Uang Kertas 2 Dolar Amerika Serikat (2 US$) – Sejak 1776

Uang kertas 2 Dolar Amerika Serikat

Uang kertas 2 dolar Amerika Serikat ($ 2) adalah denominasi mata uang Amerika Serikat yang sah sampai saat ini dan salah satu yang paling langka.

Terdapat juga versinya dengan potret Thomas Jefferson, Presiden ketiga Amerika Serikat (1801–09), ditampilkan di bagian depan uang kertas itu. Bagian sebaliknya menampilkan ukiran lukisan Deklarasi Kemerdekaan oleh John Trumbull.

Uang kertas 2 dolar Amerika Serikat jarang terlihat beredar, tetapi masih diproduksi dan alat tukar sah.

Sepanjang masa pakai uang kertas 2 Dolar Amerika Serikat ($ 2) sebelum tahun 1929 sebagai uang kertas berukuran besar, uang itu diterbitkan sebagai Uang Kertas Amerika Serikat, Uang Kertas Bank Nasional, sertifikat perak, Treasury atau “Koin” Note dan Federal Reserve Bank Note. Ketika mata uang AS diubah ke ukurannya saat ini, uang kertas $ 2 hanya diterbitkan sebagai Uang Kertas Amerika Serikat. Produksi berlanjut hingga tahun 1966, ketika Uang Kertas Amerika Serikat dihapuskan dan denominasi $ 2 dihentikan hingga tahun 1976 ketika diterbitkan kembali sebagai Catatan Federal Reserve dengan desain terbalik yang baru.

Akibat kebijakan perbankan dengan bisnis yang mengakibatkan jumlah produksi rendah karena kurangnya penggunaan, uang kertas dua dolar tidak beredar serta denominasi mata uang AS lainnya. Kelangkaan komparatif yang beredar, ditambah dengan kurangnya pengetahuan publik bahwa uang tersebut masih dalam produksi dan peredaran, juga telah menginspirasi legenda urban tentang keaslian dan nilainya dan terkadang menimbulkan masalah bagi mereka yang mencoba menggunakan uang tersebut untuk melakukan pembelian. Kelangkaan nyata dari uang kertas $ 2, terlepas dari angka produksinya, juga berarti bahwa sejumlah besar uang kertas dikeluarkan dari peredaran dan dikumpulkan oleh orang-orang, yang mungkin percaya bahwa uang kertas tersebut lebih langka dari yang sebenarnya.

Sejarah uang kertas 2 Dolar Amerika Serikat

Pada 25 Juni 1776, Kongres Kontinental (Continental Congress) mengesahkan penerbitan uang kertas dua dolar untuk “pertahanan Amerika”. Hanya 49.000 lembar uang yang dikeluarkan saat itu. Uang kertas dua dolar pertama kali dibuat pada bulan Maret 1862. Denominasi dua dolar dihentikan dari tahun 1966 hingga 1976 ketika penggunaan uang kertas dua dolar dilanjutkan sebagai bagian dari perayaan dua abad Amerika Serikat. Uang kertas dua dolar terakhir dikeluarkan pada tahun 2003.

Uang dua dolar berikutnya dibuat pada tahun 1862 dengan foto profil Alexander Hamilton di bagian depan. Pada tahun 1869 ia ditukar dengan musuh bebuyutannya, Thomas Jefferson. Pada titik ini, keduanya dianggap sebagai nada besar.

Itu terus dikeluarkan dengan interval selama sekitar 100 tahun, dengan sedikit perubahan pada desain. Pada tahun 1886, Departemen Keuangan mulai membeli perak dari industri pertambangan Amerika yang sedang berkembang pesat dan menerbitkan uang kertas yang didukung perak. Keduanya juga dikeluarkan sebagai sertifikat perak, dan Jenderal Perang Meksiko-Amerika Winfield Scott menggantikan Jefferson. Pada tahun 1891 ia ditukar dengan Menteri Keuangan, William Windom.

Pada tahun 1896, uang tersebut menyelenggarakan desain ‘Seri Pendidikan’ (“Educational Series” Silver Certificate). Windom dibuang untuk memberi ruang bagi alegori klasik yang menggambarkan sains, perdagangan, dan manufaktur. Bagian belakang diambil oleh potret Robert Fulton dan Samuel Morse. Pada tahun 1899, sains diberhentikan untuk memberi ruang bagi George Washington dan tokoh alegoris pertanian dan mekanik. Pada tahun 1918, Jefferson kembali, didukung oleh kapal perang Perang Dunia I.

Uang tersebut itu dicetak secara sporadis setelah itu, dan Monticello ditambahkan kebalikannya pada Mei 1965. Akhirnya, pada tahun 1966, secara resmi dihentikan karena ‘kurangnya permintaan publik’.

Hanya tiga tahun kemudian, Direktur Biro Pengukiran dan Pencetakan menunjukkan bahwa mencetak lembaran dua dolar akan menghemat uang, dengan mengurangi jumlah cetakan satu dolar. Konsep ini membangkitkan minat Paman Sam, yang meluncurkan serangkaian kelompok belajar untuk menganalisis ‘situasi’, terutama pada tahun 1974, ketika Pemerintah menugaskan Harvard Business School untuk ‘mengevaluasi kelayakan pemasaran dengan menerbitkan kembali uang kertas dua dolar’.

Setelah semua hal ini, Biro Pengukiran dan Percetakan mengumumkan bahwa ‘kepentingan terbaik Amerika’ akan dilayani dengan mengganti setengah nilai dari uang kertas satu dolar yang dicetak dengan uang kertas dua dolar. Juga, Departemen Keuangan akan menghemat sekitar $ 27 juta selama lima tahun.

Jadi pada tanggal 3 November 1975, Menteri Keuangan William Simon mengumumkan bahwa pada tanggal 13 April 1976, pada hari ulang tahun Thomas Jefferson, uang kertas dua dolar sekali lagi akan bergabung dengan keluarga mata uang Amerika. Karena tahun 1976 juga merupakan dua abad kelahiran Amerika Serikat, maka dipilihlah desain khusus. Jefferson tidak dicopot untuk mendukung Martin Luther King Jr atau Susan B Anthony seperti yang disarankan beberapa orang; Namun, Monticello dibuang demi lukisan terkenal John Trumbull tentang penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan.

Mengapa Presiden ke-3 AS, Thomas Jefferson digunakan dalam uang kertas 2 Dolar Amerika Serikat?

Untuk menghormati Thomas Jefferson sebagai Presiden ke-3 AS. Bagian depan uang $ 2 bertuliskan Jefferson, dan bagian belakangnya bertuliskan Deklarasi Kemerdekaan. Uang kertas dua dolar sangat jarang terlihat beredar, terutama karena permintaan yang sangat rendah.

Pada bagian muka uang kertas tersebut terdapat gambar mantan Presiden AS Thomas Jefferson. Dibaliknya di bagian belakang adalah reproduksi bagian dari lukisan The Declaration of Independence oleh John Trumbull.

Kelangkaan Uang kertas 2 Dolar Amerika Serikat

Mencetak uang kertas 2 Dolar Amerika merupakan dua kali lebih hemat biaya bagi pemerintah daripada mencetak uang kertas $ 1, karena keduanya membutuhkan biaya produksi yang sama (5,5 sen), tetapi publik belum mengedarkannya secara luas.

Selama Depresi Hebat, hanya sedikit orang Amerika yang memiliki cukup uang untuk meminta uang US$ 2. Di pertengahan abad ke-20, uang kertas $ 2 sering digunakan untuk bertaruh pada pacuan kuda, tip di klub tari telanjang, dan untuk penyuapan ketika politisi menginginkan suara (meskipun ini kemungkinan besar adalah legenda urban), dan dengan demikian memperoleh reputasi negatif.

Selama Perang Dunia II dan setelahnya, Prajurit sering dibayar dengan uang $ 2, dan sebagai hasilnya uang kertas tersebut sering digunakan di kantin, bursa pos, klub USO, dan komisaris. Banyak orang secara keliru percaya bahwa uang kertas seri 1976 dengan desain terbalik yang tidak biasa adalah edisi khusus dan terbatas, yang diproduksi untuk Bicentennial Amerika Serikat; ini, dikombinasikan dengan penghentian denominasi sebelumnya, memberi kesan bahwa uang kertas ini mungkin berharga sebagai barang kolektor, dan berkontribusi pada penimbunan. Saat ini, masyarakat umum sebagian besar masih asing dengan uang kertas karena tidak banyak beredar dan terus sering ditimbun.

Apakah uang kertas 2 Dolar Amerika Serikat masih dicetak?

Ada kesalahpahaman umum bahwa uang kertas $ 2 tidak lagi diproduksi,  meskipun uang kertas $ 2 telah dicetak sejak tahun 1862, kecuali untuk jeda sepuluh tahun antara 1966-76. Perbendaharaan AS melaporkan bahwa uang kertas senilai $ 1.549.052.714 senilai $ 2 telah beredar di seluruh dunia pada tanggal 30 April 2007.

Hal-hal seperti nomor seri yang tidak biasa (contoh: A11111111A), dan catatan pengganti yang diberi tanda bintang di nomor seri dapat meningkatkan nilai kolektor. Uang dua dolar yang “dapat dikoleksi” atau “ditingkatkan”, untuk memperingati taman nasional Amerika dan tempat-tempat lain, orang dan peristiwa, telah dibuat dan dijual oleh pedagang koin dan lainnya dalam beberapa tahun terakhir hanya dengan menambahkan warna, grafik khusus atau lapisan plastik berwarna yang dicetak ke keluarkan uang dua dolar secara teratur dengan menggunakan printer komputer. Para pencipta dan pemasar banyak dari tagihan ini secara tidak bertanggung jawab menyiratkan bahwa mereka disahkan atau dikeluarkan oleh pemerintah federal; namun, tidak ada uang kertas dua dolar yang “dapat ditagih” atau “ditingkatkan” yang telah disahkan oleh Departemen Keuangan Amerika Serikat, Biro Pengukiran dan Pencetakan (BEP) atau lembaga pemerintah lainnya dan tidak memiliki nilai di atas $ 2 wajah mereka di pasar kolektor .

Biro konvensi dan pariwisata / konvensi tertentu memanfaatkan kelangkaan uang kertas $ 2 yang beredar, mendorong peserta konvensi dan wisatawan untuk membelanjakan uang $ 2 untuk menggambarkan kepada masyarakat tuan rumah dampak ekonomi yang dibawa oleh konvensi dan pariwisata tersebut. Kadang-kadang dikenal sebagai kampanye “SpendTom”, tagihan $ 2 tetap ada di komunitas sebagai pengingat. Beberapa kampanye mendorong orang untuk berpartisipasi dalam perburuan uang kertas untuk memenangkan hadiah.

Legenda, Mitos dan Fakta

Beberapa legenda telah muncul di sekitar uang $ 2 dari waktu ke waktu:

  • Adegan Deklarasi Kemerdekaan yang muncul di bagian belakang uang kertas itu bukanlah duplikat sempurna dari lukisan John Trumbull. Lima sosok telah dihapus agar gambar sesuai dengan uang tersebut. Bagian belakang uang kertas US$ 2 menampilkan ukiran lukisan John Trumbull, “Deklarasi Kemerdekaan”. Meskipun lukisan aslinya menggambarkan 47 laki-laki, kendala ruang berarti hanya 42 yang bisa muncul dalam uang kertas tersebut.
  • Pada tahun 2004, perkebunan dan rumah Presiden Jefferson, Monticello, memiliki harga tiket masuk $ 13. Akibatnya, kebanyakan orang membutuhkan uang kembalian $ 2. Staf di Monticello akan membagikan uang $ 2 yang menampilkan potret Presiden Jefferson sebagai uang kembalian untuk masuk ke tanah miliknya.
  • Uang dua dolar sering digunakan sebagai pelacak oleh toko-toko kecil untuk melacak perampokan. Petugas toko dapat menyimpan uang dua dolar di bagian bawah slot uang satu dolar mereka di laci kas dengan nomor serinya dicatat jika terjadi perampokan.
  • Pada tahun 2005 Stuart Woods menulis novel berjudul “Two Dollar Bill”. Salah satu tokoh utama menegaskan untuk selalu memberi tip dengan uang dua dolar.
  • Uang kertas dua dolar memiliki hubungan yang lama dengan pacuan kuda dan populer di arena pacuan kuda karena memasang taruhan dua dolar.
  • Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple Computing, membeli dua dolar per lembar dari Departemen Keuangan. Dia kemudian meminta mereka diikat menjadi sebuah buklet dan tagihan bertindak sebagai halaman “sobek”.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Mental Floss, 2 Dollar Bill, US Currency, Bureau of Engraving and Printing (U.S. Department of the Treasury)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-25T01:45:09+07:00 November 20th, 2020|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment