PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Sepatu Pria Berbagai Jenis Gaya dan Model

6 min read

Sepatu pria

Sepatu Pria Berbagai Jenis Gaya dan Model

Semua model dan jenis sepatu pria… Apa perbedaan antara sepasang brogues dan sepasang derby? Sepatu bot Chukka atau sepatu bot Balmoral: sepatu mana yang disukai untuk punggung kaki yang kuat?

Warna apa yang disukai untuk menemani celana kota atau celana chino bergaya kasual?

Berikut panduan untuk menemukan model sepatu pria yang sempurna untuk prioritas Anda.

OXFORD : MODEL SEPATU PRIA YANG ABADI

Sepatu pria jenis Oxford adalah sepatu kulit dengan tali yang terkait langsung masuk ke bagian atas.

Pembukaannya yang berbentuk V terkadang tidak sesuai dengan punggung kaki yang kuat.

Sebuah alternatif untuk sepatu bot pergelangan kaki abad ke-19 dan sepatu formal, aksen awalnya identik dengan kenyamanan.

Saat ini, aksen dianggap sebagai keunggulan sepatu kota. Sepatu brogue untuk pria, dari kata Gaelik bróg yang berarti “sepatu”, mengacu pada sepatu hak rendah, loafer, atau boot dengan lubang berlubang di bagian atas kulit (bagian atas sepatu), yang dikenal sebagai broguing, dan tepi bergerigi di samping jahitan sepatu.

Brogue adalah jenis ornamen yang dibuat dengan perforasi atau lubang-lubang kecil. Sepatu apa pun dengan broguing disebut brogue, meskipun itu sepatu oxford. Oleh karena itu, brogues dan oxfords tidak saling eksklusif.

Oxford brogue sepatu pria
Oxford brogue sepatu pria. Sumber foto: Author
Sobebunny. Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0) File: Oxford full brogue spectator shoes

DERBY : MODEL SEPATU MENGGABUNGKAN GAYA DAN KENYAMANAN

Kombinasi gaya dan kenyamanan, derby adalah sepatu kota pria yang dikenali oleh penjaminnya yang memungkinkan pembukaan total alas kaki.

Kurang formal daripada aksen, derby, yang berasal dari abad ke-19, menampilkan sistem tali yang memudahkan untuk menyesuaikan sepatu dengan punggung kaki yang paling menonjol.

Derby berburu dan setengah berburu: dua model ikonik untuk pria

Di antara model-model ikonik, derby berburu dan setengah berburu dikenali dari platform dan kaki terbelahnya.

Untuk membedakan sepasang derby berburu dari sepasang derby setengah berburu, Anda harus melihat jumlah potongan kulit yang membentuk bagian atas sepatu.

Aldo red suede mens shoe
Sepatu pria merek Aldo red suede. Sumber foto: Karldmartini / Wikimedia Commons ( CC BY-SA 4.0 )

Untuk derby berburu, hanya satu potong kulit yang diperlukan untuk melawan dua potong kulit untuk derby setengah berburu.

Derby buck dan derby biksu (monk): dua model yang luar biasa

Derby suede putih yang dipasang pada sol karet merah disebut derby buck. Monk derbies atau sepatu biksu adalah sepatu rendah yang talinya diganti dengan gesper.

Kurang elegan dibandingkan oxford, model ini menyeimbangkan antara gaya formal dan kasual.

Sepatu kapal pria (boat shoes)

Model tertua berusia 5.500 tahun.

Saat ini, mokasin mengacu pada sepatu kulit dengan platform, tanpa tali (dan kadang-kadang) tanpa jari kaki yang keras, sebagian besar dihiasi dengan batang kulit atau jumbai.

Sandal adalah variasi setengah jalan antara mokasin dan sandal.

Moccasin sering dikaitkan dengan kasual dan ini cukup normal karena pada awalnya ide inilah yang memandu cara desainnya:

dengan beberapa pengecualian, mokasin tidak memiliki tali yang membuatnya lebih mudah untuk dipakai
ini bukan permainan gaya: mokasin selalu punya nampan
dalam beberapa kasus tidak ada akhir yang sulit untuk kekakuan yang lebih sedikit
beberapa merek menawarkan mokasin tidak bergaris untuk membuat sepatu lebih ringan.

Sepatu mokasin memiliki dekorasi sendiri yang tidak Anda lihat pada model lain:

  • sebatang kulit
  • jumbai dekoratif

Saat ini, sepatu mokasin tidak lagi eksklusif untuk sepatu santai dan dapat dibuat dengan konstruksi yang lebih kuat dan kulit berkualitas agar dapat bertahan lebih lama.

Mereka dapat tampil dalam variasi yang telah kami sajikan sebelumnya di artikel ini: one-cut / wholecut, Prince Albert, dll. Sandal adalah variasi setengah jalan antara mokasin dan sandal.

SEPATU BOAT atau sepatu perahu

Sepatu perahu berbeda dari mokasin dengan garis olahraga mereka yang menggabungkan desain kulit berminyak, sol putih dan tali yang mengelilingi sepatu.

Boat shoe sepatu kapal perahu
Boat shoe sepatu kapal / perahu. Sumber foto: Damir Bosnjak damirphotoWikimedia Commons (CC0)

Sepatu ini disebut demikian karena awalnya dirancang untuk pelaut (bukankah itu masuk akal?).

Mereka terlihat seperti mokasin kecuali bahwa mereka memiliki tali yang melingkari sepatu dan akan, lebih sering daripada tidak, dibuat dengan kulit berminyak untuk menahan air. Mereka, secara umum, dibangun dengan sol putih.

Sepatu bot dan sepatu bot kulit untuk pria

Di keluarga besar sepatu pria, apakah Anda meminta model yang sedang naik daun? Pada titik ini, mari kita jelajahi sepatu bot pria dan sepatu bot pergelangan kaki.

BERBAGAI MODEL SEPATU LACE-UP (dengan tali) UNTUK PRIA

Di antara sepatu bertali atas adalah sepatu bot balmoral. Dibangun seperti sepatu Oxford, model ini memiliki jaminan yang melekat pada bagian atas sepatu. Ketika penjamin bebas, kita berbicara tentang sepatu bot pergelangan kaki tinggi atau derby yang menawarkan banyak variasi mulai dari sepatu gurun hingga sepatu bot chukka, termasuk sepatu bot tempur atau sepatu bot kerja.

Sepatu bot pergelangan kaki balmoral

Saya sudah menyajikan versi rendah kepada Anda sedangkan versi asli dari model ini sebenarnya adalah versi tinggi. Jadi kami memiliki sepatu yang berada di atas pergelangan kaki dan ditutup dengan tali (dari 7 hingga 9 lubang tali – dengan atau tanpa pengait – secara umum). Para penjamin dibangun dengan cara yang sama seperti orang kaya (karena itu dipenjara di bawah vamp).

Ankle boot (atau derby yang sedang naik daun)

Konkretnya, itu sama dengan Balmoral kecuali dibangun dengan cara yang sama seperti derby (penjamin gratis). Ini memberikan aspek yang sedikit kurang formal dan yang terpenting memungkinkan interpretasi yang jauh lebih spesifik: sepatu bot tempur, sepatu kerja, sepatu bot, dll.

Sepatu bot kancing

Di sini sekali lagi kita memiliki boot yang mirip dengan balmoral. Perbedaannya (dan itu cukup terlihat) adalah bahwa ia ditutup dengan tombol. Ini adalah model yang hampir tidak mungkin ditemukan dalam pakaian siap pakai tetapi beberapa pembuat sepatu membuat yang dibuat khusus.

Bagaimanapun, ini adalah sepatu yang rumit untuk dikenakan (perlindungan direncanakan sekencang mungkin karena kancingnya tidak menawarkan rentang pengencangan seperti tali). Sedemikian rupa sehingga Anda sering harus menggunakan penarik kancing untuk memasangnya.

Sepatu bot chukka

Mereka ditutup dengan tali (biasanya 2 hingga 3 lubang tali, tetapi bisa juga lebih) dan penjaga dibuat seperti derby. Mereka memiliki sedikit jahitan yang memungkinkan mereka, tergantung pada bentuk dan bahan yang digunakan, untuk disesuaikan dengan situasi formal dan kasual (beberapa merek menawarkan Chukka dengan bahan suede atau kulit mengkilat).

Chukka boots sepatu pria
Chukka boots sepatu pria. Sumber foto: Title: Leather Boots. Author: ajay_suresh / Flikr (CC BY 2.0) 

SEPATU SEPATU KULIT PRIA TANPA TALI

Kurang tinggi dari sepatu bot, sepatu bot kulit pria berhenti beberapa inci di atas pergelangan kaki. Tidak seperti sepatu bot, mereka tidak memiliki tali. Sepatu bot Jodhpur memiliki tali gesper di sekitar pergelangan kaki. Sepatu bot Chelsea memiliki panel samping elastis yang membuatnya sangat mudah untuk dipakai dan dilepas. Sepatu bot berritsleting berbeda dari sepatu bot Chelsea dengan bukaan ritsleting di bagian dalam.

Sepatu boot jodhpur

Anda dapat mengenali Jodhpur – yang awalnya dirancang untuk berkuda – dengan tali yang digunakan untuk mengencangkan sepatu di bagian pergelangan kaki.

Sepatu Chelsea

Kekhasannya adalah memiliki pita elastis yang terletak di samping. Mereka memungkinkan mereka untuk memakai dan melepas dengan sangat mudah. Ini adalah model yang sangat populer (dipopulerkan, antara lain, oleh The Beatles di tahun 60-an) dan, sekali lagi, banyak merek menawarkan sepatu bot Chelsea versi mereka dengan, pasti, kurang lebih sukses untuk model yang dilihat dan diulas!

Sepatu boot ritsleting

Mirip dalam konstruksi untuk sepatu Chelsea dengan perbedaan bahwa elastis diganti, di bagian dalam, dengan ritsleting. Jadi kami baru saja melalui semua model sepatu yang berbeda. Baca juga: Pasti Anda Memiliki Ritsleting YKK Kancing Seleret (Resleting) Dan Bagamaina Cara Memperbaikinya?

Jenis sepatu pria: perforasi (lubang) dan ujung kaki

Pada bagian pertama model yang disajikan memiliki perbedaan desain / patronase:

  • sistem tali;
  • konstruksi;
  • rendah atau tinggi;
  • dll.

Apa yang akan kami ceritakan di sini berlaku untuk semua model yang ditampilkan tanpa perbedaan. Anda melihat mereka di mana-mana:

  • perforasi
  • potongan warna yang berbeda
  • ujung dengan bentuk bervariasi
  • dll.

Namun, seperti yang akan kita lihat, beberapa dari hasil akhir ini memberikan nama mereka pada model. Tapi jangan lupa bisa diaplikasikan ke semua jenis sepatu: brogue, derby, moccasin, dll. Ini bukan perbedaan manufaktur seperti yang telah kita lihat sebelumnya. Ini murni pilihan estetika! Karena itu, kita dapat, misalnya, berbicara tentang derby dengan ujung lurus atau oxford dengan ujung berbunga.

Bagian ujung depan yang berbeda

Seperti namanya, kami tertarik dengan bagian depan sepatu Anda di sini. Karena ini adalah bagian yang tidak tunduk pada batasan berjalan, itu dapat dengan mudah didekorasi.

Di luar visual, kehadiran ujung cenderung memotong bentuk sepatu dan karenanya menghindari sepatu yang terlalu tipis. Berikut adalah berbagai tips yang dapat Anda temukan:

1. UJUNG POLOS

Tanpa embel-embel di sini: bagian depan sepatu Anda utuh dan tanpa hiasan. Misalnya, Anda akan menemukan ujung polos di Chukka kami.

2. UJUNG LURUS / UJUNG TERISI / UJUNG LURUS BERLUBANG

Dalam hal ini kita akan menambahkan sepotong kulit untuk membentuk ujungnya. Bergantung pada hasil akhir yang diterapkan pada bagian ini, kita bisa mendapatkan:

  • peregangan saat dipotong “lurus”
  • ujung yang terlipat ketika ujung bagian ini dilipat kembali dengan sendirinya

Peregangan dapat digarisbawahi dengan garis perforasi (hanya garis, bukan pola seperti untuk ujung berbunga), ini disebut “perforasi”. Logis tidak?

3. UJUNG DEPAN GOLF

Sedangkan untuk ujung lurus, sepotong kulit ditambahkan untuk membentuk ujungnya. Namun kali ini bentuknya lebih kompleks dan memanjang ke arah belakang sepatu. Misalnya, kami memutuskan untuk memasang tip golf pada model Brogue kami.

4. UJUNG DEPAN GOLF SAYAP PANJANG

Di sini kita berada di depan ujung golf kecuali cabang-cabangnya mengelilingi sepatu dan bertemu di belakang. Kami menggunakan tip jenis ini di Derby Long Wing:

Dalam beberapa kasus, ini memungkinkan untuk bermain pada kontras bahan dan / atau warna. Anda juga dapat menggunakan tip untuk “mematahkan” bentuknya. Hal ini untuk menghindari kesan “sepatu runcing”.

Bukanlah hal yang wajib untuk menambahkan sepotong kulit ke pelindung sepatu. Kami dapat mensimulasikan akhir dengan sangat baik dengan:

  • jahitan yang menjepit kulit
  • garis perforasi
  • jahitan sederhana

5. UJUNG BERBUNGA

Pembuat sepatu pria menghias ujungnya dengan pola yang dibuat dengan perforasi dengan ukuran berbeda. Kita bisa “membungai sepotong” apakah itu polos, lurus, golf, atau simulasi!

Cara Buat Jeans Belel – 10 Cara Mudah Pasti Berhasil

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Man of Many, The Adult Man, The Trend Spotter

Sumber foto (foto utama): AntoineLanz / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.