PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Scam 419 | Penipuan, Pencurian Berawal dari Email dan Surat. Begini cara kerjanya!

4 min read

Scam 419

Apa itu penipuan Scam 419?

Scam 419 atau “Penipuan” banyak digunakan, terutama praktek ini berasal dari Nigeria, tetapi segera menyebar ke banyak negara di Afrika Barat, Asia Tenggara dan Eropa Timur. Menjanjikan keuntungan besar, tetapi dengan sedikit biaya awal (phishing dan scam).

“419 Penipuan” adalah kumpulan penipuan dan penipuan yang khas, yang secara kolektif. Dinamai demikian karena mengacu pada bagian 4-1-9 KUHP Nigeria yang merupakan negara pertama yang menuntut mereka secara hukum. Ini adalah “Penipuan Komisi yang Diharapkan”.

Pada dasarnya dieksploitasi dalam bentuk spam maupun di jejaring sosial sejak Internet ada, mereka sudah digunakan secara besar-besaran, sebelum Internet, dalam bentuk “mailing” (mengirim surat kertas klasik, dalam jumlah besar) kemudian “mailing fax” (mengirim faks massal).

Pola dasar “Scam 419” (ada ribuan variasi) terdiri dari menggantungkan sale besar, hadiah yang luar biasa atau kemenangan mudah yang tidak dapat dimanfaatkan oleh penipu sendirian karena berbagai alasan yang berbelit-belit. Dia meminta “bantuan” Anda dan, setelah menghubungi Anda, menjelaskan bahwa ada beberapa “biaya” yang harus dibayar terlebih dahulu! “Kucing” itu jelas tidak ada dan “menu segar” tingkat lanjut hilang.

Para korban penipuan yang mencoba menemukan penjahat dengan pergi dan menyelidiki di tempat secara fisik dibujuk, bahkan dieksekusi.

Beginilah cara kerja penipuan internet seperti penipuan 419

Kami semua telah menerima email yang ditulis dengan sangat buruk seperti ini, di mana seorang pengusaha kaya dari negeri yang jauh menawari kami sejumlah besar uang untuk layanan yang tidak akan menghabiskan banyak biaya, dan itu tentu saja akan dikembalikan. Tampaknya tidak mungkin bagi Anda untuk jatuh ke dalam jebakan yang begitu kasar, namun penipuan ini telah mampu menarik sekitar $10 miliar per tahun dari semua korbannya, dan telah melakukannya selama bertahun-tahun.

Dalam bahasa keamanan, kita berbicara tentang Penipuan Biaya di Muka (AFF: Advance Fee Fraud), lebih dikenal sebagai penipuan 419, nomor pasal KUHP Nigeria yang mengutuk praktik ini. Praktek ini berasal dari Nigeria, tetapi segera menyebar ke banyak negara di Afrika Barat, Asia Tenggara dan Eropa Timur.

Prinsipnya sederhana

Penipu hubungi korban melalui email dan minta bantuan mereka untuk mengirimkan jutaan ke akun mereka sebagai imbalannya mereka akan menerima persentase yang baik dari total yang dikirimkan. Untuk ini, scammer memeras jumlah variabel dari korbannya dengan dalih biaya yang diperlukan untuk memastikan kelancaran transfer, sampai korban menyadari penipuan. Pada saat itu, menggunakan Western Union atau MoneyGram membuat scammer tidak dapat dilacak, dan scammer menghilang.

Penipu yan berpengalaman

Beberapa karakteristik yang kurang diketahui dari fenomena ini untuk lebih memahaminya. 419 penipuan sudah ada sebelum Internet, dan sudah bekerja melalui surat pada 1970-an dan 1980-an. Ini bukan tindakan yang terisolasi: scammers berasal dari organisasi yang mapan dan sangat hierarkis. Organisasi-organisasi ini telah bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan maksimal: email biasanya sengaja ditulis dengan buruk dan tidak memiliki kredibilitas untuk secara langsung menjangkau individu yang paling mudah tertipu dan naif.

Mereka memanipulasi orang-orang ini menggunakan bidang kepercayaan leksikal, yang lebih banyak hadir dalam email ketika jumlah uang yang terlibat besar.

Asal usul scam 419

Pada awalnya adalah surat pos kemudian surat faks.

Prinsip-prinsip scam 419 telah ada selama berabad-abad, tetapi jatuhnya harga surat pos dan kemudian telepon (faks) kemudian kelahiran Internet dan kelahiran Web di Internet yang mengarah ke telepon gratis telah meledak praktek penipuan ini, terutama dari negara-negara Afrika kulit hitam ke negara-negara Barat, jarak dan perbedaan budaya dan politik membuat kriminalitas ini keluar dari semua kemungkinan proses hukum, para korban yang dianggap bodoh karena kesalahan mereka sendiri.

Baca juga: Cybercrime Kejahatan Dunia Maya | Jangan Sampai Terjebak: Contoh Jenis Penipuan, Pelanggaran, Hukuman (Scammer)

Setiap pemilik bisnis, pedagang, dan individu dengan mesin faks menerima lusinan 419 proposal Penipuan melalui faks pada tahun 1970-an, jauh sebelum web ada, membuat mereka berteriak karena memakan gulungan kertas faks peka panas! Ini tidak mencegah beberapa dari mereka untuk mencoba berjalan dalam skema dan dimiliki.

Mengapa nama ini?

“419 Penipuan”. Nama ini mengacu pada Bagian 4-1-9 KUHP Pemerintah Republik Federal Nigeria yang menangani jenis penipuan semacam itu dan menghukum praktik semacam itu.

Semua penipuan di Internet ini adalah kejahatan dunia maya dan termasuk dalam teknik manipulasi psikologis yang disebut rekayasa sosial (seni mengeluarkan cacing dari hidung Anda), untuk menyakiti, menipu, meyakinkan…

Skenario scam 419 dan cara penipuannya

Pada mulanya, penipuan itu tidak terdiri dari mengambil uang dari korban, tetapi dalam menawarkannya!

Ketika kontak terjalin, skenario yang dilatih dengan baik mengunci korban ke dalam perkembangan yang lebih jauh. Hubungan yang tidak dapat dilacak terjalin, tetapi korban masa depan terlalu asyik dengan keuntungan masa depannya yang jelas dan yakin bahwa dia sama sekali tidak peduli dengan risikonya, atau bahkan yang sudah jelas:

  • Panggilan telepon di ponsel yang tidak bisa dilacak.
  • Panggilan telepon tarif premium.
  • Penggunaan kotak surat sampah seperti Yahoo! Mail atau Gmail.
  • Alamat IP berakhir di kafe internet sehingga tidak mungkin untuk mengidentifikasi orang fisik di balik penipuan. dll

Setelah calon korban terhubung, jika operasi tampaknya penting, dia diberitahu bahwa itu harus “diresmikan” dan “dilegalkan” ini, yang menambah kepercayaan, dan bahwa dia harus membuat uang muka biaya tertentu dalam rangka , misalnya, untuk “membawa kucing ke luar negeri” atau “mentransfer aset yang dijual”:

  • Biaya aplikasi
  • Biaya administrasi
  • Biaya perantara
  • Biaya yang diperlukan untuk menyuap pegawai bank
  • Biaya Pengacara
  • Biaya Notaris
  • Biaya juru sita
  • Ongkos kirim
  • Biaya Menginap
  • Dll

Beberapa korban yang mencurigakan bahkan diundang untuk datang dan bertemu dengan “dermawan” mereka. Gradasi risiko yang timbul di tempat kemudian beralih dari penyanderaan menjadi pembatasan di bawah penyiksaan dengan tambahan dana pemerasan, dll. hingga eksekusi terhadap korban yang mengalami kemalangan untuk membuka matanya.

Bagaimana cara melawan scam 419?

Agar tidak terjerumus dalam perangkap ini, pendidikan untuk publik yang luas harud diterapkan. Gunakan filter anti-spam di email Anda.

Mengerti dan mengidentifikasi upaya penipuan email?

Praktik yang paling umum disebut sebagai “scam” atau “phishing”.
Orang asing mengirimi Anda email untuk menawarkan Anda melayani sebagai perantara, pembayaran, untuk transaksi keuangan internasional, atau untuk memulihkan kemenangan Anda dari lotre atau untuk menghubungi dia untuk mengumpulkan warisan.
Anda diundang untuk memberikan detail Anda, kemudian Anda akan diminta untuk membayar uang muka atau biaya apa pun, tanpa Anda mendapatkan imbalan apa pun!

Apa itu “phising”?

“Phishing” atau phishing terdiri dari penipu yang berpura-pura menjadi organisasi yang Anda kenal (bank, administrasi pajak, dana jaminan sosial, dll.), menggunakan logo dan namanya. Anda menerima email di mana Anda diminta untuk “memperbarui” atau “mengkonfirmasi setelah insiden teknis” data Anda, termasuk perbankan.

Jika Anda terjebak dan tertipu, jangan malu untuk mengajukan keluhan dan laporkan ke Polisi

Tidak ada yang bisa mengambil keuntungan dari kebodohannya sendiri. Korban penipuan hanya akan sangat jarang membuat dirinya diketahui, karena:

  • Dia tahu bahwa dia mencoba untuk berpartisipasi dalam operasi “tidak jelas”.
  • Dia tahu dia serakah, yang tidak akan dia banggakan.
  • Dia tahu, tetapi terlambat, karena naif (dan kata-katanya lemah), bahwa dia tidak akan berteriak dari atap.

Jika Anda menjadi korban kejahatan siber, laporkan ke PATROLI SIBER, situs resmi Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri: https://patrolisiber.id/

Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) adalah satuan kerja yang berada di bawah Bareskrim Polri dan bertugas untuk melakukan penegakan hukum terhadap kejahatan siber. Secara umum, Dittipidsiber menangani dua kelompok kejahatan, yaitu computer crime dan computer-related crime.

Anda tidak bisa menghubungi cybercrime interpol, sekalipun kejahatan yang ingin Anda laporkan bersifat internasional, Anda tetap harus menghubungi polisi setempat! Sumber: Cybercrime Interpol

Hukuman bagi scammer (si penipu)

Bahwa pelaku scammer / phishing dapat dijerat dengan beberapa tindak pidana, seperti penipuan, manipulasi, penerobosan dan memindahkan atau mentransfer.


Cybercrime Kejahatan Dunia Maya | Jangan Sampai Terjebak: Contoh Jenis Penipuan, Pelanggaran, Hukuman (Scammer)


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, FBI, Sabric, Action Fraud, Hukum Online, Cybercrime Interpol

Sumber foto: MightyFineBros / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.