Map 2017-11-22T15:57:41+00:00

Peta Dunia

World Map (bahasa Inggris) atau peta dunia adalah gambaran permukaan Bumi yang dapat dibuat untuk berbagai proyeksi peta.
Tujuan utama dari peta politik adalah menunjukan batas-batas teritorial. Apabila peta fisik, tujuannya adalah untuk menampilkan fitur-fitur geografi seperti pegunungan, laut, samudra, bahkan jenis tanah atau penggunaan tanah.

Tujuan dari map Pinter Pandai adalah untuk berbagi ilmu pengetahuan, menunjukkan dan mempermudah Anda dalam mencari info-info unik dan menarik. Caranya, klik di negara, kemudian kota-kota yang Anda inginkan, maka akan muncul artikel tersebut. Selamat mencoba!

Yang diketahui paling awal pembuat peta dunia adalah Anaximander, orang Yunani. Di abad ke-6 SM, dia menggambarkannya pada saat itu, dengan asumsi bahwa bumi adalah silinder. Orang Yunani pertama yang menggambarkan ini menggunakan asumsi bola bumi adalah Eratosthenes.

 

Sejarah Peta Dunia

Peta dunia yang paling awal diketahui berasal dari zaman kuno / purbakala, contoh tertua abad ke-6 sampai ke-5 SM, masih didasarkan pada paradigma bahwa Bumi datar. Peta dunia dengan asumsi Bumi berbentuk bola pertama kali muncul pada periode Helenistik.

Perkembangan geografi Yunani selama masa ini, terutama oleh Eratosthenes dan Posidonius memuncak pada era Romawi, dengan peta dunia Ptolemy (abad ke-2 Masehi), yang akan tetap berkuasa sepanjang Abad Pertengahan.

Kartografi memiliki perkembangan yang luar biasa selama periode penemuan yang besar, sejak abad ke-15. Sebelum itu, peta, menurut definisi, tidak memperhitungkan persamaan bumi dan perhitungan jarak jauh mereka seringkali salah atau tidak tepat.

Peta yang tepat diperlukan untuk eksplorasi yang menyebabkan orang Portugis mengelilingi Afrika (dari tahun 1415, perusahaan pertama di Afrika Utara), kemudian orang-orang Castilla. Biksu Camaldolri Fra Mauro membuat peta yang mewakili dunia yang dikenal pada tahun 1459, yang ditujukan kepada Henry the Navigator atas permintaan Raja Alfonso V dari Portugal.

Peta Dunia Tertua

Peta Imago Mundi Babilonia, peta dunia tertua yang pernah diketahui, abad ke-6 SM Babilonia.

 

Peta Eropa Tertua Di Dunia

Peta Fra Mauro, sebuah peta Eropa abad pertengahan yang terkenal, dibuat sekitar tahun 1450 oleh biarawan Venesia Fra Mauro, berupa sebuah peta dunia melingkar yang digambar di atas perkamen dan ditempatkan dalam bingkai kayu, berdiameter sekitar 2 meter. Sumber foto: Wikipedia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!