Jenis Gitar dan Bentuknya

6 min read

Jenis Gitar elektrik

Alat musik gitar

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, biasanya menggunakan jari maupun plektrum. Ketahuilah beberapa jenis gitar akustik dan elektrik.

Plektrum atau plektra adalah sebuah benda kecil datar yang digunakan untuk memetik atau membunyikan alat musik berdawai).

 

Jenis gitar

1. Gitar akustik

Dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis gitar akustik modern:

gitar akustik senar-nilon, gitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Gitar
Gitar akustik. Sumber foto: pixabay

2. Gitar elektrik

Diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti blues, country, reggae, jazz, metal, rock, dan berbagai bentuk musik pop.

Jenis Gitar elektrik
Gitar elektrik. Sumber foto: Pixabay

 

3. Gitar Elektrik 7 Senar / Seven Strings Guitar

Sejarah Gitar Senar 7 atau yang biasa disebut Seven Strings Guitar, Awalnya bermula di Rusia dan Brasil gitar. Standar Tunning gitar 7 string adalah B-E-A-D-G-B-E. Gitar Senar Tujuh biasanya digunakan paga genre musik rock dan jazz.

Band yang gitarisnya menggunakan Gitar 7 Senar antara lain adalah Dream Theater, Devin Townsend, Fear Factory, Steve Vai, Scribe, Trivium, Korn, Limp Bizkit, Deftones, Behemoth, Nevermore, Tesseract, Sedangkan Gitaris Terkenal yang mengusung jazz degan 7 String adalah George Van Eps, Bucky Pizzarelli, John Pizzarelli, Howard Alden, Ed Laub, Lenny Breau, Jimmy Bruno dan Diane Hubka.

 

4. Gitar duabelas senar

Adalah gitar senar baja dengan dua belas senar dalam enam mata kuliah, yang menghasilkan nada yang lebih kaya dan lebih berdering daripada gitar enam senar standar. Biasanya, string dari empat mata kuliah yang lebih rendah disetel dalam oktaf, dengan mereka dari dua mata kuliah teratas disetel di unison.

 

5. Gitar Bass Elektrik 4 Senar

Gitar bass memiliki leher panjang (skala panjang) dan senar tebal. Senar gitar bass yang terbuka sesuai dengan empat senar gitar terendah dan bernada satu oktaf lebih rendah. Bass standar memiliki empat senar meskipun lima dan enam bass string tersedia yang memperluas jangkauan instrumen. Meskipun gitar bass adalah instrumen bass dari keluarga gitar dan double-bass adalah instrumen bass dari keluarga string orkestra peran serupa mereka telah menarik pemain bass ke kedua instrumen.

Jika bobot gitar bass elektrik lebih berat dari gitar listrik. Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan panjang senar (scale). Gitar bass elektrik ini dikembangkan pada tahun 1930an oleh sang pencipta, Paul Tutmarc dan Leo Fender.

Gitar Bass Elektrik 4 Senar
Gitar Bass Elektrik 4 Senar. Sumber foto: Wikimedia

 

6. Gitar Archtop

Archtop adalah gitar akustik atau senar gitar semi-berongga. Meja melengkung yang dikombinasikan dengan f-hole biola dan blok suara internal menciptakan timbre yang akustik dan lembut. Kedua faktor ini membuat archtops menjadi favorit perusahaan dengan gitaris jazz.

Archtop akustik dan listrik identik dalam desain dengan satu-satunya perbedaan adalah penambahan elektro-magnetik pickup dan pot. Archtop dapat bertubuh penuh atau garis tipis. Archtop penuh bertubuh mempertahankan volume yang baik dan resonansi akustik ketika dimainkan unplugged meskipun umpan balik mungkin menjadi masalah ketika diperkuat. Tubuh yang kurus meminimalkan umpan balik dengan mengorbankan volume akustik dan resonansi.

Archtop adalah salah satu desain dan pembuat gitar yang paling indah secara estetika biasanya mematuhi standar konstruksi dan pemutaran yang sangat tinggi. Faktor-faktor ini memastikan popularitasnya yang berkelanjutan dengan gitaris.

 

7. Gitar Baja (Steel Guitar)

gitar bajaGitar ini merupakan kebudayaan orang Hawaii yang berbeda dengan gitar senar baja ataupun gitar elektrik. Gitar ini memiliki bobot lebih berat dari gitar lainnya, sehingga saat memainkannya harus dipangku. Gitar baja terdiri dari dua jenis, yaitu lap guitar dan gitar dengan pedal yang dimainkan secara horisontal di atas pangkuan. Kaki kiri menekan instrumen pada pedal sedangkan kaki kanan digunakan untuk mengatur volume pada pedal. Untuk yang kedua dapat digunakan dengan cara ditaruh di atas pangkuan atau juga di meja namun memainkannya tidak dengan menekan senar pada fretboard jari namun menggunakan metal bar.

 

8. Gitar Resonator

gitar resonatorGitar resonator atau disebut juga Gitar Resophonic adalah jenis gitar akustik dimana suara bersumber dari satu atau lebih kerucut logam yang berputar (resonator). Sound hole yang biasanya kita temukan pada sebuah gitar, tidak ada pada jenis gitar yang satu ini karena digantikan dengan piringan berbentuk bundar yang juga untuk menyembunyikan resonator kerucut. Kerucut logam tersebut berfungsi sebagai loudspeaker untuk memanipulasi suara agar terdengar lebih sengau. Gitar ini tidak menggunakan bahan papan kayu pada top bodynya. Pada awalnya, Gitar Resonator dibuat untuk menghasilkan suara yang lebih keras dibanding dengan gitar berbahan dasar kayu, karena tidak dapat bersaing dengan instrumen lainnya ketika pada acara luar ruangan seperti orkestra atau konser musik lainnya. Gitar Resonator terdiri dari Square Necked (Persegi) dan Rounded Necked (Membulat). Gitar Resonator umumnya dimainkan sebagai lap steel guitar, dengan design square. Gitar jenis ini kebanyakan disukai oleh para musisi country atau juga blues. Pada Gitar Resonator dengan Tuning Slack-Key sangat cocok pada saat mamainkan Bottleneck dan pada umumnya Tuning gitar Resonator yang paling pupuler berupa E-A-D-G-B-E.

 

9. Gitar Semi Akustik

gitar semi akustikGitar elektrik semi-akustik terlihat lebih seperti gitar listrik bodi padat, namun memiliki beragam bentuk, ukuran, kedalaman bodi, dan potongan ruang. Pada gitar listrik semi akustik ini terdapat hollow sound box besar yang terletak di tengah agar menghasilkan suara yang nyaring sehingga anda tidak memerlukan amplifier saat bermain di ruangan yang kecil. Sound box pada gitar semi-akustik terbuat dari metal sehingga kualitas suara yang dikeluarkan tidaklah sama dengan gitar akustik. Jenis gitar semi akustik bisa dimainkan sebagai gitar akustik sekaligus gitar listrik. Gitar semi akustik dibuat untuk menghasilkan suara yang lebih bagus dan tentunya harganya sangat mahal. Jadi, belum disarankan bagi gitaris pemula.

 

10. Solid Body Guitar

gitar listrikIni adalah jenis gitar listrik yang paling umum dijual dan dimainkan karena gitar ini adalah yang paling serbaguna dari semuanya. Bergantung pada tingkat keterampilan pemain dan aksesoris gitar listrik yang digunakan, Anda bisa memainkan apapun aliran musik, baik itu musik jazz, indie, blues hingga rock, country, dan heavy metal. Sesuai namanya, gitar ini sendiri adalah sepotong kayu solid yang tidak memiliki soundhole (lubang nada) seperti pada gitar akustik. Solid body adalah body guitar yang sifatnya padat, full kayu tanpa lubang resonansi. Body gitar seperti ini bisa terbuat dari 1 kayu utuh, 2 lapis, hingga 12 lapis. Semakin banyak lapisan yang digunakan pada sebuah body, maka akan semakin buruk sustain dan resonansinya. Pickups dan bagian listrik dipasang pada bagian dalamnya. Bentuk bodi gitar solid yang paling terkenal adalah Les Paul, Stratocaster, Telecaster, dan Gibson SG.

 

11. Gitar Elektrik-Akustik

gitar listrik akustikGitar elektrik-akustik atau akustik-elektrik atau gitar listrik-akustik sama saja! Banyak orang yang agak bingung dengan jenis gitar semi akustik yang sudah dijelaskan di poin 8. Jadi, gitar yang satu ini pada dasarnya adalah gitar akustik dan bisa terdengar luar biasa saat dipasang atau dimainkan secara alami. Jenis gitar ini dapat dipadukan dengan pickup, mikrofon built-in, atau bahkan sensor Piezo yang sangat sensitif untuk mengambil getaran agar diperkuat, dikirim ke mixer, atau perangkat perekam lainnya. Gitar elektrik-akustik ini memiliki lubang nada seperti gitar akustik, tetapi pimped keluar dengan elektronik.

 

 

 

12. Gitar Bass Akustik

gitar bass akustikVariasi lain dari gitar bass adalah bass versi akustik. Gitar bass ini sepenuhnya mengandalkan lobang gitar (soundhole) sebagai resonansi nada yang dihasilkannya. Gitar bass akustik ini umumnya dibekali dengan empat senar baja, tetapi ada juga yang dibuat dengan 5 dan 6 senar untuk variasi nada. Jika Anda melihat gitar bass akustik yang tidak memiliki soundhole konvensional, maka biasanya akan dibekali lubang f sebagai gantinya.

 

 

 

Sumber bacaan: Wikibooks

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya