Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Di Jakarta – Top 10 Obyek Wisata Yang Harus Anda Kunjungi

Tujuan Wisata Terbaik di Jakarta

Konotasi Jakarta sebagai kota yang macet dan semua masalah kota metropolitan tidak dapat dipungkiri. Namun, kota Jakarta tidak seburuk yang diperkirakan. Tujuan wisata, kuliner di Jakarta dan souvenir khas Jakarta adalah beberapa hal menyenangkan yang bisa Anda temui di kota metropolitan terbesar di Indonesia ini.

Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke kota Jakarta yang hebat!

 

Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Di Jakarta

1. MONAS (Monumen Nasional)

Jakarta Monuen Nasional

Tugu Monumen Nasional. Sumber foto: Disparbud DKI Jakarta

 

Monumen ini memiliki ketinggian 132 meter dan dikenal sebagai monumen peringatan dan salah satu monumen terkenal di Indonesia, didirikan untuk memperingati perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam memenangkan kemerdekaan dari pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno dinobatkan dengan nyala api yang dilapisi dengan lembaran emas. Monas adalah objek wisata paling populer di Jakarta, sekaligus menjadi salah satu kebanggaan bangsa Republik Indonesia.

Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

 

2. KOTA TUA – BATAVIA TUA

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia. Dulunya “The Nederlandsche HandelMaatschappij “(NHM, Netherlands Trading Company) selesai dibangun tahun 1933. Sumber foto: Wikimedia

 

Kota Tua Jakarta atau “Kota” adalah salah satu tempat wisata terbaik di Jakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara pada akhir pekan atau di hari biasa. Kota Jakarta dengan landmark Old Town merupakan objek wisata bersejarah di Jakarta yang memberi banyak pengetahuan untuk sejarah Indonesia. Berbagai relik masa lalu, Anda masih bisa bertemu di daerah yang selalu ramai selama akhir pekan ini. Juga untuk Anda, para pecinta fotografi akan selalu senang datang ke Kota Tua.

Ada beberapa landmark bersejarah di kawasan Kota Tua, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah. Tidak hanya tempat-tempat bersejarah, tapi Anda juga bisa menikmati pengalaman kuliner di Kota Tua Jakarta dengan singgah di Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, serta aneka makanan ringan seperti Gado-Gado, Soto, hingga khas Kerak Telor dari Jakarta.

 

3. GALERI NASIONAL INDONESIA (Museum)

Galeri Nasional Jakarta zaman dulu

Galeri Nasional Jakarta zaman dulu. Kompleks edukasi Lyceum dari CAS, sekarang Gedung B dari Galeri Nasional Indonesia.

 

Galeri Nasional Jakarta

Galerie Nasional Jakarta. Sumber foto: MentDirektorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia

 

Sebuah lembaga budaya negara yang gedungnya antara lain berfungsi sebagai tempat pameran dan perhelatan acara seni rupa Indonesia dan mancanegara.

Dibuat pada tahun 1999, Galeri Nasional bertujuan untuk menampilkan bakat Indonesia yang indah dan merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi untuk melihat beberapa karya seni yang penting dari Indonesia.

Kompleks fantastis ini berisi lebih dari 1.700 hasil dari seniman Indonesia terkenal seperti Raden Saleh, Affandi dan Basuki Abdullah (jika Anda tidak tahu siapa mereka sekarang, Anda pasti akan dan mungkin akan menjadi penggemar pada saat Anda mengunjunginya). Galeri seni juga memiliki beberapa karya asing di sini dari seniman seperti Hans Harting dan Victor Vasarely.

Bagi pecinta seni, galeri ini akan memberi intrik dan hiburan.

Website resmi Galeri Nasional.

Pameran Tetap:
Selasa – Minggu Pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB (Senin dan hari Libur Nasional Tutup)

Tiket Masuk: Gratis

Pameran Temporer :
Setiap hari Pukul 10.00 s.d 19.00 WIB (kecuali hari libur nasional Tutup)
* menyesuaikan dengan jam kunjungan masing-masing Pameran Temporer yang sedang berlangsung

Tiket Masuk : Gratis

 

4. LAPANGAN BANTENG

Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Terbesar Di Asia Tenggara – Secara harafiah Istiqlal artinya adalah kemerdekaan karena masjid ini dibangun sebagai wujud rasa syukur bangsa Indonesia atas kemerdekaan yang telah diperjuangkannya. Sumber foto: Ministry of Tourism, Republic of Indonesia

 

Gereja Katedral Jakarta - Lapangan Banteng

Gereja Katedral Jakarta terlihat dari Lapangan Banteng pada abad ke-19. Sumber foto: Wikimedia.

 

Tepat di sebelah timur Merdeka Square, di depan Hotel Borobudur Jakarta, Lapangan Banteng ditata pada zaman Belanda pada abad ke-19 dan kawasan ini memiliki beberapa arsitektur kolonial terbaik di Jakarta. Katedral Katolik memiliki menara kembar dan dibangun pada tahun 1901 untuk menggantikan sebuah gereja sebelumnya. Menghadapi Katedral adalah tempat utama pemujaan Muslim di Jakarta, Mesjid Istqlal yang modern dan modern, yang selesai dibangun pada tahun 1978 untuk disain oleh arsitek Katolik Frederich Silaban. Masjid ini memiliki lima tingkat, yang mewakili lima rukun Islam, kubahnya berjarak 45 m dan menaranya berada di puncak 90m. Selama Ramadhan lebih dari 200.000 jamaah bisa diakomodasi di sini. Pengunjung non muslim diterima. Anda telah melakukan sign in terlebih dahulu dan kemudian Anda akan diperlihatkan oleh pemandu berbahasa Inggris (siapa yang akan mengharapkan tip).

Ke timur Lapangan Banteng adalah Mahkamah Agung yang dibangun pada tahun 1848 dan sarang pintu adalah Gedung Kementerian Keuangan yang sebelumnya adalah Witte Huis (Gedung Putih). Kompleks pemerintahan besar ini dibangun oleh Daendals pada tahun 1809 sebagai pusat administrasi pemerintah Belanda.

Yang paling selatan adalah Gedung Pancasila yang merupakan bangunan neoklasik yang dibangun pada tahun 1830 sebagai kediaman komandan tentara Belanda. Kemudian menjadi balai pertemuan Volksraad (dewan rakyat) tapi yang paling dikenal sebagai tempat di mana Sukarno membuat pidato Pancasila yang terkenal pada tahun 1945, meletakkan dasar Konstitusi Indonesia.

 

5. ISTANA MERDEKA – ISTANA PRESIDEN

Istana Merdeka Jakarta - Istana Presiden

Istana Merdeka Jakarta – Istana Presiden. Sumber foto: Wikimedia

 

Konstruksi dimulai tahun 1873 untuk Gubernur Jenderal Hindia Belanda, yang  di desain dan dibangun oleh arsitek Jacobus Bartholomeus Drossaers. Istana dengan luas sekitar 2.400 m² ini terletak satu kompleks dengan Istana Negara dan Bina Graha (gedung kepresidenan yang dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soeharto yang diprakarsai oleh Ibnu Sutowo).

Istana Kepresidenan, (sebelah utara Monumen Nasional). Tempat tinggal resmi dan kantor presiden Indonesia terbuka untuk umum pada akhir pekan secara gratis, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu dan gunakan pakaian formal, tanpa sandal.

 

6. MUSEUM NASIONAL INDONESIA

Museum Nasional Indonesia - Jakarta

Museum Nasional Indonesia – Jakarta.

 

Rumah koleksi yang luas dari artefak prasejarah, etnografi dan arkeologi, termasuk salah satu koleksi keramik Asia Tenggara dan seni Hindu terbesar di dunia. Museum ini dibuka pada tahun 1868.

Museum Nasional, Jl. Medan Merdeka Barat no.12 (BRT Monumen Nasional, Monas, Jalan Tol Transjakarta Gambir, Jalur I), ☎ +62 21 3868172, +62 21 381 1551 (museumnasional_ina@yahoo.co.id, fax +62 21 3447778),

Kamis-Jum’at 8:30-16:00, Sabtu-Minggu 8:00-17:00 dan ditutup pada hari Senin dan hari libur.
Biaya masuk: Warga Indonesia: Rp 5.000, pengunjung asing: Rp 10.000 (tarif dapat berubah-ubah).

Website resmi Museum Nasional Indonesia klik disini.

 

7. MUSEUM FATAHILLAH

Museum Fatahillah Jakarta

Museum sejarah Jakarta di alun-alun Taman Fatahillah di jantung kota Batavia tua bertempat di balai kota Belanda abad ke-18 yang telah dipugar dengan indah. Sumber foto: Wikipedia

 

Museum Fatahillah gedung Balai Belanda zaman dulu yang kini menjadi museum sejarah, Museum Wayang, Museum Mandiri, Museum Maritim (gudang tua) dan Museum Bank Indonesia. Daerah ini sangat populer di kalangan penduduk lokal sebagai tempat rekreasi keluarga, juga taman bermain seniman dan fotografer.

 

8. SUNDA KELAPA

Sunda Kelapa Jakarta

Pinisi berbaris di Sunda Kelapa, pelabuhan tua Jakarta. Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan tepatnya dari desa Bira kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. Pinisi sebenarnya merupakan nama layar.

 

Pasar ikan yang ramai merupakan kunjungan terbaik di pagi hari. Terletak di ujung utara kota di muara Sungai Ciliwung. Dominasi Belanda di Jakarta dan daerah lain di Indonesia dimulai dari daerah ini dan sisa-sisa Kasteel Batavia, bekas benteng dan pos perdagangan Perusahaan Hindia Belanda, masih dapat dilihat. Sekelompok Bugis Bugis dari Sulawesi Selatan berlabuh di sana menawarkan salah satu pemandangan terbaik yang ditawarkan Jakarta.

 

9. GLODOK (Pecinan Jakarta)

Glodok Pecinan Jakarta 1948

Glodok Pecinan Jakarta 1948. Sumber foto: Wikipedia

 

Lebih umum dikenal dengan nama Glodok oleh penduduk setempat, kawasan Jakarta ini adalah kota Chinatown. Jakarta telah dihuni oleh migran Tionghoa sejak abad ke-17 dan populasi ini tetap menjadi bagian penting kota. Dipusatkan di Jalan Pintu, Chinatown memiliki beberapa arsitektur tradisional yang fantastis dan banyak warung makan, pasar dan kuil berwarna-warni.

 

10. PUSAT PERBELANJAAN DI JAKARTA

Gedung-gedung Jakarta

 

Seperti di kota-kota besar lainnya, di Jakarta Anda dapat menjumpai mall-mall dari harga grosir sampai super exclusive. Terdapat lebih dari 50 tempat perbelanjaan di Jakarta. Berikut pilihan-pilihan kami:

  • Tanah Abang

Ini adalah pasar grosir yang sangat besar dengan beberapa pakaian dan aksesoris termurah di Jakarta serta sejumlah barang lainnya. Daftar tempat perbelanjaan ini hanya sebagaian saja dan untuk

  • Mangga Dua Mall

Di seberang jalan dari Pasar Pagi Mangga Dua, ini adalah tempat untuk komputer, elektronika. Kawasan sekitarnya memiliki mal-mal lain yang menjadikannya kawasan perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara.

  • Blok M Mall

Mal ini dekat dengan terminal bus besar, memiliki sejumlah toko kecil dengan harga terjangkau yang menawarkan pakaian, sepatu, CD dan DVD

  • Plaza Senayan

Plaza besar ini memiliki bioskop, salah satu klub dan toko terbaik di kota ini termasuk Mark & Spencer dan Prada meski harganya sangat mahal.

  • Grand Indonesia

Terdiri dari 3 bagian: East MallWest Mall dan sebuah Skybridge yang menghubungkan kedua bagian tersebut. Skybridge tersedia di lantai 1, 2, 3, 3A, dan 5 dengan sebuah foodcourt berkonsep Food Lover yang berada di lantai 3. West Mall Grand Indonesia Shopping Town telah dibuka untuk umum pada April 2007.

  • Plaza Indonesia

Super exclusive Plaza Indonesia berada di puncak daftar Jakarta Shopping center dengan puluhan toko desainer. Di food court bawah gedung ini, ternyata masih menyajikan makanan yang tidak terlalu mahal.

 

 

Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-30T00:28:46+00:00 September 23rd, 2017|Geografi & Sejarah|1 Comment

One Comment

Leave A Comment