Se­sium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cs dan nomor atom 55

2 min read

Se­sium (Cesium)

Se­sium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cs dan nomor atom 55. Unsur kimia sesium merupakan logam alkali yang lunak dan berwarna putih keemasan-emasan, yang adalah salah satu dari lima unsur logam berwujud cair pada atau sekitar suhu ruangan. Penggunaan paling terkenal unsur kimia ini adalah dalam jam atom.

Isotop terstabil Se­sium

Isotop sesium terstabil
Iso­topKelim­pahanWaktu paruh(t1/2)Moda peluruhanPro­duk
133Cs100%133Cs stabil dengan 78 neutron
134Cssyn2.0648 yε134Xe
β134Ba
135Cssisa2.3×106 yβ135Ba
137Cssisa30.17 y[2]β137Ba

Sifat fisika Se­sium

Sifat fisika
Fasesolid
Titik lebur301.59 K ​(28.44 °C, ​83.19 °F)
Titik didih944 K ​(671 °C, ​1240 °F)
Kepadatanmendekati s.k.1.93 g/cm3
saat cair, pada t.l.1.843 g/cm3
Titik kritis1938 K, 9.4 MPa
Kalor peleburan2.09 kJ/mol
Kalor penguapan63.9 kJ/mol
Kapasitas kalor molar32.210 J/(mol·K)
Tekanan uap

P (Pa)1101001 k10 k100 k
at T (K)418469534623750940

Efek cesium pada kesehatan

Manusia dapat terpapar cesium dengan bernapas, makan atau minum. Di udara, tingkat cesium umumnya rendah, tetapi cesium radioaktif telah terdeteksi pada tingkat tertentu di air permukaan dan banyak jenis makanan.
Jumlah cesium dalam makanan dan minuman tergantung pada emisi cesium radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir, terutama selama kecelakaan.

Tidak ada kecelakaan nuklir sejak bencana Chernobyl pada tahun 1986. Orang yang bekerja di industri nuklir dapat terkena tingkat cesium yang lebih tinggi, tetapi banyak tindakan pencegahan dapat diambil untuk menghindari hal ini.

Sangat tidak mungkin orang akan menderita masalah kesehatan yang berhubungan langsung dengan cesium. Ketika ada kontak dengan cesium radioaktif, yang sangat kecil kemungkinannya, seseorang dapat mengalami kerusakan sel akibat radiasi dari partikel cesium. Anda kemudian dapat mengalami mual, muntah, diare dan pendarahan. Ketika paparan berlangsung untuk waktu yang lama, seseorang bahkan mungkin kehilangan kesadaran. Koma atau kematian dapat terjadi. Tingkat keparahan konsekuensi tergantung pada resistensi orang tersebut, waktu pemaparan dan konsentrasi yang ia terkena.

Pengaruh cesium terhadap lingkungan

Cesium secara alami hadir di lingkungan terutama karena erosi batuan dan mineral. Itu juga dilepaskan ke udara, air dan tanah oleh industri pertambangan dan mineral.

Isotop cesium radioaktif dapat dilepaskan ke lingkungan oleh pembangkit listrik tenaga nuklir, selama kecelakaan nuklir atau selama uji coba bom nuklir.

Konsentrasi isotop radioaktif hanya dapat berkurang dengan peluruhan radioaktif. Cesium, apakah radioaktif atau stabil, bertindak secara kimiawi dengan cara yang sama di dalam tubuh manusia dan hewan.

Cesium di udara dapat melakukan perjalanan jarak jauh sebelum disimpan di tanah. Dalam air dan tanah, sebagian besar senyawa cesium sangat larut dalam air.

Di tanah, bagaimanapun, cesium tidak mencapai air tanah. Ia tetap berada di lapisan atas tanah karena mengikat kuat partikel-partikelnya. Oleh karena itu, tidak tersedia secara langsung untuk diserap oleh akar tanaman. Cesium radioaktif akhirnya dapat memasuki tanaman dengan jatuh di daun.

Hewan yang terkena dosis cesium yang sangat tinggi menunjukkan perubahan perilaku, seperti peningkatan atau penurunan aktivitas.


Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

Tabel periodik unsur kimia

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.