Yehezkiel (Ezekiel) Pasal 1-48

120 min read

Yehezkiel

Kitab Yehezkiel merupakan salah satu kitab dalam Perjanjian Lama yang berasal dari zaman pembuangan sekitar tahun 593-571 SM. Kitab Yehezkiel menggambarkan tahapan baru dari nubutan Israel.

Kitab Yehezkiel terdiri dari 48 pasal, yang mana dalam Alkitab Ibrani terletak di antara Yeremia dan dua belas nabi kecil, sedangkan dalam Alkitab Yunani kitab ini terletak antara Surat Yeremia dan Susanna atau Daniel. Bentuk yang lebih pendek dari teks ini dapat ditemukan dalam LXX, secara umum kitab Yehezkiel termasuk dalam kitab nabi-nabi besar. Dalam Alkitab yang dimiliki umat Protestan saat ini, kitab Yehezkiel berada sesudah Ratapan (ini mengikuti urutan yang ada dalam LXX)

Yehezkiel Pasal 1 (Total ayat 28)

1) [Pendahuluan] Aku seorang imam, Yehezkiel anak Busi. Aku ada di pembuangan dekat Terusan Kebar di Babel ketika langit terbuka dan aku melihat penglihatan dari Allah, yang terjadi pada hari kelima, bulan empat, tahun ketiga puluh. (Yaitu pada tahun kelima pembuangan Raja Yoyakhin. Perkataan TUHAN datang kepada Yehezkiel. Kuasa TUHAN datang atasnya di tempat itu.)

(2) Pada tanggal lima bulan itu, yaitu tahun kelima sesudah raja Yoyakhin dibuang,

(3) datanglah firman TUHAN kepada imam Yehezkiel, anak Busi, di negeri orang Kasdim di tepi sungai Kebar, dan di sana kekuasaan TUHAN meliputi dia.

4) [Kereta Perang Tuhan — Takhta Allah] Aku memperhatikan badai besar datang dari utara. Awan besar disertai dengan angin keras dan nyala api berkilat dari dalamnya. Terang bersinar di sekelilingnya. Tampaknya seperti besi membara dalam api.

5) Di dalam awan itu ada empat binatang yang tampaknya seperti manusia.

6) Setiap binatang mempunyai empat muka dan empat sayap.

7) Kakinya lurus seperti kaki lembu dan mengkilat seperti tembaga yang digosok.

8) Di bawah sayapnya ada tangan manusia. Ada empat binatang. Setiap binatang mempunyai empat muka dan empat sayap.

9) Sayap itu saling menyentuh. Binatang itu tidak berbalik kalau berjalan. Binatang itu pergi ke tujuan yang dicarinya.

10) Setiap binatang mempunyai empat muka, bagian depan mempunyai muka manusia. Pada bagian kanan terdapat muka singa. Pada bagian kiri terdapat muka lembu, dan pada bagian belakang terdapat muka burung rajawali.

11) Sayap binatang itu terbentang di atasnya. Dengan dua sayap setiap binatang dapat menyentuh binatang di dekatnya, dan dua sayap yang lain menutupi badannya.

12) Setiap binatang pergi ke tujuan yang dicarinya. Binatang itu pergi ke mana saja angin membawanya, tetapi mereka tidak berbalik, bila mereka berjalan.

13) Demikianlah bentuk binatang itu. Di daerah itu, di antara binatang-binatang itu, ada sesuatu tampaknya seperti arang yang membara. Api itu seperti obor kecil yang dibawa berkeliling di antara binatang itu. Api itu menyala dan kilat keluar dari dalamnya.

14) Binatang itu lari ke sana kemari — secepat kilat.

15) Aku memandang binatang itu ketika kuperhatikan ada empat roda menyentuh tanah. Ada satu roda pada setiap binatang. Semua roda itu tampaknya sama. Roda tampaknya seperti terbuat dari permata yang jernih dan kuning. Tampaknya seperti roda dalam roda,

(16) Rupa roda-roda itu seperti kilauan permata pirus dan keempatnya adalah serupa; buatannya seolah-olah roda yang satu di tengah-tengah yang lain.

17) yang dapat bergerak ke jurusan mana pun. Namun, binatang itu tidak berbalik apabila mereka berjalan.

18) Lingkar roda itu tinggi dan bersinar. Ada mata sekeliling lingkar pada semua roda yang empat itu.

19) Roda itu selalu bergerak bersama binatang. Jika binatang pergi ke angkasa, roda juga pergi.

20) Mereka pergi ke mana saja angin menginginkannya, dan turut juga roda itu pergi, karena kuasa binatang ada dalam roda.

21) Jadi, jika binatang pindah, roda juga pindah. Jika binatang berhenti, roda itu berhenti. Jika roda itu pergi ke dalam udara, binatang pergi bersamanya, karena angin ada dalam roda itu.

22) Ada hal yang ajaib di atas kepala binatang itu. Tampaknya seperti sebuah mangkuk yang terbalik ke arah bawah dan mangkuk itu sejernih kristal.

23) Di bawah mangkuk itu, setiap binatang mempunyai sayap menyentuh binatang yang dekat padanya. Dua sayap membentang ke satu arah dan dua sayap ke arah lain, menutupi badannya.

24) Kemudian aku dengar sayap itu. Setiap kali binatang itu pindah, sayap itu membuat suara yang kuat seperti suara banjir. Suaranya kuat seperti Allah Yang Mahakuasa, sekuat pasukan atau orang banyak. Apabila binatang itu berhenti, mereka menjatuhkan sayapnya ke sampingnya.

25) Kemudian ada satu suara yang lain datang dari atas mangkuk pada kepalanya.

26) Tampaknya seperti suatu takhta di atas mangkuk. Biru seperti permata lazurit. Ada juga sesuatu tampaknya seperti manusia yang duduk di atas takhta itu.

27) Aku memperhatikan mulai dari pinggangnya. Tampaknya seperti logam panas, seperti ada api di sekelilingnya. Aku memperhatikannya mulai dari pinggang ke bawah. Tampaknya seperti api dengan nyala yang bercahaya di sekelilingnya.

28) Cahaya bersinar di sekelilingnya seperti pelangi di awan. Itulah kemuliaan TUHAN. Segera setelah aku melihatnya, aku terjatuh ke tanah. Aku sujud dengan mukaku ke tanah dan kemudian aku dengar suara berbicara kepadaku.

Pasal 2 (Total ayat 10)
1) [Tuhan Berbicara kepada Yehezkiel] Suara itu mengatakan, “Anak manusia, berdirilah dan Aku akan berbicara dengan engkau.”

2) Kemudian angin datang dan mengangkat aku pada kakiku, dan aku mendengarkan Yang Satu itu berbicara kepadaku.

3) Kata-Nya kepadaku, “Anak manusia, Aku mengutusmu berbicara kepada keluarga Israel. Umat itu dan nenek moyangnya telah sering berbalik melawan Aku. Mereka telah berkali-kali berdosa terhadap Aku — dan mereka masih berdosa terhadap Aku hari ini.

4) Aku mengutusmu berbicara kepada mereka, tetapi mereka sangat keras kepala. Mereka sangat keras kepala, tetapi engkau harus bicara kepada mereka. Katakanlah, ‘Inilah pesan Tuhan ALLAH kita.’

5) Mereka tidak mau mendengarkan engkau, tidak mau berhenti berdosa terhadap Aku, karena mereka umat pemberontak — mereka selalu melawan Aku. Katakan ini kepada mereka, supaya mereka tahu bahwa ada nabi tinggal di tengah-tengahnya.

6) Anak manusia, jangan takut terhadap mereka atau apa yang dikatakannya. Benar, mereka akan melawanmu dan berusaha menyiksamu. Mereka seperti tanduk. Engkau menganggap bahwa engkau hidup bersama kalajengking, tetapi jangan takut terhadap yang dikatakannya. Mereka umat pemberontak, jangan takut terhadap mereka.

7) Katakan kepada mereka yang Kupesankan. Aku tahu mereka tidak mau mendengarkanmu, dan mereka tidak berhenti berdosa terhadap Aku karena mereka umat pemberontak.

8) Anak manusia, dengarkan yang Kukatakan kepadamu. Jangan lawan Aku seperti umat pemberontak itu. Buka mulutmu dan telan perkataan itu.”

9) Kemudian aku melihat satu tangan terbentang ke arahku, yang memegang gulungan yang bertuliskan kata-kata.

10) Gulungan itu terbuka di depanku. Kata-kata terdapat pada gulungan itu timbal balik. Di dalamnya ada semua jenis nyanyian duka, berita duka, dan peringatan.

Yehezkiel Pasal 3 (Total ayat 27)

1) Allah berkata kepadaku, “Anak manusia, makanlah apa yang kaulihat. Makan gulungan itu, lalu pergi mengatakannya kepada keluarga Israel.”

2) Jadi, aku membuka mulutku dan dimasukkan-Nya gulungan itu ke dalamnya.

3) Kemudian Allah mengatakan, “Anak manusia, Aku memberikan gulungan itu kepadamu. Telanlah itu. Biarlah gulungan itu memenuhi tubuhmu.” Jadi, aku memakan gulungan itu. Manisnya semanis madu dalam mulutku.

4) Kemudian Allah berkata kepadaku, “Anak manusia, pergilah kepada keluarga Israel. Sampaikan pesan-Ku kepada mereka.

5) Aku tidak mengutusmu kepada orang asing yang tidak kaumengerti bahasanya. Engkau tidak usah mempelajari bahasa yang lain. Aku mengutusmu kepada keluarga Israel.

6) Aku tidak mengutusmu ke berbagai negeri yang berbeda-beda di mana orang berbicara yang engkau tidak mengerti. Jika engkau pergi kepada umat itu dan berbicara kepada mereka, mereka akan mendengarkan engkau, tetapi engkau tidak usah mempelajari bahasa yang sulit itu.

7) Tidak, Aku mengutusmu kepada keluarga Israel. Hanya, merekalah orang yang keras kepala — mereka sangat keras kepala. Dan orang Israel tidak akan mau mendengarkan engkau. Mereka tidak mau mendengarkan Aku.

8) Aku akan membuat engkau sama seperti mereka keras kepala. Kepalamu menjadi sekeras kepala mereka.

9) Batu intan lebih keras daripada batu geretan. Dengan cara yang sama, kepalamu menjadi lebih keras daripada kepala mereka. Engkau akan menjadi lebih keras kepala, jadi engkau tidak melawan mereka. Engkau tidak akan takut terhadap mereka atau orang-orang yang selalu melawan Aku.”

10) Kemudian Allah berkata kepadaku, “Anak manusia, dengarkan setiap yang Kukatakan kepadamu dan ingatlah itu.

11) Dan pergi kepada semua umatmu di pembuangan dan katakan kepada mereka, ‘Inilah pesan Tuhan ALLAH kita.’ Mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau berhenti berdosa, tetapi engkau harus menyampaikan pesan-Ku.”

12) Kemudian angin mengangkat aku dan aku mendengar suara di belakangku, yang sangat kuat seperti guruh. Katanya, “Terpujilah kemuliaan TUHAN.”

13) Kemudian sayap binatang mulai bergerak. Sayap mengeluarkan suara yang kuat ketika sayap-sayap itu saling bersentuhan, dan roda depannya mulai mengeluarkan bunyi sekuat guruh.

14) Angin itu mengangkat aku lalu membawa aku. Aku sangat sedih dan bingung dalam rohku, tetapi aku merasakan kuasa TUHAN dalam diriku.

15) Aku pergi kepada orang Israel yang dipaksa tinggal di Tel-Abib di Sungai Kebar. Aku duduk di tengah-tengah mereka selama 7 hari, gemetar dan terdiam.

16) [Penjaga Israel] Setelah 7 hari, perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

17) “Anak manusia, Aku membuat engkau penjaga Israel. Aku akan mengatakan kepadamu tentang hal-hal yang jahat yang akan terjadi atas mereka, dan peringatkanlah Israel.

18) Jika Aku mengatakan, ‘Orang jahat itu akan mati,’ lalu peringatkanlah mereka. Katakan kepada mereka supaya bertobat dan tidak melakukan yang jahat. Jika engkau tidak memperingatkan mereka, mereka akan mati karena dosanya. Aku juga membuat engkau bertanggung jawab atas kematiannya, karena engkau tidak pergi kepada mereka dan menyelamatkannya.

19) Jika engkau memperingatkan mereka dan berkata kepadanya untuk bertobat dan tidak melakukan yang jahat, namun mereka tidak mau mendengarkannya, maka mereka mati karena dosanya. Namun, karena engkau memperingatkannya, engkau telah menyelamatkan hidupmu sendiri.

20) Jika orang baik tidak baik lagi dan mulai melakukan yang jahat, dan Aku mengirim sesuatu yang membuatnya tersandung dan berdosa, mereka akan mati karena dosanya. Namun, karena engkau tidak mengingatkannya atas hal-hal yang tidak baik yang dilakukannya, Aku akan membuat engkau bertanggung jawab atas kematiannya.

21) Jika engkau memperingatkan orang baik dan berkata kepada mereka untuk berhenti melakukan dosa, dan mereka mendengarkan nasihatmu dan berhenti berdosa, mereka tidak akan mati. Dengan cara itu engkau menyelamatkan hidupmu sendiri.”

22) Kuasa TUHAN datang kepadaku, kata-Nya, “Bangkitlah dan pergi ke lembah. Aku akan berbicara kepadamu di tempat itu.”

23) Jadi, aku berdiri dan pergi ke lembah. Kemuliaan TUHAN ada di sana — sama seperti yang kulihat di Terusan Kebar. Jadi, aku sujud dengan mukaku ke tanah.

24) Tetapi Roh Tuhan datang kepadaku dan mengangkat aku pada kakiku. Kata-Nya kepadaku, “Kembali dan berkurung dirilah di rumahmu.

25) Hai anak manusia, ada orang-orang yang akan datang dengan tali lalu mengikat engkau. Mereka tidak membiarkan engkau pergi dari tengah-tengah umat.

26) Aku akan membuat lidahmu menahan langit-langit mulutmu — engkau tidak dapat berbicara. Jadi, mereka tidak menghendaki ada orang yang mengajarnya bahwa mereka melakukan yang jahat, karena mereka selalu melawan Aku.

27) Aku akan berbicara dengan engkau baru Aku mengizinkanmu berbicara. Katakan kepada mereka, ‘Inilah pesan Tuhan ALLAH kita.’ Jika orang mau mendengarkannya, baiklah. Jika orang tidak mau mendengarkannya, baik, tetapi umat itu selalu melawan Aku.”

Pasal 4 (Total ayat 17)
1) [Peringatan tentang Pengepungan Yerusalem] “Anak manusia, ambil sebuah batu. Lukis sebuah gambar di atasnya. Ukir sebuah gambar kota — kota Yerusalem.

2) Dan kemudian bertindaklah selaku tentara yang mengepung kota. Bangun tanjakan tanah sekeliling kota untuk membantumu menaklukkannya. Bangun tanjakan tanah menuju tempat kota. Bawa alat pendobrak dan susun kemah pasukan sekeliling kota.

3) Kemudian ambil panci besi dan letakkan antara engkau dengan kota. Tampaknya seperti tembok besi yang memisahkanmu dengan kota. Dengan cara itu engkau menunjukkan bahwa engkau melawannya. Engkau akan mengepung kota lalu mengalahkannya. Itulah contoh buat keluarga Israel menunjukkan bahwa Aku akan membinasakan Yerusalem.

4) Kemudian berbaringlah pada sisi kirimu. Lakukan hal itu menunjukkan bahwa engkau mengambil dosa orang Israel pada dirimu sendiri. Engkau membawa dosa selama beberapa hari engkau berbaring pada sisi kirimu.

5) Engkau harus membawa dosa Israel selama 390 hari. Dengan cara itu Aku mengatakan kepadamu berapa lama engkau menghukum, satu hari sama dengan satu tahun.

6) Sesudah itu engkau berbaring pada sisi kananmu selama 40 hari. Sekarang engkau membawa dosa Yehuda selama 40 hari. Satu hari sama seperti satu tahun. Aku mengatakannya kepadamu.

7) Sekarang gulung lengan bajumu dan angkat tanganmu ke atas batu itu. Bertindaklah seakan-akan engkau menyerang kota Yerusalem. Lakukan itu menunjukkan bahwa engkau sedang berbicara selaku utusan-Ku kepada umat.

8) Sekarang perhatikan, Aku sedang mengikatmu dengan tali. Engkau tidak dapat berguling dari sisi yang satu ke sisi lainnya sampai engkau selesai menyerang kota itu.

9) Ambillah beberapa gandum untuk membuat roti. Ambil gandum, jelai, kacang merah besar, kacang merah kecil, padi-padian, dan terigu. Aduk semuanya dalam satu mangkuk dan giling untuk membuat tepung. Engkau akan memakai tepung itu menjadi bahan roti. Engkau memakan roti itu selama 390 hari, selama engkau berbaring pada sisimu.

10) Engkau diizinkan memakai hanya 1 mangkuk tepung setiap hari untuk membuat roti. Engkau makan roti itu dari waktu ke waktu sepanjang hari.

11) Dan engkau dapat minum hanya 3 mangkuk air setiap hari. Engkau dapat meminumnya dari waktu ke waktu sepanjang hari.

12) Buatlah roti untukmu setiap hari. Ambil kotoran manusia yang kering lalu bakar. Kemudian masak roti di atasnya. Makan roti itu di depan umat.”

13) Kemudian TUHAN mengatakan, “Itu menunjukkan bahwa keluarga Israel akan makan roti najis di negeri asing, dan Akulah satu-satunya yang memaksa mereka meninggalkan Israel dan pergi ke negeri itu.”

14) Kemudian aku mengatakan, “Ya, tetapi Tuhan ALLAH, aku tidak pernah memakan sesuatu makanan yang najis. Aku tidak pernah memakan daging binatang yang mati karena penyakit atau daging binatang yang dibunuh binatang liar. Aku tidak pernah memakan daging yang najis — sejak masa kecilku hingga hari ini. Tidak ada dari daging yang najis itu pernah masuk mulutku.”

15) Kemudian Allah berkata kepadaku, “Baiklah. Aku membiarkan engkau memakai kotoran lembu yang kering memasak rotimu. Tidak usah pakai kotoran manusia yang kering.”

16) Kemudian Allah berkata kepadaku, “Anak manusia, Aku membinasakan persediaan roti Yerusalem. Orang hanya mempunyai sedikit roti. Mereka sangat khawatir tentang persediaan makanannya dan hanya mempunyai sedikit air minum. Mereka sangat takut bila mereka minum air itu.

17) Hal itu disebabkan kurangnya makanan dan air untuk umat. Mereka merasa ngeri terhadap setiap orang lain ketika mereka memperhatikan setiap orang merana karena dosanya.”

Pasal 5 (Total ayat 17)
1) [Penduduk Yerusalem Tercerai-berai] “Anak manusia, setelah musim lapar berakhir, lakukanlah ini: Ambil sebuah pedang yang tajam dan pakai itu seperti pisau cukur. Cukur rambutmu dan jenggotmu. Letakkan rambutmu di atas timbangan lalu timbang. Bagilah rambutmu atas tiga bagian yang sama. Letakkan sepertiga rambutmu ke atas batu yang telah mempunyai gambar kota. Bakar rambutmu di ‘kota’ itu. Kemudian pakai pedang dan potong kecil-kecil sepertiga rambutmu di sekeliling kota. Kemudian lemparkan sepertiga rambutmu ke udara — biarlah angin menghembuskannya jauh-jauh. Hal itu menunjukkan bahwa Aku menghunus pedang-Ku dan mengusir beberapa orang ke negeri yang jauh.

(2) Sepertiga harus kaubakar dengan api di tengah-tengah kota itu sesudah berakhir waktu pengepungannya; sepertiga harus kauambil dan tetaklah dengan pedang itu sekelilingnya; dan sepertiga lagi hamburkanlah ke dalam angin, dan Aku akan menghunus pedang dari belakang mereka.

3) Kemudian ambil beberapa rambut itu dan bungkus dalam pakaianmu.

4) Ambil juga beberapa lagi rambut itu lalu lemparkan ke dalam api. Hal itu menunjukkan bahwa api mulai di sana dan membinasakan segenap rumah Israel.”

5) Kemudian Tuhan ALLAH berkata kepadaku, “Batu itu adalah gambaran Yerusalem. Aku membuat Yerusalem di tengah-tengah bangsa-bangsa lain dan semua negeri sekelilingnya.

6) Orang memberontak terhadap perintah-Ku. Mereka lebih buruk daripada bangsa-bangsa lain. Mereka lebih melanggar hukum-Ku daripada orang-orang di negeri sekitarnya. Mereka tidak mau mendengarkan perintah-Ku. Mereka tidak mematuhi hukum-Ku.”

7) Jadi, Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku akan melakukan hal itu karena kamu tidak mematuhi hukum dan perintah-Ku. Kamu tidak lebih mematuhi hukum-Ku daripada yang dilakukan orang-orang yang tinggal di sekitarmu, dan kamu melakukan yang diketahuinya salah.”

8) Jadi, Tuhan ALLAH mengatakan, “Sekarang bahkan Aku pun melawan kamu. Dan Aku akan menghukummu ketika orang lain memperhatikannya.

9) Aku melakukan terhadap kamu sesuatu yang belum pernah Kulakukan sebelumnya dan Aku tidak melakukan hal yang mengerikan itu lagi karena kamu telah melakukan begitu banyak hal yang mengerikan.

10) Umat di Yerusalem menjadi sedemikian lapar sehingga orang tua memakan anak-anaknya sendiri dan anak-anak memakan orang tuanya. Aku akan menghukum kamu dengan banyak cara, dan mereka yang masih hidup, Kuserakkan kepada angin.”

11) Tuhan ALLAH mengatakan, “Yerusalem, Aku berjanji dengan hidup-Ku bahwa Aku akan menghukummu. Aku berjanji akan menghukummu karena engkau melakukan hal yang mengerikan terhadap Tempat-Ku yang kudus. Engkau melakukan hal yang mengerikan yang membuatnya kotor. Aku akan menghukummu. Aku tidak akan menunjukkan belas kasihan apa pun. Aku tidak merasa kasihan kepadamu.

12) Sepertiga dari umatmu akan mati dalam kota oleh penyakit dan kelaparan. Sepertiga dari umatmu mati dalam pertempuran di luar kota, dan kemudian Aku menghunus pedang-Ku dan mengusir sepertiga umatmu ke negeri yang jauh.

13) Baru kemudian Aku menghentikan marah-Ku terhadap umatmu. Aku tahu bahwa mereka telah dihukum atas semua yang jahat yang dilakukannya terhadap Aku. Mereka tahu bahwa Akulah TUHAN, dan bahwa Aku telah berbicara kepada mereka karena kasih-Ku yang begitu besar terhadap mereka.”

14) Allah berkata, “Yerusalem, Aku membinasakanmu — engkau akan lenyap, hanya tinggal tumpukan batu. Orang-orang sekitarmu akan mengejekmu. Setiap orang yang melintas mengejekmu.

15) Orang-orang sekitarmu mengejekmu, tetapi engkau juga menjadi pelajaran bagi mereka. Mereka akan melihat bahwa Aku marah serta menghukum kamu. Aku sangat marah. Aku memperingatkan kamu. Aku TUHAN mengatakan kepadamu yang akan Kulakukan.

16) Aku mengatakan kepadamu bahwa Aku akan mengirim bahaya kelaparan kepadamu. Aku mengatakan kepadamu bahwa Aku mengirim hal-hal yang dapat membinasakanmu. Aku telah mengatakan kepadamu bahwa Aku mengambil persediaan makananmu dan masa kelaparan akan datang terus-menerus.

17) Aku telah mengatakan kepadamu bahwa kelaparan dan binatang liar melawan kamu yang akan membunuh anak-anakmu. Aku telah mengatakan kepadamu bahwa akan ada penyakit dan kematian di mana-mana di kota. Aku telah mengatakan kepadamu bahwa Aku membawa tentara musuh memerangimu. Aku, TUHAN, telah mengatakan kepadamu bahwa semua hal itu akan terjadi.”

Pasal 6 (Total ayat 14)
1) [Nubuat terhadap Israel] Kemudian perkataan TUHAN datang lagi kepadaku.

2) Kata-Nya, “Anak manusia, hadapkanlah mukamu ke gunung-gunung Israel. Berbicaralah kepada mereka karena Aku.

3) Katakan ini kepada gunung-gunung: ‘Hai gunung-gunung Israel, dengar pesan dari Tuhan ALLAH. Tuhan ALLAH mengatakan hal-hal ini kepada bukit-bukit, gunung-gunung, alur-alur sungai, dan lembah-lembah. Lihatlah, Aku membawa musuh memerangimu. Aku membinasakan tempat-tempatmu yang tinggi.

4) Mezbahmu menjadi pecahan. Pedupaanmu akan hancur, dan Aku melemparkan mayatmu di depan berhalamu yang mengerikan.

5) Aku akan meletakkan mayat orang Israel di depan berhala mereka yang keji itu. Aku menyerakkan tulang-tulangmu sekitar mezbahmu.

6) Hal-hal yang jahat akan terjadi di mana saja umatmu tinggal. Kota-kotanya akan menjadi tumpukan batu. Tempat-tempat tinggi mereka akan binasa, tempat-tempat penyembahan itu tidak akan pernah lagi dipakai. Mezbah akan semua binasa. Orang tidak akan pernah lagi menyembah berhala-berhala yang keji. Pedupaan akan hancur. Segala sesuatu yang kamu buat akan binasa seluruhnya.

7) Umatmu akan dibunuh, dan kemudian kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.’”

8) Allah berkata, “Aku akan membiarkan beberapa umatmu melarikan diri. Mereka tinggal di negeri asing buat sementara. Aku membuat mereka berserak dan memaksanya tinggal di negeri asing.

9) Dan orang-orang yang luput akan ditawan. Mereka dipaksa tinggal di negeri asing, tetapi mereka akan mengingat Aku. Aku membuka hatinya. Mereka akan membenci dirinya sendiri karena kejahatan yang dilakukannya. Pada masa lalu, mereka berbalik dari Aku dan meninggalkan Aku. Mereka mengusir berhalanya yang keji itu. Mereka seperti perempuan yang meninggalkan suaminya dan pergi bersama orang lain. Mereka melakukan banyak hal yang mengerikan,

10) mereka tahu bahwa Akulah TUHAN. Kemudian mereka tahu bahwa jika Aku mengatakan, Aku akan melakukan sesuatu, lalu Aku melakukannya. Mereka tahu bahwa Akulah yang membuat semua kesusahan yang terjadi atas mereka.”

11) Kemudian Tuhan ALLAH berkata kepadaku, “Bertepuk tanganlah dan gertakkan kakimu. Lawanlah semua hal yang mengerikan yang telah dilakukan orang Israel. Peringatkan mereka bahwa mereka akan dibunuh oleh penyakit dan kelaparan. Katakan kepadanya bahwa mereka akan dibunuh dalam perang.

12) Orang yang jauh mati oleh penyakit. Orang yang dekat ke tempat itu dibunuh dengan pedang, dan mereka yang masih tinggal di kota mati kelaparan. Kemudian Aku berhenti marah

13) lalu kamu tahu bahwa Akulah TUHAN. Kamu tahu bila kamu melihat mayatmu di depan berhalamu yang keji itu dan sekeliling mezbahnya. Mayat-mayat dekat pada setiap orang di tempatmu untuk disembah — pada setiap bukit dan gunung yang tinggi, telah memberikan setiap pohon yang hijau dan setiap pohon ek yang berdaun. Di semua tempat kamu mempersembahkan persembahanmu, yang bau harumnya seperti mur untuk berhala yang keji.

14) Aku akan mengangkat tangan-Ku atasmu dan membunuhmu dan umatmu, di mana saja pun mereka tinggal. Aku membinasakan negerimu. Dan negeri itu menjadi lebih sunyi daripada Padang gurun Dibla, lalu mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 7 (Total ayat 27)
1) [Malapetaka Terjadi atas Yerusalem] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku.

2) Kata-Nya, “Sekarang anak manusia, inilah pesan dari Tuhan ALLAH. Pesan ini untuk tanah Israel. Berakhir. Kesudahan telah datang. Seluruh negeri akan binasa.

3) Kesudahanmu datang sekarang. Aku akan menunjukkan betapa marah Aku terhadapmu. Aku akan menghukummu karena kejahatan yang kamu lakukan. Aku membuatmu membayar atas semua hal yang mengerikan yang kamu lakukan.

4) Aku tidak menunjukkan belas kasihan apa pun kepadamu. Aku tidak merasa kasihan kepadamu. Aku menghukummu karena kejahatan yang kamu lakukan. Kamu telah melakukan hal yang mengerikan. Sekarang kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.”

5) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Akan terjadi malapetaka berturut-turut.

6) Kesudahan akan datang dan datang segera.

7) Kamu orang yang tinggal di Israel, apakah kamu mendengar siulan itu? Musuh akan datang. Masa hukuman datang sangat segera. Suara musuh semakin kuat di gunung-gunung.

8) Sekarang dengan segera, Aku menunjukkan kepadamu betapa marahnya Aku. Aku menunjukkan semua amarah-Ku terhadap kamu. Aku menghukummu karena kejahatan yang kamu lakukan. Aku membuat kamu membayar atas semua hal yang mengerikan yang kamu lakukan.

9) Aku tidak akan menunjukkan belas kasihan apa pun kepadamu. Aku tidak merasa kasihan kepadamu. Aku menghukummu karena kejahatan yang kamu lakukan. Kamu telah melakukan hal yang mengerikan. Sekarang kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.

10) Masa hukuman telah datang seperti tanaman yang bertunas, berpucuk, dan berbunga: Allah telah memberikan tanda, musuh telah siap, raja yang sombong (Nebukadnezar) telah siap.

11) Orang kejam itu telah siap menghukum orang jahat. Banyak orang di Israel — tetapi ia bukan salah satu dari mereka. Ia bukan seorang dari orang banyak itu. Ia bukan seorang pemimpin yang penting.

12) Masa hukuman telah datang. Harinya sudah tiba. Orang yang membeli sesuatu tidak akan bergembira, dan orang yang menjual sesuatu tidak merasa sedih tentang penjualan itu karena hukuman yang ngeri akan terjadi terhadap setiap orang.

13) Orang yang menjual hartanya tidak pernah kembali kepadanya. Bahkan jika seseorang hidup dengan melarikan diri, mereka tidak pernah kembali kepada hartanya, karena penglihatan itu adalah untuk seluruh orang banyak. Jadi, jika orang hidup karena melarikan diri, hal itu tidak membuatnya merasa lebih baik.

14) Mereka akan meniup terompet untuk memperingatkan orang. Orang akan siap bertempur, tetapi mereka tidak pergi berperang, karena Aku akan menunjukkan kepada semua orang banyak betapa marahnya Aku.

15) Musuh dengan pedangnya ada di luar kota. Penyakit dan kelaparan ada dalam kota. Jika orang pergi ke ladang, tentara musuh akan membunuhnya. Jika mereka tinggal di kota, kelaparan dan penyakit akan membinasakannya,

16) tetapi beberapa orang akan melarikan diri. Orang yang luput lari ke gunung-gunung, tetapi mereka tidak akan senang. Mereka menjadi sedih atas semua dosanya. Mereka menangis dan membuat suara sedih seperti merpati.

17) Mereka juga menjadi lelah dan sedih mengangkat tangannya. Kaki mereka menjadi seperti air.

18) Mereka akan memakai pakaian kabung dan diliputi ketakutan. Kamu akan melihat aib pada setiap muka. Mereka mencukur kepalanya menunjukkan kesedihannya.

19) Mereka melemparkan berhala peraknya ke jalan-jalan. Mereka memperlakukan patung emasnya seperti kain kotor karena barang-barang itu tidak akan dapat menyelamatkannya, bila TUHAN menunjukkan amarah-Nya. Hal itu tidak berarti, hanya jerat yang membuat orang jatuh. Mereka tidak memberikan makanan kepada orang dan tidak memasukkan makanan ke dalam perutnya.

20) Mereka memakai perhiasannya yang indah dan membuat berhala. Mereka bangga atas patung itu. Mereka membuat patung-patung yang keji. Mereka membuat hal yang keji. Jadi, Aku akan melemparkan mereka seperti kain kotor.

21) Aku membiarkan orang asing mengambil mereka. Orang asing akan mengejeknya. Mereka membunuh beberapa orang dan membawa yang lain selaku tawanan.

22) Aku akan buang muka — Aku tidak akan melihat mereka. Orang asing akan merusak Rumah-Ku — mereka masuk ke dalam bagian rahasia dari bangunan kudus itu dan membuatnya tidak kudus.

23) Buatlah rantai untuk tawanan karena banyak orang akan dihukum, sebab membunuh orang lain. Setiap tempat di kota menjadi tempat yang kejam.

24) Aku akan membawa orang jahat dari bangsa-bangsa lain, dan mereka mendapat semua rumah orang Israel. Aku akan menghentikan semua orang berkuasa dari kesombongannya. Orang dari bangsa-bangsa lain mendapat semua tempat penyembahanmu.

25) Kamu akan gemetar ketakutan. Kamu mencari damai, tetapi tidak ada.

26) Kamu akan mendengar satu cerita sedih setelah cerita lainnya. Kamu tidak mendengar sesuatu kecuali berita buruk. Kamu mencari nabi dan meminta penglihatan kepadanya. Imam-imam tidak mempunyai sesuatu bagimu, dan para pemimpin tidak mempunyai sesuatu nasihat untuk diberikan kepadamu.

27) Rajamu akan menangisi orang yang mati. Para pemimpin memakai pakaian kabung. Orang biasa menjadi sangat takut karena Aku membalaskan kepada mereka yang dilakukannya. Aku akan memutuskan hukumannya, dan menghukumnya, lalu mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 8 (Total ayat 18)
1) [Kekejian Terdapat di Rumah Tuhan] Pada suatu hari aku, Yehezkiel, duduk di rumahku, dan para pemimpin Yehuda duduk di depanku. Itu terjadi pada hari kelima bulan keenam tahun keenam. Tiba-tiba, kuasa Tuhan ALLAH datang padaku.

2) Aku melihat sesuatu tampaknya seperti api. Dari pinggang ke bawah seperti api. Dari pinggang ke atas, terang dan bersinar seperti besi panas dalam api.

3) Kemudian aku melihat sesuatu tampaknya seperti tangan. Tangan itu diulurkan dan menangkap rambut yang ada di kepalaku. Kemudian Roh Tuhan mengangkat aku ke angkasa, dan dalam penglihatan Allah, Ia membawa aku ke Yerusalem. Ia membawa aku ke gerbang dalam — pintu gerbang di bagian utara. Patung yang membuat Allah cemburu terdapat di gerbang itu.

4) Kemuliaan Allah Israel ada di sana, Kemuliaan itu tampaknya seperti penglihatan yang telah kulihat di lembah.

5) Allah berbicara kepadaku, kata-Nya, “Anak manusia, pandanglah ke utara.” Jadi, aku memandang, dan di sebelah utara Gerbang Mezbah dekat jalan masuk ada patung yang membuat Allah cemburu.

6) Kemudian Allah berkata kepadaku, “Anak manusia, apakah engkau melihat hal yang mengerikan yang sedang dilakukan orang Israel? Mereka membangunnya di situ, dekat ke Rumah-Ku. Dan jika engkau datang bersama Aku, engkau bahkan akan melihat hal yang lebih menjijikkan lagi.”

7) Jadi, aku pergi ke jalan masuk ke pelataran, dan aku melihat lubang pada dinding.

8) Allah berkata kepadaku, “Anak manusia, buatlah lubang pada dinding.” Jadi, aku membuat lubang pada dinding, dan aku melihat sebuah pintu.

9) Kemudian Allah berkata kepadaku, “Masuk ke dalam dan lihatlah hal-hal yang jahat dan menjijikkan yang sedang dilakukan orang di sana.”

10) Jadi, aku pergi ke dalam dan melihat. Aku melihat patung semua jenis binatang melata dan binatang yang aku benci mengingatnya. Patung itu ialah berhala yang keji yang disembah orang Israel. Ada gambar binatang diukir pada sekeliling tembok.

11) Kemudian aku perhatikan bahwa Yaazanya anak Safam dan 70 pemimpin Israel bersama orang banyak menyembah di tempat itu. Di sana mereka duduk di depan umat, dan setiap pemimpin mempunyai kemenyannya sendiri dan makanan di tangannya. Asap dari kemenyan yang dibakar itu naik ke udara.

12) Kemudian Allah berkata kepadaku, “Anak manusia, apakah engkau lihat yang dilakukan para pemimpin Israel dalam yang gelap? Setiap orang mempunyai kamar tersendiri untuk dewanya sendiri. Mereka berkata kepada diri sendiri, ‘TUHAN tidak dapat melihat kita. TUHAN telah meninggalkan negeri ini.’”

13) Kemudian kata-Nya kepadaku, “Jika engkau datang bersama Aku, engkau akan melihat yang lebih menjijikkan lagi yang dilakukan orang-orang itu.”

14) Kemudian Allah membawa aku ke jalan masuk Bait TUHAN. Pintu gerbang itu di sebelah utara. Aku melihat perempuan-perempuan duduk di sana dan menangis. Mereka sedih tentang dewa Tamus.

15) Allah berkata kepadaku, “Anak manusia, apakah engkau melihat hal-hal yang mengerikan itu? Datanglah bersama Aku dan engkau akan melihat hal-hal bahkan yang lebih buruk lagi.”

16) Kemudian Dia membawa aku ke pelataran bagian dalam Bait TUHAN. Di tempat itu, aku melihat 25 orang bersujud dan menyembah. Mereka ada di antara serambi muka dan mezbah — tetapi mereka menghadap ke arah yang salah. Mereka membelakangi Tempat Kudus TUHAN. Mereka bersujud menyembah matahari.

17) Kemudian Allah mengatakan, “Anak manusia, apakah engkau melihat itu? Orang Yehuda menganggap bahwa Rumah-Ku tidak penting, sehingga mereka melakukan hal yang mengerikan di Rumah-Ku. Negeri itu penuh dengan kekerasan, dan mereka terus melakukan hal yang membuat Aku marah. Lihatlah, mereka memakai cincin pada hidungnya memuliakan bulan sebagai dewa palsu.

18) Aku akan menunjukkan amarah-Ku kepada mereka. Aku tidak akan menunjukkan belas kasihan apa pun kepada mereka. Aku tidak merasa kasihan terhadap mereka. Mereka akan berteriak kepada-Ku — tetapi Aku tidak mau mendengarkannya.”

Pasal 9 (Total ayat 11)
1) [Utusan Allah Menghukum Yerusalem] Kemudian Allah berseru kepada para pemimpin untuk menghukum kota. Setiap pemimpin mempunyai senjata perusak di tangannya.

2) Kemudian aku melihat enam orang berjalan di jalan pintu gerbang atas. Pintu gerbang itu ada di bagian utara. Setiap orang mempunyai senjata yang mematikan di tangannya. Salah satu orang itu memakai pakaian lenan. Ia memakai alat penulis dan tinta pada punggungnya. Orang-orang itu pergi ke mezbah tembaga di Rumah Tuhan dan berdiri di sana.

3) Kemudian kemuliaan Allah Israel bangkit dari atas malaikat kerub tempatnya berada. Kemudian kemuliaan pergi ke sebuah pintu Rumah Tuhan. Ia berhenti ketika ia ada di atas ambang pintu. Kemudian dia memanggil orang yang berpakaian lenan dan yang mempunyai alat tulis serta tinta itu.

4) Kemudian TUHAN berkata kepadanya, “Pergilah lewat kota Yerusalem. Buat sebuah tanda pada dahi setiap orang yang merasa sedih dan bingung tentang semua hal yang mengerikan yang dilakukan orang di kota ini.”

5) Kemudian aku mendengar Allah berkata kepada orang lain, “Aku mau kamu mengikut orang pertama itu. Bunuhlah semua mereka yang tidak mempunyai tanda pada dahinya. Tidak soal apakah mereka pemimpin, orang muda, atau perempuan muda, anak-anak, atau ibu-ibu — pakailah senjatamu dan bunuh setiap orang yang tidak mempunyai tanda pada dahinya. Jangan tunjukkan belas kasihan apa pun. Jangan merasa kasihan kepada siapa pun. Mulai dari Rumah-Ku.” Jadi, mereka mulai dengan para pemimpin di depan Bait Tuhan.

(6) Orang-orang tua, teruna-teruna dan dara-dara, anak-anak kecil dan perempuan-perempuan, bunuh dan musnahkan! Tetapi semua orang yang ditandai dengan huruf T itu, jangan singgung! Dan mulailah dari tempat kudus-Ku!” Lalu mereka mulai dengan tua-tua yang berada di hadapan Bait Suci.

7) Allah berkata kepada mereka, “Buat Rumah-Ku itu najis — penuhi pelatarannya dengan mayat. Sekarang berangkatlah.” Jadi, mereka pergi dan membunuh orang di kota.

8) Aku berdiri di sana ketika mereka pergi membunuh orang. Aku sujud dengan mukaku ke tanah dan mengatakan, “Ya Tuhan ALLAH, dalam menunjukkan amarah-Mu terhadap Yerusalem, apakah Engkau membunuh semua yang hidup di Israel?”

9) Allah berkata, “Keluarga Israel dan Yehuda telah melakukan banyak dosa kejahatan. Orang-orang dibunuh di mana-mana di negeri ini, dan kota penuh dengan kekejaman. Mereka berkata kepada dirinya sendiri, ‘TUHAN telah meninggalkan negeri ini. TUHAN tidak dapat melihat yang kita lakukan.’

10) Jadi, Aku tidak akan menunjukkan belas kasihan apa pun. Aku tidak merasa kasihan terhadap orang itu. Mereka mendatangkannya untuk dirinya sendiri. Aku hanya memberikan hukuman kepada mereka sesuai dengan perbuatannya.”

11) Kemudian orang memakai pakaian lenan dan alat penulis dan tinta dan berbicara. Katanya, “Aku telah melakukan yang Kauperintahkan.”

Pasal 10 (Total ayat 22)
1) [Kemuliaan Tuhan Meninggalkan Rumah-Nya] Kemudian aku memandang pada mangkuk di atas kepala malaikat kerub. Mangkuk itu tampaknya biru cerah seperti permata lazurit, dan ada sesuatu yang tampaknya seperti takhta di atasnya.

2) Kemudian kata-Nya kepada orang yang berpakaian lenan itu, “Masuklah ke tempat di antara roda itu di bawah malaikat kerub. Ambil segenggam batu bara yang membara dari antara malaikat kerub dan pergi melemparkannya ke atas kota Yerusalem.” Orang itu berjalan melewati aku.

3) Malaikat kerub sedang berdiri di daerah selatan Bait Tuhan ketika orang itu berjalan menuju mereka. Awan memenuhi pelataran bagian dalam.

4) Kemudian kemuliaan TUHAN naik dari atas malaikat kerub pergi ke ambang pintu Rumah-Nya, lalu awan memenuhi Rumah itu, dan cahaya terang kemuliaan TUHAN memenuhi seluruh pelataran.

5) Suara sayap malaikat kerub dapat didengar semua jalan keluar di pelataran bagian luar. Suara itu sangat kuat — seperti suara guruh ketika Allah Yang Mahakuasa berbicara.

6) Allah telah memberikan perintah kepada orang yang berpakaian lenan. Dia mengatakan kepadanya untuk memasuki daerah antara roda di tengah-tengah malaikat kerub dan mengambil beberapa bara api. Jadi, orang itu pergi ke sana dan berdiri dekat roda.

7) Salah satu malaikat kerub mengulurkan tangannya dan membawa beberapa bara yang panas dari daerah antara malaikat kerub. Ia menuangkan bara itu ke tangan orang itu, dan orang itu meninggalkannya.

8) Malaikat kerub mempunyai yang tampaknya seperti tangan manusia di bawah sayapnya.

9) Kemudian aku memperhatikan bahwa di sana ada empat roda. Ada satu roda pada setiap malaikat kerub. Dan roda itu tampaknya seperti perhiasan yang kuning cerah.

10) Ada empat roda dan semua tampaknya sama. Tampaknya ada satu roda di dalam roda.

11) Roda-roda itu dapat masuk ke setiap penjuru bila berpindah, tetapi malaikat kerub tidak berputar ketika roda itu bergeser. Roda-roda itu pergi ke jurusan yang dilihat oleh yang di muka. Mereka tidak berputar apabila mereka bergerak.

12) Ada mata pada semua badannya. Ada mata pada punggungnya, pada lengannya, pada sayapnya, dan pada rodanya — pada keempat roda.

13) Roda-roda itulah yang kudengar memanggil, “Daerah di antara roda-roda.”

14) Setiap malaikat kerub mempunyai empat muka. Yang pertama muka kerub, yang kedua muka manusia, yang ketiga muka singa, dan yang keempat muka burung rajawali. Setelah kuperhatikan, itulah binatang yang kulihat dalam penglihatan dekat Terusan Kebar yaitu malaikat kerub. Kemudian malaikat kerub naik ke angkasa,

(15) Kerub-kerub itu naik ke atas. Itulah makhluk-makhluk hidup yang dahulu kulihat di tepi sungai Kebar.

16) dan roda itu naik bersamanya. Ketika malaikat kerub mengembangkan sayapnya dan terbang ke angkasa, roda itu tidak berputar.

17) Jika mereka terbang ke angkasa, roda itu pergi dengan mereka. Jika mereka berhenti, maka roda itu juga berhenti, karena roh makhluk hidup ada dalam mereka.

18) Kemudian Kemuliaan TUHAN naik dari ambang pintu Rumah-Nya, pindah ke tempat di atas malaikat kerub, dan berhenti di sana.

19) Kemudian malaikat kerub mengembangkan sayapnya dan terbang ke angkasa. Aku melihatnya berangkat. Roda itu pergi dengan mereka. Kemudian mereka berhenti pada pintu gerbang sebelah timur Bait TUHAN. Kemuliaan Allah Israel ada di angkasa di atas mereka.

20) Itulah makhluk hidup di bawah Kemuliaan Allah Israel dalam penglihatan di Terusan Kebar, dan sekarang aku perhatikan itu adalah malaikat kerub.

21) Setiap makhluk hidup mempunyai empat muka, empat sayap, dan sesuatu yang tampaknya seperti tangan manusia di bawah sayapnya.

22) Muka malaikat kerub sama seperti empat muka pada makhluk hidup dalam penglihatan dekat Terusan Kebar, dan mereka semua tampaknya maju terus ke tujuan perjalanannya.

Pasal 11 (Total ayat 25)
1) [Nubuat Melawan Para Pemimpin] Kemudian Roh Tuhan membawa aku ke pintu gerbang sebelah timur Bait TUHAN. Pintu gerbang itu menghadap timur. Aku melihat 25 orang di jalan masuk pintu gerbang itu. Beberapa pemimpin ada di tengah-tengahnya, termasuk Yaazanya anak Azur dan Pelaca anak Benaya.

2) Kemudian Allah berbicara kepadaku dan mengatakan, “Anak manusia, merekalah yang membuat rencana jahat untuk kota itu. Mereka selalu mengatakan umat melakukan yang jahat.

3) Mereka berkata, ‘Kami segera membangun rumah kami kembali. Kami selamat di kota itu seperti daging dalam periuk.’

4) Jadi, katakan kepada orang itu demi Aku. Anak manusia, pergi bernubuat kepada umat.”

5) Kemudian Roh TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya kepadaku, “Katakan kepada mereka bahwa demikianlah pesan TUHAN, Rumah Israel, kamu merencanakan hal yang besar, tetapi Aku tahu yang kamu pikirkan.

6) Kamu telah membunuh banyak orang di kota itu. Kamu telah memenuhi jalan-jalan dengan mayat.

7) Sekarang Tuhan ALLAH kita berkata demikian: ‘Mayat adalah daging, dan kota adalah periuk, tetapi ia (Nebukadnezar) akan datang dan mengambil kamu dari periuk yang aman itu.

8) Kamu takut akan pedang, tetapi Aku membawa pedang kepadamu.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH kita.

9) Allah juga mengatakan, “Aku akan mengambil kamu dari kota itu dan memberikan kamu kepada orang asing. Aku menghukum kamu.

10) Kamu akan mati oleh pedang. Aku menghukum kamu di Israel supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.

11) Ya, tempat itu akan menjadi periuk masak, dan kamu menjadi daging yang dimasak di dalamnya. Aku akan menghukum kamu di Israel.

12) Kemudian kamu tahu bahwa Akulah TUHAN. Itulah hukum-Ku yang telah kamu langgar. Kamu tidak mematuhi perintah-Ku. Kamu memutuskan untuk tinggal seperti bangsa-bangsa sekelilingmu.”

13) Segera setelah aku selesai berbicara untuk Allah, Pelaca anak Benaya mati. Aku jatuh ke tanah. Aku sujud dengan mukaku menyentuh tanah dan berkata, “Ya, Tuhan ALLAH, Engkau akan membinasakan semua yang hidup di Israel.”

14) [Nubuat Melawan Yang Hidup di Yerusalem] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku, kata-Nya,

15) “Anak manusia, ingatlah saudara-saudaramu, keluarga Israel. Mereka dipaksa meninggalkan negerinya, tetapi Aku membawa mereka kembali. Sekarang orang yang tinggal di Yerusalem mengatakan, ‘Menjauhlah dari TUHAN. Tanah itu telah diberikan kepada kita — itu milik kita.’

16) Jadi, katakan ini kepada mereka: Tuhan ALLAH kita mengatakan, ‘Benar, Aku telah memaksa umat-Ku pergi jauh kepada bangsa-bangsa lain. Aku telah menyerakkan mereka di tengah-tengah banyak negeri. Aku sendiri akan menjadi seperti Bait Tuhan bagi mereka sementara mereka di negeri asing.

17) Katakanlah kepada umat itu bahwa Tuhan ALLAH mereka akan membawanya kembali. Aku telah menyerakkan kamu di tengah-tengah banyak bangsa, tetapi Aku akan mengumpulkanmu dan membawamu kembali dari bangsa-bangsa itu. Aku memberikan tanah Israel kembali kepadamu.

18) Dan apabila umat-Ku kembali, mereka membinasakan semua berhala yang ngeri dan keji yang ada di sana sekarang.

19) Aku akan membawa mereka bersama-sama dan membuat mereka seperti satu orang. Aku akan menaruh roh baru ke dalam mereka. Aku mengambil hati batu dan menaruh hati yang sebenarnya pada tempatnya.

20) Kemudian mereka mematuhi hukum-Ku. Mereka akan mematuhi perintah-Ku. Mereka melakukan hal-hal yang Kukatakan kepada mereka. Mereka sungguh-sungguh menjadi umat-Ku, dan Aku menjadi Allahnya.’”

21) Kemudian Allah mengatakan, “Sekarang hati mereka ialah milik berhala yang ngeri dan keji, dan Aku harus menghukum umat itu atas kejahatan yang dilakukannya.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

22) Dan kemudian malaikat kerub mengembangkan sayapnya dan terbang ke angkasa. Roda itu pergi bersamanya. Kemuliaan Allah Israel ada di atas mereka.

23) Kemuliaan TUHAN naik ke angkasa dan meninggalkan Yerusalem. Ia berhenti di atas bukit sebelah timur Yerusalem.

24) Kemudian Roh Tuhan mengangkat aku ke angkasa dan membawa aku kembali ke Babel. Angin itu membawa aku kembali kepada orang yang memaksa meninggalkan Israel. Aku melihat semuanya itu. Kemudian yang kulihat dalam penglihatan naik ke angkasa dan meninggalkan aku.

25) Dan aku berbicara kepada umat di pembuangan. Aku mengatakan kepada mereka tentang segala sesuatu yang telah ditunjukkan TUHAN kepadaku.

Pasal 12 (Total ayat 28)
1) [Yehezkiel Berangkat seperti Orang Buangan] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, engkau tinggal di tengah-tengah umat pemberontak yang selalu melawan Aku. Mereka mempunyai mata untuk melihat yang telah Kulakukan bagi mereka, tetapi mereka tidak melihatnya. Mereka mempunyai telinga untuk mendengar yang telah Kukatakan kepada mereka untuk dikerjakan, tetapi mereka tidak mendengarkan perintah-Ku, karena mereka umat pemberontak.

3) Jadi, anak manusia, ikat tasmu. Bertindaklah seakan-akan engkau pergi ke negeri yang jauh. Lakukanlah itu sehingga orang dapat melihatmu. Mungkin mereka akan melihatmu — tetapi mereka umat yang sangat memberontak.

4) Selama siang hari, bawa tasmu ke luar supaya orang dapat melihatmu. Kemudian pada malam hari, bertindaklah seperti tawanan yang akan pergi ke negeri yang jauh.

5) Ketika orang memperhatikan, buatlah lubang pada dinding dan pergi melalui lubang pada dinding itu.

6) Pada malam hari, pikullah tasmu di atas bahumu lalu berangkat. Tutuplah mukamu supaya engkau tidak dapat melihat ke mana engkau pergi. Lakukanlah itu supaya orang dapat melihatmu, karena Aku memakaimu sebagai contoh kepada keluarga Israel.”

7) Jadi, aku melakukan yang diperintahkan kepadaku. Selama siang hari, aku membawa tasku dan bertindak seakan-akan aku pergi ke tempat yang jauh. Malamnya aku membuat lubang pada dinding dengan tanganku. Pada malam hari aku membawa tasku di atas bahuku lalu berangkat. Aku melakukannya supaya semua orang dapat melihat aku.

8) Besok paginya, perkataan TUHAN datang kepadaku. Katanya,

9) “Anak manusia, apakah umat pemberontak Israel bertanya kepadamu apa yang kaulakukan?

10) Katakan kepada mereka apa yang dikatakan Tuhan ALLAH. Berita sedih itu adalah tentang pemimpin Yerusalem dan semua orang Israel yang tinggal di sana.

11) Katakan kepada mereka, ‘Aku adalah contoh untuk kamu semua. Apa yang telah kulakukan akan benar-benar terjadi padamu.’ Kamu benar-benar akan dipaksa pergi ke negeri yang jauh selaku tawanan.

12) Dan pemimpinmu membuat lubang pada dinding dan pergi keluar pada malam hari. Ia menutup mukanya supaya orang tidak mengenalnya. Matanya tidak dapat melihat ke mana pergi.

13) Ia berusaha melarikan diri, tetapi Aku akan menangkapnya. Ia akan tertangkap dalam jerat-Ku. Kemudian Aku membawanya ke Babel — tanah orang Babel. Ia tidak dapat melihat ke mana ia pergi.

14) Aku akan memaksa rakyat raja tinggal di negeri asing sekeliling Israel dan Aku menyerakkan pasukannya kepada angin. Tentara musuh akan mengejar mereka.

15) Kemudian mereka tahu bahwa Akulah TUHAN. Mereka tahu bahwa Aku menyerakkan mereka di tengah-tengah bangsa-bangsa. Mereka tahu bahwa Aku memaksa mereka pergi ke negeri asing.

16) Aku akan membiarkan beberapa orang tinggal. Mereka tidak mati karena penyakit, kelaparan, dan perang. Aku membiarkan mereka tinggal sehingga mereka dapat mengatakan kepada orang lain tentang hal yang mengerikan yang dilakukannya terhadap Aku. Kemudian mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

17) [Gemetarlah Dengan Ketakutan] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

18) “Anak manusia, bertindaklah seakan-akan engkau sangat takut. Engkau harus gemetar bila engkau memakan makananmu. Engkau bertindak seakan-akan engkau khawatir bila engkau meminum airmu.

19) Katakanlah ini kepada orang banyak, ‘Inilah pesan Tuhan ALLAH kita kepada orang di Yerusalem dan di bagian lain Israel. Kamu akan sangat khawatir bila kamu makan makananmu. Kamu menjadi takut bila kamu minum airmu, karena segala sesuatu di negerimu akan binasa. Musuh akan sangat kejam terhadap semua orang yang tinggal di sana.

20) Banyak orang tinggal di kota-kotamu sekarang, tetapi kota-kota itu menjadi reruntuhan. Seluruh negerimu akan binasa. Kemudian kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.’”

21) [Malapetaka Akan Terjadi] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

22) “Anak manusia, mengapa orang mengatakan puisi ini tentang tanah Israel: Kesusahan tidak akan datang segera, penglihatan tidak akan terjadi.

23) Katakan kepada orang itu bahwa Tuhan ALLAH mereka akan menghentikan puisi itu. Mereka tidak berkata tentang Israel lagi. Sekarang mereka mengatakan puisi ini: Kesusahan akan datang segera, penglihatan akan terjadi.

24) Benar, tidak akan ada lagi penglihatan palsu di Israel. Tidak ada lagi tukang tenung yang mengatakan hal-hal yang tidak benar datang

25) karena Aku TUHAN, dan apa saja yang Kuperintahkan supaya terjadi, akan terjadi. Aku tidak membiarkan waktu tertunda-tunda. Kesusahan itu segera datang — dalam masa hidupmu sendiri. Kamu umat pemberontak, bila Aku mengatakan sesuatu, Aku membuatnya terjadi.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

26) Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

27) “Anak manusia, orang Israel berpikir bahwa penglihatan yang Kuberikan kepadamu untuk masa depan. Mereka menganggap engkau berbicara tentang hal-hal yang akan terjadi beberapa tahun dari sekarang.

28) Jadi, katakan kepada mereka demikian, ‘Tuhan ALLAH berkata: Aku tidak akan menunda-nundanya lagi. Jika Aku mengatakan sesuatu akan terjadi, itu akan terjadi.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 13 (Total ayat 23)
1) [Peringatan tentang Nabi Palsu] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, bicaralah kepada nabi-nabi Israel demi Aku. Mereka mengatakan sesuatu yang ingin dikatakannya. Jadi, bicaralah kepada mereka. Katakan kepada mereka hal ini, ‘Dengarkan pesan dari TUHAN.

3) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH. Hal yang buruk akan terjadi kepadamu nabi-nabi yang bodoh. Kamu mengikuti pikiranmu sendiri. Kamu tidak mengatakan kepada orang yang sebenarnya kamu lihat dalam penglihatan.

4) Israel, nabi-nabimu akan seperti anjing hutan berlari melalui bangunan yang sunyi dan rusak.

5) Kamu tidak membuat tentara dekat tembok kota yang runtuh. Kamu tidak membangun tembok melindungi keluarga Israel. Jadi, apabila harinya datang bagi TUHAN menghukummu, kamu akan kalah berperang.

6) Nabi-nabi palsu berkata bahwa mereka melihat penglihatan. Mereka melakukan tenungannya dan berkata bahwa sesuatu akan terjadi, tetapi mereka berdusta. Mereka berkata bahwa TUHAN mengutusnya, tetapi TUHAN tidak mengutus mereka. Dan mereka masih menganggap bahwa apa yang telah dikatakannya akan terjadi.

7) Hai nabi-nabi palsu, penglihatan yang kamu lihat tidak benar. Yang kamu lakukan adalah tenunganmu dan mengatakan sesuatu akan terjadi, tetapi kamu berdusta. Kamu berkata bahwa TUHAN mengatakan hal itu, tetapi Aku tidak mengatakannya kepadamu.’”

8) Jadi sekarang, Tuhan ALLAH sungguh-sungguh berbicara, kata-Nya, “Kamu berdusta. Kamu melihat penglihatan yang tidak benar. Jadi, sekarang Aku melawanmu.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

9) TUHAN berkata, “Aku akan menghukum nabi-nabi yang melihat penglihatan palsu dan berdusta. Aku memindahkan mereka dari umat-Ku. Nama mereka tidak akan ada dalam daftar keluarga Israel. Mereka tidak lagi datang ke tanah Israel lalu kamu tahu Akulah Tuhan ALLAH.

10) Terus-menerus nabi-nabi palsu itu berdusta kepada umat-Ku. Mereka berkata akan ada damai, dan tidak ada damai. Orang-orang perlu memperkuat tembok dan bersiap untuk perang, tetapi mereka hanya memasang plesteran tipis pada tembok yang rusak.

11) Katakan kepada mereka bahwa Aku mengirim hujan batu dan hujan deras. Angin akan bertiup dengan keras dan angin topan datang lalu tembok runtuh.

12) Tembok akan runtuh lalu orang bertanya kepada nabi-nabi, ‘Apa yang terjadi pada plesteran yang kamu buat pada tembok itu?’”

13) Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku marah dan mengirim badai melawanmu. Aku marah dan mengirim hujan deras. Aku marah dan membuat hujan batu jatuh dari langit dan membinasakanmu.

14) Kamu memasang plesteran pada tembok, tetapi Aku membinasakan seluruh tembok. Aku akan merubuhkannya ke tanah. Tembok akan jatuh atasmu, dan kemudian kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.

15) Aku akan berhenti menunjukkan amarah-Ku terhadap tembok dan mereka yang memelesternya, lalu Aku mengatakan, ‘Tidak ada tembok dan tidak ada pekerja memasang plesteran itu.’

16) Semua hal itu akan terjadi kepada nabi-nabi palsu Israel. Mereka berbicara kepada orang Yerusalem dan berkata bahwa akan ada damai, tetapi tidak ada damai.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

17) “Anak manusia, lihatlah nabiah di Israel. Mereka mengatakan sesuatu yang ingin dikatakannya. Jadi, bicaralah kepada mereka demi Aku. Katakan kepada mereka,

18) ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Hal yang buruk akan terjadi kepadamu perempuan. Kamu menjahit tali azimat untuk dipakai pada lengannya. Kamu membuat syal khusus untuk dipakai semua orang di kepala untuk menjaga hidupnya. Kamu menjerat orang hanya menjaga dirimu sendiri supaya hidup.

19) Kamu membuat mereka menganggap bahwa Aku tidak penting. Kamu membuat mereka berbalik dari Aku hanya karena beberapa genggam jelai dan beberapa potong roti. Kamu mengatakan dusta kepada umat-Ku. Mereka suka mendengarkannya. Kamu membunuh mereka yang seharusnya hidup dan membiarkan orang hidup yang seharusnya mati.

20) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH kepadamu: Kamu membuat tali-tali azimat menjerat orang, tetapi Aku akan membebaskannya. Aku memutuskan tali azimat itu dari lenganmu, dan orang menjadi bebas dari kamu. Mereka menjadi seperti burung yang terbang dari jerat.

21) Aku akan merobek syal itu dan menyelamatkan umat-Ku dari kuasamu. Mereka akan melarikan diri dari perangkapmu, dan kamu akan tahu bahwa Akulah TUHAN.

22) Kamu nabi-nabi mengatakan dusta. Dustamu menyakiti orang baik — Aku tidak mau menyakiti mereka. Kamu menolong orang jahat dan memberi dorongan kepadanya. Kamu tidak mengatakan kepada mereka supaya bertobat. Kamu tidak berusaha menyelamatkan hidupnya.

23) Jadi, kamu tidak lagi melihat penglihatan yang tidak berguna. Kamu tidak akan melakukan tenungan. Aku menyelamatkan umat-Ku dari kuasamu, dan kamu akan tahu bahwa Akulah TUHAN.’”

Pasal 14 (Total ayat 23)
1) [Peringatan tentang Penyembahan Berhala] Beberapa pemimpin Israel datang kepadaku. Mereka duduk berbicara bersama aku.

2) Perkataan TUHAN datang kepadaku, kata-Nya,

3) “Anak manusia, orang-orang itu datang berbicara kepadamu, tetapi mereka masih memiliki berhalanya yang keji. Mereka memegang hal-hal yang membuat mereka berdosa. Mereka masih menyembah patung-patung. Jadi, mengapa mereka datang kepada-Ku minta nasihat? Apakah Aku menjawab pertanyaannya? Tidak.

4) Namun, Aku memberikan jawaban kepada mereka. Katakan kepada mereka hal-hal ini, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Jika ada orang Israel datang kepada nabi dan bertanya kepada-Ku minta nasihat, maka Aku sendiri akan menjawab pertanyaannya. Aku menjawabnya biarpun dia masih memiliki berhala yang keji, masih memegang hal-hal yang membuatnya berdosa, dan masih menyembah patung-patung itu. Aku, TUHAN, akan berbicara kepadanya meskipun dia masih mempunyai semua dewa yang keji,

5) karena Aku mau menyentuh hati mereka. Aku mau menunjukkan kepada mereka bahwa Aku mengasihinya, walaupun mereka telah meninggalkan Aku, karena berhala mereka yang keji.’

6) Jadi, katakan kepada keluarga Israel hal ini, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Kembalilah kepada-Ku dan tinggalkan berhalamu yang keji. Berbaliklah dari dewa yang keji itu.

7) Jika ada orang Israel atau orang asing yang tinggal di Israel datang kepada-Ku minta nasihat, Aku, TUHAN, akan memberikan jawaban kepadanya. Aku menjawabnya biarpun dia masih memiliki berhala yang keji, dan memegang hal-hal yang membuatnya berdosa, dan menyembah patung-patung itu. Inilah jawaban yang akan Kuberikan kepadanya:

8) Aku akan berbalik kepadanya dan membinasakannya. Dia akan menjadi contoh terhadap yang lain. Orang akan menertawakannya. Aku akan memindahkannya dari umat-Ku supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.

9) Dan jika nabi sangat bodoh memberikan jawabannya sendiri, Aku, TUHAN, akan menunjukkan kebodohannya kepadanya. Aku memakai kuasa-Ku terhadap dia. Aku akan membinasakan dan memindahkannya dari tengah-tengah umat-Ku Israel.

10) Jadi, kedua-duanya, orang yang datang minta nasihat dan nabi yang memberikan jawaban akan menerima hukuman yang sama,

11) sehingga nabi-nabi berhenti membawa umat-Ku jauh dari Aku. Jadi, umat-Ku berhenti menjadi keji dengan dosa. Kemudian mereka menjadi umat-Ku yang khusus, dan Aku menjadi Allahnya.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

12) [Yerusalem Akan Dihukum] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku, kata-Nya,

13) “Anak manusia, Aku akan menghukum bangsa yang meninggalkan Aku dan berdosa terhadap Aku. Aku menghentikan persediaan makanan bagi mereka. Aku dapat membuat masa kelaparan dan memindahkan orang dan binatang dari negeri itu.

14) Aku tetap akan menghukum negeri itu biarpun Nuh, Daniel, dan Ayub hidup di sana. Mereka dapat menyelamatkan nyawanya sendiri melalui kebaikannya.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

15) Allah berkata, “Atau, Aku dapat mengirim binatang liar melalui negeri itu untuk membunuh semua orang. Kemudian tidak ada yang dapat berjalan melalui negeri itu karena binatang liar.

16) Jika Nuh, Daniel, dan Ayub hidup di sana, ketiga orang itu dapat menyelamatkan nyawanya sendiri karena mereka orang baik. Demi Aku yang hidup, Aku berjanji, mereka tidak dapat menyelamatkan nyawa orang lain — bahkan putra-putrinya sendiri pun tidak. Negeri yang jahat itu akan binasa.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH. Aku dapat membinasakan negeri itu — Aku dapat memindahkan semua orang dan binatang dari negeri itu.

17) “Atau Aku dapat mengirim tentara musuh melawan negeri itu. Tentara akan membinasakan negeri itu — Aku memindahkan semua orang dan binatang dari negeri itu.

18) Jika Nuh, Daniel, dan Ayub hidup di sana, ketiga orang itu dapat menyelamatkan hidupnya sendiri karena mereka orang baik. Demi Aku yang hidup, Aku berjanji, mereka tidak dapat menyelamatkan nyawa orang lain — bahkan putra-putrinya sendiri pun tidak. Negeri itu dapat binasa.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

19) “Atau Aku dapat mengirim penyakit melawan negeri itu. Aku akan mencurahkan amarah-Ku atas manusia. Aku memindahkan semua orang dan binatang dari negeri itu.

20) Jika Nuh, Daniel, dan Ayub hidup di sana, ketiga orang itu dapat menyelamatkan nyawanya sendiri karena mereka orang baik. Demi Aku yang hidup, Aku berjanji, mereka tidak dapat menyelamatkan nyawa orang lain — bahkan putra-putrinya sendiri pun tidak.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

21) Kemudian Tuhan ALLAH mengatakan, “Jadi, ingat betapa buruknya akan terjadi atas Yerusalem: Aku mengirim keempat hukuman ini ke kota itu. Aku mengirim tentara musuh, kelaparan, penyakit, dan binatang liar ke kota itu. Aku memindahkan semua orang dan binatang dari negeri itu.

22) Ada orang yang akan melarikan diri dari negeri itu. Mereka membawa putra-putrinya dan datang kepadamu minta tolong. Kemudian kamu melihat betapa jahatnya umat itu sesungguhnya, dan kamu merasa lebih baik tentang semua kesusahan yang Kubawa ke Yerusalem.

23) Kamu akan melihat bagaimana mereka hidup dan semua kejahatan yang dilakukannya supaya kamu tahu bahwa Aku mempunyai alasan yang tepat menghukum mereka.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 15 (Total ayat 8)
1) [Yerusalem, Kebun Anggur, Akan Dibakar] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, apakah ada kayu-kayu dari pohon anggur yang lebih baik daripada cabang kecil yang dipotong dari pohon-pohon di hutan? Tidak!

3) Dapatkah engkau memakai kayu dari pohon anggur itu untuk membuat sesuatu? Tidak! Dapatkah engkau memakai kayu itu membuat tempat gantungan perkakas? Tidak!

4) Orang melemparkan kayu itu ke dalam api. Kedua ujungnya terbakar dan bagian tengahnya sedang menyala.

5) Jika engkau tidak dapat membuat sesuatu dari kayu itu sebelum terbakar, maka engkau pasti tidak dapat membuat sesuatu dari kayu itu setelah terbakar.

6) Jadi, orang melemparkan kayu dari pohon anggur ke dalam api sama seperti kayu dari setiap pohon yang lain di hutan. Dengan cara yang sama, Aku akan melemparkan orang yang tinggal di Yerusalem ke dalam api.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

7) “Aku akan menghukum umat itu, tetapi beberapa dari mereka seperti tongkat yang tidak terbakar seluruhnya. Mereka akan dihukum, tetapi mereka tidak binasa semuanya. Engkau akan melihat bahwa Aku menghukum mereka, dan engkau tahu bahwa Akulah TUHAN.

8) Aku akan membinasakan negeri itu karena orang telah meninggalkan Aku.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 16 (Total ayat 63)
1) [Kasih Allah atas Yerusalem] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, katakan kepada orang Yerusalem tentang hal yang mengerikan yang dilakukannya.

3) Katakan, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH kepada Yerusalem: Lihatlah sejarahmu. Engkau lahir di Kanaan. Ayahmu orang Amori, ibumu orang Heti.

4) Pada hari engkau dilahirkan, tidak ada yang memotong pusatmu. Tidak ada yang menaruh garam padamu dan membasuhmu membuatmu bersih. Tidak ada yang membungkusmu dengan kain.

5) Tidak ada yang merasa kasihan kepadamu atau memeliharamu. Pada hari engkau dilahirkan, orang tuamu membuangmu ke ladang, karena engkau tidak diinginkan orang.

6) Kemudian Aku melintas. Aku melihatmu terbaring di sana, sambil menendang-nendang dalam darah. Engkau masih tertutup oleh darah, tetapi Aku berkata “Hiduplah”. Ya, engkau masih tertutup dengan darah, tetapi Aku berkata “Hiduplah”.

7) Aku telah menolongmu bertumbuh seperti tanaman di ladang. Engkau semakin besar. Engkau menjadi perempuan muda: masa dewasamu telah mulai, buah dadamu bertambah besar, dan rambutmu mulai tumbuh, tetapi engkau masih dalam keadaan telanjang.

8) Aku memandangmu. Aku melihat engkau siap untuk bercinta. Jadi, Aku membentangkan pakaian-Ku di atasmu dan menutupi ketelanjanganmu. Aku berjanji untuk mengawinimu. Aku membuat perjanjian dengan engkau, dan engkau menjadi milik-Ku.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

9) “Aku membersihkan engkau dalam air. Aku mencurahkan air ke atasmu membersihkan darah yang ada padamu lalu Aku meminyaki kulitmu.

10) Aku memberikan pakaian yang cantik kepadamu dan sandal kulit yang halus, lenan pengikat kepala, dan selendang sutera.

11) Aku juga memberikan beberapa perhiasan kepadamu. Aku membuat gelang pada lenganmu dan kalung sekeliling lehermu.

12) Aku memberikan cincin pada hidungmu, anting-anting, dan mahkota yang indah untuk dipakai.

13) Engkau cantik dengan perhiasan emas dan perakmu, dan lenanmu, sutera, dan pakaian yang berwarna-warni. Engkau makan makanan yang terbaik. Engkau sangat cantik dan menjadi ratu.

14) Engkau menjadi terkenal karena kecantikanmu, karena Aku membuatmu sedemikian indah.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

15) [Yerusalem, Pengantin Yang Tidak Setia] “Engkau mulai mempercayai kecantikanmu. Engkau memakai nama baik yang ada padamu dan tidak setia terhadap Aku. Engkau berbuat seperti pelacur dengan setiap orang yang lewat. Engkau memberikan dirimu sendiri kepada mereka semua.

16) Engkau membawa pakaianmu yang indah dan memakainya menghias tempatmu untuk menyembah. Dan engkau berbuat seperti pelacur di tempat itu dan memberikan dirimu sendiri kepada setiap orang yang melintas.

17) Kemudian engkau membawa perhiasanmu yang indah yang Kuberikan kepadamu, dan engkau memakai emas dan perak itu untuk membuat patung-patung orang. Dan engkau mengadakan hubungan suami istri dengan mereka juga.

18) Engkau membawa pakaian yang indah dan membuat pakaian untuk patung-patung itu. Engkau membawa wewangian dan kemenyan yang Kuberikan kepadamu dan meletakkannya di depan berhala-berhala itu.

19) Aku memberikan roti, madu, dan minyak kepadamu, tetapi engkau memberikan makanan itu kepada berhalamu. Engkau mempersembahkannya selaku yang harum untuk menyenangkan dewa-dewamu. Engkau berbuat seperti pelacur bersama dewa itu.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

20) “Engkau dan Aku mempunyai anak yang sama, tetapi engkau membawa anak-anak kita. Engkau membunuh mereka dan memberikannya kepada dewa-dewa. Namun, itu hanya beberapa kejahatan yang kaulakukan, ketika engkau tidak setia terhadap Aku dan pergi kepada dewa-dewa itu.

21) Engkau membunuh anak-anak-Ku laki-laki dan menyerahkannya kepada dewa-dewa melalui api.

22) Engkau telah meninggalkan Aku dan melakukan semua hal yang mengerikan. Engkau tidak pernah mengingat apa yang terjadi ketika engkau masih muda. Engkau tidak mengingat bahwa engkau telanjang dan menendang-nendang dalam darah, ketika Aku menemukanmu.

23) Setelah semua kejahatan yang engkau lakukan hai Yerusalem, itu menjadi sangat buruk bagimu.” Tuhan ALLAH mengatakan semua hal itu.

24) “Setelah semua hal itu, engkau membuat timbunan tanah. Engkau membangun tempat untuk menyembah dewa-dewa pada setiap sudut jalan.

25) Engkau membangun timbunan tanahmu pada setiap jalan lalu engkau memakai kecantikanmu untuk maksud yang salah. Engkau memakainya untuk menangkap setiap orang yang melintas. Engkau mengangkat bajumu supaya mereka dapat melihat pahamu, lalu engkau bertindak seperti pelacur dengan orang-orang itu.

26) Kemudian engkau pergi ke Mesir, tetanggamu yang mempunyai aurat besar. Engkau melakukan hubungan suami istri dengan dia beberapa kali yang membuat Aku marah.

27) Jadi, Aku menghukummu. Aku mengambil sebagian tanahmu. Aku membiarkan musuhmu, putri-putri orang Filistin melakukan apa yang diinginkannya terhadap kamu. Bahkan mereka terkejut atas kejahatan yang kamu lakukan.

28) Kemudian engkau pergi mengadakan hubungan suami istri bersama Asyur. Engkau selalu menginginkan lebih banyak laki-laki. Engkau tidak pernah puas.

29) Jadi, engkau berbalik ke Kanaan, dan kemudian ke Babel, dan engkau masih tidak puas.

30) Engkau sangat lemah. Engkau membiarkan semua orang membuatmu berdosa. Engkau berbuat seperti pelacur yang mau diperintah seseorang.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

31) “Engkau tidak benar-benar seperti pelacur. Engkau membangun tanah timbunanmu pada persimpangan setiap jalan dan membangun tempatmu untuk menyembah pada setiap sudut jalan. Engkau mengadakan hubungan suami istri dengan semua orang, tetapi engkau tidak meminta bayaran kepada mereka seperti yang dilakukan seorang pelacur.

32) Engkau perempuan sundal. Engkau lebih menghendaki hubungan suami istri dengan orang asing daripada dengan suamimu sendiri.

33) Kebanyakan pelacur memaksa orang untuk membayar mereka atas hubungan itu, tetapi engkau memberikan uang kepada banyak kekasihmu. Engkau membayar semua orang sekeliling untuk datang mengadakan hubungan suami istri dengan engkau.

34) Engkau adalah kebalikan dari kebanyakan pelacur yang memaksa orang membayar mereka, karena engkau membayar orang, untuk mengadakan hubungan suami istri dengan engkau.”

35) Hai pelacur, dengarkan pesan dari TUHAN.

36) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Engkau telah mempergunakan uangmu dan membiarkan kekasihmu dan dewamu yang keji itu melihat tubuhmu yang telanjang itu dan melakukan hubungan suami istri dengan engkau. Engkau membunuh anak-anakmu dan mencurahkan darahnya. Itulah hadiahmu kepada dewa-dewa itu.

37) Jadi, Aku membawa semua kekasihmu bersama-sama. Aku membawa semua orang yang kaucintai dan semua orang yang kaubenci. Aku membawa mereka semua dan membiarkannya melihat engkau telanjang. Mereka akan melihatmu telanjang bulat.

38) Kemudian Aku menghukummu. Aku menghukummu selaku pembunuh dan perempuan yang melakukan dosa percabulan. Engkau dihukum seakan-akan dihukum oleh suami yang marah dan cemburu.

39) Aku membiarkan para kekasihmu memilikimu. Mereka akan membinasakan tanah timbunanmu. Mereka membakar tempatmu menyembah. Mereka merobekkan pakaianmu dan mengambil perhiasanmu yang indah. Mereka meninggalkanmu telanjang.

40) Mereka membawa orang banyak dan melemparkan batu kepadamu membunuhmu. Kemudian mereka memotongmu dengan pedangnya.

41) Mereka membakar rumahmu. Mereka menghukummu supaya semua perempuan lain dapat melihat. Aku akan menghentikanmu dari kehidupan pelacur. Aku menghentikanmu dari membayar uang kepada kekasihmu.

42) Kemudian Aku berhenti marah dan cemburu. Aku akan tenang. Aku tidak marah lagi.

43) Mengapa semua hal itu terjadi? Karena yang kaulakukan bukan mengingat apa yang terjadi, ketika engkau masih muda. Yang kaulakukan semua hal yang buruk dan membuat Aku marah. Jadi, Aku harus menghukummu karena engkau melakukannya, tetapi engkau merencanakan bahkan hal yang lebih menjijikkan.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

44) “Semua orang yang berbicara tentang engkau sekarang mempunyai satu lagi hal yang akan dikatakan. Mereka akan mengatakan, ‘Begitu ibu, begitu anak perempuan.’

45) Engkau adalah anak ibumu. Engkau tidak peduli terhadap suamimu atau anak-anakmu. Engkau seperti saudarimu. Kamu berdua membenci suamimu dan anak-anakmu. Ibumu seorang Heti dan ayahmu orang Amori.

46) Saudarimu tertua ialah Samaria. Ia tinggal di sebelah utara dengan anak-anak perempuannya. Saudarimu yang termuda ialah Sodom. Ia tinggal di sebelah selatanmu dengan anak-anak perempuannya.

47) Engkau melakukan semua hal yang mengerikan yang dilakukan oleh mereka, bahkan engkau melakukan yang lebih buruk.

48) Aku Tuhan ALLAH. Demi Aku yang hidup, Aku berjanji bahwa saudarimu Sodom dan anak-anak perempuannya tidak pernah melakukan sebanyak hal yang buruk yang engkau dan anak-anak perempuanmu lakukan.

49) Saudarimu Sodom dan anak-anak perempuannya sombong. Mereka juga mempunyai makanan yang berlimpah, dan mempunyai banyak waktu, dan mereka tidak menolong orang yang membutuhkan.

50) Sodom dan anak-anak perempuannya juga menjadi sombong dan mulai melakukan hal yang mengerikan di depan-Ku. Jadi, Aku menghukum mereka.

51) Dan Samaria melakukan hanya setengah daripada hal yang buruk yang kaulakukan. Engkau melakukan hal yang mengerikan lebih banyak daripada Samaria. Engkau telah melakukan sedemikian banyak hal yang mengerikan daripada yang dilakukan oleh saudarimu. Jadi, Sodom dan Samaria tampaknya baik diperbandingkan dengan engkau.

52) Jadi, malulah. Engkau telah membuat saudarimu tampaknya baik diperbandingkan dengan engkau. Engkau telah melakukan yang mengerikan, jadi engkau harus malu.

53) Aku membinasakan Sodom dan kota-kota sekelilingnya dan membinasakan Samaria dan kota-kota sekelilingnya. Dan Aku juga akan membinasakanmu Yerusalem, tetapi Aku membangun kota-kota itu kembali. Dan Aku akan membangunmu juga.

54) Aku akan menghiburmu. Kemudian engkau mengingat hal yang mengerikan yang kaulakukan dan engkau akan menjadi malu.

55) Jadi, engkau dan saudari-saudarimu akan dibangun kembali. Sodom dan kota-kota sekelilingnya, Samaria dan kota-kota sekelilingnya, dan engkau dan kota-kota sekelilingmu, semua dibangun kembali.

56) Pada masa lalu, engkau sombong dan mengejek saudarimu Sodom, tetapi engkau tidak melakukannya lagi.

57) Yang kaulakukan sebelumnya, engkau sudah dihukum, sebelum tetanggamu mulai mengejekmu. Putri-putri Edom dan Filistin mengejekmu sekarang.

58) Sekarang engkau harus menderita atas hal yang mengerikan yang kaulakukan.” Demikianlah firman TUHAN.

59) [Allah Tetap Setia] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku akan memperlakukan engkau seperti yang kauperlakukan terhadap Aku. Engkau mengingkari perjanjian kawin. Yang kaulakukan bukan menghormati perjanjian kita.

60) Aku mengingat perjanjian yang kita buat, ketika engkau masih muda. Aku membuat perjanjian dengan engkau yang berlangsung selamanya.

61) Aku akan membawa saudari-saudarimu kepadamu dan membuat mereka putri-putrimu. Itu tidak ada dalam perjanjian kita, tetapi Aku melakukannya untukmu. Kemudian engkau mengingat hal yang mengerikan yang kaulakukan dan engkau menjadi malu.

62) Jadi, Aku akan membuat perjanjian-Ku dengan engkau, supaya engkau tahu bahwa Akulah TUHAN.

63) Engkau akan mengingat Aku dan menjadi sangat malu atas perbuatanmu yang jahat, sehingga engkau tidak dapat mengatakan sesuatu. Aku akan membuatmu murni, dan engkau tidak pernah malu lagi.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 17 (Total ayat 24)
1) [Burung Rajawali dan Kebun Anggur] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, katakan berita ini kepada keluarga Israel. Tanya mereka apa artinya.

3) Katakan kepada mereka, Beginilah firman Tuhan ALLAH, ‘Seekor burung rajawali besar dengan sayap lebar datang ke Libanon. Burung itu mempunyai bulu yang berwarna-warni.

4) Burung itu mematahkan kayu cedar besar (Libanon) dan membawanya ke Kanaan dan meletakkan cabang itu di kota perniagaan.

5) Kemudian burung itu membawa beberapa benih dari Kanaan dan menanamnya di tanah yang subur dekat sungai yang baik.

6) Benih itu tumbuh dan menjadi pohon anggur, pohon anggur yang baik. Pohon itu tidak tinggi, tetapi mengembang menutupi daerah yang luas. Pohon anggur itu tumbuh berbatang, dan pohon anggur kecil tumbuh sangat panjang.

7) Kemudian burung rajawali yang lain dengan sayap besar melihat pohon anggur itu. Burung itu mempunyai banyak bulu. Pohon anggur mau supaya burung rajawali yang baru itu memeliharanya. Jadi, akar-akarnya tumbuh sampai kepada burung rajawali itu. Cabang-cabangnya membentang ke arah burung rajawali. Cabang itu tumbuh keluar dari ladang di mana pohon itu ditanam. Pohon anggur mau supaya burung rajawali yang baru itu mengairinya.

8) Pohon anggur telah ditanam di ladang yang bagus dekat air yang banyak. Pohon itu dapat menumbuhkan cabang dan buah dan dapat menjadi pohon anggur yang sangat baik.’”

9) Demikianlah firman Tuhan ALLAH, “Apakah engkau pikir bahwa tanaman itu berhasil? Tidak, burung rajawali yang baru akan mencabut tanaman itu dari tanah, dan mematahkan akar-akarnya, dan memakan semua buahnya. Kemudian daun-daun baru lemah. Tanaman itu menjadi sangat lemah, tidak usah ada tangan yang kuat atau bangsa yang berkuasa mencabut akar-akarnya.

10) Apakah tanaman itu akan tumbuh di tempatnya ditanam? Tidak, angin timur yang panas akan bertiup, dan tanaman itu layu dan mati, akan mati di tempatnya ditanam.”

11) [Raja Zedekia Dihukum] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

12) “Terangkan cerita ini kepada orang Israel yang selalu berbalik melawan Aku. Katakan kepada mereka hal ini: Burung rajawali yang pertama ialah raja Babel. Ia datang ke Yerusalem dan membawa raja dan pemimpin lainnya ke Babel.

13) Kemudian Nebukadnezar membuat perjanjian bersama seorang dari keluarga raja. Nebukadnezar memaksa orang itu membuat perjanjian. Jadi, orang itu berjanji setia kepada Nebukadnezar. Nebukadnezar menjadikan orang itu raja baru Yehuda. Kemudian dia membawa semua orang yang berkuasa dari Yehuda.

14) Jadi, Yehuda menjadi kerajaan yang lemah, yang tidak dapat melawan Raja Nebukadnezar. Orang-orangnya dipaksa memegang perjanjian yang dibuat Nebukadnezar dengan raja baru Yehuda,

15) tetapi raja baru itu berusaha memberontak terhadap Nebukadnezar. Ia mengutus utusan ke Mesir minta tolong. Raja baru itu meminta banyak kuda dan tentara. Sekarang apakah engkau sangka raja baru Yehuda itu akan berhasil? Apakah engkau sangka dia mempunyai cukup kuasa untuk membatalkan perjanjian dan luput dari hukuman?”

16) Tuhan ALLAH mengatakan, “Demi Aku yang hidup, Aku berjanji bahwa raja baru itu akan mati di Babel. Nebukadnezar membuat orang itu raja baru Yehuda, tetapi ia melanggar janji dengan Nebukadnezar. Raja baru itu tidak mengakui perjanjian.

17) Raja Mesir tidak dapat menyelamatkan raja Yehuda. Ia dapat mengirim banyak tentara, tetapi kuasa besar Mesir tidak menyelamatkan Yehuda. Pasukan Nebukadnezar akan membangun jalan tanah dan tembok tanah menundukkan kota. Banyak orang akan mati.

18) Raja Yehuda tidak melarikan diri, karena ia tidak mengakui perjanjiannya. Ia melanggar perjanjiannya kepada Nebukadnezar.”

19) Tuhan ALLAH membuat janji ini, “Demi Aku yang hidup, Aku berjanji bahwa Aku menghukum raja Yehuda, karena ia tidak mengindahkan peringatan-Ku. Ia melanggar perjanjian kami.

20) Aku akan memasang jerat-Ku, dan dia terjerat. Kemudian Aku membawanya ke Babel dan menghukumnya di tempat itu. Aku menghukumnya karena ia melawan Aku.

21) Dan Aku akan membinasakan pasukannya, tentaranya yang terbaik, dan menyerakkan mereka kepada angin, supaya engkau tahu bahwa Akulah TUHAN dan Aku telah mengatakannya kepadamu.”

22) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku akan mengambil sebuah cabang dari pohon cedar yang tinggi. Aku mengambil sebuah cabang yang kecil dari ujung pohon itu. Dan Aku sendiri akan menanamnya di atas gunung yang sangat tinggi.

23) Aku sendiri menanamnya di atas gunung yang tinggi di Israel. Cabang itu tumbuh menjadi pohon, yang menumbuhkan cabang dan berbuah, yang menjadi kayu cedar yang indah. Banyak burung hinggap pada cabangnya dan tinggal dalam naungannya di bawah cabangnya.

24) Dan pohon-pohon yang lain akan tahu bahwa Aku, TUHAN, membuat pohon-pohon yang tinggi jatuh ke tanah, dan Aku membuat pohon-pohon yang kecil menjadi tinggi. Aku membuat pohon-pohon hijau menjadi layu dan Aku membuat pohon-pohon yang layu menjadi hijau. Akulah TUHAN. Jika Aku mengatakan bahwa Aku melakukan sesuatu, dan Aku akan melakukannya.”

Pasal 18 (Total ayat 32)
1) [Keadilan yang Murni] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Mengapa kamu mengatakan peribahasa, ‘Orang tua memakan anggur asam, tetapi gigi anak-anak menjadi ngilu’?”

3) Tuhan ALLAH mengatakan, “Demi Aku yang hidup, Aku berjanji bahwa orang di Israel tidak lagi menganggap bahwa peribahasa itu masih berlaku.

4) Aku akan memperlakukan setiap orang, anak, dan orang tua, sama saja. Orang yang berdosa dialah akan mati.

5) Barangsiapa yang baik akan hidup. Orang baik sedemikian akan melakukan yang benar.

6) Ia tidak pergi ke gunung-gunung untuk ambil bagian pada makanan yang dipersembahkan kepada berhala. Ia tidak berdoa kepada dewa yang keji di Israel. Ia tidak mengadakan percabulan dengan istri tetangganya. Ia tidak mengadakan hubungan suami istri dengan istrinya semasa haid.

7) Ia tidak mengambil keuntungan dari orang lain. Jika orang meminjam uang dari padanya, ia dapat mengambil jaminan dan memberikan uang kepada orang lain. Apabila orang itu membayarnya kembali, jaminan itu dikembalikannya. Ia memberikan makanan kepada yang lapar dan pakaian kepada yang membutuhkannya.

8) Jika orang mau meminjam uang, ia meminjamkannya dan tidak mengambil bunganya. Orang yang baik tidak mau jahat. Ia selalu jujur terhadap setiap orang. Orang dapat mempercayainya.

9) Ia mematuhi hukum-Ku dan mempelajari aturan-Ku sehingga ia dapat belajar menjadi jujur dan tepercaya. Ia itu baik, jadi ia akan hidup.” Demikian firman Tuhan ALLAH.

10) “Ada orang yang mungkin mempunyai seorang anak yang tidak melakukan sesuatu dari yang baik itu. Anak itu mencuri barang dan membunuh orang.

11) Ia melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan ayahnya. Ia pergi ke gunung-gunung dan memakan makanan yang dipersembahkan kepada dewa-dewa. Ia melakukan dosa percabulan dengan istri tetangganya.

12) Ia memperlakukan yang salah terhadap yang miskin, orang yang tidak berdaya. Ia mengambil keuntungan dari orang. Ia tidak mengembalikan jaminan ketika yang berutang membayarnya. Ia berdoa kepada berhala yang keji dan melakukan hal yang lain yang mengerikan.

13) Ia meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkannya, tetapi ia memaksa mereka untuk membayar bunga. Anak jahat itu tidak akan diperbolehkan hidup. Ia melakukan hal yang mengerikan, jadi ia dibunuh. Dan dia bertanggung jawab atas kematiannya sendiri.

14) Sekarang anak jahat itu mungkin juga mempunyai seorang anak. Anak itu melihat kejahatan yang dilakukan ayahnya, dan dia tidak mau hidup seperti ayahnya. Anak yang baik itu memperlakukan orang dengan jujur.

15) Ia tidak pergi ke gunung-gunung dan tidak memakan makanan yang dipersembahkan kepada dewa. Ia tidak berdoa kepada berhala yang keji di Israel. Ia tidak melakukan dosa percabulan dengan istri tetangganya.

16) Ia tidak mengambil keuntungan dari orang. Jika orang meminjam uang dari dia, ia menerima jaminan dan memberikan uang itu kepadanya. Dan apabila orang itu membayarnya kembali, jaminan itu dikembalikannya. Ia memberikan makanan kepada orang yang lapar. Dan dia memberikan pakaian kepada orang yang membutuhkannya.

17) Ia menolong orang miskin. Jika orang mau meminjam uang, ia meminjamkannya. Dan dia tidak mengambil bunganya. Ia mematuhi dan mengikuti hukum-Ku. Ia tidak akan dibunuh karena dosa ayahnya. Ia akan hidup.

18) Ayah mungkin menyiksa orang dan mencuri barang. Ia tidak pernah melakukan sesuatu yang baik terhadap umat-Ku. Ia akan mati karena dosanya sendiri.

19) Engkau mungkin bertanya, ‘Mengapa anak itu tidak dihukum karena dosa ayahnya?’ Adapun sebabnya ialah anak itu jujur dan melakukan yang baik. Ia sangat hati-hati mematuhi hukum-Ku, jadi ia akan hidup.

20) Orang yang berdosalah yang mati. Anak tidak akan dihukum karena dosa ayahnya, dan ayah tidak dihukum karena dosa anaknya. Kebaikan seseorang adalah miliknya, dan kejahatan orang jahat adalah miliknya sendiri.

21) Sekarang jika orang jahat bertobat, mereka akan hidup dan tidak mati. Mereka menghentikan semua kejahatan yang dilakukannya dan memohon untuk mematuhi semua hukum-Ku dengan teliti. Mereka dapat menjadi jujur dan baik.

22) Allah tidak akan mengingat semua kejahatan yang dilakukannya. Ia akan mengingat hanya kebaikannya, jadi mereka akan hidup.”

23) Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku tidak mau orang jahat mati. Aku mau mereka bertobat sehingga mereka dapat hidup.

24) Sekarang bisa saja orang baik berhenti menjadi orang baik. Mereka mengubah hidupnya dan melakukan semua hal yang mengerikan yang dilakukan orang jahat pada masa lalu. Orang jahat bertobat, jadi mereka dapat hidup. Jadi, jika orang baik berubah dan menjadi jahat, Allah tidak mengingat semua hal yang baik yang dilakukannya. Allah mengingat bahwa mereka berbalik melawan-Nya dan mulai berdosa. Jadi, mereka akan mati karena dosanya.

25) Kamu mungkin mengatakan, ‘Tuhanku tidak adil.’ Dengarkan, hai keluarga Israel. Aku adil. Kamu salah satu yang tidak adil.

26) Jika orang baik berubah dan menjadi jahat, mereka harus mati karena yang jahat yang dilakukannya.

27) Dan jika orang jahat berubah dan menjadi baik dan adil, mereka menyelamatkan hidupnya. Mereka akan hidup.

28) Mereka melihat betapa jahatnya mereka dan datang kembali kepada-Ku. Mereka berhenti melakukan yang jahat yang dilakukannya pada masa lalu. Jadi, mereka akan hidup. Mereka tidak akan mati.”

29) Orang Israel mengatakan, “Hal itu tidak adil. Tuhanku tidak adil.” “Aku adil. Kamulah yang tidak adil.

30) Demi keluarga Israel, Aku akan menghakimi setiap orang hanya karena yang telah dilakukannya.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH. “Jadi, kembalilah kepada-Ku. Hentikan melakukan yang buruk. Jangan biarkan hal yang mengerikan membuat kamu berdosa.

31) Lemparkan jauh-jauh semua berhala yang mengerikan yang kamu buat — itu hanya membuat kamu berdosa. Bertobatlah! Mengapa kamu harus membawa kematian kepada dirimu sendiri, hai orang Israel?

32) Aku tidak mau membunuhmu. Kembalilah dan hidup.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 19 (Total ayat 14)
1) [Nyanyian Duka tentang Israel] TUHAN berkata kepadaku, “Nyanyikanlah nyanyian duka ini tentang para pemimpin Israel.

2) ‘Ibumu seperti singa betina, berbaring di sana bersama singa-singa jantan. Ia pergi berbaring dengan singa-singa jantan muda dan mempunyai banyak bayi.

3) Seekor anaknya menjadi besar menjadi singa muda yang kuat. Ia telah belajar menangkap makanannya. Ia membunuh dan memakan orang.

4) Orang mendengar raungannya dan menangkapnya dalam jerat mereka. Mereka memasang kelikir pada mulutnya dan membawa singa muda itu ke Mesir.

5) Induk singa itu mengharapkan supaya anaknya dapat menjadi pemimpin, tetapi sekarang semua pengharapannya lenyap. Jadi, ia mengambil anaknya yang lain dan melatihnya menjadi singa.

6) Ia pergi berburu bersama singa tua. Ia menjadi singa muda yang kuat. Ia belajar menangkap makanannya. Ia membunuh dan memakan orang.

7) Ia menyerang istana-istana dan membinasakan kota-kota. Setiap orang di negeri itu juga takut berbicara apabila terdengar suara aumnya.

8) Dan orang yang tinggal di sekelilingnya memasang jerat padanya dan mereka menangkapnya dalam jeratnya.

9) Mereka memasang kelikir padanya dan mengurungnya. Mereka membuatnya dalam jeratnya. Jadi, mereka membawanya kepada raja Babel. Dan sekarang, kamu tidak dapat mendengar suara aumnya di gunung-gunung Israel.

10) Ibumu seperti pohon anggur ditanam dekat air. Ia mempunyai banyak air. Ia menumbuhkan cabang-cabang yang kuat.

11) Kemudian dia menumbuhkan cabang besar seperti tongkat yang kuat, seperti tongkat raja. Pohon anggur tumbuh semakin tinggi, mempunyai banyak cabang dan mencapai awan.

12) Namun, pohon anggur tercabut sampai ke akar-akarnya, dan dilemparkan ke tanah. Angin timur yang panas berembus dan membuat buahnya layu. Cabang yang kuat patah dan dilemparkan ke dalam api.

13) Sekarang pohon anggur itu ditanam di padang gurun, tanah yang sangat kering dan gersang.

14) Api mulai pada cabang yang besar itu dan menjalar membinasakan semua cabangnya dan buahnya. Jadi, tidak ada lagi tongkat yang kuat. Tidak ada lagi tongkat raja.’ Itulah nyanyian duka tentang kematian, dan dinyanyikan sebagai nyanyian duka tentang kematian.”

Pasal 20 (Total ayat 49)
1) [Israel Berbalik dari Allah] Pada suatu hari beberapa pemimpin Israel datang kepadaku untuk bertanya kepada TUHAN minta nasihat, yaitu pada hari kesepuluh, bulan kelima, tahun ketujuh pembuangan. Para pemimpin duduk di depanku.

2) Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

3) “Anak manusia, bicaralah kepada para pemimpin Israel. Katakan kepada mereka, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Kamu datang untuk meminta nasihat kepada-Ku? Jika kamu memintanya, Aku, Tuhan ALLAH, mengatakan kepadamu bahwa sesungguhnya Aku hidup, Aku tidak akan mendengarkan kamu.’

4) Haruskah engkau menghakimi mereka? Apakah engkau akan menghakimi mereka, hai anak manusia? Katakan kepada mereka tentang hal yang mengerikan yang telah dilakukan oleh ayah mereka.

5) Katakan kepada mereka, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Pada hari ketika Aku memilih Israel, Aku mengangkat tangan-Ku kepada keluarga Yakub dan membuat perjanjian kepada mereka di Mesir. Aku mengangkat tangan-Ku dan mengatakan: “Aku TUHAN Allahmu.”

6) Pada hari itu Aku berjanji membawa kamu keluar dari Mesir dan membawa kamu ke negeri yang telah Kuberikan kepadamu. Yaitu tanah yang baik penuh dengan banyak yang baik. Itulah negeri yang terindah di antara semua negeri.

7) Aku mengatakan kepada keluarga Israel untuk melemparkan berhalanya yang keji itu. Aku telah mengatakan kepada mereka jangan menjadi kotor dengan patung-patung yang keji dari Mesir. Aku mengatakan: “Aku TUHAN Allahmu.”

8) Mereka berbalik melawan Aku, dan tidak mau mendengarkan Aku. Mereka tidak melemparkan berhalanya yang keji itu. Mereka tidak meninggalkan patung-patungnya yang keji di Mesir. Jadi, Aku memutuskan untuk membinasakan mereka di Mesir — membiarkannya merasakan marah-Ku,

9) tetapi Aku tidak membinasakannya. Aku telah mengatakan kepada orang Mesir bahwa Aku akan membawa umat-Ku keluar dari Mesir. Aku tidak mau merusak nama baik-Ku, jadi Aku tidak membinasakan Israel di depan orang lain.

10) Aku membawa keluarga Israel dari Mesir. Aku membawa mereka ke padang gurun.

11) Kemudian Aku memberikan hukum-Ku kepada mereka. Aku telah mengatakan kepada mereka semua peraturan-Ku. Barangsiapa menaatinya akan hidup.

12) Aku juga telah mengatakan kepada mereka tentang semua hari peristirahatan khusus. Hari-hari kudus adalah tanda khusus di antara Aku dan mereka. Mereka menunjukkan bahwa Akulah TUHAN dan membuat mereka khusus bagi-Ku,

13) tetapi keluarga Israel melawan Aku di padang gurun. Mereka tidak mengikuti hukum-Ku. Mereka tidak mau mematuhi peraturan-Ku — jika mereka mematuhi hukum-Ku, mereka akan hidup. Mereka memperlakukan hari peristirahatan-Ku seakan-akan tidak penting. Mereka sering bekerja pada hari-hari itu. Aku memutuskan untuk membinasakan mereka di padang gurun — membiarkan mereka terpaksa merasakan amarah-Ku,

14) tetapi Aku tidak membinasakan mereka. Bangsa-bangsa lain melihat Aku membawa Israel keluar dari Mesir. Aku tidak mau merusakkan nama baik-Ku, jadi Aku tidak membinasakan Israel di depan orang lain.

15) Aku membuat perjanjian yang lain kepada umat di padang gurun. Aku berjanji bahwa Aku tidak akan membawa mereka ke negeri yang telah Kuberikan kepada mereka, yaitu tanah yang baik penuh dengan banyak yang baik. Itulah yang terindah di antara semua negeri.

16) Orang Israel tidak mau mematuhi peraturan-Ku. Mereka tidak mengikuti hukum-Ku. Mereka memperlakukan hari peristirahatan-Ku seakan-akan tidak penting. Mereka melakukan semua hal itu karena hati mereka mengikuti berhala-berhalanya yang keji.

17) Aku merasa kasihan kepada mereka, jadi Aku tidak membinasakannya. Aku sama sekali tidak membinasakan mereka di padang gurun.

18) Aku berbicara kepada anak-anaknya. Aku telah mengatakan kepada mereka, “Jangan seperti orang tuamu. Jangan membuat dirimu sendiri kotor dengan berhalanya yang keji. Jangan ikuti hukum mereka. Jangan patuhi perintahnya.

19) Akulah TUHAN. Akulah Allahmu. Taati hukum-Ku. Jalankan perintah-Ku. Lakukan yang Kupesankan kepadamu.

20) Tunjukkan bahwa hari peristirahatan-Ku penting bagimu. Ingatlah, itulah menjadi tanda di antara Aku dan kamu. Aku TUHAN, dan hari-hari kudus itu menunjukkan kepadamu bahwa Akulah Allahmu.”

21) Anak-anak itu berbalik melawan Aku. Mereka tidak mematuhi hukum-Ku. Mereka tidak memegang perintah-Ku — jika mereka mematuhi hukum-Ku, mereka akan hidup. Mereka telah memperlakukan hari peristirahatan-Ku seakan-akan tidak penting. Jadi, Aku memutuskan untuk membinasakan mereka di padang gurun, membiarkan mereka merasakan amarah-Ku,

22) tetapi Aku berhenti sendiri. Bangsa-bangsa yang lain melihat Aku membawa Israel keluar dari Mesir. Aku tidak mau merusakkan nama baik-Ku, jadi Aku tidak membinasakan Israel di depan orang lain.

23) Aku membuat perjanjian yang lain kepada umat di padang gurun. Aku berjanji menyerakkan mereka ke tengah-tengah bangsa-bangsa, mengirim mereka ke negeri-negeri yang berbeda.

24) Orang Israel tidak mematuhi perintah-Ku. Mereka tidak mau mematuhi hukum-Ku. Mereka memperlakukan hari peristirahatan-Ku seakan-akan tidak penting. Mereka menyembah berhala yang keji nenek moyangnya.

25) Jadi, Aku memberikan hukum yang tidak baik kepada mereka. Aku memberikan perintah yang tidak membawa hidup kepadanya.

26) Aku membiarkannya membuat dirinya sendiri kotor dengan persembahannya. Mereka bahkan mulai mempersembahkan anak-anak sulungnya sendiri. Dengan cara itu Aku dapat membinasakan mereka, lalu mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.’

27) Jadi sekarang, hai anak manusia, bicaralah kepada keluarga Israel. Katakan kepada mereka, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Orang Israel mengatakan hal yang buruk tentang Aku dan membuat rencana jahat terhadap Aku.

28) Aku masih membawa mereka ke tanah yang Kujanjikan untuk diberikan kepada mereka. Mereka melihat semua bukit dan pohon-pohon hijau, jadi mereka pergi ke semua tempat itu untuk menyembah. Mereka mengambil persembahan dan persembahan murka ke semua tempat itu. Mereka mempersembahkan persembahannya yang mengharumkan, dan mempersembahkan kurban minuman di tempat itu.

29) Aku bertanya kepada orang Israel mengapa mereka pergi ke tempat-tempat tinggi. Tempat tinggi itu masih ada di sana hari ini.’

30) Berhubung karena Israel melakukan hal-hal itu, bicaralah dan katakan kepada mereka, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Kamu umat telah membuat dirimu sendiri keji dengan melakukan yang dilakukan oleh nenek moyangmu. Kamu telah berbuat seperti orang sundal. Kamu telah meninggalkan Aku dengan menyembah dewa-dewa yang keji yang telah disembah nenek moyangmu.

31) Kamu memberikan persembahan yang sama. Kamu telah memasukkan anak-anakmu ke dalam api sebagai persembahan kepada dewa-dewamu. Kamu masih membuat dirimu sendiri kotor dengan berhala yang keji hari ini. Apakah kamu sungguh-sungguh mengira bahwa Aku harus membiarkanmu datang kepada-Ku dan meminta nasihat? Akulah Tuhan ALLAH. Demi Aku yang hidup, Aku berjanji bahwa Aku tidak akan menjawab pertanyaanmu dan memberikan nasihat kepadamu.

32) Kamu masih berkata bahwa kamu mau seperti bangsa-bangsa lain. Kamu hidup seperti orang pada bangsa-bangsa lain. Kamu melayani sepotong kayu dan berhala batu.’”

33) Tuhan ALLAH mengatakan, “Demi Aku yang hidup, Aku berjanji bahwa Aku akan memerintah atasmu selaku Raja, tetapi Aku mengangkat tangan-Ku yang penuh kuasa dan menghukummu. Aku menunjukkan amarah-Ku kepadamu.

34) Aku akan membawa kamu kepada bangsa-bangsa lain. Aku menyerakkan kamu di tengah-tengah bangsa-bangsa, tetapi Aku mengumpulkanmu dan membawa kamu kembali dari negeri itu. Aku mengangkat tangan-Ku yang penuh kuasa dan menghukummu. Aku menunjukkan amarah-Ku terhadap kamu.

35) Aku membawa kamu ke padang gurun seperti yang Kulakukan sebelumnya, dan itu akan menjadi tempat bangsa-bangsa lain tinggal. Kita akan berhadapan muka dan Aku menghakimimu.

36) Aku menghakimimu sama seperti Aku menghakimi nenek moyangmu di padang gurun dekat Mesir.” Tuhan ALLAH mengatakan hal itu.

37) “Aku akan menyatakan kamu bersalah dan menghukummu sesuai dengan perjanjian.

38) Aku memindahkan semua mereka yang berbalik melawan Aku dan berdosa terhadap Aku. Aku memindahkan mereka dari negerimu. Mereka tidak lagi datang ke tanah Israel supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.”

39) Sekarang hai keluarga Israel, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “Barangsiapa mau menyembah berhala mereka yang keji, biarkan mereka pergi dan menyembahnya. Kemudian, jangan anggap bahwa kamu akan menerima nasihat dari Aku. Jangan rusakkan nama-Ku lagi. Jangan teruskan memberikan pemberianmu kepada dewamu yang keji.”

40) Tuhan ALLAH mengatakan, “Orang harus datang ke gunung-Ku yang kudus — gunung yang tinggi di Israel — menyembah Aku. Seluruh keluarga Israel akan tinggal di negerinya sendiri — mereka berada di negerinya. Itulah tempat bagimu untuk datang meminta nasihat, dan datanglah ke sana membawa persembahanmu bagi-Ku. Bawalah bagian pertama dari panenmu kepada-Ku ke sana. Bawa semua persembahanmu yang kudus kepada-Ku ke tempat itu.

41) Kemudian Aku berkenan atas bau harum dari persembahanmu. Itu akan terjadi ketika Aku membawa kamu kembali. Aku menyerakkan kamu di tengah-tengah banyak bangsa, tetapi Aku mengumpulkanmu dan membuat kamu menjadi umat-Ku yang khusus kembali, dan semua bangsa akan melihatnya,

42) supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN. Kamu akan tahu hal itu ketika Aku membawa kamu kembali ke tanah Israel. Itulah tanah yang Kujanjikan untuk diberikan kepada nenek moyangmu.

43) Di negeri itu kamu akan mengingat semua kejahatan yang kamu lakukan, yang membuat kamu kotor, dan kamu menjadi malu.

44) Hai keluarga Israel, kamu melakukan banyak yang jahat dan kamu harus binasa karenanya, tetapi untuk melindungi nama baik-Ku, Aku tidak memberikan hukuman yang setimpal kepadamu, supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

45) Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

46) “Anak manusia, lihatlah Negeb, bagian selatan Yehuda. Bicaralah terhadap Hutan Negeb.

47) Katakanlah kepada Hutan Negeb, ‘Dengarkan perkataan TUHAN. Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Lihatlah, Aku telah siap membakar hutanmu. Api akan membinasakan setiap pohon hijau dan setiap pohon kering. Nyala api yang membakar tidak akan dipadamkan. Semua tanah dari selatan ke utara akan terbakar.

48) Kemudian semua orang melihat bahwa Aku TUHAN telah mulai menyalakan api. Api tidak akan dipadamkan.’”

49) Kemudian aku mengatakan, “Ya, Tuhan ALLAH. Jika aku mengatakan itu, orang akan mengatakan bahwa aku hanya menceritakan cerita kepada mereka.”

Pasal 21 (Total ayat 32)
1) [Babel, Pedang] Perkataan TUHAN datang lagi kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, lihatlah Yerusalem dan bicaralah melawan tempat kudusnya. Berbicaralah melawan tanah Israel demi Aku.

3) Katakan kepada tanah Israel, ‘Inilah pesan TUHAN: Aku melawanmu. Aku akan menghunus pedang-Ku dari sarungnya. Aku memindahkan semua orang dari kamu — orang baik dan orang jahat.

4) Aku memindahkan orang baik dan orang jahat dari kamu. Aku menghunus pedang-Ku dari sarungnya dan memakainya melawan semua orang dari selatan sampai ke utara.

5) Dengan demikian setiap orang tahu bahwa Akulah TUHAN, dan mereka tahu Aku mencabut pedang-Ku dari sarungnya. Pedang-Ku tidak akan kembali ke dalam sarungnya hingga selesai.’

6) Anak manusia, buatlah suara sedih seperti orang sedih dengan hati yang remuk. Buatlah suara sedih di depan umat.

7) Kemudian mereka bertanya kepadamu, ‘Mengapa kamu membuat suara sedih itu?’ Jadi, engkau harus mengatakan, ‘Karena berita sedih akan datang. Setiap hati akan hancur dengan ketakutan. Semua tangan menjadi lemah. Setiap roh menjadi lemah. Semua lutut menjadi seperti air.’ Lihatlah, berita sedih akan datang. Hal itu akan terjadi.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

8) [Pedang telah Siap] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

9) “Anak manusia, bicaralah kepada orang demi Aku. Katakanlah ini, ‘Inilah yang dikatakan TUHAN: Lihatlah, pedang, pedang tajam, dan itu telah digosok.

10) Pedang telah ditajamkan untuk membunuh. Pedang digosok sampai mengkilat. Hai anak-Ku, engkau melarikan diri dari tongkat yang Kupakai menghukummu. Engkau tidak mau dihukum dengan tongkat kayu.

11) Jadi, pedang telah digosok. Sekarang sudah dapat dipakai. Pedang telah ditajamkan dan digosok. Sekarang itu sudah dapat diberikan ke tangan pembunuh.

12) Berteriaklah dan meratap, hai anak manusia, karena pedang akan dipakai melawan umat-Ku dan semua pemimpin Israel. Mereka menginginkan perang — jadi mereka akan bersama umat-Ku apabila pedang datang. Jadi, pukullah pahamu untuk membuat suara yang kuat menunjukkan kesedihanmu,

13) karena itu bukan hanya ujian. Kamu tidak mau dihukum dengan tongkat kayu, jadi apa lagi yang harus Kupakai menghukummu?’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

14) “Anak manusia, bertepuk tangan dan ambillah perhatian mereka, dan bicaralah kepada orang demi Aku. Biarkan pedang datang dua kali, tidak, tiga kali. Pedang itu untuk membunuh orang. Itulah pedang pembunuhan besar-besaran. Pedang itu akan memotong mereka.

15) Hati mereka akan hancur dengan ketakutan, dan banyak orang jatuh. Pedang membunuh banyak orang dekat pintu gerbang kota. Ya, pedang mengkilat. Pedang telah digosok membunuh orang.

16) Pedang, tajamlah. Potonglah yang ada di sebelah kanan. Potong yang ada di depan. Potong yang ada di sebelah kiri. Pedang, pergilah ke mana saja matamu telah disuruh.

17) Kemudian Aku juga bertepuk tangan dan berhenti menunjukkan amarah-Ku. Aku TUHAN telah berbicara.”

18) [Yerusalem Dihukum] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

19) “Anak manusia, gambarlah dua jalan yang akan dilalui pedang raja Babel datang ke Israel. Kedua jalan itu mulai dari negeri yang sama. Kemudian gambar sebuah tanda persimpangan jalan ke kota.

20) Pakailah tanda itu menunjukkan jalan yang mana akan dipakai pedang itu. Satu jalan menuju orang Amon di kota Raba. Jalan yang lain menuju Yehuda, ke kota berbenteng Yerusalem.

21) Itu menunjukkan bahwa raja Babel datang ke tempat persimpangan kedua jalan itu. Ia memakai alat tenung untuk mengetahui masa depan. Dia mengocok beberapa panah. Ia bertanya kepada berhala milik keluarganya. Ia melihat pada hati binatang yang dibunuhnya.

22) Tanda-tanda itu mengatakan kepadanya untuk mengambil jalan kanan, jalan yang menuju Yerusalem. Ia berencana membawa balok-balok besar. Ia akan memberikan perintah, dan tentaranya mulai membunuh. Mereka meneriakkan teriakan perang. Kemudian mereka membangun tembok tanah sekeliling kota. Mereka membangun jalan tanah menuju tembok. Mereka membangun menara kayu untuk menyerang kota.

23) Tanda-tanda tenungan itu tidak berarti bagi orang Israel. Mereka mempunyai perjanjian yang dibuatnya, tetapi TUHAN akan mengingat dosa mereka, supaya orang Israel ditaklukkan.”

24) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Kamu telah melakukan banyak kejahatan. Dosa-dosamu sangat jelas. Kamu memaksa Aku mengingat bahwa kamu berdosa, jadi musuh akan menangkap kamu.

25) Dan kamu pemimpin jahat Israel akan dibunuh. Waktu penghukumanmu telah datang. Kesudahanmu telah ada di sini.”

26) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Bukalah serban. Buka mahkota. Masanya telah datang untuk mengubah. Pemimpin yang penting akan direndahkan, dan mereka yang tidak penting sekarang menjadi pemimpin penting.

27) Aku akan membinasakan kota itu, tetapi hal itu belum terjadi, sebelum ada orang yang tepat menjadi raja yang baru. Kemudian Aku membiarkannya memiliki kota itu.”

28) [Orang Amon Dihukum] “Anak manusia, bicaralah kepada orang demi Aku. Katakanlah ini, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH kepada orang Amon dan dewa mereka yang memalukan itu, Lihatlah, pedang. Pedang keluar dari sarungnya. Pedang telah digosok. Pedang telah siap membunuh. Itu telah digosok supaya mengkilat seperti kilat.

29) Penglihatanmu sia-sia. Tenunganmu tidak akan menolongmu. Itu hanya serangkaian dusta. Pedang itu sekarang pada leher orang jahat. Mereka akan segera menjadi mayat. Masanya telah datang. Masanya telah datang untuk mengakhiri kejahatannya.’”

30) [Nubuat Melawan Babel] “Masukkan pedang kembali ke sarungnya. Hai Babel, Aku akan menghakimimu di tempatmu diciptakan, di mana engkau dilahirkan.

31) Aku akan mencurahkan amarah-Ku kepadamu. Marah-Ku akan membakarmu seperti angin panas. Aku menyerahkanmu ke tangan orang kejam. Mereka pandai membunuh orang.

32) Engkau akan seperti minyak untuk api. Darahmu akan mengalir masuk ke tanah — orang tidak pernah mengingatmu lagi. Aku TUHAN telah berbicara.”

Pasal 22 (Total ayat 31)
1) [Yehezkiel Berbicara terhadap Yerusalem] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, apakah engkau akan menghakimi kota pembunuh? Apakah engkau mengatakan kepadanya tentang semua hal yang mengerikan yang dilakukannya?

3) Katakanlah, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Kota itu penuh dengan pembunuh, jadi hukumannya akan tiba. Ia membuat berhala yang keji untuk dirinya sendiri, dan dewa-dewa itu membuatnya kotor.

4) Hai orang Yerusalem, kamu membunuh banyak orang. Kamu membuat berhala yang keji. Kamu berdosa, dan waktunya telah datang untuk menghukummu. Kesudahanmu telah datang. Bangsa-bangsa lain akan mengejek dan menertawakanmu.

5) Orang yang jauh dan dekat akan mengejekmu. Kamu telah merusak namamu. Kamu dapat mendengar orang yang tertawa dengan kuat.

6) Di Yerusalem, setiap pemerintah Israel membuat dirinya sendiri kuat sehingga ia dapat membunuh orang lain.

7) Orang di Yerusalem tidak menghormati orang tuanya. Mereka menyiksa orang asing di kota itu. Mereka menipu yatim piatu dan janda di tempat itu.

8) Kamu umat memandang rendah terhadap hal-hal yang kudus milik-Ku. Kamu memperlakukan hari peristirahatan-Ku yang khusus seakan-akan tidak penting.

9) Orang di Yerusalem mengatakan dusta tentang orang lain untuk membunuh orang yang tidak berdosa. Mereka pergi ke gunung-gunung untuk menyembah dewa-dewa dan kemudian datang ke Yerusalem untuk makan bersama. Di Yerusalem, umat melakukan banyak dosa percabulan.

10) Di Yerusalem, umat melakukan dosa hubungan suami istri dengan istri ayahnya. Di Yerusalem, orang memperkosa perempuan — bahkan pada masa datang bulannya.

11) Orang melakukan dosa yang keji terhadap istri tetangganya sendiri. Yang lain melakukan hubungan suami istri dengan menantunya perempuan dan membuatnya najis. Dan yang lain memperkosa saudari kandungnya sendiri.

12) Di sana kamu menerima uang untuk membunuh orang. Kamu meminjamkan uang dan meminta bunganya. Kamu menipu tetanggamu hanya karena uang sedikit. Dan kamu telah melupakan Aku.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

13) “Sekarang lihatlah. Aku akan menghantamkan tangan-Ku dan menghentikanmu. Aku menghukum kamu karena kamu menipu dan membunuh orang.

14) Apakah kamu tetap berani? Apakah kamu kuat pada masa Aku datang menghukummu? Tidak. Akulah TUHAN. Aku telah berbicara dan akan melakukan yang telah Kukatakan.

15) Aku akan membuat kamu berserak di tengah-tengah bangsa-bangsa. Aku memaksa kamu pergi ke banyak negeri. Aku membinasakan hal-hal yang keji di kota itu.

16) Yerusalem, kamu akan menjadi najis. Dan bangsa-bangsa lain akan melihat semua hal itu terjadi supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.”

17) [Israel Seperti Sampah yang Tidak Berharga] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

18) “Anak manusia, keluarga Israel telah menjadi seperti sampah bagi-Ku. Mereka seperti potongan-potongan kecil tembaga, timah putih, besi, dan timah hitam yang dibiarkan dalam peleburan ketika perak dilebur dan dimurnikan.

19) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Kamu semua telah menjadi seperti sampah yang tidak berharga. Jadi, Aku akan mengumpulkanmu ke Yerusalem.

20) Para tukang memasukkan perak, tembaga, besi, timah putih, dan timah hitam ke dalam api. Mereka meniup api membuatnya lebih panas. Kemudian logam itu mulai lebur. Dengan cara yang sama, Aku akan memasukkan kamu ke dalam api-Ku dan meleburmu. Api itu ialah murka-Ku yang panas.

21) Aku memasukkan kamu ke dalam api murka-Ku dan meniupnya, dan kamu mulai lebur.

22) Di kota itu, kamu menjadi seperti perak yang dilebur dalam api, supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN dan Aku mencurahkan amarah-Ku padamu.’”

23) [Yehezkiel Berbicara Menentang Yerusalem] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

24) “Anak manusia, bicaralah kepada Israel. Katakan kepadanya bahwa ia tidak murni. Aku marah pada negeri itu, jadi negeri itu tidak menerima hujan.

25) Nabi-nabi di Yerusalem membuat rencana jahat. Mereka seperti singa — yang mengaum ketika mulai makan binatang yang ditangkapnya. Mereka telah membinasakan banyak yang hidup. Mereka mengambil banyak harta yang mahal dan membuat perempuan menjadi janda di Yerusalem.

26) Imam-imam sungguh telah merusak ajaran-Ku. Mereka tidak memperlakukan harta-Ku yang kudus dengan benar — mereka tidak menunjukkannya selaku yang penting. Mereka memperlakukan benda kudus seperti benda yang tidak kudus. Mereka memperlakukan hal-hal yang bersih seperti barang najis. Mereka tidak mengajar orang tentang hal itu. Mereka tidak mau menghormati hari peristirahatan-Ku yang khusus. Mereka memperlakukan Aku seperti yang tidak penting.

27) Para pemimpin di Yerusalem seperti serigala yang memakan binatang yang ditangkapnya. Mereka menyerang orang dan membunuhnya hanya supaya menjadi kaya.

28) Nabi-nabi hanya membuat tutup tipis pada lubang. Mereka hanya melihat dusta. Mereka melakukan tenungannya untuk mengetahui tentang masa depan, tetapi mereka hanya berdusta. Mereka berkata, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH.’ Mereka hanya berdusta — TUHAN tidak berbicara kepada mereka.

29) Orang biasa mengambil keuntungan dari setiap orang lain. Mereka menipu dan mencuri dari setiap orang lain. Mereka menjadi kaya dengan mengambil keuntungan dari pengemis yang miskin yang tidak berdaya dan mereka sungguh-sungguh menipu orang asing. Mereka tidak jujur dalam segala hal.

30) Aku meminta kepada mereka untuk melindungi negerinya. Aku meminta kepada mereka untuk menjaga tempatnya. Aku mau mereka berdiri dekat lubang pada dinding dan berperang melindungi kotanya, tetapi tidak ada yang datang menolong.

31) Jadi, Aku akan menunjukkan marah-Ku kepada mereka — Aku akan membinasakan mereka. Aku menghukumnya karena kejahatan yang dilakukannya. Itu semua kesalahan mereka.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 23 (Total ayat 49)
1) Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, dengarkan cerita tentang Samaria dan Yerusalem. Ada dua putri bersaudara, dari seorang ibu.

3) Mereka menjadi pelacur di Mesir ketika mereka masih muda. Di Mesir, mereka melakukan persundalan dan membiarkan orang menjamah puting susunya dan memegang buah dadanya.

4) Putri yang tertua bernama Ohola. Dan saudaranya bernama Oholiba. Mereka menjadi istri-Ku, dan kami mempunyai anak-anak. Ohola sesungguhnya adalah Samaria, dan Oholiba sesungguhnya Yerusalem.

5) Kemudian Ohola tidak setia terhadap Aku — ia mulai hidup seperti pelacur. Ia mulai menginginkan kekasihnya. Ia melihat tentara Asyur

6) dalam pakaian seragam hijau. Mereka semua menginginkan orang muda yang mengendarai kuda. Mereka ialah pemimpin dan komandan.

7) Dan Ohola memberikan dirinya sendiri kepada semua orang itu. Semua mereka tentara pilihan dalam pasukan Asyur, dan dia menginginkan mereka semua. Ia menjadi keji bersama berhala-berhala mereka yang keji.

8) Di samping itu, ia tidak pernah berhenti mengadakan percintaan bersama Mesir. Mesir mencintainya sejak ia masih muda. Mesirlah kekasihnya yang pertama yang menyentuh buah dadanya. Mesir mencurahkan kasihnya yang tidak murni kepadanya.

9) Jadi, Aku membiarkan kekasihnya memilikinya. Ia menginginkan Asyur, jadi Aku memberikannya kepada mereka.

10) Mereka memperkosanya. Mereka mengambil anak-anaknya dan membunuhnya. Mereka menghukumnya, dan perempuan-perempuan masih membicarakan tentang dia.

11) Saudarinya yang termuda, Oholiba, melihat semua hal itu terjadi, tetapi Oholiba melakukan dosa lebih banyak daripada saudarinya. Ia lebih tidak setia daripada Ohola.

12) Ia menginginkan pemimpin dan komandan Asyur. Ia menginginkan tentara dengan pakaian seragam dengan menunggang kuda. Mereka semua menginginkan orang muda.

13) Aku melihat kedua perempuan itu pergi merusak hidupnya dengan kesalahan yang sama.

14) Oholiba terus tidak setia terhadap Aku. Di Babel, ia melihat gambar orang yang diukir di tempat itu. Itulah gambar orang Kasdim yang memakai seragam merah.

15) Mereka memakai ikat pinggang dan serban yang panjang pada kepalanya. Semua orang itu tampaknya seperti komandan kereta perang. Mereka semua tampaknya seperti penduduk asli Babel.

16) Dan Oholiba menginginkan mereka.

17) Jadi, orang Babel datang kepadanya dan melakukan hubungan suami istri dengan dia. Mereka memakainya dan membuatnya najis dan dia menjadi jijik dengan mereka.

18) Oholiba membiarkan setiap orang melihat bahwa ia tidak setia. Ia membiarkan begitu banyak orang senang atas ketelanjangnya sehingga Aku menjadi jijik terhadap dia — sebagaimana Aku jijik terhadap saudarinya.

19) Terus-menerus Oholiba tidak setia terhadap Aku dan kemudian dia mengingat percintaannya selaku perempuan muda di Mesir.

20) Ia mengingat kekasihnya yang auratnya seperti keledai dan air maninya mengalir seperti kuda.

21) Oholiba, engkau memimpikan masa itu ketika engkau masih muda; ketika kekasihmu menyentuh puting susumu dan menjamah buah dadamu.

22) Jadi, Oholiba, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Engkau jijik dengan kekasihmu, tetapi Aku akan membawa mereka kemari. Mereka akan mengelilingimu.

23) Aku membawa semua orang dari Babel, terlebih-lebih orang Kasdim. Aku membawa orang dari Pekod, Soa, dan Koa, dan semua orang dari Asyur. Aku membawa semua pemimpin dan komandan, semua mereka adalah orang muda yang diinginkan, komandan kereta perang dan tentara pilihan yang mengendarai kudanya.

24) Orang banyak itu berkerumun datang kepadamu. Mereka datang menunggang kuda dan dalam kereta perangnya. Mereka memakai tombak, perisai, dan ketopong. Mereka berkumpul di sekelilingmu, dan Aku akan mengatakan kepada mereka apa yang engkau telah lakukan terhadap Aku. Kemudian mereka menghukummu dengan caranya.

25) Aku akan menunjukkan kepadamu betapa cemburu Aku. Mereka akan marah dan menyiksamu. Mereka memotong hidung dan telingamu. Mereka memakai pedang dan membunuhmu. Kemudian mereka mengambil anak-anakmu dan membakar apa saja yang masih tinggal padamu.

26) Mereka mengambil pakaianmu yang cantik dan perhiasanmu.

27) Jadi, Aku akan menghentikan mimpimu tentang percintaanmu bersama Mesir. Engkau tidak lagi melihat mereka. Engkau tidak pernah lagi mengingat Mesir.’”

28) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku memberikan engkau kepada orang yang kaubenci. Aku memberikan engkau kepada orang yang membuatmu jijik.

29) Dan mereka akan menunjukkan betapa engkau dibenci oleh mereka. Mereka mengambil segala sesuatu yang kaukerjakan dan meninggalkanmu telanjang. Orang akan melihat dengan jelas dosa-dosamu. Mereka melihat bahwa engkau berbuat seperti pelacur dan bermimpi jahat.

30) Engkau telah melakukan hal yang buruk ketika engkau meninggalkan Aku, untuk mengejar bangsa-bangsa lain. Engkau telah melakukan hal yang buruk ketika engkau mulai menyembah berhalanya yang keji.

31) Engkau mengikuti saudarimu dan hidup seperti dia. Engkau, dirimu sendiri, membawa mangkuk racunnya dan memegangnya dalam tanganmu.”

32) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Engkau akan minum racun dari mangkuk saudarimu, mangkuk racun yang tinggi. Isinya hanya racun. Orang akan menertawakanmu dan mengejekmu.

33) Engkau akan terhuyung-huyung seperti orang mabuk. Engkau sangat pusing. Itulah mangkuk kebinasaan dan penghancur. Itu seperti mangkuk yang diminum saudarimu.

34) Engkau akan minum racun dalam mangkuk itu. Engkau meminumnya sampai tetes terakhir. Engkau melemparkan mangkuk itu dan memecahkannya. Dan engkau mengoyakkan dadamu karena kesakitan. Hal itu akan terjadi karena Akulah Tuhan ALLAH. Dan itulah yang Kukatakan.

35) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Yerusalem, engkau melupakan Aku. Engkau membuang Aku dan telah meninggalkan Aku. Jadi, sekarang engkau harus menderita karena meninggalkan Aku dan engkau hidup seperti pelacur. Engkau harus menderita atas mimpi burukmu.’”

36) [Penghakiman terhadap Ohola dan Oholiba] TUHAN berkata kepadaku, “Anak manusia, apakah engkau akan menghakimi Ohola dan Oholiba? Katakan kepada mereka tentang hal yang mengerikan yang telah dilakukannya.

37) Mereka melakukan dosa percabulan. Mereka berdosa karena pembunuhan. Mereka berbuat selaku pelacur — mereka telah meninggalkan Aku untuk menyertai berhalanya yang keji. Mereka mempunyai banyak anak, tetapi mereka memaksanya melewati api. Mereka melakukan itu untuk memberikan makanan kepada berhalanya yang keji.

38) Mereka juga memperlakukan hari peristirahatan-Ku yang khusus dan Tempat-Ku yang kudus seperti hal yang tidak penting.

39) Mereka membunuh anak-anaknya untuk berhalanya lalu pergi ke dalam Tempat-Ku yang kudus dan membuatnya najis juga. Mereka melakukan itu dalam Rumah-Ku.

40) Mereka memanggil orang di tempat yang jauh. Engkau mengutus utusan kepada orang-orang itu, dan mereka datang melihatmu. Engkau mandi untuk mereka, menghias matamu, dan memakai perhiasanmu.

41) Engkau duduk di tempat tidurmu dan sebuah meja ada di depanmu. Engkau meletakkan kemenyan-Ku dan minyak-Ku di atas meja itu.

42) Suara di Yerusalem seperti suara orang banyak yang mengadakan pesta. Banyak orang datang ke pesta itu. Mereka sedang minum ketika mereka datang dari padang gurun. Mereka memberikan gelang dan mahkota yang indah kepada perempuan itu.

43) Kemudian Aku berbicara kepada salah seorang perempuan yang telah capek karena dosa percabulannya. Aku berkata kepadanya, ‘Apakah mereka akan terus melakukan dosa percabulan dengan dia, dan dia bersama mereka?’

44) Mereka terus pergi kepadanya seperti mereka pergi kepada pelacur. Ya, mereka pergi terus-menerus kepada Ohola dan Oholiba, perempuan jahat itu.

45) Orang baik akan menghukum mereka atas dosa perzinaan dan pembunuhan karena Ohola dan Oholiba melakukan perzinaan dan darah dari orang yang dibunuhnya masih ada pada tangannya.”

46) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Kumpulkan orang banyak. Kemudian biarkan mereka menghukum Ohola dan Oholiba. Kelompok orang itu akan menghukum dan mengejek kedua perempuan itu.

47) Kemudian kelompok itu melemparkan batu atas mereka dan membunuhnya. Kemudian mereka memotong perempuan itu berkeping-keping dengan pedang mereka. Mereka akan membunuh anak-anak perempuan itu dan membakar rumah-rumahnya.

48) Dengan cara itu Aku akan memindahkan aib itu dari negeri ini, dan semua perempuan lain akan diperingatkan supaya jangan melakukan hal-hal yang memalukan yang kamu telah lakukan.

49) Mereka akan menghukummu atas hal-hal yang jahat yang kamu lakukan. Kamu akan dihukum karena menyembah berhalamu yang keji, supaya kamu tahu bahwa Akulah Tuhan ALLAH.”

Yehezkiel Pasal 24 (Total ayat 27)

1) [Kuali dan Daging] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Itu terjadi pada hari kesepuluh, bulan kesepuluh, tahun kesembilan. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, tuliskan tanggal hari ini dan catatan ini, ‘Pada hari ini tangan raja Babel mengepung Yerusalem.’

3) Katakan cerita ini kepada keluarga yang tidak patuh (Israel). Katakan kepada mereka hal ini, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Letakkan kuali ke atas api. Letakkan kuali dan curahkan air ke dalamnya.

4) Masukkan ke dalamnya potongan-potongan daging. Masukkan setiap potongan yang bagus, paha, dan bahu. Isi kuali penuh dengan tulang-tulang yang terbaik.

5) Ambillah hewan yang terbaik dalam kawanan domba. Masukkan kayu ke bawah kuali. Dan masaklah daging itu. Masak sup sampai tulang-tulangnya matang.”

6) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Celakalah Yerusalem. Celakalah kota pembunuh itu. Yerusalem seperti kuali dengan karatnya. Dan karat kuali itu tidak dapat dipindahkan. Kuali itu tidak bersih, dan karat tidak dapat dipindahkan, jadi daging harus dibuang dan tidak dibagikan di tengah-tengah para imam.

7) Yerusalem seperti kuali dengan karatnya. Hal itu adalah karena darah pembunuh masih ada di sana. Ia menaruh darah ke atas bukit batu yang gundul. Ia tidak mencurahkan darah ke tanah dan menutupnya dengan tanah.

8) Aku mencurahkan darahnya ke atas bukit batu yang gundul, jadi itu tidak akan ditutup. Aku melakukannya supaya orang menjadi marah dan menghukumnya, karena membunuh orang yang tidak berdosa.”

9) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Celakalah kota pembunuh itu. Aku akan menimbun banyak kayu api.

10) Masukkan banyak kayu ke bawah kuali. Nyalakan api. Masak daging. Aduk dalam rempah-rempah dan biarkan tulang-tulang masak betul.

11) Kemudian biarkan kuali kosong di atas bara api. Biarkan menjadi panas sekali sehingga karatnya membara. Karat-karat akan hancur. Karat akan binasa.

12) Yerusalem mungkin kerja keras untuk membersihkan karatnya, tetapi ‘karat’ itu tidak akan keluar. Hanya api penyiksaan akan menghilangkannya.

13) Kamu telah berdosa terhadap Aku dan telah berkarat karena dosa. Aku ingin membersihkan dan membuat kamu bersih, tetapi karat tidak mau keluar. Aku tidak akan berusaha membersihkanmu lagi hingga murka-Ku yang membara menghabiskanmu.”

14) Akulah TUHAN. Aku berkata bahwa hukumanmu akan datang dan membuatnya terjadi. Aku tidak akan menarik hukuman itu. Aku tidak merasa kasihan kepadamu. Aku akan menghukummu karena kejahatan yang kamu lakukan. Demikianlah firman Tuhan ALLAH.’”

15) [Kematian Istri Yehezkiel] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

16) “Anak manusia, engkau sangat mencintai istrimu, tetapi Aku akan mengambilnya dari engkau. Istrimu akan mati tiba-tiba, tetapi jangan tunjukkan kesedihanmu. Jangan menangis kuat-kuat. Engkau akan menangis dan air matamu jatuh,

17) tetapi mengeluhlah secara diam-diam. Berpakaianlah seperti biasa, pakai serban dan sandalmu; jangan tutup mukamu dan jangan makan makanan orang yang berkabung.”

18) Besok paginya aku berbicara kepada orang tentang yang telah dikatakan Allah. Malamnya, istriku mati. Besok paginya aku melakukan yang diperintahkan Allah.

19) Kemudian orang berkata kepadaku, “Mengapa engkau melakukan itu? Apa artinya itu?”

20) Dan aku berkata kepada mereka, “Perkataan TUHAN datang kepadaku. Ia mengatakan kepadaku

21) untuk berbicara kepada keluarga Israel. Tuhan ALLAH mengatakan, ‘Lihatlah, Aku akan membinasakan Tempat-Ku yang kudus. Kamu bangga atas Tempat itu dan menyanyikan lagu pujian tentang itu. Kamu suka melihatnya. Kamu sungguh-sungguh suka akan Tempat itu, tetapi Aku akan membinasakannya, dan anak-anakmu yang kamu tinggalkan dibunuh dalam pertempuran.

22) Kamu akan melakukan hal yang sama yang Aku telah lakukan. Kamu tidak akan menutupi mukamu dan tidak memakan makanan orang yang berkabung.

23) Kamu akan memakai serban dan sandalmu. Kamu tidak akan menunjukkan kesedihanmu secara terbuka. Kamu tidak menangis di depan umum, tetapi kamu habis karena dosamu dan berkata kepada setiap orang lain secara diam-diam tentang keluhanmu.

24) Jadi, Yehezkiel adalah contoh untukmu. Kamu akan melakukan semua hal yang sama yang telah dilakukannya. Masa hukuman akan datang, supaya kamu tahu bahwa Akulah Tuhan ALLAH.’

25) Anak manusia, Aku akan mengambil tempat perlindungan dari umat — Yerusalem, tempat yang indah itu membuat mereka senang. Mereka suka melihatnya. Mereka sungguh-sungguh suka pada tempat itu, tetapi pada waktu itu, Aku akan mengambil kota itu dan anak-anaknya dari mereka. Orang yang luput akan datang kepadamu membawa berita duka tentang Yerusalem.

26) (24:25)

27) Pada waktu itu engkau dapat berbicara kepada orang itu. Engkau tidak akan diam lagi. Dengan cara itu engkau menjadi contoh bagi mereka, lalu mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 25 (Total ayat 17)
1) [Nubuat Melawan Amon] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, lihatlah orang Amon dan bicaralah melawan mereka demi Aku.

3) Katakan kepada mereka, ‘Dengarkan perkataan Tuhan ALLAH. Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Engkau senang ketika Tempat-Ku yang kudus binasa. Engkau melawan tanah Israel ketika Israel sepi. Engkau melawan keluarga Yehuda ketika orang dibawa selaku tawanan.

4) Jadi, Aku akan memberikan engkau kepada orang dari timur. Mereka akan mengambil tanahmu. Tentara mereka membangun kemahnya di negerimu. Mereka akan tinggal di tengah-tengahmu dan memakan buah-buahanmu dan minum susumu.

5) Aku akan membuat kota Raba menjadi padang rumput bagi unta dan kota-kota menjadi tempat kambing domba, lalu kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.

6) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Engkau senang bahwa Yerusalem binasa. Engkau bertepuk tangan dan mengentakkan kakimu. Engkau menghina tanah Israel.

7) Jadi, Aku akan menghukummu. Engkau akan seperti barang berharga yang dirampas tentara dalam perang. Engkau akan kehilangan hartamu. Engkau akan mati di negeri yang jauh. Aku akan membinasakan negerimu supaya engkau tahu bahwa Akulah TUHAN.’”

8) [Nubuat Melawan Moab dan Seir] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Moab dan Seir mengatakan, ‘Keluarga Yehuda adalah seperti bangsa lain.’

9) Aku akan memotong bahu Moab — Aku akan mengambil kota-kotanya, yang ada di perbatasannya, negeri yang indah itu, Bet-Yesimot, Baal-Meon, dan Kiryataim.

10) Kemudian Aku memberikan kota-kota itu kepada orang di timur. Mereka akan mengambil negerimu. Aku juga membiarkan orang dari timur membinasakan orang Amon, dan orang akan melupakan mereka yang pernah menjadi suatu bangsa.

11) Jadi, Aku menghukum Moab, supaya mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

12) [Nubuat Melawan Edom] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Orang Edom melawan keluarga Yehuda dan berusaha merampasnya. Orang Edom berdosa.”

13) Jadi, Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku akan menghukum Edom. Aku membinasakan orang dan binatang di Edom. Aku membinasakan seluruh negeri Edom, semua jalan dari Teman ke Dedan. Orang Edom akan dibunuh dalam pertempuran.

14) Aku memakai umat-Ku Israel dan bahkan melawan Edom. Dengan demikian, orang Israel menunjukkan amarah-Ku terhadap Edom, supaya orang Edom tahu bahwa Aku menghukum mereka.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

15) [Nubuat Melawan Orang Filistin] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Orang Filistin berusaha balas dendam. Mereka sangat kejam. Mereka membiarkan murkanya membakar sangat lama.”

16) Jadi, Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku akan menghukum orang Filistin. Ya, Aku membinasakan umat itu dari Kreta. Aku membinasakan umat yang tinggal di tepi laut.

17) Aku menghukum mereka — Aku balas dendam. Aku membiarkan amarah-Ku sebagai pelajaran kepada setiap mereka supaya mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 26 (Total ayat 21)
1) [Berita Duka tentang Tirus] Pada tahun kesebelas, hari pertama, bulan itu, perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, Tirus mengatakan hal yang buruk tentang Yerusalem, ‘Hai! Gerbang kota besar yang melindungi kota telah binasa. Kota besar telah terbuka demi Aku. Kota sudah runtuh, jadi Aku dapat mengambil banyak barang berharga dari dalamnya.’”

3) Jadi, Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku melawan engkau, Tirus. Aku akan membawa banyak bangsa menyerangmu. Mereka akan datang terus-menerus seperti gelombang pada pantai.

4) Tentara musuh akan membinasakan tembok Tirus dan menumbangkan menaranya. Aku juga mengikis tanah subur dari atasnya. Aku membuat Tirus menjadi bukit batu yang gundul.

5) Tirus menjadi tempat di dekat laut untuk menebarkan jala ikan. Aku telah mengatakannya.” Tuhan ALLAH mengatakan, “Tirus akan menjadi seperti barang berharga yang diambil tentara dalam perang.

6) Anak-anaknya di daratan akan dibunuh dalam pertempuran supaya mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

7) [Nebukadnezar Akan Menyerang Tirus] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku akan membawa musuh dari utara melawan Tirus. Musuh itu ialah Nebukadnezar, raja besar Babel. Ia akan membawa banyak pasukan. Ada kuda, kereta perang, tentara berkuda, dan banyak tentara lainnya. Tentara itu berasal dari bangsa-bangsa yang berbeda.

8) Nebukadnezar akan membunuh putri-putrimu di daratan. Dia membangun menara-menara menyerang kotamu. Ia membangun jalan tanah sekeliling kotamu. Ia membangun tanjakan tanah menuju tembok.

9) Ia membawa balok besar untuk merubuhkan tembokmu. Ia memakai beliung dan merubuhkan menara-menaramu.

10) Di sana akan banyak kudanya sehingga debu menutupimu. Tembokmu akan bergetar karena suara tentara berkuda, kereta, dan kereta perang ketika raja Babel masuk kota melalui pintu gerbang. Ya, mereka datang ke kotamu karena temboknya akan rubuh.

11) Raja Babel akan datang naik kuda melalui kotamu. Kaki-kaki kudanya menginjak jalan-jalanmu. Ia membunuh umatmu dengan pedang. Tugu-tugu di kotamu akan jatuh ke tanah.

12) Rakyat Nebukadnezar akan mengambil kekayaanmu. Mereka mengambil barang-barang yang mau kamu jual. Mereka akan merubuhkan tembokmu dan membinasakan rumah-rumah kesenanganmu. Mereka melemparkan kayu dan batu ke laut seperti sampah.

13) Jadi, Aku akan menghentikan suara nyanyian gembira. Orang tidak mendengar kecapimu lagi.

14) Aku membuat bukit batu yang gundul bagimu. Engkau menjadi tempat di dekat tepi laut untuk menebarkan jala ikanmu. Engkau tidak dibangun kembali karena Aku TUHAN telah berbicara.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

15) [Bangsa-bangsa Lain Akan Menangisi Tirus] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH kepada Tirus, “Negeri sepanjang pantai Laut Tengah akan gemetar karena suara kejatuhanmu. Hal itu terjadi ketika umatmu disiksa dan dibunuh.

16) Kemudian semua pemimpin negeri dekat laut turun takhta dan menunjukkan kesedihannya. Mereka mengambil pakaian khususnya dan menanggalkan pakaiannya yang indah. Kemudian mereka memakai pakaian kegentaran. Mereka duduk di atas tanah dan gemetar ketakutan. Mereka akan terkejut betapa cepatnya engkau binasa.

17) Mereka akan menyanyikan lagu kesedihan tentang engkau, ‘Tirus, engkau kota yang terkenal. Orang datang dari seberang lautan untuk tinggal di tengah-tengahmu. Engkau terkenal, tetapi sekarang engkau telah lenyap. Engkau kuat di laut, demikian juga orang yang tinggal di tengah-tengahmu. Engkau membuat semua yang tinggal di daratan takut kepadamu.

18) Sekarang pada hari kejatuhanmu, negeri sepanjang pantai akan gemetar ketakutan. Mereka adalah jajahan yang engkau mulai sepanjang pantai. Sekarang orang menjadi takut apabila engkau pergi.’”

19) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Tirus, engkau akan menjadi kota tua yang sunyi. Tidak ada yang tinggal di sana. Aku akan membuat laut menghanyutkanmu. Lautan besar menutupimu.

20) Aku akan mengirim engkau ke lubang yang dalam — ke tempat orang mati. Engkau akan bergabung dengan orang yang mati dahulu kala. Aku mengirim engkau ke alam baka seperti semua kota tua lainnya yang sunyi. Engkau akan sama seperti semua orang lain yang turun ke dalam kubur. Tidak ada yang hidup di tengah-tengahmu kelak. Engkau tidak pernah lagi ada dalam tanah orang yang hidup.

21) Orang lain akan takut tentang yang terjadi kepadamu. Engkau akan berakhir. Orang akan mencarimu, tetapi mereka tidak pernah menemuimu lagi.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 27 (Total ayat 36)
1) [Tirus, Pintu ke Laut] Perkataan TUHAN datang kepadaku kembali. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, nyanyikanlah nyanyian duka tentang Tirus.

3) Katakanlah ini tentang Tirus, ‘Tirus, engkau adalah pintu masuk ke laut. Engkau pedagang bagi banyak bangsa. Engkau bepergian ke banyak negeri di sepanjang pantai.’ Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: ‘Tirus, engkau berkata kepada dirimu sendiri bahwa engkau sangat cantik.

4) Laut Tengah adalah perbatasan sekeliling kotamu. Pembangunmu membuatmu indah sekali, seperti kapal yang berlayar dari tempatmu.

5) Pembangunanmu memakai kayu sanobar dari gunung-gunung Senir untuk papanmu. Mereka memakai kayu cedar dari Libanon membuat tiang layarmu.

6) Mereka memakai kayu ek dari Basan membuat dayungmu. Mereka memakai kayu cemara dari Kitim membuat geladakmu di dek. Mereka menghiasinya dengan gading.

7) Untuk layarmu, mereka memakai lenan berwarna-warni yang dibuat di Mesir. Layar itulah benderamu. Yang menutupi kamarmu ialah tenda yang berwarna ungu dan merah tua dari Pantai Elisa.

8) Orang Sidon dan Arwad mendayung perahumu. Tirus, orangmu yang bijak ialah kapten pada kapalmu.

9) Para pemimpin dan orang bijak dari Gebal menjadi ahli yang memperbaiki yang rusak. Semua kapal di laut dan pelautnya datang melakukan dagang dengan engkau.’

10) Orang dari Persia, Lud, dan Put ada dalam pasukanmu. Merekalah pasukan perangmu. Mereka menggantungkan perisai dan ketopongnya pada tembokmu. Mereka membawa kemuliaan bagi kotamu.

11) Orang Arwad dan Kilikia berdiri mengawal tembok sekeliling kotamu. Orang Gamad ada di atas menara-menaramu. Mereka menggantungkan perisainya pada tembok sekeliling kotamu. Mereka membuat kecantikanmu sempurna.

12) Tarsis ialah langgananmu yang terbaik. Mereka mendagangkan perak, besi, timah putih, dan timah hitam untuk semua barang daganganmu yang indah.

13) Orang Yunani, Turki, dan daerah sekeliling Laut Hitam berdagang dengan engkau. Mereka menjual hamba dan tembaga untuk barang daganganmu.

14) Orang dari bangsa Togarma menjual kuda, kuda perang, dan bagal untuk barang daganganmu.

15) Orang Rodes berdagang dengan engkau. Engkau menjual barang-barangmu di banyak tempat. Orang membawa tulang gading dan kayu arang untuk membayar kepadamu.

16) Aram berdagang dengan engkau karena engkau mempunyai begitu banyak barang yang bagus. Mereka mendagangkan permata batu darah, kain ungu muda, pakaian berwarna-warni, lenan halus, karang, dan batu delima untuk barang daganganmu.

17) Orang Yehuda dan Israel berdagang dengan engkau. Mereka membayar barang daganganmu dengan gandum, minyak zaitun, mur, madu, minyak, dan balsem.

18) Damsyik ialah langganan yang baik. Mereka berdagang dengan engkau untuk membeli banyak barang yang cantik yang kaumiliki. Mereka mendagangkan anggur dari Helbon dan wol putih untuk barang-barang itu.

19) Damsyik mendagangkan anggur dari Uzal untuk barang daganganmu. Mereka membayar besi tempaan, kasia, dan tebu untuk barang-barang itu.

20) Dedan mengadakan perdagangan yang baik. Mereka menawarkan kepadamu pelana kuda.

21) Araba dan semua pemimpin Kedar menawarkan anak domba, domba jantan, dan kambing untuk barang-barangmu.

22) Pedagang dari Syeba dan Raema berdagang dengan engkau. Mereka menawarkan semua rempah yang terbaik, setiap jenis permata, dan untuk barang-barangmu.

23) Haran, Kane, Eden, pedagang Syeba, Asyur, dan Kilmad berdagang dengan engkau.

24) Mereka membayar dengan pakaian yang terbaik, pakaian yang berwarna-warni, permadani yang beraneka warna, tali berpilin, dan barang-barang yang terbuat dari kayu cedar. Itulah barang-barang yang diperdagangkannya kepadamu.

25) Kapal-kapal Tarsis membawa barang-barang yang dijual kepadamu. ‘Tirus, engkau seperti salah satu kapal barang itu. Engkau ada di laut, penuh dengan banyak harta.

26) Pendayungmu membawa engkau jauh ke laut, tetapi angin timur yang kuat akan membinasakan kapalmu di laut.

27) Dan semua kekayaanmu ditenggelamkan ke laut. Kekayaanmu — barang-barang yang kamu beli dan jual — akan ditenggelamkan ke laut. Semua anak kapalmu — pelaut-pelaut, kapten kapal, dan tukang-tukang yang ada di kapalmu — akan ditenggelamkan ke laut. Pedagang dan tentara di kotamu semua tenggelam ke laut. Hal itu akan terjadi pada hari kebinasaanmu.

28) Engkau mengirim para pedagangmu ke tempat-tempat yang jauh. Tempat itu akan gemetar ketakutan ketika didengarnya kapten kapalmu menangis.

29) Seluruh anak kapalmu akan melompat dari kapal. Pelaut-pelaut dan kapten kapal diam-diam meninggalkan kapalmu.

30) Mereka sangat sedih tentang engkau. Mereka akan menangis, melemparkan debu ke atas kepalanya, dan berguling-guling di atas abu.

31) Mereka mencukur kepalanya untukmu. Mereka mengenakan pakaian duka. Mereka menangisimu seperti beberapa orang yang menangisi orang yang mati.’

32) Dan dalam tangis mereka, mereka menyanyikan nyanyian duka tentang engkau, dan menangisimu. ‘Tidak ada seperti Tirus. Tirus binasa di tengah laut.

33) Para pedagangmu berlayar menyeberangi laut. Engkau puas dengan banyak orang atas kekayaanmu yang banyak itu dan barang-barang yang dijual kepadamu. Engkau membuat raja-raja bumi kaya.

34) Sekarang engkau pecah oleh laut, dan oleh air yang dalam. Semua barang yang dijual kepadamu dan semua umatmu telah jatuh.

35) Semua orang yang tinggal di pantai gemetar tentang engkau. Raja-rajanya menggigil. Muka mereka menunjukkan kegetarannya.

36) Pedagang yang ada di bangsa-bangsa lain bersiul terhadapmu. Apa yang terjadi kepadamu akan menakutkan orang, sebab engkau telah binasa. Engkau telah lenyap selamanya.’”

Pasal 28 (Total ayat 26)
1) [Tirus Menganggap Dirinya seperti Allah] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, katakan kepada penguasa Tirus: ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “‘Engkau sangat sombong. Dan engkau mengatakan, “Aku adalah dewa. Aku duduk di atas takhta dewa-dewa di tengah laut.” Engkau adalah manusia dan bukan Allah. Engkau hanya menganggap bahwa engkau dewa.

3) Engkau menganggap bahwa engkau lebih bijaksana daripada Daniel, dan tidak ada yang tersembunyi dari engkau.

4) Melalui hikmatmu dan dalam pengertianmu engkau telah memperoleh kekayaan untuk dirimu sendiri. Dan engkau memasukkan emas dan perak ke dalam perbendaharaanmu.

5) Melalui hikmatmu yang besar dan perdaganganmu, engkau telah membuat kekayaanmu bertambah. Dan sekarang engkau sombong karena kekayaan itu.

6) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Tirus, engkau menganggap bahwa engkau dewa.

7) Aku akan membawa orang asing memerangimu. Mereka ialah yang sangat ganas di tengah-tengah bangsa-bangsa. Mereka menghunus pedangnya dan memakainya melawan hal-hal yang indah, yang kauperoleh dengan hikmatmu. Mereka akan merusak kemuliaanmu.

8) Mereka membawa engkau ke dalam kubur. Engkau akan seperti pelaut yang mati di laut.

9) Orang itu akan membunuhmu. Apakah engkau masih mengatakan, “Aku adalah dewa?” Tidak. Ia akan menguasaimu dalam kuasanya. Engkau akan melihat bahwa engkau manusia, bukan Allah.

10) Orang asing akan memperlakukanmu seperti orang asing dan membunuhmu, karena Aku memberikan perintah.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

11) Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

12) “Anak manusia, nyanyikan lagu duka tentang raja Tirus. Katakan kepadanya: ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “‘Engkau adalah manusia idaman. Engkau penuh hikmat dan tampan.

13) Engkau ada di Eden, taman Allah. Engkau memiliki setiap batu permata — yaspis merah, krisolit, yaspis hijau, permata pirus, krisopras; nefrit, lazurit, batu darah, dan malakit. Dan setiap batu itu ditatah dalam emas. Kepadamu telah diberikan yang indah pada hari kelahiranmu. Allah membuatmu kuat.

14) Engkau seorang dari kerub pilihan, yang mengembangkan sayapmu di atas takhta-Ku. Aku telah menempatkanmu di atas gunung kudus Allah. Engkau berjalan di tengah-tengah perhiasan emas yang berkilau seperti api.

15) Engkau baik dan jujur ketika Aku menciptakanmu, tetapi kemudian engkau menjadi jahat.

16) Dagangmu membawa banyak kekayaan bagimu, tetapi juga membuatmu kejam, dan engkau telah berdosa. Jadi, Aku memperlakukanmu seperti beberapa hal yang najis — Aku membuangmu dari gunung Allah. Engkau seorang kerub pilihan yang mengembangkan sayapnya di atas takhta-Ku, tetapi Aku memaksamu meninggalkan perhiasan yang berkilau seperti api.

17) Kecantikanmu membuatmu sombong. Kemuliaanmu meruntuhkan hikmatmu. Jadi, Aku membuangmu ke tanah, dan sekarang raja yang lain memandangmu.

18) Banyak hal yang salah yang kaulakukan. Engkau pedagang yang sangat tidak jujur. Dengan demikian, engkau membuat najis Tempat kudus. Jadi, Aku membawa api dari dalam dirimu, yang membakarmu. Engkau dibakar menjadi abu di atas tanah. Sekarang setiap orang dapat melihat aibmu.

19) Semua orang dari bangsa-bangsa lain terkejut tentang yang terjadi padamu. Apa yang terjadi padamu akan membuat orang sangat takut. Engkau lenyap.’”

20) [Pesan Melawan Sidon] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

21) “Anak manusia, pandanglah ke Sidon dan bicaralah demi Aku melawan tempat itu.

22) Katakanlah, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “‘Aku melawanmu Sidon. Umatmu akan belajar menghormati Aku. Aku akan menghukum Sidon supaya orang tahu, bahwa Akulah TUHAN. Kemudian mereka tahu bahwa Aku kudus, dan mereka memperlakukan Aku demikian.

23) Aku akan mengirim penyakit dan kematian ke Sidon, dan banyak orang dalam kota akan mati. Tentara di luar kota akan membunuh banyak orang. Kemudian mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.’”

24) [Bangsa-bangsa Akan Berhenti Mengejek Israel] “Kemudian bangsa-bangsa sekitar Israel tidak lagi menusuk dan menyakitinya. Dan mereka tahu bahwa Akulah Tuhan ALLAH.”

25) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku membuat orang Israel berserak di tengah-tengah bangsa-bangsa lain, tetapi Aku akan mengumpulkan keluarga Israel kembali, supaya bangsa-bangsa tahu bahwa Aku kudus, dan mereka memperlakukan Aku demikian. Pada waktu itu orang Israel akan tinggal di negerinya — Aku memberikan tanah itu kepada hamba-Ku Yakub.

26) Mereka akan tinggal di tanah itu dengan selamat. Mereka membangun rumah-rumah dan menanam anggur. Aku akan menghukum bangsa-bangsa sekeliling mereka yang membencinya supaya orang Israel hidup dengan selamat dan mereka tahu bahwa Akulah TUHAN Allahnya.”

Pasal 29 (Total ayat 21)
1) [Pesan Melawan Mesir] Pada hari kedua belas, bulan 10, tahun kesepuluh, perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, lihatlah Firaun raja Mesir. Berbicaralah demi Aku melawannya dan Mesir.

3) Katakan, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “‘Aku melawanmu Firaun, raja Mesir. Engkau adalah buaya besar berbaring di samping Sungai Nil. Dan mengatakan, “Inilah sungaiku. Aku membuat sungai ini.”

4) Aku akan memasang kelikir pada rahangmu. Ikan dalam Sungai Nil akan menusuk sisikmu. Aku menarikmu dan ikan-ikanmu keluar dari sungai-sungaimu dan meletakkanmu ke tanah yang kering. Engkau akan jatuh ke tanah, dan tidak ada yang mengangkatmu atau menguburmu. Aku akan memberikan engkau kepada binatang liar dan burung. Engkau menjadi makanannya,

5) (29:4)

6) supaya semua orang yang tinggal di Mesir tahu bahwa Akulah TUHAN. Aku akan melakukan hal itu karena orang Israel bersandar pada Mesir minta tolong. Namun, Mesir hanyalah tongkat yang lemah.

7) Orang Israel bersandar pada Mesir minta tolong, tetapi Mesir hanya menusuk tangan dan bahu mereka. Mereka bersandar padamu minta tolong, tetapi engkau meremukkan dan melilit punggungnya.’”

8) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “Aku akan membawa pedang melawanmu. Aku membinasakan semua umatmu dan binatang.

9) Mesir menjadi sunyi dan binasa supaya mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.” Allah berkata, “Mengapa Aku akan melakukan hal itu? Karena engkau mengatakan: ‘Itu sungaiku. Aku membuat sungai itu.’

10) Jadi, Aku melawanmu. Aku melawan banyak cabang Sungai Nilmu. Aku akan membinasakan Mesir. Kota-kota menjadi sunyi dari Migdol ke Aswan dan sejauh perbatasan Etiopia.

11) Tidak ada orang atau binatang akan melewati Mesir. Tidak ada yang melewati atau tinggal di sana selama 40 tahun.

12) Aku membinasakan Mesir. Kota-kota menjadi reruntuhan selama 40 tahun. Aku menyerakkan orang Mesir di tengah-tengah bangsa-bangsa. Aku membuat mereka terasing di negeri asing.”

13) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku akan menyerakkan orang Mesir di tengah-tengah banyak bangsa. Pada akhir 40 tahun, Aku mengumpulkan umat itu kembali.

14) Aku membawa kembali para tawanan dari Mesir. Aku membawa orang Mesir ke tanah Patros, ke tanah kelahirannya, tetapi kerajaannya tidak penting.

15) Kerajaannya menjadi kerajaan yang paling kecil, tidak lagi diangkat mengatasi bangsa-bangsa lain. Aku akan membuat mereka begitu kecil sehingga mereka tidak memerintah atas bangsa-bangsa.

16) Dan keluarga Israel tidak lagi bergantung pada Mesir. Orang Israel akan mengingat dosa mereka — mereka mengingat bahwa mereka telah berbalik ke Mesir minta tolong dan bukan kepada Allah, supaya mereka tahu bahwa Akulah Tuhan ALLAH.”

17) [Babel Akan Mendapat Mesir] Pada hari pertama, bulan pertama, tahun kedua puluh tujuh perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

18) “Anak manusia, Nebukadnezar raja Babel membuat pasukannya berjuang keras melawan Tirus. Mereka mencukur setiap rambut tentara. Setiap bahu lecet karena beban berat. Nebukadnezar dan pasukannya kerja keras mengalahkan Tirus, tetapi mereka tidak menerima apa-apa dari semua kerja keras itu.”

19) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “Aku akan memberikan Mesir kepada Nebukadnezar raja Babel, dan dia akan menawan orang. Ia akan mengambil banyak barang-barang berharga di Mesir untuk membayar pasukannya.

20) Aku memberikan Mesir kepada Nebukadnezar sebagai upah atas kerja keras yang dilakukannya demi Aku.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

21) “Pada hari itu Aku membuat keluarga Israel kuat. Jadi, Yehezkiel, Aku membiarkanmu berbicara kepada mereka, sehingga mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 30 (Total ayat 26)
1) [Pasukan Babel Akan Menyerang Mesir] Perkataan TUHAN datang lagi kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, bicaralah demi Aku. Katakan, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “‘Menangis dan katakanlah, “Hari yang mengerikan akan datang.”

3) Hari itu sudah dekat. Ya, hari TUHAN untuk menghakimi sudah dekat, yang menjadi hari yang kelam, menjadi masa penghakiman atas bangsa-bangsa.

4) Pedang akan datang melawan Mesir. Orang Etiopia gemetar dengan ketakutan ketika Mesir jatuh. Pasukan Babel akan mengambil orang Mesir selaku tawanan. Pundasi Mesir menjadi runtuh.

5) Banyak orang membuat perjanjian damai bersama Mesir, tetapi semua orang Etiopia, Put, Lud, Arab, Libia, dan orang Israel akan binasa.

6) Inilah yang dikatakan TUHAN, “Mereka yang menolong Mesir akan jatuh. Kesombongan kekuasaannya berakhir. Orang Mesir dibunuh dalam pertempuran di semua jalan dari Migdol ke Aswan.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

7) Mesir akan bergabung dengan negeri lain yang telah binasa. Kota-kotanya akan berada di tengah-tengah kota-kota yang telah menjadi reruntuhan.

8) Aku akan menyalakan api di Mesir, dan semua penolongnya binasa. Kemudian mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.

9) Pada masa itu Aku akan mengirim utusan. Mereka naik ke kapal-kapal untuk membawa berita buruk ke Etiopia. Etiopia sekarang merasa aman, tetapi orang Etiopia gemetar dengan ketakutan, ketika Mesir dihukum. Saatnya akan tiba.’”

10) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “Aku akan memakai raja Babel. Aku memakai Nebukadnezar membinasakan orang Mesir.

11) Nebukadnezar dan rakyatnya ialah yang paling ngeri di antara bangsa-bangsa, dan Aku membawa mereka membinasakan Mesir. Mereka menghunus pedangnya terhadap Mesir. Mereka memenuhi negeri itu dengan mayat.

12) Aku membuat Sungai Nil menjadi kering. Kemudian Aku menjual tanah kering itu kepada orang jahat. Aku akan memakai orang asing membuat tanah itu sunyi. Aku TUHAN telah berbicara.”

13) [Berhala Mesir Akan Binasa] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “Aku juga akan membinasakan berhala di Mesir. Aku mengambil patung dari Memfis. Tidak akan ada lagi pemimpin di tanah Mesir. Aku akan membuat ketakutan di sana sebagai gantinya.

14) Aku membuat Patros sunyi. Aku akan menyulut api di Soan. Aku menghukum Tebe.

15) Aku mencurahkan amarah-Ku terhadap Sin, benteng Mesir. Aku membinasakan orang Tebe.

16) Aku akan menyulut api di Mesir; Kota yang bernama Sin akan gemetar. Tentara akan membongkar kota Tebe dan Memfis mengalami kesusahan baru setiap hari.

17) Orang muda On dan Pi-Beset akan mati dalam pertempuran. Dan perempuan akan direbut dan ditawan.

18) Di Tahpanhes hari menjadi gelap ketika Aku merusak pertahanan Mesir. Kesombongan Mesir atas kuasanya akan berakhir. Awan menutupi Mesir, dan anak-anaknya direbut dan ditawan.

19) Jadi, Aku menghukum Mesir, sehingga mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

20) [Mesir Akan Menjadi Lemah Selama-lamanya] Pada hari ketujuh, bulan pertama, tahun kesebelas pembuangan perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

21) “Anak manusia, Aku telah mematahkan tangan Firaun raja Mesir. Tidak ada yang akan membalut tangannya dan tidak akan sembuh. Jadi, tangannya tidak akan kuat memegang pedang.”

22) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku melawan Firaun raja Mesir. Aku akan mematahkan kedua tangannya, tangan yang kuat dan tangan yang telah patah. Aku membuat pedang jatuh dari tangannya.

23) Aku menyerakkan orang Mesir di tengah-tengah bangsa-bangsa.

24) Aku membuat tangan raja Babel kuat. Aku akan memberikan pedang-Ku ke tangannya, tetapi Aku mematahkan tangan Firaun. Kemudian Firaun menangis dengan kesakitan, seperti orang yang menangisi orang mati.

25) Jadi, Aku membuat tangan raja Babel kuat, tetapi tangan Firaun akan jatuh, sehingga mereka tahu bahwa Akulah TUHAN. Aku akan memberikan pedang-Ku ke tangan raja Babel lalu diacungkannya pedang itu terhadap Mesir.

26) Aku menyerakkan orang Mesir di tengah-tengah bangsa-bangsa supaya mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 31 (Total ayat 18)
1) [Asyur seperti Pohon Cedar] Pada hari pertama, bulan ketiga, tahun kesebelas, perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, katakan ini kepada Firaun raja Mesir dan kepada rakyatnya, ‘Kamu sungguh besar. Kepada siapa Aku dapat memperbandingkanmu?

3) Asyur seperti pohon cedar di Libanon dengan cabangnya yang indah, dengan menyediakan naungan bagi hutan, dan sangat tinggi. Puncaknya di tengah-tengah awan.

4) Air membuat pohon itu tumbuh. Air yang dalam membuat pohon itu tinggi. Sungai-sungai mengalir di sekeliling tempat pohon ditanami. Hanya aliran kecil mengalir dari pohon itu ke semua pohon yang lain di ladang.

5) Jadi, pohon itu lebih tinggi daripada semua pohon yang lain di ladang. Dan banyak cabangnya tumbuh. Banyak air di sana sehingga pohon itu bercabang-cabang.

6) Semua burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya. Dan semua binatang di ladang melahirkan anak di bawah cabang pohon itu. Semua bangsa besar tinggal di bawah naungannya.

7) Pohon itu sangat indah, besar pula. Cabang-cabangnya panjang. Akarnya mendapat banyak air.

8) Bahkan pohon-pohon cedar di taman Allah tidak sebesar pohon itu. Pohon-pohon sanobar tidak sebanyak cabangnya. Pohon-pohon berangan tidak mempunyai daun sebanyak itu. Tidak ada pohon di taman Allah seindah pohon itu.

9) Aku memberikan banyak cabangnya dan membuatnya indah. Dan semua pohon di Eden, taman Allah, cemburu.’”

10) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “Pohon itu tumbuh tinggi. Puncaknya mencapai awan. Pohon itu tumbuh begitu besar sehingga menjadi sombong.

11) Jadi, Aku membiarkan raja yang berkuasa memiliki pohon itu. Raja menghukum pohon itu atas kejahatan yang dilakukannya. Aku membawa pohon itu keluar dari taman-Ku.

12) Orang asing — orang yang paling ngeri di dunia — menebangnya dan menyerakkan cabang-cabangnya ke atas gunung-gunung dan lembah-lembah. Dahan-dahannya yang patah tertimbun pada sungai-sungai yang mengalir melalui tanah itu. Tidak ada lagi naungan di bawah pohon itu, jadi semua orang telah meninggalkannya.

13) Sekarang burung tinggal pada pohon yang jatuh itu. Binatang liar berjalan lewat cabangnya yang jatuh.

14) Sekarang tidak ada pohon-pohon dekat air itu yang sombong. Tidak ada lagi yang berusaha mencapai awan. Tidak ada pohon-pohon yang meminum air itu akan bangga tentang ketinggiannya karena semuanya akan mati. Mereka pergi ke dunia bawah — ke Syeol, tempat orang mati. Mereka bergabung dengan orang lain yang telah mati dan pergi ke dalam lubang yang sangat dalam.”

15) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku membuat orang menangis pada hari pohon itu pergi ke Syeol. Aku menutupinya dengan lautan yang dalam. Aku menghentikan sungai-sungainya dan semua air berhenti mengalir. Aku membuat Libanon menangisinya. Semua pohon di ladang menjadi sakit karena kesedihan atas pohon besar itu.

16) Aku membuat pohon itu jatuh — dan bangsa-bangsa gemetar dengan ketakutan karena jatuhnya pohon itu. Aku menyuruh pohon itu turun ke tempat orang mati, bergabung dengan orang lain yang telah turun ke dalam lubang yang dalam. Pada masa lalu, semua pohon Eden yang terbaik di Libanon meminum air itu. Pohon-pohon dihibur dalam dunia bawah.

17) Ya, pohon-pohon juga pergi dengan pohon besar ke tempat orang mati. Mereka bergabung dengan orang yang terbunuh dalam pertempuran. Pohon besar itu membuat pohon-pohon lainnya kuat. Pohon-pohon hidup di bawah naungan pohon besar di tengah-tengah bangsa-bangsa.

18) Hai Mesir, di Eden banyak pohon yang besar dan berkuasa. Kepada pohon-pohon itu Aku akan membandingkanmu. Mereka semua pergi ke dunia bawah. Dan engkau juga bergabung dengan orang asing di tempat orang mati. Engkau akan berbaring di sana di tengah-tengah orang yang terbunuh dalam pertempuran. Ya, hal itu akan terjadi kepada Firaun dan kepada orang banyak yang bersama dia.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 32 (Total ayat 32)
1) [Firaun: Singa atau Buaya?] Pada hari pertama bulan kedua belas, tahun kedua belas, perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, nyanyikanlah nyanyian duka tentang Firaun, raja Mesir. Katakan kepadanya, ‘Engkau menganggap bahwa engkau seperti singa muda yang berkuasa, berjalan dengan sombong di tengah-tengah bangsa-bangsa, tetapi sesungguhnya, engkau seperti buaya dalam danau. Engkau melawan arus. Engkau membuat air berlumpur dengan kakimu dan membuat sungai-sungai Mesir berbuih.’”

3) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku telah mengumpulkan banyak orang. Sekarang Aku melemparkan jala-Ku kepadamu. Kemudian orang menarikmu.

4) Kemudian Aku menjatuhkanmu ke tanah yang kering. Aku melemparkanmu ke ladang. Aku membiarkan semua burung datang dan memakanmu. Aku membiarkan binatang liar dari setiap tempat datang dan memakanmu hingga kenyang.

5) Aku menyerakkan tubuhmu di gunung-gunung. Aku memenuhi lembah dengan mayatmu.

6) Aku mencurahkan darahmu di gunung-gunung, meresap masuk tanah. Sungai-sungai menjadi penuh karena engkau.

7) Aku akan membuatmu tidak tampak. Aku menutup langit dan membuat bintang-bintang gelap. Aku menutup matahari dengan awan, dan bulan tidak bersinar.

8) Aku membuat semua alat penerang di langit menjadi gelap di atasmu. Aku membuat seluruh negerimu gelap.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

9) “Aku akan membuat banyak orang sedih dan bingung ketika Aku membawa musuh membinasakanmu. Bangsa yang engkau tidak kenal pun menjadi marah.

10) Aku membuat banyak orang terkejut karena engkau. Raja-rajanya menjadi ngeri terhadap engkau ketika Aku mengacungkan pedang-Ku di depan mereka. Mereka gemetar dengan ketakutan pada hari kejatuhanmu. Setiap raja menjadi takut atas hidupnya sendiri.”

11) Tuhan ALLAH berkata tentang hal berikut, “Pedang raja Babel akan datang memerangimu.

12) Aku memakai tentara membunuh umatmu dalam pertempuran. Mereka datang dari bangsa-bangsa yang sangat kejam. Mereka membinasakan barang-barang Mesir yang dibanggakannya. Orang Mesir akan binasa.

13) Banyak binatang dekat sungai-sungai di Mesir, juga akan Kubinasakan semuanya. Orang tidak lagi membuat air berlumpur dengan kakinya. Kaki-kaki lembu tidak lagi membuat air berlumpur.

14) Jadi, Aku membuat air di Mesir tenang. Aku membuat sungai-sungainya mengalir dengan lambat — seperti minyak yang mengalir.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

15) “Aku akan membuat tanah Mesir sunyi. Tanah itu kehilangan segala sesuatu. Aku menghukum semua orang yang tinggal di Mesir sehingga mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.

16) Inilah nyanyian duka yang dinyanyikan orang untuk Mesir. Putri-putri bangsa-bangsa lain akan menyanyikan nyanyian duka terhadap Mesir. Mereka menyanyikannya selaku nyanyian duka tentang Mesir dan semua rakyatnya.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

17) [Mesir Dibinasakan] Pada hari kelima belas bulan itu, tahun kedua belas, perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

18) “Anak manusia, tangisilah orang Mesir. Bawalah Mesir dan putri-putri bangsa berkuasa ke kuburan. Bawa mereka ke dunia bawah di mana mereka akan bergabung dengan orang lain yang pergi ke lubang yang dalam.

19) Hai Mesir, engkau tidak lebih baik daripada orang lain. Pergi ke tempat orang mati. Pergi berbaring dengan orang asing itu.

20) Mesir akan pergi bersama semua orang lain yang terbunuh dalam pertempuran. Musuh telah membawanya bersama semua orangnya.

21) Orang kuat dan berkuasa dibunuh dalam pertempuran. Orang asing itu pergi ke tempat orang mati. Dan dari tempat itu, mereka yang terbunuh akan berbicara kepada Mesir dan penolongnya.

22) Asyur dan semua tentaranya ada dalam tempat orang mati. Kuburan mereka ada di lubang yang dalam. Semua tentara Asyur terbunuh dalam pertempuran. Kuburan mereka semua ada di sekeliling kuburannya. Ketika mereka masih hidup, mereka membuat orang takut, tetapi mereka semua terbunuh dalam pertempuran.

23) (32:22)

24) Elam ada di sana dan semua tentaranya di sekeliling kuburannya. Semua mereka terbunuh dalam pertempuran. Orang asing itu pergi jauh ke dalam tanah. Ketika mereka meninggal, mereka membuat orang takut, tetapi mereka membawa aibnya ke lubang yang dalam itu.

25) Mereka telah membuat tempat tidur untuk Elam dan semua tentaranya yang terbunuh dalam pertempuran. Tentara Elam semua ada di sekeliling kuburannya. Semua orang asing itu terbunuh dalam pertempuran. Ketika mereka masih hidup, mereka membuat orang takut, tetapi mereka membawa aibnya bersamanya ke lubang yang dalam itu. Mereka disatukan dengan semua orang lain yang terbunuh.

26) Mesekh, Tubal, dan semua tentara mereka ada di sana. Kuburan mereka ada di sekelilingnya. Semua orang asing itu terbunuh dalam pertempuran. Ketika mereka masih hidup, mereka membuat orang takut.

27) Sekarang mereka berbaring dekat orang berkuasa yang mati dahulu kala. Mereka dikubur bersama senjata perangnya. Pedang mereka terletak di bawah kepalanya, tetapi dosanya ada pada tulang-tulangnya, karena ketika mereka masih hidup, mereka membuat orang takut.

28) Mesir, engkau juga akan binasa dan berbaring dekat orang asing itu. Engkau berbaring bersama tentara yang lain yang terbunuh dalam pertempuran.

29) Edom juga ada di sana. Raja-rajanya dan pemimpin lainnya ada di sana bersama dia. Mereka ialah tentara yang berkuasa, tetapi sekarang mereka berbaring dengan orang lain yang terbunuh dalam pertempuran. Mereka berbaring di sana dengan orang asing. Mereka ada di sana dengan orang lain yang pergi ke lubang yang dalam.

30) Raja-raja dari utara ada di sana, semua mereka itu, dan semua tentara dari Sidon ada di sana. Kekuatan mereka menakutkan orang, tetapi mereka dipermalukan. Orang asing berbaring di sana bersama orang lain yang terbunuh dalam pertempuran. Mereka membawa aibnya ke lubang yang dalam.

31) Ya, Firaun dan semua pasukannya akan dibunuh dalam pertempuran. Firaun akan terhibur ketika ia melihat rakyatnya yang banyak dan semua orang lain yang pergi ke tempat orang mati.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

32) “Orang takut terhadap Firaun ketika ia masih hidup, tetapi ia akan berbaring dekat kepada orang asing. Firaun dan pasukannya berbaring bersama semua tentara yang terbunuh dalam pertempuran.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 33 (Total ayat 33)
1) [Allah Memilih Yehezkiel Menjadi Penjaga] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, berbicaralah kepada umatmu. Katakan kepada mereka, ‘Apabila Aku membawa tentara musuh memerangi sebuah negeri, umat memilih seseorang menjadi penjaga.

3) Jika penjaga itu melihat tentara musuh datang, ia meniup terompet dan memperingatkan orang.

4) Jika orang mendengar peringatan, tetapi mengabaikannya, musuh akan menaklukkan mereka dan membawanya selaku tawanan. Mereka akan bertanggung jawab atas kematiannya.

5) Mereka mendengar terompet, tetapi mereka mengabaikannya. Jadi, mereka bertanggung jawab atas kematiannya sendiri. Jika mereka telah memberi perhatian pada peringatan itu, mereka dapat menyelamatkan hidupnya sendiri.

6) Jika penjaga melihat tentara musuh datang, tetapi tidak meniup terompet dan tidak memperingatkan orang, musuh akan menaklukkan dan membawanya selaku tawanan. Mereka akan ditawan karena dosanya, tetapi penjaga juga akan bertanggung jawab atas kematian mereka.’

7) Sekarang hai anak manusia, Aku memilihmu menjadi penjaga bagi keluarga Israel. Jika engkau mendengar pesan dari mulut-Ku, peringatkanlah orang demi Aku.

8) Aku dapat berkata kepadamu, ‘Orang jahat itu akan mati.’ Pergilah memperingatkan mereka demi Aku. Jika engkau tidak memperingatkan mereka dan mengatakan mereka bertobat, orang-orang jahat itu akan mati karena dosanya, tetapi Aku membuat engkau bertanggung jawab atas kematiannya.

9) Jika engkau memperingatkan orang jahat, supaya bertobat dan berhenti berdosa, dan mereka tidak mau berhenti melakukan dosa, mereka akan mati karena dosanya, tetapi engkau telah menyelamatkan hidupmu.”

10) [Allah Tidak Mau Membinasakan Umat] “Jadi, hai anak manusia, bicaralah kepada keluarga Israel demi Aku. Mereka dapat mengatakan, ‘Kami telah berdosa dan melanggar Taurat. Dosa kami juga berat untuk dibawa. Kami bertambah merana karena dosa itu. Apa yang dapat kami lakukan supaya kami hidup?’

11) Katakan kepada mereka, ‘Tuhan ALLAH berkata: Demi Aku yang hidup, Aku berjanji bahwa Aku tidak senang melihat orang mati — apalagi orang jahat. Aku tidak mau supaya mereka mati. Aku mau mereka kembali kepada-Ku. Aku mau mereka bertobat supaya mereka hidup. Jadi, kembalilah kepada-Ku. Jangan lagi berbuat dosa. Mengapa kamu harus mati, hai keluarga Israel?’

12) Anak manusia, katakan kepada mereka, ‘Hal-hal yang baik yang dilakukan orang pada masa lalu tidak akan menyelamatkannya, jika mereka menjadi jahat dan mulai berdosa. Dengan cara yang sama, kejahatan yang dilakukan orang pada masa lalu tidak akan membinasakannya, jika mereka berbalik dari kejahatannya. Jadi, ingatlah, hal-hal yang baik yang dilakukan orang pada masa lalu tidak menyelamatkannya, jika mereka mulai berdosa.’

13) Aku dapat mengatakan kepada orang baik bahwa mereka akan hidup, tetapi mereka mungkin mulai berpikir bahwa hal-hal yang baik yang dilakukannya pada masa lalu menyelamatkannya. Jadi, mereka mulai melakukan kejahatan, tetapi Aku tidak akan mengingat yang baik yang dilakukannya pada masa lalu. Tidak, mereka akan mati karena yang jahat yang mulai dilakukannya.

14) Atau Aku mungkin mengatakan kepada beberapa orang jahat bahwa mereka akan mati, tetapi mereka dapat bertobat, berhenti berdosa, dan mulai hidup dengan benar. Mereka dapat menjadi baik dan jujur.

15) Mereka mengembalikan barang-barang yang diambilnya ketika mereka meminjamkan uang. Mereka membayar atas barang-barang yang dicurinya. Mereka mulai menaati hukum yang memberikan hidup dan berhenti melakukan yang jahat, mereka pasti akan hidup. Mereka tidak akan mati.

16) Aku tidak akan mengingat kejahatan yang dilakukannya pada masa lalu karena sekarang mereka hidup dengan benar dan jujur. Jadi, mereka akan hidup!

17) Umatmu mengatakan, ‘Tidak adil. Tuhan tidak seperti itu.’ Mereka ialah orang yang tidak adil. Mereka harus bertobat.

18) Jika orang baik berhenti melakukan yang baik dan mulai berdosa, mereka akan mati karena dosanya.

19) Dan jika orang jahat berhenti melakukan yang salah dan mulai hidup dengan benar dan adil, mereka akan hidup.

20) Kamu masih berkata bahwa Aku tidak adil, tetapi Aku mengatakan kebenaran kepadamu. Hai keluarga Israel, setiap orang dihakimi atas perbuatannya.”

21) [Yerusalem Ditaklukkan] Pada hari kelima, bulan kesepuluh, tahun kedua belas, orang yang melarikan diri dari pertempuran di Yerusalem datang kepadaku dan mengatakan, “Kota telah ditaklukkan.”

22) Kuasa TUHAN datang padaku pada malam sebelum orang itu datang kepadaku, jadi aku tidak dapat berbicara. Ketika orang itu datang kepadaku, Tuhan membuka mulutku dan membiarkan aku berbicara kembali.

23) Kemudian pesan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

24) “Anak manusia, ada orang-orang Israel yang hidup di kota-kota yang hancur di Israel. Mereka mengatakan: ‘Abraham hanya satu orang, dan Allah memberikan semua negeri itu kepadanya. Sekarang kita banyak, jadi pasti negeri itu milik kita. Itu adalah tanah kita.’

25) Katakan kepada mereka bahwa Tuhan ALLAH mengatakan: ‘Kamu makan daging yang darahnya masih ada di dalamnya. Kamu bergantung pada berhalamu minta tolong. Kamu membunuh orang. Jadi, mengapa Aku harus memberikan negeri itu kepadamu?

26) Kamu bergantung pada pedangmu sendiri. Setiap orang melakukan hal yang mengerikan. Setiap orang melakukan dosa percabulan dengan istri sesamanya. Jadi, kamu tidak dapat memiliki negeri itu.’

27) Katakan kepada mereka bahwa Tuhan ALLAH berkata demikian: “Dalam hidup-Ku Aku berjanji, orang yang tinggal di kota-kota yang hancur akan dibunuh dengan pedang. Jika seseorang keluar ke ladang, Aku membiarkan binatang menerkam dan memakannya. Jika orang bersembunyi dalam benteng dan gua, mereka akan mati oleh penyakit.

28) Aku membuat negeri itu sunyi dan terlantar. Negeri itu akan kehilangan semua barang yang dibanggakannya. Gunung-gunung Israel menjadi sunyi. Tidak ada yang akan melewati tempat itu.

29) Orang telah melakukan banyak hal yang mengerikan. Jadi, Aku akan membuat negeri itu sunyi dan terlantar supaya mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

30) Dan sekarang, tentang engkau, hai anak manusia. Umatmu bersandar pada tembok dan berdiri di pintu masuk berbicara tentang engkau. Mereka berkata satu sama lain, ‘Datanglah, mari kita pergi mendengar yang dikatakan TUHAN.’

31) Jadi, mereka datang kepadamu seakan-akan mereka umat-Ku. Mereka duduk di depanmu seakan-akan mereka umat-Ku. Mereka mendengarkan perkataanmu, tetapi tidak melakukan hal-hal yang kaukatakan. Mereka hanya mau melakukan yang dianggapnya baik. Mereka hanya mau menipu orang dan mengambil banyak uang.

32) Engkau tidak berarti apa-apa bagi mereka, hanya seorang penyanyi yang menyanyikan lagu percintaan. Suaramu merdu sekali. Engkau memainkan alat musikmu dengan baik. Mereka mendengarkan perkataanmu, tetapi tidak melakukan yang kaukatakan.

33) Hal-hal yang kaunyanyikan sungguh-sungguh akan terjadi, dan orang akan tahu bahwa sesungguhnya nabi tinggal di tengah-tengah mereka.”

Pasal 34 (Total ayat 31)
1) [Israel seperti Kawanan Domba] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, bicaralah melawan gembala Israel demi Aku. Katakan kepada mereka bahwa inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: ‘Kamu gembala Israel hanya mengurus dirimu sendiri. Hal itu menjadi sangat buruk bagimu. Mengapa kamu tidak menggembalakan kawanan domba?

3) Kamu makan lemak domba dan memakai wolnya membuat pakaian untuk dirimu sendiri. Kamu membunuh domba yang berlemak, tetapi kamu tidak menggembalakannya.

4) Kamu tidak membuat yang lemah menjadi kuat. Kamu tidak menjaga domba yang sakit. Kamu tidak membalut domba yang terluka. Beberapa domba telah sesat, dan kamu tidak pergi mencarinya dan membawanya kembali. Kamu tidak pergi mencari domba yang sesat. Tidak, kamu kejam dan bengis — demikianlah cara kamu berusaha membawa domba.

5) Dan sekarang domba berserakan karena tidak ada gembala. Domba-domba menjadi makanan setiap binatang liar dan diserakkan.

6) Kawanan-Ku berjalan melalui semua gunung dan setiap bukit yang tinggi. Kawanan-Ku diserakkan ke semua muka bumi. Tidak ada yang memeriksa atau melihatnya.’”

7) Jadi, kamu gembala, dengarkan perkataan TUHAN.

8) Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku bersumpah bahwa binatang liar akan menangkap domba-Ku dan umat-Ku menjadi makanan semua binatang karena mereka bukan gembala yang sebenarnya. Gembala-Ku tidak menjaga kawanan-Ku. Mereka tidak menggembalakan kawanan-Ku. Tidak, mereka hanya membunuh domba dan menggembalakan diri sendiri.”

9) Jadi, kamu gembala, dengarkan perkataan TUHAN.

10) Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku melawan gembala. Aku akan menuntut domba-Ku dari dia. Aku akan membakar mereka. Mereka tidak menjadi gembala-Ku lagi. Kemudian gembala tidak dapat menggembalakan dirinya sendiri, dan Aku menyelamatkan kawanan-Ku dari mulut mereka. Dengan demikian domba-Ku tidak menjadi makanannya.”

11) Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku sendiri akan menjadi Gembala mereka. Aku mencari domba-Ku dan menjaganya.

12) Jika gembala bersama dombanya, ketika mereka mulai sesat, ia akan pergi mencarinya. Dengan cara yang sama, Aku mencari domba-Ku. Aku akan menyelamatkan domba-Ku. Aku membawanya kembali dari semua tempat di mana domba-domba itu berserak pada malam gelap dan hari mendung.

13) Aku membawanya kembali dari bangsa-bangsa itu. Aku mengumpulkannya dari negeri-negeri dan membawanya kembali ke negerinya sendiri. Aku menggembalakannya di gunung-gunung Israel, di sungai-sungai, dan di semua tempat tinggal orang.

14) Aku membawa mereka ke ladang yang berumput. Mereka akan pergi ke tempat yang tinggi di gunung-gunung Israel. Di sana mereka berbaring di atas tanah yang baik dan makan rumput. Mereka makan di tanah yang banyak rumputnya di gunung-gunung Israel.

15) Ya, Aku menggembalakan kawanan-Ku dan membawa mereka ke tempat peristirahatan.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

16) “Aku akan mencari domba yang hilang. Aku membawa domba kembali yang telah berserak. Aku membalut domba yang terluka. Aku membuat domba yang lemah menjadi kuat, tetapi Aku membinasakan yang gemuk dan berkuasa. Aku memberikan hukuman kepada mereka sesuai dengan perbuatannya.”

17) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Dan kamu, kawanan-Ku, Aku akan menjadi hakim di antara domba-domba. Aku menjadi hakim di antara domba jantan dan kambing jantan.

18) Kamu dapat makan rumput yang tumbuh di tanah yang baik. Jadi, mengapa kamu juga menginjak-injak rumput yang akan dimakan domba yang lain? Kamu dapat minum banyak air bersih. Jadi, mengapa kamu keruhkan juga air yang akan diminum domba yang lain?

19) Kawanan-Ku harus makan rumput yang kamu injak-injak dengan kakimu, dan mereka harus minum air yang kamu keruhkan dengan kakimu.”

20) Tuhan ALLAH berkata kepada mereka, “Aku sendiri akan menghakimi di antara domba yang gemuk dan domba yang kurus.

21) Kamu mendesak mereka dengan lambung dan bahumu. Kamu menanduk semua domba yang lemah dengan tandukmu. Kamu mendesaknya hingga mereka keluar.

22) Jadi, Aku akan menyelamatkan kawanan-Ku. Kawanan-Ku tidak ditangkap oleh binatang liar lagi. Aku akan menjadi hakim di antara domba-domba itu.

23) Kemudian Aku menyuruh seorang gembala atas mereka, hamba-Ku Daud. Ia akan menggembalakannya dan menjadi gembala mereka.

24) Kemudian Aku, TUHAN, menjadi Allahnya, dan hamba-Ku Daud menjadi raja yang tinggal di tengah-tengah mereka. Aku TUHAN telah berbicara.

25) Dan Aku akan membuat perjanjian damai dengan domba-Ku. Aku mengambil binatang liar dari negeri itu. Kemudian domba-domba dapat tinggal di padang gurun dengan aman dan tidur di bawah pohon-pohonan.

26) Aku akan memberkati domba dan tempat-tempat sekeliling bukit-Ku. Aku membuat hujan jatuh pada waktunya, yang membasahi dengan berkat.

27) Dan pohon-pohon yang tumbuh di ladang menghasilkan buah. Bumi memberikan tuaian. Jadi, domba aman di negerinya. Aku akan mematahkan kuk yang ada padanya. Aku menyelamatkannya dari orang yang berkuasa, yang memperbudaknya, sehingga mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.

28) Mereka tidak akan ditangkap lagi seperti binatang oleh bangsa-bangsa. Binatang tidak memakannya lagi. Tidak, mereka hidup dengan aman. Tidak ada yang membuatnya takut.

29) Aku akan memberikan beberapa tanah kepada mereka yang menjadi taman yang indah, supaya mereka tidak menderita kelaparan di tanah itu. Mereka tidak menderita noda dari bangsa-bangsa lagi

30) sehingga mereka tahu bahwa Akulah TUHAN Allahnya. Keluarga Israel tahu bahwa Aku bersama mereka dan mereka umat-Ku.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

31) “Kamu adalah domba-Ku, domba dari tanah-Ku yang berumput. Kamu hanya manusia, dan Akulah Allahmu.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 35 (Total ayat 15)
1) [Pesan Melawan Edom] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, lihatlah Gunung Seir, dan bicaralah kepadanya demi Aku.

3) Katakan kepadanya, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku melawanmu, hai Gunung Seir. Aku akan menghukummu dan membuatmu tanah yang sunyi dan terlantar.

4) Aku membinasakan kota-kotamu dan kamu menjadi sunyi. Kemudian kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.

5) Mengapa? Karena kamu selalu melawan umat-Ku. Kamu memakai pedangmu melawan Israel pada masa kesusahannya, pada masa hukumannya yang terakhir.’”

6) Jadi, Tuhan ALLAH mengatakan, “Demi hidup-Ku, Aku berjanji bahwa Aku akan membiarkan kamu mati. Kematian akan mengejarmu. Kamu tidak benci membunuh orang. Jadi, kematian mengejarmu.

7) Dan Aku membuat Gunung Seir menjadi reruntuhan yang sunyi. Aku membunuh setiap orang yang masuk atau meninggalkan kota itu.

8) Aku menutup gunung-gunungnya dengan mayat. Mayat menutupi semua bukitmu, lembah-lembahmu, dan semua alur sungaimu.

9) Aku akan membuatmu sunyi selamanya Tidak akan ada tinggal di kota-kotamu sehingga kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.”

10) Kamu mengatakan, “Kedua bangsa dan negeri, Israel dan Yehuda, akan menjadi milikku. Kita akan mengambilnya untuk milik kita,” tetapi TUHAN ada di sana.

11) Dan Tuhan ALLAH mengatakan, “Kamu cemburu atas umat-Ku. Kamu marah terhadap mereka dan kamu membenci Aku. Jadi, demi Aku yang hidup, Aku berjanji bahwa Aku akan menghukummu sama seperti kamu menyiksa mereka. Aku menghukummu dan membiarkan umat-Ku tahu bahwa Aku bersama mereka.

12) Dan kemudian kamu juga tahu bahwa Aku TUHAN telah mendengar semua penghinaanmu. Kamu banyak mengatakan hal yang buruk terhadap Gunung Israel. Kamu mengatakan, ‘Israel telah binasa. Kita akan mengunyah mereka seperti makanan.’

13) Dan kamu sombong dan mengatakan hal-hal melawan Aku. Kamu sering juga berbicara dan Aku telah mendengar setiap perkataanmu. Ya, Aku mendengar kamu.”

14) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Semua bumi akan bergembira apabila Aku membinasakanmu.

15) Kamu senang ketika negeri Israel binasa. Aku akan memperlakukanmu sama. Gunung Seir dan seluruh negeri Edom akan binasa supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 36 (Total ayat 38)
1) [Negeri Israel Akan Dibangun Kembali] “Anak manusia, bicaralah kepada gunung-gunung Israel demi Aku. Katakan kepadanya untuk mendengarkan perkataan TUHAN.

2) Katakan bahwa Tuhan ALLAH mengatakan, ‘Musuh mengatakan hal yang buruk terhadapmu. Mereka berkata: Hai. Sekarang gunung-gunung purbakala akan menjadi milik kita.’

3) Jadi, bicaralah kepada gunung-gunung Israel demi Aku. Katakan kepada mereka bahwa inilah yang dikatakan oleh Tuhan ALLAH, ‘Musuh telah membinasakan kota-kotamu dan menyerangmu dari setiap penjuru. Mereka melakukannya, jadi kamu akan menjadi milik bangsa-bangsa lain. Kemudian orang berkata dan berbisik-bisik tentang kamu.’”

4) Jadi, hai gunung-gunung Israel, dengarkan perkataan Tuhan ALLAH. Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH kepada gunung-gunung, bukit-bukit, sungai-sungai, lembah-lembah, reruntuhan yang sunyi, dan kota-kota mewah yang telah dijarah dan diejek oleh bangsa-bangsa lain sekeliling mereka.

5) Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku berjanji, Aku akan membiarkan kecemburuan-Ku berbicara demi Aku. Aku membiarkan Edom dan bangsa-bangsa lain merasakan marah-Ku. Mereka mengambil tanah-Ku untuk dirinya sendiri. Mereka sungguh-sungguh mempunyai waktu yang baik ketika mereka menunjukkan betapa mereka membenci tanah itu. Mereka mengambil tanah itu untuk dirinya sendiri supaya mereka dapat membinasakannya.

6) Jadi, katakanlah hal ini tentang tanah Israel. Bicaralah kepada gunung-gunung, bukit-bukit, alur-alur sungai, dan kepada lembah-lembah. Katakan kepada mereka yang dikatakan Tuhan. Tuhan ALLAH mengatakan, ‘Aku akan membiarkan kecemburuan dan marah-Ku berbicara demi Aku karena kamu telah menderita hinaan dari bangsa-bangsa itu.’”

7) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “Akulah satu-satunya yang membuat perjanjian. Aku berjanji bahwa bangsa-bangsa sekelilingmu harus menderita atas hinaannya.

8) Gunung-gunung Israel, kamu akan menumbuhkan pohon-pohon baru dan menghasilkan buah untuk umat-Ku Israel. Umat-Ku akan segera kembali.

9) Aku bersama kamu. Aku akan menolong kamu. Orang akan menanami tanahmu. Mereka menanam benih di atasmu.

10) Banyak orang akan tinggal padamu. Seluruh keluarga Israel — semua mereka — tinggal di sana. Kota-kota akan didiami orang. Tempat-tempat yang telah binasa dibangun kembali seperti yang baru.

11) Aku memberikan banyak orang dan binatang kepadamu, dan mereka berkembang dan mempunyai banyak anak. Aku akan membawa orang untuk tinggal bersamamu seperti pada masa lalu. Aku membuatnya lebih baik untukmu daripada sebelumnya supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.

12) Ya, Aku akan membawa banyak orang — umat-Ku, Israel — ke tanahmu. Kamu menjadi harta miliknya, dan kamu tidak mengambil anak-anaknya lagi.”

13) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Hai tanah Israel, orang mengatakan hal yang buruk kepadamu. Mereka berkata bahwa kamu membinasakan umatmu. Mereka berkata bahwa kamu membawa anak-anak keluar dari umatmu,

14) tetapi kamu tidak akan membinasakan orang lagi. Engkau tidak mengambil anak-anaknya lagi.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

15) “Aku tidak membiarkan bangsa-bangsa lain menyiksamu lagi. Kamu tidak disiksanya lagi. Kamu tidak mengambil anak-anak keluar dari umatmu lagi.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

16) [Tuhan Melindungi Nama-Nya] Kemudian perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

17) “Anak manusia, keluarga Israel tinggal di negerinya sendiri, tetapi mereka telah membuat negeri itu keji melalui kejahatan yang dilakukannya. Bagi-Ku, mereka seperti perempuan yang najis karena datang bulannya.

18) Mereka memercikkan darah ke atas tanah ketika mereka membunuh orang di tanah itu. Mereka membuat negeri itu najis dengan berhalanya. Jadi, Aku menunjukkan kepada mereka betapa marahnya Aku.

19) Aku menyerakkan mereka ke tengah-tengah bangsa-bangsa dan ke seluruh negeri itu. Aku memberikan hukuman kepada mereka atas hal-hal yang jahat yang dilakukannya.

20) Juga di tengah-tengah bangsa-bangsa lain, mereka merusakkan nama baik-Ku. Mereka berkata, ‘Inilah umat TUHAN, tetapi mereka telah meninggalkan negeri-Nya.’

21) Orang Israel merusak nama-Ku yang kudus ke mana saja pun mereka pergi, dan Aku merasa kasihan terhadap nama-Ku.

22) Jadi, katakan kepada keluarga Israel bahwa inilah yang dikatakan Tuhan ALLAHku, ‘Hai keluarga Israel, kamu merusak nama-Ku yang kudus di tempat-tempat kamu pergi. Aku akan melakukan sesuatu menghentikannya. Aku tidak melakukannya untuk kepentinganmu, Israel. Aku melakukannya untuk nama-Ku yang kudus.

23) Aku menunjukkan kepada bangsa-bangsa bahwa nama-Ku yang besar benar-benar kudus. Kamu merusak nama-Ku yang baik di dalam bangsa-bangsa itu, tetapi Aku menunjukkan kepadamu bahwa Aku kudus. Aku akan membuatmu menghormati nama-Ku supaya bangsa-bangsa tahu bahwa Akulah TUHAN.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

24) “Aku akan mengambilmu dari bangsa-bangsa itu, mengumpulkanmu, dan membawa kamu kembali ke negerimu sendiri.

25) Kemudian Aku memercikkan air bersih padamu dan membuatmu bersih. Aku akan membasuh semua kenajisanmu. Berhalamu yang kotor membuat kamu kotor, tetapi Aku akan membuatmu bersih.

26) Aku akan menaruh roh yang baru padamu dan mengubah caramu berpikir. Aku mengambil hati yang keras dari tubuhmu dan memberikan hati yang lembut kepadamu.

27) Dan Aku menaruh Roh-Ku padamu. Aku mengubahmu supaya kamu mematuhi hukum-Ku. Kamu akan mematuhi perintah-Ku dengan seksama.

28) Kemudian kamu tinggal di negeri yang Kuberikan kepada nenek moyangmu. Kamu menjadi umat-Ku, dan Aku menjadi Allahmu.”

29) Allah berkata, “Juga, Aku akan menyelamatkanmu dan menjagamu supaya tidak menjadi najis. Aku menyuruh gandum tumbuh. Aku tidak membawa masa kelaparan terhadapmu.

30) Aku memberikan tuaian besar dari pohon-pohonmu dan tuaian dari ladangmu sehingga kamu tidak lagi malu karena kelaparan di negeri asing.

31) Kamu akan mengingat kejahatan yang kamu lakukan. Kamu mengingat bahwa hal-hal itu tidak baik. Kemudian kamu membenci dirimu sendiri karena dosa-dosamu dan hal yang mengerikan yang kamu lakukan.”

32) Tuhan ALLAH mengatakan, “Aku mau kamu mengingat ini: Aku tidak melakukan hal itu demi kebaikanmu. Hai keluarga Israel, malulah tentang cara hidupmu.”

33) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Pada hari itu Aku membasuh dosa-dosamu, Aku akan membawa orang kembali ke kota-kotamu. Kota-kota yang telah runtuh akan dibangun kembali.

34) Orang mulai lagi mengerjakan tanah itu sehingga apabila orang lain melintasinya tidak akan melihat runtuhan itu lagi.

35) Mereka akan mengatakan, ‘Pada masa lalu, tanah itu reruntuhan, tetapi sekarang seperti Taman Eden. Kota-kota telah binasa, menjadi reruntuhan dan sunyi, tetapi sekarang telah dijaga, dan ada orang yang tinggal di sana.’

36) Dengan demikian bangsa-bangsa yang masih ada di sekelilingmu tahu bahwa Akulah TUHAN dan Aku membangun tempat-tempat reruntuhan itu kembali. Aku menanami tanah-tanah sunyi. Akulah TUHAN. Aku mengatakan ini dan membuatnya terjadi.”

37) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Aku juga akan membiarkan keluarga Israel datang kepada-Ku dan meminta supaya Aku melakukan hal itu bagi mereka. Aku membuatnya berkembang dan menjadi banyak. Mereka akan seperti kawanan domba.

38) Selama perayaan-perayaan khusus, Yerusalem telah dipenuhi kawanan domba dan kambing yang telah dikuduskan. Dengan cara yang sama, kota-kota dan tempat-tempat yang runtuh akan penuh dengan kumpulan orang, sehingga mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 37 (Total ayat 28)
1) [Penglihatan tentang Tulang-tulang Kering] Kuasa TUHAN datang padaku. Roh TUHAN membawa aku keluar kota dan menaruh aku ke tengah-tengah lembah. Lembah penuh dengan tulang-tulang orang mati.

2) Banyak tulang terletak di atas tanah dalam lembah. Ia menyuruh aku menjalani sekeliling tulang-tulang itu. Aku melihat tulang-tulang itu sangat kering.

3) Kemudian TUHAN berkata kepadaku, “Anak manusia, dapatkah tulang-tulang itu hidup?” Jawabku, “Tuhan ALLAH, hanya Engkau yang tahu jawaban atas pertanyaan itu.”

4) Ia berkata kepadaku. “Berbicaralah kepada tulang-tulang itu demi Aku. Katakan kepadanya, ‘Hai tulang-tulang kering, dengarkan perkataan TUHAN.

5) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH kepadamu: Aku akan membuat nyawa datang kepadamu, dan kamu akan hidup.

6) Aku akan membuat daging dan urat-urat padamu dan menutupmu dengan kulit. Kemudian Aku memasukkan nyawa padamu, dan kamu akan hidup kembali supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.’”

7) Jadi, aku berbicara kepada tulang-tulang demi TUHAN, seperti yang dikatakan-Nya. Aku masih berbicara ketika aku mendengar suara yang kuat. Tulang-tulang mulai berderak-derak dan bertemu satu sama lain.

8) Ketika aku mengamatinya, aku melihat daging dan urat-urat mulai menutupi tulang-tulang. Kulit mulai menutupinya, tetapi belum ada nafas padanya.

9) Kemudian Dia berkata kepadaku, “Berkatalah kepada angin demi Aku. Anak manusia, bicaralah kepada angin demi Aku. Katakan kepada angin bahwa inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Angin, datanglah dari setiap penjuru dan hembuskan nafas ke dalam mayat. Hembuskan itu kepada mereka supaya mereka hidup kembali.’”

10) Jadi, aku berbicara kepada angin demi TUHAN, seperti yang dikatakan-Nya, dan nafas datang ke dalam mayat. Mereka menjadi hidup lalu berdiri. Di sana terdapat banyak orang — mereka tentara yang sangat besar.

11) Kemudian Dia berkata kepadaku, “Anak manusia, tulang-tulang itu seperti seluruh keluarga Israel. Orang Israel mengatakan, ‘Tulang-tulang kita telah mengering, pengharapan kita sudah lenyap. Kita telah binasa sama sekali.’

12) Jadi, bicaralah kepada mereka demi Aku. Katakan kepada mereka yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Umat-Ku, Aku akan membuka kuburmu dan membawa kamu keluar dari kuburmu. Kemudian Aku membawa kamu ke tanah Israel.

13) Umat-Ku, Aku akan membuka kuburmu dan membawa kamu keluar dari kuburmu supaya kamu tahu bahwa Akulah TUHAN.

14) Aku akan menaruh Roh-Ku padamu, dan kamu hidup kembali. Kemudian Aku membawa kamu kembali ke tanahmu sendiri sehingga kamu tahu bahwa Akulah TUHAN. Kamu tahu bahwa Aku mengatakannya dan Aku membuatnya terjadi.’” Demikianlah firman TUHAN.

15) [Yehuda dan Israel Bersatu Kembali] Perkataan TUHAN datang lagi kepadaku. Kata-Nya,

16) “Anak manusia, ambil satu tongkat dan tuliskan pesan ini di atasnya, ‘Tongkat ini milik Yehuda dan teman-temannya, orang Israel.’ Kemudian ambil tongkat yang lain dan tulis di atasnya, ‘Tongkat Efraim ini milik Yusuf dan teman-temannya, orang Israel.’

17) Kemudian hubungkan kedua tongkat itu. Keduanya menjadi satu tongkat dalam tanganmu.

18) Umatmu akan meminta kepadamu untuk menerangkan apa maksudnya.

19) Katakan kepada mereka bahwa inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Aku akan mengambil tongkat Yusuf, yang ada pada tangan Efraim dan teman-temannya, orang Israel. Kemudian Aku meletakkan tongkat itu dengan tongkat Yehuda, dan membuatnya menjadi satu tongkat. Di dalam tangan-Ku, kedua-duanya menjadi satu tongkat.’

20) Ambil tongkat yang telah kautulis itu dan peganglah itu di depanmu.

21) Katakan kepada umat bahwa inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Aku akan mengumpulkan orang Israel dari tengah-tengah bangsa-bangsa. Aku mengumpulkan mereka dari sekeliling dan membawanya kembali ke negerinya sendiri.

22) Aku akan membuat mereka satu bangsa di negerinya di tengah-tengah gunung-gunung Israel. Di sana akan ada satu raja atas mereka semua. Mereka tidak terus menjadi dua bangsa. Mereka tidak terbagi lagi atas dua kerajaan.

23) Dan mereka tidak terus membuat dirinya najis dengan berhalanya dan patung-patung yang keji, dan kejahatan lainnya. Sebagai gantinya, Aku menyelamatkan mereka dari semua tempat di mana mereka telah berdosa, dan Aku membasuh dan membuat mereka bersih. Mereka menjadi umat-Ku, dan Aku menjadi Allahnya.

24) Dan hamba-Ku Daud menjadi raja atas mereka. Di sana akan ada hanya satu gembala atas semua mereka. Mereka akan hidup oleh peraturan-Ku dan mematuhi hukum-Ku. Mereka melakukan hal-hal yang Kukatakan kepada mereka.

25) Mereka akan tinggal di negeri yang Kuberikan kepada hamba-Ku Yakub. Nenek moyangmu tinggal di tempat itu, dan umat-Ku berdiam di sana. Mereka dan anak-anaknya, dan cucu-cucunya akan tinggal di sana selamanya. Hamba-Ku Daud menjadi pemimpin mereka selamanya.

26) Dan Aku membuat perjanjian damai dengan mereka. Perjanjian itu berlangsung selamanya. Aku setuju memberikan negerinya kepada mereka. Aku setuju membuat mereka bertambah banyak dan membuat tempat-Ku yang kudus di tengah-tengah mereka selamanya.

27) Kemah-Ku yang kudus akan bersama mereka. Ya, Aku menjadi Allahnya dan mereka menjadi umat-Ku.

28) Bangsa-bangsa lain tahu bahwa Akulah TUHAN, dan mereka tahu bahwa Aku membuat Israel umat-Ku yang khusus dengan membuat tempat-Ku yang kudus di tengah-tengahnya selamanya’”

Pasal 38 (Total ayat 23)
1) [Pesan Melawan Gog] Perkataan TUHAN datang kepadaku. Kata-Nya,

2) “Anak manusia, lihatlah Gog di tanah Magog. Ia pemimpin penting atas bangsa Mesekh dan Tubal. Bicaralah demi Aku melawan Gog.

3) Katakan kepadanya inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Gog, engkau pemimpin yang sangat penting atas bangsa Mesekh dan Tubal, tetapi Aku melawanmu.

4) Aku akan menaklukkanmu dan membawamu kembali. Aku membawa kembali semua orang dalam pasukanmu. Aku membawa kembali semua kuda dan tentara berkuda. Aku akan memasang kelikir pada mulutmu dan membawa kembali kamu semuanya. Semua tentara akan memakai pakaian seragamnya dengan semua perisai dan pedangnya.

5) Tentara dari Parsi, Etiopia, dan Put akan bersama mereka. Mereka semua memakai perisai dan ketopongnya.

6) Demikian juga orang Gomer dengan semua tentaranya, dan Bet-Togarma dari utara sekali dengan semua pasukannya akan bergabung dengan mereka. Di sana akan banyak orang dalam barisan para tawanan.

7) Bersiap-siaplah! Ya, persiapkan dirimu sendiri dan tentaramu. Perhatikan dan bersiaplah.

8) Setelah beberapa lama engkau akan dipanggil untuk bertugas. Dalam tahun berikutnya engkau datang ke tanah yang telah dibangun setelah perang. Orang-orang di negeri itu dikumpulkan dari banyak bangsa dan dibawa kembali ke gunung-gunung Israel. Pada masa lalu, gunung-gunung Israel dibinasakan terus-menerus, tetapi mereka akan kembali dari bangsa-bangsa asing. Mereka semua hidup dengan aman.

9) Engkau akan datang menyerang mereka, dan datang seperti angin topan. Engkau datang seperti kabut menutupi tanah. Engkau dan semua kelompok tentara dari bangsa-bangsa akan datang menyerang mereka.’”

10) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Pada masa itu, akan timbul suatu pendapat dari pikiranmu. Engkau akan mulai membuat suatu rencana jahat.

11) Engkau mengatakan, ‘Aku akan pergi menyerang negeri yang mempunyai kota-kota yang tidak bertembok (Israel). Orang-orang di sana hidup dalam damai dan mereka menganggap selamat. Tidak ada tembok sekeliling kota-kota untuk melindunginya. Mereka tidak mempunyai kunci pintu gerbang — mereka bahkan tidak mempunyai pintu gerbang.

12) Aku akan mengalahkan mereka dan mengambil semua barang-barang berharga dari mereka. Aku memerangi tempat-tempat yang telah binasa, tetapi sekarang telah ada orang yang tinggal di sana. Aku akan memerangi orang yang telah dikumpulkan dari bangsa-bangsa. Sekarang mereka memiliki ternak dan harta. Mereka tinggal di pusat bumi.’

13) Syeba, Dedan, dan pedagang Tarsis, dan semua orang dari kota-kota dagang mereka akan bertanya kepadamu, ‘Apakah engkau datang untuk merampas barang-barang berharga? Apakah engkau membawa tentaramu untuk merampas barang-barang yang baik dan mengambil perak, emas, ternak, dan harta benda? Apakah engkau datang untuk mengambil semua barang berharga?’

14) Anak manusia, bicaralah kepada Gog demi Aku. Katakan kepadanya yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Engkau akan datang menyerang umat-Ku ketika mereka hidup dalam damai dan aman.

15) Engkau akan datang dari tempatmu yang jauh sekali di utara, dan engkau membawa banyak orang bersamamu. Semua mereka menunggang kuda. Kamu akan menjadi pasukan yang besar dan berkuasa.

16) Engkau datang memerangi umat-Ku Israel. Engkau menjadi seperti kabut menutupi negeri itu. Ketika waktunya tiba, Aku membawa engkau memerangi negeri-Ku, supaya Gog dan bangsa-bangsa tahu betapa berkuasanya Aku. Mereka akan tahu menghormati Aku dan tahu bahwa Aku kudus. Mereka akan melihat yang akan Kulakukan terhadap kamu.’”

17) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Pada masa itu, orang akan mengingat bahwa Aku berbicara melawanmu pada masa lalu. Mereka akan mengingat bahwa Aku memakai hamba-Ku, nabi-nabi Israel. Mereka akan mengingat bahwa nabi-nabi Israel berbicara demi Aku pada masa lalu dan mengatakan bahwa Aku dapat membawa engkau memerangi mereka.”

18) Tuhan ALLAH mengatakan, “Pada masa itu, Gog akan datang memerangi tanah Israel. Aku akan menunjukkan marah-Ku.

19) Dalam marah-Ku dan kecemburuan-Ku Aku berjanji: Aku berjanji bahwa akan terjadi gempa yang kuat di tanah Israel.

20) Pada masa itu, semua makhluk hidup akan gemetar dengan ketakutan. Ikan dalam laut, burung di udara, binatang liar di padang, dan semua binatang merayap di tanah akan gemetar dengan ketakutan. Gunung-gunung akan runtuh dan lereng-lereng longsor. Setiap tembok akan jatuh ke tanah.”

21) Tuhan ALLAH mengatakan, “Dan di gunung-gunung Israel Aku akan memanggil hal yang mengerikan untuk melawan Gog. Tentaranya sangat ketakutan sehingga mereka saling menyerang dan membunuh dengan pedangnya.

22) Aku akan menghukum Gog dengan penyakit dan kematian. Aku membuat hujan batu, api, dan hujan belerang kepada Gog dan tentaranya yang berasal dari banyak bangsa.

23) Kemudian Aku menunjukkan betapa besarnya Aku. Aku membuktikan bahwa Aku kudus. Banyak bangsa akan melihat Aku melakukan hal itu dan mereka akan tahu siapa Aku. Kemudian mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.”

Pasal 39 (Total ayat 29)
1) [Kematian Gog dan Pasukannya] “Anak manusia, bicaralah melawan Gog demi Aku. Katakan kepadanya inilah perkataan Tuhan ALLAH, ‘Gog, engkau pemimpin yang terpenting atas negeri Mesekh dan Tubal, tetapi Aku melawanmu.

2) Aku akan menaklukkanmu dan membawamu kembali. Aku membawamu dari utara sekali. Aku membawamu memerangi gunung-gunung Israel.

3) Aku akan memukul busurmu dari tangan kirimu dan panahmu dari tangan kananmu.

4) Engkau akan dibunuh di gunung-gunung Israel. Engkau, tentaramu, dan semua bangsa lain yang ada bersamamu akan dibunuh dalam perang. Aku akan memberikan engkau sebagai makanan kepada setiap jenis burung pemakan daging dan kepada semua binatang liar.

5) Engkau tidak akan memasuki kota. Engkau dibunuh di ladang terbuka. Aku telah mengatakannya.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

6) “Aku mengirim api kepada Magog dan umat yang tinggal sepanjang pantai. Mereka menganggap bahwa mereka selamat, tetapi mereka tahu bahwa Akulah TUHAN.

7) Dan Aku akan membuat nama-Ku yang kudus dikenal di tengah-tengah umat-Ku Israel. Aku tidak akan membiarkan orang merusak nama-Ku yang kudus lagi. Bangsa-bangsa tahu bahwa Akulah TUHAN. Mereka tahu bahwa Aku satu-satunya yang kudus di Israel.

8) Waktunya akan datang. Itu akan terjadi.” Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH. “Itulah hari yang Kukatakan.

9) Pada masa itu, orang yang tinggal di kota-kota Israel akan pergi ke ladang. Mereka akan mengumpulkan senjata musuh dan membakarnya. Mereka membakar semua perisai, busur, panah, tongkat pemukul, dan tombak. Mereka memakai senjata sebagai kayu api selama 7 tahun.

10) Mereka tidak akan mengumpulkan kayu dari ladang atau memotong kayu api dari hutan karena mereka memakai senjata sebagai kayu api. Mereka mengambil barang-barang berharga dari tentara yang mencuri. Mereka mengambil barang-barang yang baik dari tentara yang mengambil barang-barang yang baik dari engkau.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

11) “Pada masa itu, Aku memilih tempat di Israel untuk mengubur Gog. Ia akan dikubur di Lembah Penyeberangan, sebelah timur Laut Mati, yang menghambat jalan bagi penyeberang, karena Gog dan semua pasukannya akan dikubur di tempat itu. Orang menyebutnya ‘Lembah Pasukan Gog.’

12) Tujuh bulan lamanya keluarga Israel mengubur mereka. Mereka harus melakukannya untuk membuat tanah itu bersih.

13) Orang biasa akan mengubur tentara musuh. Dan orang-orang itu menjadi terkenal pada hari ketika Aku membawa kemuliaan bagi diri-Ku sendiri.” Tuhan ALLAH mengatakan hal-hal itu.

14) “Para pekerja akan bertugas penuh mengubur tentara yang mati untuk membuat tanah itu bersih. Mereka bekerja selama 7 bulan. Mereka pergi ke sekeliling untuk mencari mayat.

15) Mereka pergi ke sekeliling mencarinya. Jika seorang dari mereka melihat sebuah tulang, maka ia membuat suatu tanda di situ. Tanda itu berada di sana hingga penggali kuburan datang dan mengubur tulang itu di Lembah Pasukan Gog.

16) Kota orang mati itu disebut ‘Hamona’. Dengan demikian, mereka akan membuat tanah itu bersih.”

17) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Anak manusia, bicaralah kepada semua burung dan binatang liar demi Aku. Katakan kepada mereka, ‘Marilah. Marilah. Berkumpullah. Datang dan makanlah persembahan yang Kupersiapkan untukmu. Persembahan besar ada di gunung-gunung Israel. Marilah, makanlah daging dan minumlah darah.

18) Kamu akan makan daging tentara yang berkuasa itu. Kamu minum darah pemimpin dunia. Mereka seperti domba jantan, anak domba, kambing, dan sapi jantan gemuk dari Basan.

19) Kamu dapat memakan semua lemak yang kamu inginkan. Kamu dapat minum darah hingga kamu kenyang. Kamu akan makan dan minum dari persembahan-Ku, yang Kusembelih untukmu.

20) Kamu akan mempunyai banyak daging untuk dimakan di meja-Ku. Di sana banyak kuda dan kereta perang, tentara yang perkasa, dan semua orang lain yang berperang.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

21) “Aku akan membiarkan bangsa-bangsa lain melihat yang telah Kulakukan, dan mereka mulai menghormati Aku. Mereka akan melihat kuasa-Ku yang Kupakai melawan musuh.

22) Sejak hari itu, keluarga Israel tahu bahwa Akulah TUHAN Allahnya.

23) Dan bangsa-bangsa tahu mengapa keluarga Israel dibawa selaku tawanan ke negeri asing. Mereka tahu bahwa umat-Ku berbalik melawan Aku. Jadi, Aku meninggalkan mereka. Aku membiarkan musuh mereka mengalahkannya. Jadi, umat-Ku terbunuh dalam pertempuran.

24) Mereka berdosa dan membuat dirinya keji. Jadi, Aku menghukum mereka atas hal-hal yang dilakukannya. Aku meninggalkan mereka dan tidak mau menolongnya.”

25) Jadi, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, “Sekarang Aku membawa keluarga Yakub kembali dari pembuangan. Aku berbelaskasihan pada seluruh keluarga Israel. Aku menunjukkan kecemburuan-Ku demi nama-Ku yang kudus.

26) Orang akan melupakan nodanya dan semua waktu selama mereka melawan Aku. Mereka akan tinggal dengan aman di negerinya sendiri. Tidak ada yang membuat mereka takut.

27) Aku akan membawa umat-Ku kembali dari negeri asing. Aku mengumpulkan mereka dari negeri-negeri musuh mereka. Kemudian banyak bangsa melihat betapa kudusnya Aku.

28) Mereka tahu bahwa Akulah TUHAN Allahnya. Itulah sebabnya, Aku membuat mereka meninggalkan negerinya dan pergi selaku tawanan ke negeri asing, tetapi kemudian Aku mengumpulkan mereka kembali dan membawa mereka ke negerinya sendiri.

29) Aku akan mencurahkan Roh-Ku kepada keluarga Israel, dan Aku tidak akan meninggalkan umat-Ku lagi.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 40 (Total ayat 49)
1) [Rumah Tuhan yang Baru] Pada tahun kedua puluh lima setelah kami dibawa ke pembuangan, pada permulaan tahun, pada hari kesepuluh, bulan itu, kuasa TUHAN datang atasku. Itu terjadi pada tahun keempat belas setelah Babel menaklukkan Yerusalem. Pada hari itu Tuhan membawa aku dalam penglihatan.

2) Dalam penglihatan, Allah membawa aku ke tanah Israel. Ia menurunkan aku dekat sebuah gunung yang tinggi. Di gunung itu ada sebuah bangunan di depanku yang tampaknya seperti kota.

3) Tuhan membawa aku ke tempat itu. Ada satu orang di sana yang tampaknya seperti tembaga. Ia mempunyai tali lenan dan sebuah penggaris di tangannya. Ia berdiri dekat pintu gerbang.

4) Orang itu berkata kepadaku, “Anak manusia, pakailah mata dan telingamu. Lihatlah itu dan dengarkan aku. Perhatikan segala sesuatu bahwa aku menunjukkannya kepadamu, karena engkau telah dibawa kemari, supaya aku dapat menunjukkan kepadamu hal itu. Katakanlah kepada keluarga Israel semua yang kaulihat.”

5) Aku melihat tembok yang terdapat di luar di sekeliling Bait Tuhan. Dalam tangan orang itu ada 3 meter. Panjangnya 3 meter dipakai sebagai pengukur. Orang mengukur tebalnya tembok. Tebalnya 3 meter. Ia mengukur tinggi tembok. Tingginya 3 meter.

6) Kemudian orang itu pergi ke pintu gerbang sebelah timur. Ia naik dan mengukur ambang pintu gerbang. Lebarnya 3 meter.

7) Kamar jaga panjangnya 3 meter dan lebarnya 3 meter. Tembok di antara kamar-kamar tebalnya 6,5 meter. Ambang serambi sebelah dalam dekat ke Bait Tuhan juga 3 meter lebarnya.

8) Kemudian dia mengukur serambi muka.

9) Panjangnya 4 meter. Ia mengukur tembok sebelah dalam pintu gerbang. Setiap sisi tembok lebarnya 1 meter. Serambi muka pada ujung pintu gerbang itu menghadap Rumah Tuhan.

10) Ada tiga kamar jaga pada setiap sisi pintu gerbang. Semua kamar dan temboknya ukurannya sama.

11) Orang itu mengukur jalan masuk ke pintu gerbang. Lebarnya 5 meter dan 6,5 meter panjangnya.

12) Ada satu tembok yang rendah di depan setiap kamar. Tembok itu tingginya 0,5 meter dan tebalnya 0,5 meter. Kamar-kamar itu empat persegi. Setiap tembok panjangnya 3 meter.

13) Orang itu mengukur pintu gerbang dari sudut luar atap satu kamar ke sudut luar kamar sebelahnya. Ada 12,5 meter. Setiap pintu berhadapan satu sama lain.

14) Ia mengukur semua sisi tembok, termasuk sisi tembok sebelah serambi muka di pelataran. Semuanya 30 meter.

15) Dari sudut pintu gerbang sebelah luar sampai ke ujung serambi muka 25 meter.

16) Ada jendela kecil di atas semua kamar jaga, tembok samping, dan serambi muka. Bagian besar dari jendela menghadap ke pintu gerbang. Ada ukiran pohon-pohon palem pada sisi-sisi tembok pintu gerbang itu.

17) [Pelataran Bagian Luar] Kemudian orang itu membawa aku ke pelataran luar. Aku melihat 30 kamar dan jalan yang ada di sekeliling pelataran. Kamar-kamar ada di sepanjang tembok dan menghadap ke jalan.

18) Jalan itu panjangnya selebar gerbang. Jalan itu sampai ke bagian ujung dalam dari pintu gerbang. Itulah jalan yang lebih rendah.

19) Orang itu mengukur jarak dari dalam pintu gerbang bawah sampai ke luar pelataran. Panjangnya 50 meter pada bagian timur demikian juga pada bagian sisi utara.

20) Kemudian orang itu mengukur panjang dan lebar pintu gerbang utara pada dinding sekeliling pelataran bagian luar.

21) Pintu gerbang itu, ketiga kamar pada setiap sisi, dan serambi mukanya, semua ukurannya sama seperti gerbang pertama. Pintu gerbang itu 25 meter panjangnya dan 12,5 meter lebarnya.

22) Jendelanya, serambi mukanya, dan ukiran pohon-pohon palemnya ukurannya sama seperti pintu gerbang sebelah timur. Di luar ada 7 tangga untuk naik ke pintu gerbang. Serambi mukanya ada di ujung pintu gerbang.

23) Di seberang pelataran dari pintu gerbang utara ada satu pintu gerbang ke pelataran bagian dalam, yang sama seperti pintu gerbang pada bagian timur. Orang itu mengukur dari pintu gerbang ke pintu gerbang. Panjangnya 50 meter dari pintu gerbang ke pintu gerbang.

24) Kemudian orang itu membawa aku ke tembok selatan. Aku melihat pintu gerbang di tembok selatan. Dia mengukur sisi tembok dan serambi mukanya. Ukurannya sama seperti pintu gerbang lainnya.

25) Pintu gerbang dan serambi mukanya mempunyai jendela di sekeliling seperti pintu gerbang lainnya. Pintu gerbang itu panjangnya 25 meter dan 12,5 meter lebarnya.

26) Ada 7 tangga untuk naik ke pintu gerbang itu. Serambi mukanya ada di bagian ujung pintu gerbang. Ukiran pohon-pohon palem ada pada tembok yang terdapat pada setiap sisi pintu gerbang.

27) Pintu gerbang ada pada bagian selatan pelataran bagian dalam. Orang itu mengukur dari pintu gerbang ke pintu gerbang. Panjangnya 50 meter dari pintu gerbang ke pintu gerbang.

28) [Pelataran Bagian Dalam] Kemudian orang itu membawa aku melalui pintu gerbang selatan ke pelataran bagian dalam. Ia mengukur pintu gerbang itu. Pintu gerbang itu ukurannya sama seperti pintu gerbang ke pelataran bagian dalam.

29) Kamar-kamarnya, tembok luar, dan serambi muka juga ukurannya sama seperti pintu gerbang lainnya. Pada sekeliling pintu gerbang dan serambi mukanya ada jendela. Pintu gerbang itu 25 meter panjangnya dan 12,5 meter lebarnya.

30) Serambi muka panjangnya 12,5 meter dan 2,5 meter lebarnya.

31) Dan serambi mukanya ada pada ujung pintu gerbang dekat kepada pelataran bagian luar. Ukiran pohon-pohon palem ada pada tembok. Ada 8 tangga untuk naik ke pintu gerbang.

32) Kemudian orang itu membawa aku ke pelataran bagian dalam pada bagian timur. Ia mengukur pintu gerbang. Ukurannya sama seperti pintu gerbang lainnya.

33) Kamar-kamarnya, tembok bagian luar, dan serambi muka juga ukurannya sama seperti pintu gerbang lainnya. Pada sekeliling pintu gerbang dan serambi mukanya ada jendela. Pintu gerbang panjangnya 25 meter dan 12,5 meter lebarnya.

34) Dan serambi mukanya ada pada ujung pintu gerbang dekat ke pelataran bagian luar. Ukiran pohon-pohon palem ada pada tembok pada setiap sisi pintu gerbang. Ada 8 tangga untuk naik ke pintu gerbang.

35) Kemudian orang itu membawa aku ke pintu gerbang utara. Ia mengukurnya. Ukurannya sama seperti pintu gerbang lainnya.

36) Kamar-kamarnya, tembok bagian luar, dan serambi muka juga ukurannya sama seperti pintu gerbang lainnya. Pada sekeliling pintu gerbang dan serambi mukanya ada jendela. Pintu gerbang itu panjangnya 25 meter dan 12,5 meter lebarnya.

37) Dan serambi mukanya ada pada ujung pintu gerbang dekat kepada pelataran bagian luar. Ukiran pohon-pohon palem ada pada tembok setiap sisi pintu gerbang. Ada 8 tangga untuk naik ke pintu gerbang.

38) [Kamar-kamar untuk Mempersiapkan Kurban] Ada juga sebuah kamar dengan sebuah pintu yang terbuka ke dalam serambi muka yang ada pada pintu gerbang. Pintu itu menuju ke kamar tempat imam-imam membasuh kurban.

39) Pada setiap sisi pintu serambi muka ada dua meja. Hewan untuk kurban bakaran, kurban penghapus dosa, dan kurban penghapus salah disembelih di atas meja.

40) Ada juga dua meja pada setiap sisi pintu di luar tembok serambi muka.

41) Jadi, ada empat meja di bagian dalam tembok dan empat meja di luar tembok — 8 meja yang dipakai imam-imam ketika mereka menyembelih hewan untuk kurban.

42) Ada juga empat meja yang terbuat dari batu untuk kurban bakaran. Meja itu panjangnya 3/4 meter, 3/4 meter lebarnya, dan 0,5 meter tingginya. Di atas meja itu, imam-imam meletakkan perkakas yang dipakainya untuk menyembelih hewan untuk kurban bakaran dan kurban lainnya.

43) Pada semua tembok ada gantungan daging yang panjangnya 3 inci di tempat itu. Daging untuk persembahan diletakkan di atas meja.

44) [Kamar-kamar Imam] Ada dua kamar di pelataran bagian dalam. Satu di pintu gerbang utara yang menghadap ke selatan. Kamar yang lain ada di pintu gerbang selatan menghadap utara.

45) Orang itu berkata kepadaku, “Kamar yang kaulihat ke arah selatan adalah untuk imam-imam yang bertugas dan melayani di bagian Bait Tuhan.

46) Kamar yang kaulihat ke arah utara untuk imam-imam yang bertugas dan melayani pada mezbah. Semua imam itu dari suku Lewi, tetapi kelompok kedua dari imam-imam hanya dari keturunan Zadok. Hanya mereka yang dapat membawa kurban ke mezbah untuk melayani TUHAN.”

47) Orang itu mengukur pelataran. Pelataran itu empat persegi betul. Panjangnya 50 meter dan lebarnya 50 meter. Mezbah ada di depan Bait Tuhan.

48) [Serambi Muka Rumah Tuhan] Kemudian orang itu membawa aku ke serambi muka Rumah Tuhan dan mengukur tembok pada setiap sisi serambi muka. Setiap tembok bagian luar 2,5 meter tebalnya dan 1,5 meter lebarnya. Lebar pintunya 7 meter.

49) Serambi muka 10 meter panjangnya dan 6 meter lebarnya. Ada 10 tangga untuk naik ke serambi muka. Ada dua tiang untuk tembok pada setiap sisi serambi muka — satu pada setiap tembok.

Pasal 41 (Total ayat 26)
1) [Tempat Kudus Bait Tuhan] Kemudian orang itu membawa aku ke Tempat kudus. Ia mengukur tembok pada setiap sisi kamar. Tembok bagian luar tebalnya 3 meter pada setiap sisi.

2) Pintu lebarnya 5 meter. Setiap sisi pintu 2,5 meter. Ia mengukur kamar itu. Panjangnya 20 meter dan 10 meter lebarnya.

3) [Tempat Yang Paling Kudus dalam Bait Tuhan] Kemudian orang itu pergi ke kamar terakhir. Ia mengukur tembok pada setiap sisi pintu. Setiap tembok bagian luar tebalnya 1 meter dan 3,5 meter lebarnya. Pintu itu 3 meter lebarnya.

4) Kemudian dia mengukur panjang kamar. Panjangnya 10 meter dan 10 meter lebarnya. Katanya kepadaku, “Inilah Tempat yang paling kudus.”

5) [Kamar-kamar Lainnya Sekeliling Rumah Tuhan] Kemudian orang itu mengukur tembok Bait Tuhan. Tebalnya 3 meter. Pada sekeliling Rumah-Nya ada kamar-kamar samping. Lebarnya 2 meter.

6) Kamar-kamar samping ada pada ketiga lantai yang berbeda, bertingkat. Pada setiap tingkat ada 30 kamar. Tembok Rumah itu dibangun dengan ceruk-ceruk. Kamar-kamar tambahan bersandar di atas ceruk-ceruk supaya tidak dihubungkan dengan tembok Rumah Suci sendiri.

7) Kamar-kamar tambahan pada setiap tingkat sekeliling Rumah Tuhan lebih lebar daripada tingkat bawah. Tembok kamar-kamar sekeliling semakin sempit dan tinggi sehingga kamar-kamar pada tingkat atas lebih lebar. Ada tangga dari tingkat paling rendah ke tingkat paling tinggi melalui tingkat tengah.

8) Aku juga melihat dasar Rumah Tuhan itu lebih tinggi daripada semua jalan sekelilingnya. Itulah dasar untuk kamar-kamar tambahan, dan tingginya 3 meter penuh.

9) Tembok bagian luar kamar-kamar tambahan tebalnya 2,5 meter. Ada lapangan terbuka di antara kamar-kamar tambahan Rumah Tuhan

10) dan kamar-kamar imam. Lebarnya 10 meter dan terdapat pada sekeliling Rumah Tuhan.

11) Pintu-pintu kamar tambahan terbuka menghadap kamar bawah. Ada satu jalan masuk pada sisi utara dan satu jalan masuk pada sisi selatan. Kamar bawah 2,5 meter lebarnya sekeliling.

12) Ada satu bangunan dalam daerah terlarang sebelah barat Rumah Tuhan. Bangunan itu 35 meter lebarnya dan 45 meter panjangnya. Tembok bangunan itu 2,5 meter tebalnya sekeliling.

13) Kemudian orang itu mengukur Rumah Tuhan. Rumah itu 50 meter panjangnya. Daerah terlarang, termasuk bangunan dan temboknya, juga 50 meter panjangnya.

14) Daerah terlarang pada bagian timur di depan Rumah Tuhan, 50 meter panjangnya.

15) Orang itu mengukur panjang bangunan dalam daerah terlarang bagian barat Rumah Tuhan. Jaraknya 50 meter dari satu tembok ke tembok lainnya. Tempat yang paling kudus, Tempat kudus, dan serambi muka pelataran

16) mempunyai kayu penutup pada semua tembok. Semua jendela dan pintu-pintu mempunyai kayu hiasan sekelilingnya. Pada pintu, Rumah Tuhan mempunyai kayu penutup dari tingkat bawah ke jendela, ke atas ke bagian tembok

17) sampai ke pintu atas. Pada semua tembok dalam kamar yang paling tengah dan kamar luar Rumah Tuhan berukirkan

18) malaikat kerub dan pohon-pohon palem. Pohon palem ada di antara malaikat kerub. Setiap malaikat kerub mempunyai dua muka.

19) Satu muka adalah muka manusia tampak menghadap pohon palem pada satu sisi. Muka yang lain muka singa tampak menghadap pohon palem pada sisi lain. Mereka diukir pada sekeliling Rumah Tuhan.

20) Dari tingkat bawah ke pintu atas, malaikat kerub dan pohon-pohon palem diukir pada semua tembok Tempat kudus.

21) Tembok pada setiap sisi Tempat kudus empat persegi. Di depan Tempat yang paling kudus ada sesuatu yang tampaknya

22) seperti mezbah terbuat dari kayu. Tingginya 1,5 meter dan 1 meter panjangnya. Sudutnya, dasarnya, dan sisinya adalah kayu. Orang itu berkata kepadaku, “Inilah meja yang ada di hadapan TUHAN.”

23) Kedua-duanya Tempat kudus dan Tempat yang paling kudus mempunyai dua pintu.

24) Setiap pintu terbuat dari dua pintu yang lebih kecil. Setiap pintu sungguh-sungguh dua pintu berputar.

25) Juga malaikat kerub dan pohon-pohon palem diukir pada pintu-pintu Tempat kudus, sama seperti yang diukir pada tembok. Di atas bagian depan serambi muka ada satu atap kayu.

26) Ada jendela dengan hiasan pada sekelilingnya dan pohon-pohon palem pada tembok pada kedua sisi serambi muka, pada atap di atas serambi muka, dan pada kamar-kamar sekeliling Rumah Tuhan.

Pasal 42 (Total ayat 20)
1) [Kamar Imam] Kemudian orang itu membawa aku melalui pintu gerbang utara ke pelataran bagian luar. Ia membawa aku ke sebuah bangunan dengan banyak kamar yang ada di daerah terlarang sebelah barat dan bangunan di sisi utara.

2) Bangunan itu 50 meter panjangnya dan 25 meter lebarnya. Orang memasukinya dari pelataran pada sisi utara.

3) Bangunan itu tiga tingkat dan mempunyai balkon. Pelataran bagian dalam yang 10 meter itu ada di antara bangunan dan Rumah Tuhan. Pada sisi yang lain, kamar-kamar menghadap jalan pelataran bagian luar.

4) Ada satu jalan kecil 10 hasta lebarnya dan 50 meter panjangnya mulai dari selatan sisi bangunan, walaupun jalan masuk ada pada sisi utara.

5) Bangunan itu bertingkat tiga dan tidak mempunyai tiang seperti tiang pelataran bagian luar, jadi kamar-kamar atas lebih jauh di belakang daripada kamar-kamar di bagian tengah dan tingkat bawah. Tingkat atas lebih sempit daripada tingkat tengah, yang lebih sempit daripada tingkat bawah karena balkon memakai ruangan itu.

6) (42:5)

7) Ada satu tembok di luar yang sejajar dengan kamar-kamar dan sepanjang pelataran bagian luar. Panjangnya di depan kamar-kamar 25 meter.

8) Deretan kamar yang ada sepanjang pelataran bagian luar 25 meter panjangnya, walaupun panjang bangunan seluruhnya, pada sisi Rumah Tuhan ada 50 meter.

9) Jalan masuk ada di bawah kamar-kamar pada ujung sebelah timur bangunan supaya orang dapat masuk dari pelataran bagian luar.

10) Jalan masuk mulai dari tembok di samping pelataran. Pada sisi selatan ada kamar-kamar, dekat daerah terlarang dan bangunan lainnya. Kamar-kamar itu mempunyai

11) jalan kecil di depannya seperti kamar-kamar pada sisi utara. Panjang dan lebarnya sama seperti pintu-pintu.

12) Jalan masuk ke kamar-kamar bawah ada pada ujung timur bangunan supaya orang dapat masuk dari jalan kecil yang terbuka dekat tembok.

13) Orang itu berkata kepadaku, “Kamar-kamar utara dan kamar-kamar selatan berseberangan dengan daerah terlarang adalah kudus. Kamar-kamar itu untuk imam yang memberikan persembahan kepada TUHAN. Di sanalah imam-imam akan meletakkan persembahan yang sangat kudus dan memakannya. Itulah sebabnya, tempat itu kudus. Persembahan yang sangat kudus ialah: kurban sajian, kurban penghapus dosa, dan kurban penghapus salah.

14) Imam-imam yang memasuki daerah kudus harus meninggalkan pakaian jabatannya dalam Tempat kudus itu sebelum mereka pergi ke pelataran bagian luar, karena pakaian itu kudus. Jika imam mau pergi ke bagian Rumah Tuhan tempat orang lain berada, maka ia harus pergi ke kamar-kamar itu dan mengenakan pakaian yang lain.”

15) [Pelataran Bagian Luar] Orang itu telah selesai mengukur bagian dalam daerah Rumah Tuhan. Kemudian dia membawa aku keluar melalui pintu gerbang sebelah timur dan mengukur semua sekeliling daerah itu.

16) Ia mengukur sisi bagian timur dengan penggaris. Panjangnya 250 meter.

17) Ia mengukur sisi utara. Panjangnya 250 meter.

18) Ia mengukur sisi selatan. Panjangnya 250 meter.

19) Ia pergi berkeliling ke sisi barat dan mengukurnya. Panjangnya 250 meter.

20) Ia mengukur empat tembok yang ada sekeliling Rumah Tuhan. Tembok itu 250 meter panjangnya dan 250 meter lebarnya. Itulah yang memisahkan Tempat kudus dari daerah yang tidak kudus.

Pasal 43 (Total ayat 27)
1) [Tuhan Akan Tinggal di Tengah-tengah Umat-Nya] Orang itu membawa aku ke pintu gerbang sebelah timur.

2) Kemuliaan Allah Israel datang dari timur ke sana. Suara Allah kuat seperti suara dari laut. Tanah itu terang oleh cahaya Kemuliaan Allah.

3) Penglihatan yang kulihat seperti penglihatan yang kulihat dekat Terusan Kebar. Aku sujud dengan mukaku ke tanah.

4) Kemuliaan TUHAN datang ke dalam Rumah Tuhan melalui pintu gerbang sebelah timur.

5) Kemudian Roh Tuhan menjemput aku dan membawa aku ke pelataran bagian dalam. Kemuliaan TUHAN memenuhi Rumah Tuhan.

6) Aku mendengar seseorang berbicara kepadaku dari dalam Rumah Tuhan. Orang itu masih berdiri di sampingku.

7) Suara dari Bait Tuhan berkata kepadaku, “Anak manusia, inilah tempat takhta-Ku dan tumpuan kaki-Ku. Aku akan tinggal di tempat ini, di tengah-tengah orang Israel selamanya. Keluarga Israel tidak akan merusak nama-Ku yang kudus lagi. Raja-raja dan rakyatnya tidak akan membawa noda pada nama-Ku dengan dosa percabulan atau dengan mengubur mayat raja-rajanya di tempat ini.

8) Mereka tidak akan membawa noda pada nama-Ku dengan memasang ambang pintunya dekat ambang pintu-Ku, dan tiang-tiang pintunya dekat ke ambang pintu-Ku. Pada masa lalu, hanya tembok memisahkan mereka dari Aku. Jadi, mereka membawa noda pada nama-Ku setiap kali mereka berdosa dan melakukan hal-hal yang mengerikan. Itulah sebabnya, Aku marah dan membinasakan mereka.

9) Sekarang biarlah mereka menjauhkan dosa percabulannya dan mayat raja-rajanya dari Aku. Kemudian Aku tinggal di tengah-tengah mereka selamanya.

10) Sekarang hai anak manusia, katakan kepada keluarga Israel tentang Bait Tuhan. Ketika mereka tahu tentang rencana untuk Rumah itu, mereka akan malu karena dosanya.

11) Dan mereka malu atas semua kejahatan yang telah dilakukannya. Biarlah mereka tahu tentang gambar Bait Tuhan. Biarlah mereka tahu bagaimana harus membangun, di mana jalan masuk dan keluar, dan semua gambar yang ada di atasnya. Ajarlah mereka tentang semua peraturan dan semua hukumnya. Tuliskanlah hal itu untuk setiap orang yang melihat supaya mereka dapat mematuhi semua hukum dan peraturan Rumah Tuhan.

12) Inilah hukum Bait Tuhan: Seluruh daerah di puncak gunung di tengah-tengah batas itu adalah yang paling kudus. Itulah hukum Bait Tuhan.”

13) [Mezbah] “Dan inilah ukuran mezbah dalam meter dengan memakai pengukur. Ada satu selokan untuk sekeliling dasar mezbah. Dalamnya 0,5 meter, dan setiap sisi 0,5 meter lebarnya. Ada satu tepi sekelilingnya tingginya 1 jengkal. Beginilah tinggi mezbah itu:

14) Dari tanah ke pinggiran bawah, ukuran kaki 1 meter. Setengah meter lebarnya. Ukurannya 2 meter dari pinggiran terkecil sampai ke pinggiran terbesar. Ada 1 meter lebarnya.

15) Tempat api di mezbah 2 meter tingginya. Empat sudut tampak seperti tanduk.

16) Tempat api pada mezbah 6 meter panjangnya dan 6 meter lebarnya. Bentuknya empat persegi.

17) Pinggiran juga empat persegi, 7 meter panjangnya dan 7 meter lebarnya. Batas sekelilingnya 25 cm lebarnya. Pinggiran sekeliling dasar 1 meter lebarnya. Tangga ke mezbah ada pada bagian timur.”

18) Kemudian orang itu berkata kepadaku, “Anak manusia, inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH, ‘Inilah peraturannya: Pada waktu engkau membangun mezbah, pakailah aturan ini untuk mempersembahkan kurban bakaran dan memercikkan darah atasnya.

19) Engkau akan memberikan anak sapi sebagai kurban penghapus dosa kepada orang dari keluarga Zadok. Mereka adalah imam dari suku Lewi. Mereka ialah orang yang melayani Aku dengan membawa persembahan kepada-Ku.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

20) “Engkau akan mengambil sedikit darah lembu jantan dan bubuhkan itu pada keempat tanduk mezbah, pada keempat sudut pinggiran, dan pada tepi sekelilingnya. Dengan demikian, engkau membuat mezbah itu suci.

21) Kemudian ambil lembu jantan untuk kurban penghapus dosa dan bakarlah itu di tempat yang telah ditentukan di luar bangunan Tempat Tuhan.

22) Pada hari kedua engkau mempersembahkan kambing jantan yang tidak bercacat. Itulah menjadi kurban penghapus dosa. Imam-imam membuat mezbah itu suci sama caranya seperti mereka membuatnya suci dengan lembu jantan.

23) Apabila engkau telah selesai menyucikan mezbah itu, engkau mempersembahkan anak sapi yang tidak bercacat dan domba jantan dari kawanan yang tidak bercacat.

24) Kemudian engkau mempersembahkannya di hadapan TUHAN. Imam-imam memercikkan garam padanya. Kemudian mereka mengurbankan lembu jantan dan domba jantan sebagai kurban bakaran kepada TUHAN.

25) Engkau mempersiapkan kambing jantan setiap hari selama 7 hari untuk kurban penghapus dosa. Juga, engkau mempersiapkan anak sapi dan domba jantan dari kawanan. Ternak itu tidak boleh bercacat.

26) Selama 7 hari imam-imam menyucikan mezbah dan siap untuk dipakai menyembah Allah.

27) Setelah 7 hari, pada hari kedelapan, imam-imam harus mempersembahkan kurban bakaran dan kurban persekutuanmu di atas mezbah. Kemudian Aku menerima kamu.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 44 (Total ayat 31)
1) [Pintu Gerbang Sebelah Luar] Kemudian orang itu membawa aku kembali ke pintu gerbang sebelah timur daerah Rumah Tuhan. Kami ada di luar pintu gerbang lalu pintu gerbang ditutup.

2) TUHAN berkata kepadaku, “Pintu gerbang itu tetap tertutup, tidak dibuka. Tidak ada yang masuk melaluinya karena TUHAN Israel telah masuk melaluinya. Jadi, pintu itu harus tetap tertutup.

3) Hanya pemimpin rakyat itu boleh duduk di pintu gerbang ketika ia makan bersama TUHAN. Dia harus masuk melalui serambi muka pada pintu gerbang dan pergi keluar dengan jalan yang sama.”

4) [Kesucian Bait Tuhan] Kemudian orang itu membawa aku melalui pintu gerbang utara ke depan Bait Tuhan. Aku memandang dan melihat Kemuliaan TUHAN memenuhi Bait TUHAN. Aku sujud dengan mukaku menyentuh tanah.

5) TUHAN berkata kepadaku, “Anak manusia, perhatikan dengan seksama. Pakailah mata dan telingamu. Lihatlah itu, dan dengarkan dengan baik-baik segala sesuatu yang Kukatakan kepadamu tentang semua peraturan dan hukum tentang Bait TUHAN. Perhatikan baik-baik jalan masuk ke Rumah Tuhan dan semua yang keluar dari Tempat kudus.

6) Kemudian berikan pesan ini kepada semua orang Israel yang tidak mau mematuhi Aku. Katakan kepada mereka, ‘Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: Hai keluarga Israel, telah cukup bagi-Ku hal yang mengerikan yang kamu telah lakukan.

7) Kamu membawa orang asing ke dalam Rumah-Ku — dan mereka tidak disunat — mereka tidak memberikan dirinya sepenuhnya kepada-Ku. Dengan demikian, kamu membuat Rumah-Ku najis. Kamu melanggar perjanjian kita dan melakukan hal yang mengerikan, dan kemudian kamu memberikan persembahan roti, lemak, dan darah kepada-Ku, tetapi itu hanya membuat Rumah-Ku najis.

8) Kamu tidak memelihara barang-barang-Ku yang kudus. Tidak, kamu membiarkan orang asing bertanggung jawab atas Tempat-Ku yang kudus.’”

9) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Orang asing yang tidak disunat jangan datang ke dalam Rumah-Ku — bahkan orang asing yang sudah lama tinggal di tengah-tengah orang Israel pun tidak boleh. Ia harus disunat dan harus memberikan dirinya sendiri sepenuhnya kepada-Ku sebelum ia datang ke Rumah-Ku.

10) Pada masa lalu, orang Lewi telah meninggalkan Aku ketika Israel meninggalkan Aku. Israel telah meninggalkan Aku untuk mengikut berhalanya. Orang Lewi akan dihukum karena dosanya.

11) Orang Lewi telah dipilih melayani dalam Tempat-Ku yang kudus. Mereka menjaga gerbang Rumah Tuhan. Mereka melayani di Rumah itu. Mereka menyembelih hewan untuk kurban-kurban dan kurban bakaran bagi umat. Mereka telah dipilih menolong umat dan melayani mereka.

12) Orang Lewi menolong orang berdosa melawan Aku. Mereka menolong orang menyembah berhalanya. Jadi, Aku membuat perjanjian terhadap mereka, ‘Mereka akan dihukum karena dosanya.’” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

13) “Jadi, orang Lewi tidak akan membawa persembahan kepada-Ku seperti imam-imam. Mereka tidak mendekati sesuatu barang-Ku atau barang yang paling kudus. Mereka harus menanggung aibnya karena hal yang mengerikan yang dilakukannya.

14) Namun, Aku akan membiarkan mereka memelihara Rumah-Ku. Mereka akan bekerja di Rumah itu dan melakukan hal-hal yang harus dilakukan di dalamnya.

15) Para imam adalah suku Lewi semuanya, tetapi hanya imam-imam dari keluarga Zadok yang memelihara Tempat-Ku yang kudus, ketika orang Israel meninggalkan Aku. Jadi, hanya keturunan Zadok akan membawa persembahan kepada-Ku. Mereka akan berdiri di hadapan-Ku mempersembahkan lemak dan darah dari hewan yang dipersembahkannya kepada-Ku.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

16) “Mereka akan masuk ke Tempat-Ku yang kudus. Mereka datang dekat ke meja-Ku melayani Aku. Mereka menjaga barang-barang yang telah Kuberikan kepada mereka.

17) Apabila mereka masuk gerbang pelataran bagian dalam, mereka akan memakai pakaian lenan. Mereka tidak memakai wol apabila mereka melayani di gerbang pelataran bagian dalam dan di Rumah Tuhan.

18) Mereka memakai serban lenan pada kepalanya dan memakai pakaian dalam lenan. Mereka tidak memakai sesuatu yang membuatnya berkeringat.

19) Sebelum mereka pergi kepada umat ke pelataran bagian luar, mereka menanggalkan pakaian yang dipakainya ketika melayani Aku. Mereka memasukkan pakaian itu ke dalam kamar-kamar kudus. Kemudian mereka mengenakan pakaian lain. Dengan demikian, mereka tidak membiarkan orang menyentuh pakaian kudus itu.

20) Imam-imam itu tidak boleh mencukur kepalanya atau membiarkan rambutnya panjang. Imam boleh memotong rambut pada kepalanya.

21) Tidak ada imam-imam yang boleh minum anggur apabila mereka masuk ke pelataran bagian dalam.

22) Imam-imam tidak boleh mengawini janda atau perempuan yang diceraikan. Tidak, mereka hanya boleh mengawini seorang perawan dari keluarga Israel atau janda imam.

23) Juga, imam harus mengajar umat-Ku tentang perbedaan antara barang-barang yang kudus dan yang tidak kudus. Mereka harus menolong umat-Ku mengetahui yang bersih dan yang najis.

24) Imam akan menjadi hakim di pengadilan. Mereka mengikuti hukum-Ku apabila mereka menghakimi orang. Mereka mematuhi hukum dan peraturan-Ku pada semua hari raya-Ku. Mereka menghormati hari peristirahatan-Ku yang khusus dan menjaganya kudus.

25) Mereka tidak akan dekat kepada orang mati yang membuatnya najis, tetapi mereka dapat membuat dirinya sendiri najis, jika orang mati itu adalah ayah, ibu, anak laki-laki, anak perempuan, saudara laki-laki, atau saudara perempuan yang tidak kawin.

26) Setelah imam dibuat bersih, ia harus menunggu 7 hari.

27) Kemudian dia dapat kembali ke Tempat kudus, tetapi pada hari ia pergi ke pelataran bagian dalam untuk melayani dalam Tempat kudus, ia harus mempersembahkan kurban penghapus dosa untuk dirinya sendiri.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

28) “Tentang tanah yang akan menjadi milik orang Lewi: Akulah harta mereka. Kamu tidak akan memberikan sesuatu harta di Israel kepada orang Lewi. Akulah harta mereka di Israel.

29) Mereka akan menerima makanan kurban sajian, kurban penghapus dosa, dan kurban penghapus salah. Segala sesuatu yang diberikan umat di Israel kepada-Ku, menjadi milik mereka.

30) Dan bagian pertama dari setiap jenis tuaian menjadi bagian imam. Kamu juga akan memberikan tepungmu yang pertama kepada imam. Hal itu akan membawa berkat kepada rumahmu.

31) Imam-imam jangan memakan burung apa pun atau binatang yang mati secara alamiah atau yang telah dicabik-cabik binatang liar.”

Pasal 45 (Total ayat 25)
1) [Pembagian Tanah untuk Kebutuhan yang Kudus] “Kamu akan membagi negeri itu untuk orang Israel dengan mengundinya. Pada masa itu, kamu memisahkan sebagian tanah itu, yang akan menjadi bagian yang kudus untuk TUHAN. Tanah itu 12.500 meter panjangnya dan 10.000 meter lebarnya. Semua tanah itu menjadi kudus.

2) Daerah empat persegi yang 250 meter panjangnya pada setiap sisi akan menjadi tempat Bait Tuhan. Di sanalah ruangan terbuka sekeliling Rumah-Nya yang 25 meter panjangnya.

3) Di daerah kudus kamu mengukur 12.500 meter panjangnya dan 5.000 meter lebarnya. Bait Tuhan akan ada di daerah itu. Daerah itu menjadi Tempat yang paling kudus.

4) Bagian yang kudus dari tanah itu ialah untuk imam-imam, para pelayan Bait Tuhan. Di sanalah mereka mendekati TUHAN untuk melayani-Nya. Itulah menjadi tempat perumahan imam-imam dan tempat untuk Rumah-Nya.

5) Daerah yang lain, 12.500 meter panjangnya dan 5.000 meter lebarnya, untuk orang Lewi yang melayani di Bait Tuhan. Tanah itu juga menjadi milik orang Lewi, untuk kota-kota tempat tinggal mereka.

6) Dan kamu akan memberikan untuk kota suatu daerah yang 2.500 meter lebarnya dan 12.500 meter panjangnya, di sepanjang sisi daerah yang kudus, yang akan menjadi milik semua keluarga Israel.

7) Raja memiliki tanah pada kedua sisi daerah yang kudus dan tanah itu termasuk bagian kota. Letaknya terdapat di antara daerah yang kudus dan daerah perkotaan. Lebarnya sama seperti tanah milik satu suku. Tanah itu mulai dari batas barat sampai batas timur.

8) Tanah itu menjadi harta milik raja di Israel. Jadi, ia tidak perlu memberatkan kehidupan umat-Ku lagi, tetapi mereka akan memberikan tanah itu kepada orang Israel untuk suku-suku mereka.”

9) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Cukuplah, hai kamu raja Israel. Jangan kejam dan jangan mencuri barang-barang umat. Jujur dan lakukanlah hal-hal yang baik. Hentikan memaksa umat-Ku keluar dari rumahnya.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

10) “Hentikan menipu orang. Pergunakan timbangan dan ukuran yang benar.

11) Efa dan bat harus sama ukurannya: Satu bat dan satu efa kedua-duanya harus sama dengan 1/10 homer. Ukuran itu menjadi dasar untuk homer.

12) Satu syikal harus sama dengan 20 gera. Satu mina harus sama dengan 60 syikal yaitu sama dengan 20 keping syikal tambah 25 keping syikal tambah 15 keping syikal.

13) Inilah persembahan khusus yang harus kamu berikan, 3,5 liter gandum untuk setiap homer gandum; 3,5 liter jelai untuk setiap homer jelai;

14) 2,2 liter minyak zaitun untuk setiap kor minyak zaitun; ingatlah: 10 bat sama dengan satu homer; 10 bat sama dengan satu kor.

15) Dan seekor domba untuk setiap 200 domba dari setiap lubang yang berair di Israel. Persembahan khusus itu ialah untuk kurban sajian, kurban bakaran, dan kurban persekutuan. Persembahan itu membuat umat bersih.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

16) “Setiap orang dalam negeri memberikan kepada persembahan itu untuk raja Israel,

17) tetapi raja harus memberikan barang-barang yang dibutuhkan untuk hari khusus yang kudus. Raja harus menyediakan kurban bakaran, kurban sajian, dan kurban minuman untuk hari raya, Bulan Baru, Sabat, dan semua hari raya khusus keluarga Israel. Ia harus memberikan semua kurban penghapus dosa, kurban sajian, kurban bakaran, dan kurban persekutuan yang dipakai membuat keluarga Israel bersih.”

18) Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Dalam bulan pertama, pada hari pertama bulan itu, kamu mengambil anak sapi yang tidak bercacat. Pakailah sapi jantan membuat Rumah Tuhan bersih.

19) Imam akan mengambil sedikit darah dari kurban penghapus dosa dan membubuhkannya pada tiang-tiang pintu Rumah Tuhan dan pada keempat sudut pinggiran mezbah, dan pada tiang-tiang pintu gerbang ke pelataran bagian dalam.

20) Kamu melakukan hal yang sama pada hari ketujuh bulan itu untuk setiap orang yang telah berdosa dengan tidak sepengetahuannya. Jadi, kamu akan membuat Rumah Tuhan itu bersih.”

21) [Persembahan Selama Hari Raya Paskah] “Pada hari keempat belas bulan pertama rayakanlah Paskah. Hari Raya Roti Tidak Beragi mulai saat itu dan berlangsung selama 7 hari.

22) Pada masa itu, raja mengurbankan seekor sapi jantan untuk dirinya sendiri dan untuk semua orang Israel. Lembu jantan akan menjadi kurban penghapus dosa.

23) Selama 7 hari raya raja mengurbankan 7 sapi jantan dan 7 domba jantan yang tidak bercacat. Itulah menjadi kurban bakaran kepada TUHAN. Raja mengurbankan satu sapi jantan pada setiap hari selama 7 hari raya, dan dia akan mengurbankan kambing jantan setiap hari untuk kurban penghapus dosa.

24) Raja memberikan satu efa jelai sebagai kurban sajian dengan setiap sapi jantan, dan satu efa jelai dengan setiap domba jantan. Dia harus memberikan 3,2 liter minyak untuk setiap efa gandum.

25) Ia harus melakukan hal yang sama selama 7 hari raya. Hari raya itu mulai pada hari kelima belas bulan ketujuh. Persembahan itu menjadi kurban penghapus dosa, kurban bakaran, kurban sajian, dan kurban urapan.”

Pasal 46 (Total ayat 24)
1) [Raja dan Hari Raya] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Pintu gerbang sebelah timur pelataran bagian dalam akan ditutup pada enam hari kerja, tetapi akan dibuka pada Hari Sabat dan pada hari Bulan Baru.

2) Raja akan masuk ke dalam serambi muka pintu gerbang dan berdiri dekat pintu gerbang belakang. Kemudian imam-imam mengurbankan kurban bakaran raja dan kurban persekutuan. Raja menyembah di pintu gerbang yang terbuka itu dan kemudian keluar, tetapi pintu gerbang itu tidak akan ditutup hingga sore.

3) Pada Hari Sabat dan Bulan Baru orang biasa juga menyembah TUHAN pada pintu gerbang itu.

4) Raja akan mengurbankan kurban bakaran kepada TUHAN pada Sabat. Ia harus menyediakan 6 anak domba yang tidak bercacat dan domba jantan yang tidak bercacat.

5) Ia harus memberikan satu efa kurban sajian dengan domba jantan. Jika kurban sajian bersama anak domba, raja dapat memberikan sebanyak yang dikehendakinya, tetapi ia harus memberikan 3,2 liter minyak zaitun untuk setiap efa gandum.

6) Pada Bulan Baru ia harus mempersembahkan anak sapi yang tidak bercacat. Ia juga mengurbankan 6 anak domba dan domba jantan yang tidak bercacat.

7) Raja harus memberikan satu efa kurban sajian dengan lembu jantan dan satu efa kurban sajian dengan domba jantan. Jika kurban sajian itu bersama anak domba, ia dapat memberikan sebanyak yang dikehendakinya, tetapi ia harus memberikan 3,2 liter minyak zaitun untuk setiap efa gandum.

8) Apabila raja masuk, ia harus masuk melalui serambi muka pintu gerbang sebelah timur — dan dia harus meninggalkannya dengan jalan yang sama.

9) Apabila orang biasa datang bertemu dengan TUHAN pada hari-hari raya khusus, orang yang masuk melalui pintu gerbang utara untuk menyembah akan keluar melalui pintu gerbang selatan, dan yang masuk melalui pintu gerbang selatan akan keluar melalui pintu gerbang utara. Orang tidak boleh kembali melalui jalan masuk yang sama. Setiap orang harus pergi langsung ke luar.

10) Raja harus ada di tengah-tengah umat. Apabila orang masuk ke dalam, raja akan masuk bersama mereka, dan apabila mereka keluar, raja juga keluar.

11) Pada hari-hari raya dan pertemuan khusus lainnya, satu efa kurban sajian harus dipersembahkan dengan setiap sapi jantan muda, dan satu efa kurban sajian harus dipersembahkan dengan setiap domba jantan. Jika kurban sajian bersama anak domba, raja dapat memberikan sebanyak yang dikehendakinya, tetapi ia harus memberikan 3,2 liter minyak zaitun untuk setiap efa gandum.

12) Apabila raja memberikan kurban sukarela kepada TUHAN — mungkin kurban bakaran, kurban persekutuan, atau kurban sukarela — pintu gerbang sebelah timur akan terbuka baginya. Kemudian dia mengurbankan kurban bakaran dan kurban persekutuannya seperti yang dilakukannya pada Hari Sabat. Setelah ia meninggalkan itu, pintu gerbang akan tertutup.”

13) [Persembahan Harian] “Setiap hari kamu akan menyediakan domba yang berumur satu tahun yang tidak bercacat. Itulah menjadi kurban bakaran kepada TUHAN. Kamu menyediakannya setiap pagi.

14) Juga, kamu mempersembahkan kurban sajian dengan anak domba setiap pagi. Kamu memberikan 3,5 liter tepung dan 1c minyak untuk membuat tepung halus basah. Itulah menjadi kurban sajian harian kepada TUHAN.

15) Jadi, mereka memberikan anak domba, kurban sajian, dan minyak setiap pagi untuk kurban bakaran selamanya.”

16) [Hukum tentang Harta Peninggalan untuk Pemerintah] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Jika raja memberikan pemberian dari sebagian tanahnya kepada salah satu anaknya, itu akan menjadi hak milik anaknya. Itulah hartanya.

17) Jika raja memberikan pemberian dari sebagian tanahnya kepada seorang hambanya, pemberian itu akan menjadi milik hamba hanya hingga tahun pembebasan. Kemudian pemberian itu kembali kepada raja. Hanya anak raja akan memegang pemberian tanah dari raja.

18) Dan raja tidak akan mengambil tanah seseorang atau memaksa mereka meninggalkan negerinya. Ia harus memberikan beberapa tanahnya sendiri kepada anaknya. Dalam hal itu, umat-Ku tidak akan dipaksa kehilangan tanahnya.”

19) [Dapur Khusus] Orang itu membawa aku melalui jalan masuk pada sisi pintu gerbang. Ia membawa aku ke kamar-kamar kudus untuk imam-imam pada sisi utara. Di sana aku melihat tempat pada bagian ujung barat jalan kecil.

20) Orang itu berkata kepadaku, “Inilah tempat imam-imam akan memasak kurban penghapus salah dan kurban penghapus dosa. Di sanalah mereka membakar kurban sajian. Jadi, mereka tidak perlu membawa persembahan itu keluar ke pelataran bagian luar. Jadi, mereka tidak akan membawa barang-barang kudus keluar di mana orang banyak berada.”

21) Kemudian orang itu membawa aku keluar ke pelataran bagian luar. Ia membawa aku ke sudut pelataran yang empat itu. Aku melihat pelataran yang lebih kecil di setiap sudut pelataran yang lebih besar.

22) Ada satu daerah yang kecil dan tertutup di setiap sudut yang empat pada pelataran. Setiap pelataran yang kecil 20 meter panjangnya dan 15 meter lebarnya. Empat daerah sama ukurannya.

23) Ada satu tembok batu sekeliling setiap pelataran kecil yang empat itu. Dan ada tempat dibangun di bawah tembok batu itu untuk tempat memasak.

24) Orang itu berkata kepadaku, “Itulah dapur tempat orang yang melayani di Bait Tuhan memasak kurban untuk umat.”

Pasal 47 (Total ayat 23)
1) [Air Mengalir dari Bait Tuhan] Orang itu membawa aku kembali ke jalan masuk Bait Tuhan. Aku melihat air keluar dari bawah ambang pintu gerbang sebelah timur Rumah Tuhan. Bagian depan Rumah-Nya menghadap ke timur. Air mengalir dari bawah bagian selatan Rumah Tuhan, dari bagian yang selatan dari mezbah.

2) Orang itu membawa aku keluar melalui pintu gerbang utara dan kemudian keluar dan sampai pada pintu gerbang sebelah luar pada bagian timur. Air mengalir keluar pada bagian sisi selatan tangga.

3) Orang itu berjalan di sebelah timur dengan sebuah penggaris di tangannya. Ia mengukur 500 meter. Kemudian dia mengatakan kepadaku untuk berjalan melalui air di tempat itu. Air hanya sedalam pergelangan kaki.

4) Ia mengukur yang lain 500 meter. Kemudian dia mengatakan kepadaku untuk berjalan melalui air di tempat itu. Di sana, air mengalir hingga lututku. Kemudian dia mengukur yang lain 500 meter dan mengatakan kepadaku untuk berjalan melalui air di tempat itu. Di sana, air telah sampai ke pinggang.

5) Ia mengukur yang lain 500 meter, tetapi di sana air terlalu dalam untuk diseberangi, sudah menjadi sungai. Air sudah cukup dalam untuk berenang, telah menjadi sungai yang terlalu dalam untuk diseberangi.

6) Kemudian orang itu berkata kepadaku, “Anak manusia, apakah engkau memperhatikan atas hal-hal yang kaulihat?” Kemudian orang itu membawa aku kembali sepanjang tepi sungai.

7) Ketika aku berjalan kembali sepanjang tepi sungai, aku melihat sangat banyak pohon pada kedua tepi air.

8) Katanya kepadaku, “Air itu mengalir ke timur, ke Lembah Araba.

9) Air itu mengalir ke dalam Laut Mati sehingga air dalam laut itu menjadi segar dan bersih. Banyak ikan dalam air itu, dan semua jenis binatang hidup di sungai itu.

10) Engkau dapat melihat penjala ikan berdiri dekat sungai pada semua jalan mulai dari En-Gedi sampai ke En-Eglaim. Engkau dapat melihat mereka melemparkan jalanya dan menangkap banyak jenis ikan. Di sana ada ikan sebanyak jenis ikan di Laut Mati dan di Laut Tengah.

11) Rawa-rawa dan paya-payanya tidak akan tawar dan akan menjadi tempat mengambil garam.

12) Semua jenis buah pohon-pohonan akan tumbuh pada kedua tepi sungai. Daunnya tidak pernah layu dan jatuh. Buah tidak pernah berhenti pada pohon-pohonan itu. Pohon-pohon akan berbuah setiap bulan karena air untuk pohon-pohon datang dari Rumah Tuhan. Buah dari pohon-pohon menjadi makanan, dan daunnya menjadi obat.”

13) [Pembagian Tanah untuk Suku] Inilah yang dikatakan Tuhan ALLAH: “Inilah batas-batas untuk membagi tanah di antara 12 suku Israel. Yusuf akan memperoleh dua bagian.

14) Kamu akan membagi negeri itu dengan sama. Aku telah berjanji memberikan tanah itu kepada nenek moyangmu. Jadi, Aku memberikan tanah itu kepadamu.

15) Inilah batas-batas tanah itu: Di sebelah utara, mulai dari Laut Tengah melewati jalan ke Hetlon, berbelok menghadap Hamat, dan terus ke Zedad,

16) Berota, Sibraim yang menjadi batas di antara Damsyik dan Hamat, dan Hazar-Enon, yang ada pada batas Hauran.

17) Jadi, batas itu akan terus dari laut ke Hazar-Enon pada batas utara Damsyik dan Hamat. Itulah batas-batas sebelah utara.

18) Pada bagian timur, batas itu terus dari Hazar-Enon di antara Hauran dan Damsyik dan terus ke Sungai Yordan di antara Gilead dan tanah Israel, ke bagian timur laut dan semua jalan ke Tamar. Itulah batas sebelah timur.

19) Pada bagian selatan, batas itu terus dari Tamar ke semua jalan menuju mata air di Meriba dekat Kadesy. Kemudian terus sepanjang Sungai Mesir sampai ke Laut Tengah. Itulah batas sebelah selatan.

20) Pada bagian barat, Laut Tengah akan menjadi batas semua jalan ke daerah di depan Lebo-Hamat. Itulah menjadi perbatasanmu di sebelah barat.

21) Jadi, kamu akan membagi negeri itu di antaramu untuk suku Israel.

22) Kamu membaginya sebagai hak milik untuk dirimu sendiri dan untuk orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu dan yang telah mempunyai anak di tengah-tengahmu. Orang-orang asing akan menjadi penduduk asli — mereka menjadi sama seperti kelahiran Israel. Kamu akan membagi beberapa tanah untuk mereka di tengah-tengah suku Israel.

23) Suku tempat mereka tinggal harus memberikan kepadanya beberapa tanah.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Pasal 48 (Total ayat 35)
1) [Tanah untuk Suku Israel] “Batas sebelah utara terus ke timur dari Laut Tengah, ke Hetlon ke Hamat-Pass, dan kemudian semua jalan ke Hazar-Enon. Itulah pada perbatasan di antara Damsyik dan Hamat. Tanah untuk kelompok keluarga dalam kelompok itu terus dari batas-batas timur sampai ke barat. Dari utara ke selatan, kelompok keluarga dalam daerah itu ialah: Dan, Asyer, Naftali, Manasye, Efraim, Ruben, dan Yehuda.”

(2) Berbatasan dengan wilayah Dan, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Asyer.

(3) Berbatasan dengan wilayah Asyer, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Naftali.

(4) Berbatasan dengan wilayah Naftali, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Manasye.

(5) Berbatasan dengan wilayah Manasye, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Efraim.

(6) Berbatasan dengan wilayah Efraim, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Ruben.

(7) Berbatasan dengan wilayah Ruben, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Yehuda.

8) [Bagian Khusus dari Tanah itu] “Daerah berikutnya dari tanah itu adalah untuk keperluan khusus. Tanah di selatan adalah tanah Yehuda. Daerah itu 12.500 meter panjangnya dari utara ke selatan. Dari timur ke barat, selebar tanah milik suku-suku lainnya. Rumah Tuhan akan ada di tengah-tengah tanah itu.

9) Kamu akan menyerahkan tanah itu kepada TUHAN, yang panjangnya 12.500 meter dan 10.000 meter lebarnya.

10) Daerah khusus itu akan dibagi di tengah-tengah imam dan orang Lewi. Imam-imam akan memperoleh satu bagian dari daerah itu. Tanah itu 12.500 meter panjangnya pada bagian utara, 5.000 meter lebarnya pada bagian barat, 5.000 meter lebarnya pada bagian timur, dan 12.500 meter panjangnya pada bagian selatan. Bait TUHAN akan ada di tengah-tengah daerah itu.

11) Tanah itu adalah untuk keturunan Zadok. Mereka telah dipilih menjadi imam-imam-Ku yang kudus karena mereka terus melayani Aku, ketika orang Israel lainnya telah meninggalkan Aku. Keluarga Zadok tidak meninggalkan Aku seperti orang lain dari suku Lewi.

12) Bagian khusus dari bagian tanah yang kudus itu khusus bagi imam, yang berdekatan dengan tanah orang Lewi.

13) Dekat ke tanah milik imam, orang Lewi akan mendapat bagian dari tanah itu. Panjangnya 12.500 meter dan 5.000 meter lebarnya. Mereka akan memperoleh sepanjang dan selebar tanah itu — 12.500 meter panjangnya dan 10.000 meter lebarnya.

14) Orang Lewi tidak akan menjual atau memperdagangkan apa pun dari tanah itu. Mereka tidak dapat menjual apa pun dari tanah itu. Mereka tidak dapat memotong sebagian dari tanah itu karena tanah itu milik TUHAN — itu adalah khusus. Itulah bagian terbaik dari tanah itu.”

15) [Bagian untuk Harta Milik Kota] “Ada daerah dari tanah itu yang 2.500 meter lebarnya dan 12.500 meter panjangnya yang disisakan dari tanah itu untuk diberikan kepada imam-imam dan orang Lewi. Tanah itu dapat menjadi milik kota, padang rumput untuk ternak, dan untuk bangunan rumah. Orang banyak dapat memakai tanah itu. Kota akan ada di tengah-tengahnya.

16) Inilah ukuran kota: Sisi sebelah utara 2.250 meter. Sisi sebelah selatan 2.250 meter. Sisi sebelah timur 2.250 meter. Sisi sebelah barat 2.250 meter.

17) Kota itu memiliki padang rumput. Padang rumput itu 125 meter di utara dan 125 meter di selatan, 125 meter pada bagian timur dan 125 meter di barat.

18) Yang masih sisa dari panjangnya sepanjang daerah yang kudus ada 5.000 meter pada bagian timur dan 5.000 meter di bagian barat. Tanah itu sepanjang sisi daerah kudus. Tanah itu menghasilkan makanan untuk para pekerja kota.

19) Para pekerja kota mengerjakan tanah itu. Para pekerja datang dari semua suku Israel.

20) Daerah khusus tanah itu menjadi empat persegi, 12.500 meter panjangnya dan 12.500 meter lebarnya. Kamu harus memisahkan sebagian dari daerah itu untuk keperluan khusus. Satu bagian untuk imam-imam, satu bagian untuk orang Lewi, dan satu bagian untuk kota.

21) Bagian tanah yang khusus itulah untuk raja. Tanah khusus itu empat persegi, 12.500 meter panjangnya dan 12.500 meter lebarnya. Bagian tanah khusus itu adalah untuk imam, orang Lewi, dan untuk Bait Tuhan. Rumah Tuhan itu ada di tengah-tengah tanah itu. Tanah selebihnya adalah milik raja negeri itu. Raja akan memperoleh daerah di antara tanah Benyamin dan tanah Yehuda.

(22) Terkecuali milik orang-orang Lewi dan milik kota itu–yang terletak di tengah-tengah kepunyaan raja itu–maka yang diapit oleh wilayah Yehuda dan Benyamin adalah bagi raja.

23) Bagian selatan daerah khusus itu untuk suku yang tinggal di timur Sungai Yordan. Setiap suku akan memperoleh sebagian tanah mulai dari batas timur sampai ke Laut Tengah. Dari utara ke selatan, terdapat suku Benyamin, Simeon, Isakhar, Zebulon, dan Gad.

(24) Berbatasan dengan wilayah Benyamin, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Simeon.

(25) Berbatasan dengan wilayah Simeon, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Isakhar.

(26) Berbatasan dengan wilayah Isakhar, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Zebulon.

(27) Berbatasan dengan wilayah Zebulon, dari perbatasan sebelah timur sampai perbatasan sebelah barat, terdapat bagian Gad.

28) Batas selatan tanah Gad terus mulai dari Tamar ke mata air Meriba dekat Kadesy, kemudian sepanjang Sungai Mesir ke Laut Tengah.

29) Dan itulah tanah yang kamu akan bagi di tengah-tengah suku Israel. Itulah yang akan diperoleh setiap kelompok.” Demikianlah firman Tuhan ALLAH.

30) [Pintu Gerbang Kota] “Inilah pintu-pintu gerbang kota. Pintu gerbang itu dinamai menurut suku Israel. Bagian utara kota panjangnya 2.250 meter.

31) Di sana akan ada tiga pintu gerbang: pintu gerbang Ruben, pintu gerbang Yehuda, dan pintu gerbang Lewi.

32) Bagian timur kota panjangnya 2.250 meter. Di sana ada tiga pintu gerbang: pintu gerbang Yusuf, pintu gerbang Benyamin, dan pintu gerbang Dan.

33) Bagian selatan kota panjangnya 2.250 meter. Di sana ada tiga pintu gerbang: pintu gerbang Simeon, pintu gerbang Isakhar, dan pintu gerbang Zebulon.

34) Bagian barat kota panjangnya 2.250 meter. Di sana ada tiga pintu gerbang: pintu gerbang Gad, pintu gerbang Asyer, dan pintu gerbang Naftali.

35) Panjangnya sekeliling kota 9.000 meter. Mulai dari sekarang, nama kota itu: “TUHAN ADA DI SANA.”

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Pasang iklan gratis di toko pinter
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Ligonier, Biblica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.