Paus (Whale) Mamalia – Berbagai Jenis Paus dan Namanya | Penjelasan dari Paus Biru Raksasa hingga Lumba-Lumba Hidung Botol

Jenis Paus

Ordo Cetacea (L. cetus, paus) termasuk paus, lumba-lumba, porpoise dan pesut. Cetus adalah bahasa Latin dan digunakan dalam penamaan biologi yang berarti “paus”; pengertian awalnya, “binatang laut besar”, lebih umumnya. Arti kata Cetacea berasal dari Bahasa Yunani Kuno κῆτος (kētos), “paus” atau “ikan atau monster laut besar”. Cetologi merupakan cabang ilmu pengetahuan kelautan yang mempelajari ilmu mengenai Cetacea. Terdapat beberapa jenis paus, baca sampai habis untuk mengetahuinya!

Paus (Whale) Mamalia - Berbagai Jenis Paus dan Penjelasannya - Dari Paus Biru Raksasa hingga Lumba-Lumba Hidung Botol

Searah jarum jam dari atas: paus sperma (Physeter macrocephalus), lumba-lumba sungai Amazon (Inia geoffrensis), paus paruh Blainville (Mesoplodon densirostris), paus sikat selatan (Eubalaena australis), narwhal (Monodon monoceros), paus bungkuk (Megaptera novaeangliae), paus pembunuh (Orcinus orca), paus abu-abu (Eschrichtius robustus) dan porpoise pelabuhan (Phocoena phocoena). Artikel: Paus (Whale) Mamalia – Berbagai Jenis Paus dan Penjelasannya – Dari Paus Biru Raksasa hingga Lumba-Lumba Hidung Botol. Sumber foto: Wikimedia Commons

Terdapat 2 jenis paus utama: bergigi (toothed whale) dan balin (baleen whale).

Paus bergigi, seperti namanya, memiliki gigi yang digunakan untuk berburu dan memakan cumi-cumi, ikan, dan anjing laut. Paus bergigi termasuk paus sperma, lumba-lumba, porpoise, orca, dan lainnya. “Tanduk” narwhal sebenarnya adalah satu gigi panjang yang menonjol melalui bibirnya.

Paus balin lebih besar dari paus bergigi, untuk sebagian besar. Mereka termasuk paus biru (blue whale), paus bungkuk (humpback whale), paus sikat (right whale), paus kepala busur (bowhead whale), dan lainnya. Mereka memberi makan dengan menyaring makhluk kecil seperti udang yang disebut krill melalui lempengan berpohon panjang, bahan seperti kuku yang disebut balin yang menempel di rahang atas mereka.

Paus atau Lodan (Whale) Mamalia – 2 Jenis Paus: Bergigi dan Balin – Makhluk Mamalia Terbesar di Bumi

Paus Biru (Balaenoptera Musculus)

Paus biru dianggap sebagai hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi. Mereka mencapai panjang hingga 100 kaki dan berat 100 hingga 150 ton. Kulit mereka berwarna biru keabu-abuan yang indah, seringkali dengan bintik-bintik terang.

Gambar jenis paus biru (blue whale)

Gambar Paus biru (blue whale). Gambar udara diambil dari ikan paus biru pada 10 Februari 2019 yang menunjukkan tinggi, pukulan kolumnar, paruh berbentuk U lebar, pelindung percikan besar, warna berbintik-bintik biru-abu-abu, dan rasio ukuran sirip dada relatif terhadap panjang tubuh. Sumber foto: Engelhaupt, D.T., Pusser, T., Aschettino, J.M. et al. Blue whale (Balaenoptera musculus) sightings off the coast of Virginia. Mar Biodivers Rec 13, 6 (2020).

Paus Sirip (Balaenoptera Physalus)

Paus sirip adalah hewan terbesar kedua di dunia. Penampilannya yang ramping menyebabkan para pelaut menyebutnya “anjing greyhound”. Paus sirip adalah paus balin yang ramping dan satu-satunya hewan yang diketahui berwarna asimetris, karena mereka memiliki bercak putih di rahang bawah hanya di sisi kanan.

Paus bungkuk (Megaptera novaeangliae)

Mereka adalah jenis paus balin, salah satu spesies rorqual yang terbesar, panjang paus bungkuk dewasa sebesar 12-16 meter dan memiliki berat 36.000 kilogram. Paus bungkuk memiliki bentuk tubuh yang istimewa, dengan sirip dada panjang dan kepala menonjol. Hewan ini adalah hewan akrobatik, yang sering muncul di permukaan air. Jantan mengeluarkan suara seperti lagu yang terdengar selama 10 sampai 20 menit dan diulang untuk beberapa jam pada satu waktu. Peran lagu ini belum diketahui, walaupun sepertinya memiliki peran dalam berpasangan.

Jenis Paus bungkuk (humpback) dewasa sebesar 12-16 meter. Paus ini terdapat juga di Platypus Bay, Queensland, Australia. Sumber foto: Fritz Geller-Grimm / Wikimedia Commons

Paus Kepala Busur: Balaena Mysticetus

Nama paus bowhead berasal dari rahangnya yang tinggi dan melengkung yang menyerupai busur. Mereka adalah paus air dingin yang hidup di Kutub Utara. Lapisan lemak kepala busur lebih dari 1 1/2 kaki tebal, yang memberikan isolasi terhadap air dingin. Kepala busur masih diburu oleh pemburu paus asli di Kutub Utara. Paus ini dapat hidup sampai 200 tahun.

Paus dengan warna gelap kekar tanpa sirip punggung dan dapat tumbuh sampai 20 meter (66 kaki) panjang. Perkiraan berat maksimum spesies ini 136 ton, ke-2 terberat setelah paus biru, meskipun paus kepala busur panjang maksimum kurang dari paus lainnya.

Paus ini hidup sepenuhnya di perairan Arktik dan sub-Arktik, tidak seperti paus lain yang bermigrasi untuk mencari makan atau ber-reproduksi. Ia juga dikenal sebagai paus Greenland atau paus Arktik. Paus kepala busur mungkin mamalia yang memiliki usia hidup terpanjang dan binatang yang memiliki mulut terbesar.

Paus Sikat Atlantik Utara: Eubalaena Glacialis

Paus sikat Atlantik Utara adalah salah satu mamalia laut yang paling terancam punah, dengan hanya tersisa sekitar 400. Ia dikenal sebagai paus yang berjenis “sikat” bagi pemburu paus untuk berburu karena kecepatannya yang lambat, kecenderungan untuk mengapung saat dibunuh, dan lapisan lemak yang tebal. Kapalan di kepala paus kanan membantu ilmuwan mengidentifikasi dan membuat katalog individu. Paus sikat menghabiskan musim makan musim panas mereka di garis lintang utara yang dingin di lepas pantai Kanada dan New England dan musim kawin musim dingin mereka di lepas pantai South Carolina, Georgia dan Florida.

Paus sikat atlantik utara (Eubalaena glacialis) adalah paus balin, salah satu dari 3 spesies yang sebelumnya diklasifikasikan sebagai paus sikat yang masuk ke dalam genus Eubalaena. Sekitar 300 jenis paus sikat atlantik utara kini hidup di Samudra Atlantik Utara.

Paus Sikat Selatan: Eubalaena Australis

Paus sikat selatan adalah paus balin yang dewasa ukuran panjangnya mencapai 15-18 meter dan beratnya mencapai 60 ton. Mereka memiliki kebiasaan aneh “berlayar” dalam angin kencang dengan mengangkat ekor besar mereka di atas permukaan air.

Populasi kira-kira 10,000. Spesies ini dapat ditemukan di laut Bumi selatan. Di musim panas, pausnya hidup di Antarktika di tempat ia makan. Pada musim dingin bermigrasi ke pantai selatan Afrika, Amerika selatan, Australia dan Selandia Baru untuk melahirkan anak mereka.

Seperti banyak spesies paus besar lainnya, paus sikat selatan bermigrasi di antara tempat berkembang biak dataran rendah yang lebih hangat dan tempat makan yang lebih dingin dan di dataran tinggi. Daerah ini cukup berbeda dan mencakup Afrika Selatan, Argentina, Australia dan sebagian Selandia Baru.

Paus Sikat Pasifik Utara: Eubalaena Japonica

Populasi paus sikat Pasifik Utara telah menyusut begitu banyak sehingga hanya tersisa beberapa ratus saja. Populasi barat di Laut Okhotsk lepas Rusia diperkirakan berjumlah ratusan, dan populasi timur di Laut Bering lepas Alaska berjumlah sekitar 30.

Paus Bryde: Balaenoptera Edeni

Nama paus Bryde (dibaca “broodus”), diambil dari nama Johan Bryde, yang membangun stasiun perburuan paus pertama di Afrika Selatan. Panjangnya 40 hingga 55 kaki dan berat hingga 45 ton dan paling sering ditemukan di perairan tropis dan subtropis.

Ada dua spesies: Paus Bryde / Eden (Balaenoptera edeni edeni), bentuk yang lebih kecil yang ditemukan terutama di perairan pesisir di samudra Pasifik bagian barat dan Hindia, dan paus Bryde (Balaenoptera edeni brydei), bentuk yang lebih besar yang ditemukan terutama di perairan lepas pantai.

Paus Omura: Balaenoptera Omurai

Paus Omura, awalnya dianggap sebagai bentuk yang lebih kecil dari paus Bryde, ditetapkan sebagai spesies pada tahun 2003 dan tidak begitu dikenal. Diperkirakan dapat mencapai panjang 40 kaki dan berat sekitar 22 ton dan hidup di samudra Pasifik dan Hindia.

Paus Abu-abu: Eschrichtius Robustus

Paus abu-abu adalah paus balin berukuran sedang dengan warna abu-abu yang indah serta bercak dan bercak putih. Spesies ini telah terbagi menjadi dua stok populasi, satu di antaranya telah pulih dari ambang kepunahan dan satu lagi yang hampir punah.

Paus Minke: Balaenoptera Acutorostrata Paus minke berukuran kecil tetapi masih memiliki panjang 20 hingga 30 kaki. Ada tiga subspesies paus minke: minke Atlantik Utara (Balaenoptera acutorostrata acutorostrata), minke Pasifik Utara (Balaenoptera acutorostrata scammoni), dan minke kerdil (yang belum menerima nama ilmiah pada November 2018).

Paus Minke Antartika: Balaenoptera Bonaerensis

Pada 1990-an, paus minke Antartika dinyatakan sebagai spesies terpisah dari paus minke biasa. Paus ini biasanya ditemukan di kawasan Antartika pada musim panas dan lebih dekat ke ekuator (sekitar Amerika Selatan, Afrika, dan Australia) pada musim dingin. Mereka menjadi subjek perburuan kontroversial oleh Jepang setiap tahun di bawah izin khusus untuk tujuan penelitian ilmiah.

Paus Sperma: Physeter Macrocephalus

Jenis paus sperma adalah odontocete (paus bergigi) terbesar. Panjangnya mencapai 60 kaki dan memiliki kulit gelap, keriput, kepala kuning, dan tubuh gemuk.

Orca: Orcinus Orca

Dengan warna hitam-putih yang indah, orca, juga disebut paus pembunuh, memiliki penampilan yang tidak salah lagi. Mereka adalah paus bergigi yang berkumpul dalam kelompok berorientasi keluarga berisi 10 hingga 50. Mereka adalah hewan populer untuk taman laut, sebuah praktik yang semakin kontroversial.

Pesut mahakam: Orcaella brevirostris)

Adalah sejenis hewan mamalia yang sering disebut lumba-lumba air tawar yang berstatus terancam. Pesut ini dinamakan Pesut mahakam karena banyak ditemukan di perairan Sungai Mahakam, tetapi kalangan peneliti barat lebih mengenal hewan ini dengan nama Irrawaddy Dolphin.

Berdasarkan data tahun 2018, populasi hewan ini cuma tinggal 80 ekor saja di perairan sungai-sungai di Kalimantan dan menempati urutan tertinggi dari daftar satwa Indonesia yang terancam punah.

Populasi hewan ini justru mengalami peningkatan di Kamboja. Mamalia ini dibedakan dari sepupunya Pesut Australia menurut bentuk tengkorak dan siripnya.

Lumba-lumba Sungai Amazon, yang populer disebut ‘botos’ – Inia geoffrensis

Adalah lumba-lumba air tawar yang hidup di sungai hutan hujan Amerika Selatan. Cukup memikat, Botos pria terkadang mencoba dan memenangkan wanita dengan mengeluarkan beberapa teknik yang sangat memikat. Cara mereka merayu wanita mereka dengan trik cerdas, Botos pria mengambil tanaman terapung atau potongan kayu dengan mulut mereka, berputar-putar dan kemudian menampar objek pilihan mereka di permukaan air. Ini mungkin terdengar lucu, tetapi setidaknya dua spesies lain diketahui melakukan ritual serupa untuk mengesankan calon pasangannya – yaitu simpanse dan manusia! Nama lain: Boto; Bufeo; Lumba-lumba Araguaian; Lumba-lumba Sungai Bolivia; Lumba-lumba sungai merah muda.

Botos terlihat sangat berbeda dengan lumba-lumba laut. Pertama-tama, warnanya merah muda. Lumba-lumba Sungai Amazon yang lahir abu-abu berubah menjadi merah muda atau abu-abu merah muda saat dewasa, dengan jantan menjadi lebih besar dan lebih merah muda daripada betina. Itu bukan satu-satunya perbedaan. Dengan sirip punggung rendah seperti punggung bukit, moncong panjang dan kurus, tubuh montok, pipi tembem dan bulat, dahi bulat, botos telah mengembangkan tampilan uniknya sendiri.

Mereka hidup di sungai besar, anak sungai kecil, danau, hutan banjir dan padang rumput yang terendam, botos dapat ditemukan di enam negara: Bolivia, Brazil, Kolombia, Ekuador, Peru dan Venezuela. Ini termasuk populasi penduduk di seluruh sistem sungai Amazon dan Orinoco, serta di Sungai Araguaia di Brasil.

Baca juga 👉 Pesut Mahakam – Lumba-Lumba Air Tawar – Fakta, Makanan, Habitat dan Gambar

Paus Beluga: Delphinapterus Leucas

Paus beluga disebut “burung kenari laut” oleh para pelaut karena vokalnya yang khas, yang kadang-kadang terdengar melalui lambung kapal. Paus beluga ditemukan di perairan Arktik dan di Sungai St. Lawrence. Warna beluga yang serba putih dan dahi yang membulat membuatnya berbeda dari spesies lain. Seekor paus bergigi, ia menemukan mangsanya menggunakan ekolokasi. Populasi paus beluga di Cook Inlet, Alaska, terdaftar sebagai terancam punah, tetapi populasi lain tidak terdaftar.

Lumba-lumba Hidung Botol: Tursiops Truncatus Lumba-lumba hidung botol adalah salah satu mamalia laut yang paling terkenal dan banyak dipelajari. Warna abu-abu dan penampilan “tersenyum” membuat mereka mudah dikenali. Lumba-lumba hidung botol adalah paus bergigi yang hidup dalam polong hingga beberapa ratus hewan. Mereka dapat ditemukan di dekat pantai, terutama di tenggara AS di sepanjang pantai Atlantik dan Teluk.

Lumba-lumba Risso: Grampus Griseus

Lumba-lumba Risso adalah paus bergigi sedang yang tumbuh hingga panjang sekitar 13 kaki. Orang dewasa memiliki tubuh abu-abu kekar yang mungkin memiliki penampilan yang banyak bekas luka.

Paus Sperma Kerdil: Kogia Breviceps

Paus sperma kerdil adalah paus odontocete, atau paus bergigi, dengan gigi hanya di rahang bawah, seperti paus sperma yang jauh lebih besar. Ini adalah paus yang cukup kecil dengan kepala persegi dan penampilan kekar. Paus sperma kerdil mencapai panjang rata-rata 10 kaki dan berat sekitar 900 pon.

Paus berparuh Cuvier atau paus paruh angsa: Ziphius cavirostris

Satu-satunya anggota genus Ziphius, adalah yang paling banyak tersebar dari semua paus berparuh.

Paus berparuh Cuvier adalah penyelam yang hebat di antara jenis paus lain. Mereka memegang rekor penyelaman terdalam dan terlama untuk mamalia mana pun.

Spesies ini memegang rekor mamalia untuk penyelaman terdalam (2.992 m 9.816 kaki) di bawah permukaan laut, dan penyelaman terlama (222 menit). Ini adalah salah satu paus yang sering kali terdampar, meskipun lebih menyukai perairan pelagis yang dalam, biasanya lebih dalam dari 1.000 m (3.300 kaki). Paus ini, bersama dengan paus berparuh lainnya banyak dikira orang sebagai lumba-lumba, padahal mereka adalah paus

Nama spesies berasal dari bahasa Yunani xiphos, “pedang”, dan Latin cavus, “berlubang” dan mimbar, “paruh”, mengacu pada lekukan di kepala di depan lubang sembur.

Beberapa paus Cuvier memiliki sebaran kosmopolitan di perairan lepas pantai yang dalam dari daerah tropis hingga laut yang sejuk dan yang sedang. Di Pasifik Utara, itu terjadi sejauh utara Aleut dan di Atlantik Utara sejauh utara Kanada Atlantik di barat ke Shetland di timur. Di Belahan Bumi Selatan, itu berlaku sejauh selatan Tierra del Fuego, Afrika Selatan, Australia selatan, Selandia Baru, dan Kepulauan Chatham. Ia juga sering mengunjungi perairan pedalaman seperti Teluk Meksiko dan kemungkinan Laut Karibia dan Mediterania. Populasi Mediterania secara genetik berbeda dari populasi Atlantik Utara.

Paus berparuh Cuvier mungkin salah satu paus berparuh yang paling umum dan berlimpah, dengan populasi di seluruh dunia kemungkinan besar lebih dari 100.000. Diperkirakan 80.000 berada di Pasifik tropis timur, hampir 1.900 di lepas pantai barat Amerika Serikat (tidak termasuk Alaska), dan lebih dari 15.000 di lepas Hawaii.

Pada tahun 2011, seekor paus berparuh Cuvier bisa menyelam hingga 2.992 m, (9.816 kaki) yang merupakan penyelaman terdalam yang pernah tercatat oleh mamalia mana pun. Sangkar tulang rusuk paus ini bisa dilipat untuk mengurangi kantong udara dan mengurangi daya apung.

Jenis Paus yang Punah

Berikut beberapa contoh jenis paus yang punah:

  • Pakicetus
  • Ambulocetus
  • Basilosaurus
  • Squalodon
  • Mammalodon colliveri
  • Janjucetus hunderi
  • Livyatan Melvillei
  • Paus Harrison

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: ThoughtCo, Cool Antarctica, US Whales,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-11-24T23:44:20+07:00 November 19th, 2020|IPA|0 Comments

Leave A Comment