari buruk dan kemunduran akan selalu terjadi dan penting untuk diingat bahwa hidup itu berantakan tetapi harus tetap bersemangat!

7. Visualisasikan pada gambaran yang menyenangkan

Luangkan waktu sejenak untuk memejamkan mata dan membayangkan tempat yang aman dan tenang. Bisa jadi foto Anda berjalan di pantai yang indah, atau meringkuk di tempat tidur dengan kucing di sebelah Anda, atau kenangan bahagia dari masa kecil. Biarkan perasaan positif menenangkan Anda sampai Anda merasa lebih rileks.

8. Bicara permasalahan itu

Berbagi ketakutan menghilangkan banyak kelainan yang ada. Jika Anda tidak dapat berbicara dengan pasangan, teman atau anggota keluarga.

Jika ketakutan Anda tidak hilang, Anda bisa meminta bantuan dokter Anda. Dokter umum dapat merujuk orang untuk konseling, psikoterapi atau bantuan melalui layanan kesehatan lainnya.

9. Kembali ke dasar (back to basic)

Banyak orang beralih ke alkohol atau narkoba untuk mengobati sendiri kecemasan, tapi ini hanya akan memperburuk keadaan. Sederhana, hal sehari-hari seperti tidur nyenyak, berolah raga, makanan sehat dan jalan kaki sering merupakan obat terbaik untuk kegelisahan.

10. Reward sendiri

Akhirnya, beri diri Anda hadiah. Bila Anda telah membuat panggilan yang Anda takutkan, misalnya, memperkuat kesuksesan Anda dengan memanjakan diri Anda dengan pijat, berjalan-jalan di negara, makan di luar, buku, DVD, atau hadiah kecil apa pun membuat Anda bahagia.

 

Apakah depresi terlihat sama pada semua orang?

Depresi mempengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh:

  • Wanita mengalami depresi lebih sering daripada pria. Faktor biologis, siklus hidup dan hormonal yang unik bagi wanita mungkin terkait dengan tingkat depresi mereka yang lebih tinggi. Wanita dengan depresi biasanya memiliki gejala kesedihan, tidak berharga dan rasa bersalah.
  • Pria dengan depresi lebih cenderung menjadi sangat lelah, mudah marah dan terkadang sering marah. Mereka mungkin kehilangan minat dalam pekerjaan atau aktivitas yang pernah mereka nikmati, mengalami masalah tidur dan berperilaku ceroboh, termasuk penyalahgunaan narkoba atau alkohol. Banyak pria tidak mengenali depresi mereka dan gagal mencari pertolongan.
  • Orang dewasa yang lebih tua dengan depresi mungkin memiliki gejala yang kurang jelas, atau mereka mungkin cenderung tidak merasakan perasaan duka atau sedih. Mereka juga cenderung memiliki kondisi medis, seperti penyakit jantung, yang dapat menyebabkan atau menyebabkan depresi.
  • Anak-anak yang lebih muda dengan depresi mungkin berpura-pura sakit, menolak bersekolah, berpegang / menempel terus pada orang tua, atau khawatir orang tua bisa meninggal.
  • Anak-anak yang lebih tua dan remaja dengan depresi mungkin mendapat masalah di sekolah, marah dan mudah tersinggung. Remaja dengan depresi mungkin memiliki gejala gangguan lainnya, seperti kegelisahan, gangguan makan atau penyalahgunaan zat terlarang (drugs).

 

Memakan Anggur Merah Untuk Melawan Depresi

Melawan depresi dengan makan anggur merah. University of South Carolina School of Medicine mengadakan studi, bahwa resveratrol (zat anti-inflamasi alami) yang ditemukan dalam kulit anggur merah, dapat mencegah peradangan serta meredakan perilaku depresi.

 

Melawan Depresi Dengan Makan Anggur Merah
Psikolog gizi di Jerman telah menemukan banyak macam generasi dari berbagai emosi: memiliki hubungan langsung dengan konsentrasi zat di otak.
Emosi yang menyenangkan sering berhubungan dengan jenis bahan yang disebut substansi 5-HT, sedangkan suasana hati yang bahagia berhubungan dengan peningkatan norepinephrine di otak kanan.

Terlebih lagi, kulit buah anggur merah/keunguan mengandung bahan anti-hipertensi, sehingga jus anggur dapat meningkatkan plasma vitamin E & antioksidan.

 

Tes Matematika

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: WikipediaNational Hospital Service UKUS National Library of MedicineThe National Institute of Mental Health (NIMH)

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-11T23:39:25+07:00 April 19th, 2016|Ilmu Pengetahuan, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment