PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Mont Saint Michel, di Pantai Prancis Normandia

7 min read

Mont saint michel

Mont Saint Michel, di Pantai Prancis Normandia

Mont Saint Michel adalah pulau kecil yang berbatu, terletaj kurang dari 2 km dari pantai Normandia, di barat laut Prancis. Di tengah pusat pulau terdapat Biara Mont Saint Michel, di mana para biarawan dan pertapa sudah mencari kesendirian dan keamanan di sini jauh sebelum biara Benediktin ditahbiskan pada abad ke-11. Selama beberapa ratus tahun berikutnya, benteng yang kuat dan penambahan gaya Gotik menjadikan biara ini sebagai pusat utama kehidupan biara di Prancis abad pertengahan.

Setelah Revolusi Perancis tahun 1789, bangunan tersebut diubah menjadi penjara dan dijadikan sebagai tempat penahanan bagi para ulama yang menentang pemerintah Republik. Sekitar tahun 1836, Victor Hugo dan yang lainnya berkampanye agar harta arsitektur ini dipulihkan.

Penjara ditutup pada tahun 1863 dan sepuluh tahun kemudian tempat itu dinyatakan sebagai monumen bersejarah. Hari ini, Mont-Saint-Michel adalah tujuan wisata terkemuka, yang tidak mencegah pulau dari mempertahankan suasana abad pertengahan. Akses ke situs tunduk pada pasang surut.

Saat air surut, Anda dapat mencapai Mont-Saint-Michel dengan melintasi dataran berlumpur yang dibersihkan oleh laut, tetapi cara terbaik adalah mengambil jalan beraspal karena kecepatan pasang surut dapat menjebak pejalan kaki di lengan laut.

Sejarah Mont Saint Michel

Asal-usul

Batu granit Mont Saint-Michel awalnya disebut Mont Tombe. Pada tahun 708, Malaikat Tertinggi Michael muncul dalam mimpi kepada Saint Aubert, Uskup Avranches, dan memintanya untuk membangun tempat perlindungan atas namanya.

Pada tahun 966, komunitas Benediktin menetap dan membangun gereja pertama. Pada saat yang sama, sebuah kota mulai berkembang di bawah untuk menyambut para peziarah pertama.

Kehebatan para pembangun

Peziarah semakin banyak, gereja asli menjadi terlalu kecil untuk menampung mereka. Pembangun abad ke-11 kemudian mencapai prestasi arsitektur yang nyata: mereka membangun empat ruang bawah tanah di sekitar titik batu, kemudian membangun sebuah gereja biara besar di atasnya.

Pada abad ke-13, sumbangan dari Raja Prancis Philippe Auguste setelah penaklukan Normandia memungkinkan untuk melakukan ansambel Gotik La Merveille. Ini dibentuk oleh dua bangunan tiga lantai, dimahkotai oleh biara dan ruang makan para biarawan.

Benteng yang menghadap Inggris

Perang Seratus Tahun (1337-1453) mengharuskan Mont Saint-Michel untuk melindungi Mont Saint-Michel dengan serangkaian konstruksi militer yang memungkinkannya bertahan dari pengepungan selama hampir 30 tahun.

Pulau Tombelaine, yang terletak 3 km jauhnya, yang menjadi benteng Inggris, masih mempertahankan reruntuhan dari periode ini. Selama pengepungan Inggris, paduan suara Romawi gereja biara runtuh. Itu digantikan pada akhir perang oleh paduan suara Gotik Flamboyan saat ini.

“Bastille laut”

Setelah Revolusi Prancis, para biarawan harus meninggalkan biara, yang menjadi penjara negara. Sampai tahun 1863, 14.000 tahanan melewati “Bastille of the Seas” ini, di mana pasang surut dan pasir yang bergeser membuat pelarian tidak mungkin dilakukan. Keluarga para napi kemudian menggantikan para peziarah yang dulu sering mengunjungi gang-gang desa.

Belle poque dan kebangkitan pariwisata

Pada tahun 1863, mengikuti permintaan dari penulis dan seniman romantis, penjara ditutup. Tahun berikutnya, Service des Monuments Historiques merestorasi gedung dan membukanya untuk umum. Untuk mengangkut wisatawan yang semakin banyak, jalan tanggul dibangun pada tahun 1879.

Dengan demikian, Mont Saint-Michel kehilangan karakter baharinya, yang hanya diperoleh kembali berkat karya-karya baru-baru ini. Antara 1901 dan 1938, trem uap menghubungkan kota Pontorson ke Mont. Selama periode yang sama, beberapa bangunan tua di desa yang tidak terawat dengan baik, menjadi rusak.

Mereka digantikan oleh konstruksi baru dalam gaya neo-Norman dan neo-Gothic. Antara tahun 1928 dan 1938, sebagian besar pastiches arsitektur ini dihancurkan untuk mengembalikan desa ke penampilan bersejarahnya.

Periode modern

Situs ini secara ajaib terhindar selama Perang Dunia Kedua. Jerman masih akan mendudukinya antara tahun 1940 dan 1944.

1966 menandai milenium berdirinya biara dan kembalinya komunitas religius. Sejak tahun 2001, saudara-saudari dari Persaudaraan Biara Yerusalem telah memastikan kehadiran rohani yang permanen, dan menyambut para peziarah dan pengunjung dari seluruh dunia.

Pada tahun 1979, UNESCO menorehkan Mont Saint-Michel dan teluknya dalam daftar Warisan Dunia Kemanusiaan oleh UNESCO.

Antara tahun 2006 dan 2015, sebuah proyek luar biasa memungkinkan untuk menemukan kembali akses ke situs, dengan tujuan mengatasi pendangkalan teluk secara bertahap dan melestarikan karakter maritim Mont Saint-Michel. Parkir mobil telah dibangun kembali di daratan, jalan tanggul tua telah dihancurkan demi jembatan penyeberangan, dan sebuah bendungan telah dibangun di Couesnon untuk mendorong kembali sedimen.
Mont-Saint-Michel berteman secara internasional dengan pulau Miyajima (kotamadya Hatsukaichi di Jepang) pada tahun 2009, dan kotamadya Monte Sant’Angelo (di Italia) pada tahun 2019.

Bagaimana cara menuju ke sana

Dengan mobil:

Dari Paris, ambil jalan raya A11 Chartres-Le Mans-Laval dan keluar di Fougères menuju Mont-Saint-Michel. Ambil jalan raya A13 ke Rouen dan Caen lalu A84 ke Mont Saint-Michel.

Dengan kereta api:

Dari Paris Montparnasse, naik TGV ke Rennes (2 jam). Koneksi oleh TER dari Rennes ke Pontorson. Setelah itu, naik bus ke Mont-Saint-Michel atau bus langsung dari Rennes ke Mont-Saint-Michel.

Dari Paris Montparnasse, TGV ke Dol de Bretagne (2 jam, 40 menit) lalu sambungan langsung dari Dol de Bretagne dengan bus ke Mont-Saint-Michel.

Dari Paris Saint-Lazare, naik kereta regional ke Caen dan kereta regional dari Caen ke Pontorson. Kemudian naik bus dari Pontorson ke Mont-Saint-Michel.
Untuk informasi kereta api lebih lanjut, lihat situs Kereta Api Nasional dan Kereta Regional berikut ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bus, silakan berkonsultasi dengan situs berikut: Paris, dan Paris / Caen / Saint-Malo.

Dengan pesawat:

Bandara internasional Roissy-Charles de Gaulle dan Orly berada di Paris.
Bandara Rennes berjarak 75 kilometer dari Mont-Saint-Michel dan memiliki 15 penerbangan langsung ke beberapa kota di Prancis dan 120 tujuan penghubung.
Bandara Internasional Dinard Pleurtuit (70 kilometer dari Mont-Saint-Michel) melayani Inggris (London Stansted) dan Kepulauan Channel (Jersey dan Guernsey).

Kapan harus mengunjungi?

Mont-Saint-Michel dapat dikunjungi di musim apa pun. Bulan-bulan terpanas adalah Juli, Agustus dan September, dengan rata-rata antara 20 dan 30 derajat Celcius. Dari November hingga Maret, suhu tetap relatif ringan (antara 0 dan 10 derajat Celcius), tetapi ada banyak hari hujan dan berangin. Dari akhir Maret hingga Juni, kondisi bercampur dengan suhu berkisar antara 10 hingga 25 derajat Celcius.

Di musim ramai, Anda dapat menghindari keramaian dengan mengunjungi monumen sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 4 sore. Mont-Saint-Michel menyala dari senja hingga tengah malam setiap hari sepanjang tahun. Anda juga akan kagum dengan tontonan air pasang, teras biara yang menawarkan belvedere yang ideal.

Apa yang bisa dilakukan di Mont Saint-Michel?

• Amati Gunung dari bendungan besar dan ambil kesempatan untuk mengamati fenomena luapan.
• Naiki Grande rue dan benteng.
• Mengunjungi museum sejarah (Musée Historique) atau museum laut dan ekologi (Musée Maritime).
• Temukan rumah Tiphaine (Logis Tiphaine), rumah bersejarah ksatria Bertrand du Guesclin (polisi tentara Raja Prancis).

Apa saja yang dapat dikunjungi?

Gunung dan desa

Akses gratis kapan saja.

Desa Mont Saint-Michel memiliki banyak hal untuk ditawarkan dan merupakan tambang emas bagi penggemar sejarah. Meskipun desa ini kecil, ada banyak hal yang bisa ditemukan.

Nikmati kunjungan ke desa abad pertengahan Mont Saint Michel yang berdiri sejak tahun 709.
Ambil jalan utama berbatu, Grande Rue, yang dipagari dengan rumah-rumah tua dan “kehilangan diri Anda” di gang-gang abad pertengahan. Desa ini memiliki sekitar enam puluh rumah dan bangunan yang terdaftar – kesenangan bagi penggemar sejarah.

Anda juga dapat berjalan di sepanjang benteng yang dibangun di sekitar Mont Saint Michel pada abad ke-14 dan ke-15. Benteng yang mengesankan ini melindungi Gunung dari serangan Inggris selama Perang Seratus Tahun.

Benteng, yang terdiri dari banyak menara, menawarkan pemandangan teluk Mont Saint Michel yang menakjubkan. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan tontonan spektakuler dari pasang naik.

Tempat parkir mobil berjarak 2,5 kilometer dari Mont-Saint-Michel. Angkutan berangkat langsung dari tempat parkir dan menurunkan Anda 400 meter dari pintu masuk. Untuk pengunjung yang datang dengan mobil dan memiliki kartu parkir untuk penyandang cacat, Anda memiliki tempat parkir khusus (P2) yang terletak di dekat titik keberangkatan shuttle (kartu). Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web antar-jemput ini.

Kunjungi Biara

Biara Mont-Saint-Michel, dijuluki “The Wonder of the West“, adalah contoh arsitektur Gotik yang luar biasa dari awal abad ke-13.

Abad ke-13 adalah periode aktivitas intelektual, artistik, dan ekonomi yang hebat, yang memunculkan banyak program pembangunan besar di dunia Barat. Dari 1204, Normandia melekat pada Kerajaan Prancis dan karena itu mendapat manfaat dari perhatian dan perlindungan raja-raja Prancis. La Merveille, bagian dari biara tempat para biarawan tinggal, dibangun saat ini, di sisi utara batu. La Merveille adalah ilustrasi indah dari semangat seni Gotik yang populer di seluruh Eropa Barat pada waktu itu. Arsitekturnya yang berani terdiri dari tiga tingkat yang dilapiskan, berpuncak pada ketinggian 35 m, didukung oleh enam belas penopang yang kuat.

Pekerjaan konstruksi berlangsung selama 17 tahun, di bawah empat kepala biara berturut-turut. Setiap lantai diatur menurut fungsi yang berbeda, publik atau monastik. Di lantai dasar, gudang bekal dan kapelan untuk penerimaan jemaah; di lantai dua, ruang makan dengan perapiannya yang megah disediakan untuk tamu istimewa, dan ruang yang dikenal sebagai “ksatria”, bekas skriptorium. Tingkat terakhir termasuk biara dan ruang makan para biarawan.

Aula “ksatria” juga disebut skriptorium. Sudah lama dianggap bahwa skriptorium adalah tempat produksi dan penerangan manuskrip. Namun, tampaknya telah benar-benar digunakan untuk membaca dan belajar.

Dalam tur mandiri, dokumen tur tersedia dalam bahasa Prancis, Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Rusia, Cina, Belanda, Jepang, Polandia, Portugis, dan Korea.

Durasinya 30 menit sampai 1 jam 30 menit dan tidak perlu booking. Tur berpemandu tersedia dalam bahasa Prancis dan Inggris sepanjang tahun dan dalam bahasa Jerman, Spanyol, dan Italia pada bulan Juli dan Agustus. Durasi kunjungan adalah 1 jam 15 menit dan tidak perlu reservasi. Panduan audio tersedia dalam bahasa Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Italia, Jepang, Portugis, Rusia, Cina, dan Korea dengan biaya tambahan.

Menyeberangi teluk Mont-Saint-Michel

Buka sepanjang tahun…

Jika Anda telah memutuskan untuk membasahi kaki Anda, berjalan menuju batu suci mengikuti jejak miquelots, gembala, peziarah dari waktu lain, yang datang dalam kelompok atau sendirian untuk mempercayakan jiwa mereka kepada Malaikat Tertinggi Saint-Michel.

Percaya atau tidak, menyeberangi teluk dengan berjalan kaki adalah pengalaman tak terlupakan saat bersentuhan dengan pasir, rumput, angin, matahari, atau hujan yang terkadang bergeser. Cahaya dan lanskap dalam gerakan abadi.

Untuk menghargai semua puisi saat ini, sangat disarankan untuk melakukan penyeberangan teluk dengan pemandu yang terlatih, untuk menghindari pasir hisap dan dikejutkan oleh air pasang (terbesar di Eropa). Dengan pemandu pribadi atau kelompok, dengan atau tanpa presentasi aspek alam, teknis atau sejarah, Anda dapat memilih untuk berangkat pagi-pagi sekali, keluar jalur atau berjalan di tengah malam, dengan obor di tangan. Jarak yang ditempuh, antara 3 km dan 14 km. Dengan anak-anak juga mungkin.

Arkeoskop

Terletak di seberang gereja paroki di desa Mont Saint Michel, Archéoscope adalah pertunjukan multimedia yang menelusuri kembali sejarah panjang Mont Saint-Michel dengan cara yang hidup dan mendalam. Dari formasi geologisnya hingga situs yang kita kenal sekarang, melalui tahap-tahap utama konstruksi biara, ceritanya diselingi oleh video, reproduksi ukiran, dan berbagai efek cahaya.

Harap perhatikan sebelum kunjungan Anda:

Koper dan ransel besar tidak diperbolehkan.
Penggunaan kereta bayi di Gunung tidak praktis dan hanya bisa masuk ke tugu saat dilipat.
Hewan tidak diperbolehkan, bahkan di dalam tas.
Pisau dan senjata lainnya tidak diizinkan.
Dilarang merokok dan/atau makan di dalam monumen.


Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Bali, Jogja, Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Culture Trip, France.fr, UNESCO

Sumber foto: Trey Ratcliff / Flickr

NB: Harga dan jam buka atraksi dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.