Hosea Pasal 1-14

17 min read

Hosea

Hosea berada dalam sebuah masa di mana bangsa Israel sedang mengalami kekacauan akibat tidak mengandalkan Tuhan. Ia berada pada masa tahta kerajaan Asyur sedang direbut oleh seorang yang bernama Tiglath-Pileser III. Zaman kemakmuran raja Yerobeam pun berubah menjadi zaman kekecewaan. Dalam situasi seperti ini Israel justru tidak mengandalkan Tuhan tetapi mengandalkan kekuatan bangsa lain dengan cara bersekutu dengan Asyur. Ia juga hidup dan melihat bagaimana bangsa Israel dikalahkan dan dibuang setelah penyerangan bangsa Asyur yaitu pada masa 722 Sebelum Masehi. Israel mengalami kemakmuran dan kemenangan ketika berada dibawah pemerintahan Yorebeam II.

Yorebeam II memerintah selama 41 tahun. Namun, di balik kemakmuran dan kemenangan tersebut terdapat korupsi dan kemerosotan spiritual merajalela. Hal ini menyebabkan keadaan ekonomi dan moral bangsa Israel semakin memburuk. Keadaan tersebut membuka jalan pada kejatuhan Israel. Selain itu, realitas sosial yang terjadi pada saat itu juga tidak cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan penekanan baik oleh pemilik tanah juga raja kepada petani. Hal ini menyebabkan para petani melakukan migrasi dari peternakan ke kota.

Hosea Pasal 1 (Total ayat 11)

1) [Pesan Tuhan Allah Melalui Hosea] Inilah pesan TUHAN kepada Hosea anak Beeri yang bangkit pada masa pemerintahan Uzia, Yotam, Ahaz, dan Hizkia raja Yehuda, dan selama pemerintahan Yerobeam anak Yoas raja Israel.

2) Inilah pertama kali TUHAN berbicara kepada Hosea. TUHAN berkata, “Pergilah, kawini perempuan sundal yang telah melahirkan anak-anak sebagai hasil persundalannya. Aku mengatakan itu sebab orang-orang di negeri itu telah berbuat seperti pelacur — mereka tidak setia kepada TUHAN.”

3) [Kelahiran Yizreel] Hosea mengawini Gomer putri Diblaim. Gomer mengandung dan melahirkan seorang anak bagi Hosea.

4) TUHAN berkata kepada Hosea, “Berikanlah namanya Yizreel karena sebentar lagi Aku menghukum keturunan Yehu atas orang-orang yang dibunuhnya di lembah Yizreel. Aku akan mengakhiri kerajaan bangsa Israel.

5) Pada saat itu, Aku akan menghancurkan busur Israel di Lembah Yizreel.”

6) [Kelahiran Lo-Ruhama] Kemudian Gomer mengandung lagi dan melahirkan seorang putri. TUHAN berkata kepada Hosea, “Sebutlah nama putrimu itu Lo-Ruhama sebab Aku tidak akan terus menunjukkan belas kasihan kepada bangsa Israel, dan Aku tidak akan memaafkan mereka,

7) tetapi Aku akan bermurah hati kepada Yehuda dan menyelamatkan mereka, demi TUHAN, Allah mereka. Aku tidak akan memakai panah, pedang, atau kuda perang, dengan tentara menyelamatkan mereka. Aku menyelamatkan mereka dengan kuasa-Ku sendiri.”

8) [Kelahiran Lo-Ami] Setelah Gomer berhenti menyusui Lo-Ruhama, ia mengandung lagi dan melahirkan seorang anak laki-laki.

9) Tuhan berkata, “Berilah namanya Lo-Ami sebab kamu bukan bangsa-Ku, dan Aku bukan Allahmu.”

10) [Tuhan Berbicara kepada Bangsa Israel] “Pada masa mendatang, jumlah orang Israel seperti pasir di laut. Kamu tidak dapat mengukur atau menghitungnya. Kemudian akan terjadi bahwa di tempat di mana dikatakan, ‘Kamu bukan bangsa-Ku,’ dikatakan kepada mereka, ‘Kamu adalah anak Allah yang hidup.’

11) Kemudian orang Yehuda dan orang Israel berkumpul. Mereka akan memilih seorang pemerintah bagi mereka. Dan bangsa mereka menjadi terlalu besar untuk negeri itu. Hari Yizreel akan besar.

Hosea Pasal 2 (Total ayat 23)

1) (1-12) Kemudian kamu berkata kepada saudara-saudaramu, ‘Kamu adalah umatku,’ dan kepada saudaramu perempuan kamu mengatakan, ‘Ia telah menunjukkan belas kasihan padamu.’”

2) (2-1) “Bicaralah kepada ibumu supaya dia berubah, karena dia bukan lagi istri-Ku, dan Aku bukan suaminya. Katakan kepadanya supaya menghentikan perzinaannya. Katakan kepadanya supaya menjauhkan kekasihnya dari dirinya.

3) (2-2) Jika ia tidak mau menghentikan perzinaannya, Aku akan menelanjanginya dan membiarkannya sebagaimana dia pada hari dilahirkan. Aku akan mengambil bangsanya, dan dia menjadi seperti padang gurun yang kosong dan kering. Aku akan membuatnya mati kehausan.

4) (2-3) Aku tidak akan berbelaskasihan terhadap anak-anaknya karena mereka ialah hasil perzinaan.

5) (2-4) Ibu mereka melakukan perzinaan. Dia seharusnya malu atas perbuatannya. Ia berkata, ‘Aku pergi kepada kekasihku yang memberikan kepadaku makanan dan minuman, wol dan lenan, anggur, dan minyak zaitun.’

6) (2-5) Jadi, Akulah Tuhan yang menghalangi jalannya dengan duri, dan membangun dinding untuk mengurungnya, sehingga dia tidak bisa menemukan jalannya lagi.

7) (2-6) Sekalipun dia mengejar kekasih-kekasihnya, namun ia tidak dapat menyusul mereka. Kemudian dia mengatakan, ‘Aku akan kembali kepada suami pertamaku, sebab dialah yang terbaik bagiku sekarang.’

8) (2-7) Namun, perempuan itu tidak mengetahui bahwa Akulah Tuhan yang memberikan padi, anggur, dan minyak. Akulah yang melipatgandakan perak bagi dia bahkan emas yang dipakainya untuk Baal.

9) (2-8) Oleh sebab itu, Akulah Tuhan yang akan mengambil kembali padi-Ku pada masa panen dan anggur baru-Ku pada musim panen. Akulah Tuhan yang mengambil kembali pakaian-Ku dan kain-Ku yang Kubuat untuk menutupi kemaluannya.

10) (2-9) Sekarang Aku mempermalukan dia di hadapan para kekasihnya, dan tidak seorang pun yang dapat membebaskan dia dari genggaman-Ku.

11) (2-10) Aku membuat semua pesta poranya berakhir, semua hari raya, Bulan Baru, hari peristirahatan, dan hari-hari raya kudusnya.

12) (2-11) Aku menghancurkan kebun anggurnya dan kebun buah-buahannya yang dikatakannya, ‘Inilah hadiah yang diberikan para kekasihku kepadaku.’ Aku akan mengubah kebun-kebun itu menjadi hutan lalu binatang-binatang buas memakannya.

13) (2-12) Aku akan menghukum Israel atas semua waktu yang dihabiskannya untuk membakar persembahan kepada Baal, ketika dia menghiasi dirinya dengan cincin dan permata dan pergi mengejar kekasih-kekasihnya, dan melupakan Aku.” Demikianlah Tuhan berkata.

14) (2-13) [Israel Dipulihkan] “Oleh sebab itu, Aku merayu dan menuntunnya menuju hutan belantara dan Aku akan membujuknya.” Demikian firman TUHAN.

15) (2-14) “Aku akan memberikan kebun anggurnya dan Lembah Akhor menjadi pintu pengharapan. Kemudian dia menjawab Aku di sana sebagaimana yang telah dilakukannya, ketika masa muda keluar dari tanah Mesir.”

16) (2-15) Tuhan berkata, “Pada waktu itu engkau memanggil Aku ‘Suamiku’ dan engkau tidak lagi memanggil Aku ‘Tuanku’”

17) (2-16) Inilah perkataan TUHAN, “Aku akan menjauhkan nama Baal dari mulutnya dan nama dewa-dewa Baal tidak disebut lagi.

18) (2-17) Pada waktu itu Aku membuat perjanjian bagi mereka bersama binatang-binatang buas, burung-burung di udara, dan binatang yang merayap di bumi. Aku akan mematahkan panah, pedang, serta alat-alat perang dari negeri itu, Aku membuat mereka berbaring dengan aman tenteram.

19) (2-18) Aku akan mengawini engkau untuk selama-lamanya. Aku mengawini engkau dengan kebenaran, keadilan, kasih, dan belas kasihan.

20) (2-19) Aku membuat engkau pengantin-Ku yang setia, jadi kamu sungguh-sungguh mengenal Tuhan.

21) (2-20) Pada masa itu Aku akan menjawab.” Demikianlah firman TUHAN. “Aku akan berbicara kepada langit, dan langit memberikan hujan ke tanah.

22) (2-21) Bumi menghasilkan padi, anggur baru, dan minyak. Dan semuanya mencukupi kebutuhan Yizreel.

23) (2-22) Aku menunjukkan kepadanya banyak bibit di negerinya. Kepada Lo-Ruhama, Aku akan menunjukkan belas kasihan. Kepada Lo-Ami, Aku mengatakan, ‘Engkau bangsa-Ku.’ Dan mereka akan mengatakan kepada-Ku, ‘Engkau Allahku.’”

Hosea Pasal 3 (Total ayat 5)

1) [Hosea Menebus Gomer dari Perhambaan] Kemudian TUHAN berkata lagi kepadaku, “Gomer mempunyai banyak kekasih, tetapi tetaplah cintai dia. Lakukanlah itu karena itulah satu contoh kasih TUHAN terhadap Israel. Ia tetap mengasihi mereka, tetapi mereka tetap beribadat kepada dewa-dewa lain, dan mereka suka makan kue kismis.”

2) Jadi, aku membeli Gomer kembali seharga 173 gram perak dan padi sebanyak 231 liter.

3) Aku berkata kepadanya, “Engkau harus hidup bersama aku dalam waktu yang lama; engkau tidak boleh berzina dengan orang lain, aku menjadi suamimu.”

4) Orang Israel akan hidup tanpa raja dan pemimpin, tanpa kurban atau batu peringatan, tanpa efod atau rumah berhala.

5) Kemudian Israel kembali mencari TUHAN Allahnya dan mencari Daud raja mereka. Pada hari-hari terakhir mereka akan datang menghormati TUHAN dan kebaikan-Nya.

Pasal 4 (Total ayat 19)
1) [Tuhan Marah terhadap Israel] Hai orang Israel, dengarlah pesan TUHAN. TUHAN akan mengatakan keberatan-Nya terhadap orang-orang yang mendiami negeri itu. “Umat di negeri itu tidak sungguh-sungguh mengenal Allah. Mereka tidak jujur dan setia kepada Allah.

2) Mereka bersumpah, menipu, membunuh, dan mencuri. Mereka berzina dan mempunyai bayi-bayi. Mereka terus-menerus membunuh.

3) Jadi, negeri itu seperti orang yang menangisi orang mati, dan semuanya lemah. Bahkan binatang di ladang, burung-burung di udara, serta ikan-ikan di laut akan mati.

4) Jangan ada yang membantah dan jangan ada yang menyalahkan orang lain. Hai imam, bantahan-Ku adalah terhadap engkau.

5) Kamu para imam akan jatuh di siang bolong, bahkan nabi akan jatuh bersama kamu pada malam hari. Dan Aku akan membinasakan ibumu.

6) Bangsa-Ku binasa karena kurang pengetahuan. Kamu tidak mau belajar. Aku akan menolak engkau menjadi imam bagi-Ku; engkau telah melupakan Taurat Allah, jadi Aku akan melupakan anak-anakmu.

7) Mereka menjadi sombong. Mereka semakin berdosa terhadap Aku, jadi Aku mengubah kemuliaannya menjadi aib.”

8) Para imam makan dari dosa umat. Mereka terus menginginkan kurban penghapus dosa mereka.

9) Jadi, para imam tidak berbeda dari umat. Aku akan menghukum mereka atas perbuatannya.

10) Mereka akan makan, tetapi mereka tidak merasa puas. Mereka melakukan perzinaan, tetapi tidak mendapat anak. Hal itu terjadi sebab mereka telah mengabaikan TUHAN dan menjadi pelacur.

11) Dosa percabulan, minuman keras, dan anggur baru akan merusak kemampuan orang berpikir jernih.

12) Umat-Ku bertanya kepada potongan-potongan kayu untuk meminta nasihat. Semua itu terjadi karena keinginan untuk tidak setia telah merasuki pikirannya, sehingga mereka tidak setia dan meninggalkan Allahnya.

13) Mereka mempersembahkan kurban-kurban di puncak gunung dan membakar persembahan di bukit-bukit. Mereka melakukan semua itu di bawah pohon besar yang rindang sebab di sana mereka dapat berteduh. Oleh sebab itulah, putri-putrimu menjadi pelacur dan menantu-menantumu perempuan melakukan percabulan.

14) Aku tidak akan menghukum putri-putrimu karena perlakuan zinanya atau menantumu perempuan terhadap percabulannya, melainkan kepada laki-laki yang berzina, dan memberi kurban kepada pelacur-pelacur kuil. Jadi, kebodohan itu membinasakan mereka.

15) [Dosa Israel yang Memalukan] “Hai Israel, hanya karena engkau melacurkan diri, bukan berarti Yehuda juga merasa bersalah. Jangan pergi ke Gilgal atau ke Bet-Awen, dan jangan bersumpah atas nama Tuhan. Jangan katakan, ‘Demi nama TUHAN yang hidup.’

16) TUHAN telah memberikan banyak hal yang baik kepada Israel. Ia seperti gembala yang membawa domba ke padang rumput yang subur, tetapi Israel keras kepala seperti lembu muda yang terus berlari-lari.

17) Efraim telah bergabung dengan berhalanya. Oleh karena itu, tinggalkan dia sendirian.

18) Efraim telah bergabung dengan pemabuk. Biarlah mereka terus menjadi pelacur. Biarlah mereka bersama-sama dengan kekasihnya.

19) Mereka pergi kepada berhala-berhala untuk berlindung dan mereka telah kehilangan kemampuan berpikir. Mezbah mereka membawa hal yang memalukan baginya.”

Pasal 5 (Total ayat 15)
1) [Pemimpin Membuat Israel dan Yehuda Berdosa] “Dengarlah Aku, hai para imam, bangsa Israel, dan orang-orang dalam keluarga raja. Kamu telah dihukum karena bersalah. Kamu seperti jerat di Mizpa dan seperti jaring tertebar di Tabor.

2) Kamu telah melakukan banyak kejahatan. Jadi, Aku akan menghukum kamu semua.

3) Aku mengenal Efraim dan tahu apa yang dilakukan Israel. Hai Efraim, Aku tahu sekarang ini engkau berbuat seperti pelacur. Israel najis karena dosa.

4) Perbuatan-perbuatan Israel tidak mengizinkannya kembali kepada Allahnya. Mereka selalu memikirkan jalan mengejar mengikut dewa-dewa. Mereka tidak mengenal TUHAN.

5) Kesombongan Israel adalah saksi terhadap mereka. Jadi, Israel dan Efraim akan tersandung dalam dosanya, tetapi Yehuda juga akan tersandung bersama mereka.

6) Para pemimpin umat pergi mencari TUHAN. Mereka membawa ‘domba’ dan ‘sapinya’, tetapi mereka tidak menemukan TUHAN, karena mereka ditolak-Nya.

7) Mereka tidak setia kepada TUHAN. Anak-anak mereka ada dari beberapa orang asing, dan sekarang Tuhan akan melenyapkan mereka bersama negerinya lagi.”

8) [Nubuat tentang Kebinasaan Israel] “Tiuplah sangkakala di Gibea. Tiup terompet di Rama. Berikan peringatan di Bet-Awen. Musuh ada di belakangmu, hai Benyamin.

9) Efraim akan menjadi kosong pada masa penghukuman. Aku, Allah, mengingatkan keluarga Israel bahwa hal itu pasti terjadi.

10) Para pemimpin Yehuda seperti pencuri yang berusaha mencuri harta orang. Aku akan menumpahkan amarah-Ku seperti air kepada mereka.

11) Efraim akan dihukum. Ia ditindas dan diinjak seperti buah anggur sebab ia mengikuti yang jahat.

12) Aku akan membinasakan Efraim seperti ngengat menghancurkan kain; Aku akan meruntuhkan Yehuda seperti pembusukan pada kayu.

13) Efraim melihat penyakitnya, dan Yehuda melihat lukanya. Jadi, mereka pergi ke Asyur minta tolong. Mereka menceritakan masalahnya kepada raja besar, tetapi ia tidak dapat menyembuhkanmu atau menyembuhkan lukamu.

14) Aku akan seperti singa terhadap Efraim. Aku akan seperti singa muda terhadap bangsa Yehuda. Aku, Akulah Tuhan yang akan menerkam dan menghalau mereka, maka tidak seorang pun yang dapat menyelamatkannya.

15) Aku akan kembali ke tempat-Ku hingga mereka sadar bahwa mereka bersalah, hingga mereka datang mencari Aku. Ya, di dalam kesusahannya mereka berusaha dengan kuat untuk bertemu dengan Aku.”

Pasal 6 (Total ayat 11)
1) [Upah Pertobatan] “Marilah kita kembali kepada TUHAN. Ia telah menyakiti kita, tetapi kita akan disembuhkan-Nya. Ia telah melukai kita, tetapi kita akan dibalut-Nya.

2) Tuhan akan membuat kita hidup kembali dalam dua hari. Tuhan akan membangkitkan kita pada hari ke-3. Dan kita dapat tinggal dekat pada-Nya.

3) Marilah kita mengenal TUHAN. Marilah sungguh-sungguh berusaha mengenal-Nya. Kita tahu bahwa Ia akan datang seperti kita tahu fajar akan datang. Tuhan akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan musim semi mengairi tanah.”

4) [Umat Tidak Setia] “Hai Efraim, apakah yang akan Kulakukan kepadamu? Hai Yehuda, apakah yang akan Kuperbuat kepadamu? Kesetiaanmu bagaikan kabut di pagi hari. Kesetiaanmu seperti embun dan menguap pagi-pagi benar.

5) Aku telah memakai nabi-nabi dan membuat hukum untuk umat. Mereka telah dibunuh melalui perintah-Ku, tetapi hal-hal yang baik akan datang dari keputusan itu.

6) Itu terjadi karena Aku menginginkan kasih setia, bukan persembahan. Aku ingin orang mengenal Allah, bukan membawa kurban bakaran,

7) tetapi umat membatalkan perjanjian seperti yang dilakukan Adam. Mereka tidak setia kepada-Ku di negerinya.

8) Gilead ialah kota orang jahat, mereka menipu dan membunuh orang lain.

9) Para imam seperti penyamun yang menanti-nanti untuk menyerbu orang. Mereka membunuh orang sebelum mereka tiba dengan selamat di Sikhem, Mereka melakukan perbuatan jahat seperti itu.

10) Aku telah melihat sesuatu yang mengerikan dalam bangsa Israel. Efraim tidak setia kepada Allah. Israel telah menjadi najis karena dosa.

11) Yehuda, musim panen akan ada bagimu. Hal itu akan terjadi bila Aku memulihkan umat-Ku dari pembuangan.

Pasal 7 (Total ayat 16)
1) Aku akan menyembuhkan Israel. Kemudian kejahatan Efraim akan tersiar. Mereka akan tahu tentang dusta Samaria1 Mereka akan tahu tentang pencuri yang keluar masuk di kota itu.

2) Mereka tidak yakin bahwa Aku mengingat kejahatannya. Hal yang jahat terdapat di mana-mana. Aku melihat dosanya dengan jelas.

3) Dengan kejahatannya, mereka membuat raja bergembira. Dewanya menyenangkan pemimpin mereka.

4) Pembakar roti mengaduk adonan membuat roti. Roti diletakkannya ke atas perapian. Ia tidak membuat apinya lebih panas ketika roti sudah mengembang, tetapi orang Israel bukan seperti itu. Mereka selalu membuat api semakin panas.

5) Pada Hari Raja kita, para pemimpin menjadi mabuk, mereka sakit. Mereka menjadi gila karena anggur dan membuat perjanjian dengan orang yang mencemooh Allah.

6) Orang membuat rencana rahasia. Semangatnya berkobar-kobar seperti perapian. Semangatnya berkobar sepanjang malam dan pada pagi hari seperti api yang menyala-nyala.

7) Semua mereka panas bagaikan dapur perapian. Mereka membinasakan pemerintahnya. Semua rajanya jatuh. Tidak satu orang pun dari mereka minta tolong kepada-Ku.”

8) [Israel dan Bangsa-bangsa] “Efraim mencampurkan diri dengan bangsa-bangsa. Efraim adalah seperti roti yang dibakar sebelah.

9) Orang-orang asing membinasakan kekuatan Efraim, tetapi Efraim tidak mengetahuinya. Rambut putih telah memenuhi dirinya, tetapi mereka tidak mengetahuinya.

10) Kesombongan Efraim berbicara terhadap dirinya. Orang mengalami banyak kesusahan, tetapi mereka masih belum berbalik kepada TUHAN Allahnya. Mereka tidak bergantung pada-Nya minta tolong.

11) Efraim seperti merpati bodoh tanpa pengertian. Mereka minta tolong kepada Mesir dan pergi ke Asyur minta tolong.

12) Mereka pergi ke negeri-negeri itu minta tolong, tetapi Aku akan menjeratnya. Aku akan menjerat mereka seperti burung di udara. Aku akan menghukum mereka atas perjanjiannya.

13) Mereka harus menderita karena berpaling dari hadapan-Ku. Mereka tidak mau patuh kepada-Ku, jadi mereka akan binasa. Aku telah menebus mereka, tetapi mereka berbohong kepada-Ku.

14) Mereka tidak berseru kepada-Ku dari hatinya. Ya, mereka menangis di tempat tidurnya. Mereka melukai diri sendiri apabila mereka meminta gandum dan anggur baru, tetapi dalam hatinya, mereka menjauh dari hadapan-Ku.

15) Aku telah mengajari mereka dan membuat lengannya kuat, tetapi mereka merancang kejahatan terhadap Aku.

16) Mereka seperti bumerang. Mereka mengubah tujuannya, tetapi tidak datang kepada-Ku. Para pemimpinnya membanggakan kekuatannya, tetapi mereka akan dibunuh dengan pedang, dan orang Mesir akan menertawakannya.”

Pasal 8 (Total ayat 14)
1) [Penyembahan Berhala Membawa Kebinasaan] “Tiuplah terompet tanda bahaya! Jadilah seperti burung elang di atas rumah TUHAN. Orang Israel telah menghancurkan perjanjian-Ku. Mereka tidak mematuhi hukum-Ku.

2) Mereka berteriak kepada-Ku, ‘Ya Allahku, kami orang Israel mengenal Engkau.’

3) Israel menolak hal yang baik sehingga musuh mengejarnya.

4) Mereka mengangkat rajanya, tetapi mereka tidak datang kepada-Ku minta nasihat. Mereka memilih pemimpin, tetapi mereka tidak memilih orang yang Kukenal. Dengan emas dan peraknya mereka membuat berhala baginya sendiri sehingga mereka akan binasa.

5) Tuhan telah menolak anak lembumu, hai Samaria. Allah berkata, ‘Aku sangat marah terhadap orang Israel.’ Orang Israel akan dibinasakan atas dosanya. Beberapa tukang membuat patung yang bukan Allah. Anak lembu Samaria akan dihancurkan berkeping-keping.

6) (8:5)

7) Mereka telah melakukan kebodohan seperti menabur angin, tetapi mereka hanya akan mendapat kesusahan, mereka menuai angin puting beliung. Gandum di ladang akan tumbuh dan tidak menghasilkan makanan. Bahkan jika ada yang menghasilkan buah, orang-orang asing akan memakannya.

8) Israel sudah binasa. Mereka berada di antara bangsa-bangsa bagaikan makanan yang telah terbuang, karena tidak ada yang suka.

9) Efraim pergi kepada kekasihnya seperti keledai yang keras kepala, mereka membawanya ke Asyur.

10) Ya, Israel telah dibawa kepada bangsa-bangsa, tetapi Aku akan mengembalikannya. Namun, mula-mula mereka harus menderita sedikit dengan menanggung beban dari raja yang berkuasa.”

11) [Israel Lupa Akan Allah dan Menyembah Berhala] “Efraim terus memperbanyak mezbah, dan itulah dosa. Mezbah itu menjadi mezbah dosa Efraim.

12) Walaupun Aku menuliskan 10.000 hukum bagi Efraim, ia akan memperlakukannya seakan-akan itu untuk orang asing.

13) Orang Israel suka akan persembahan. Mereka mempersembahkan daging lalu memakannya. TUHAN tidak menerima persembahannya. Ia mengingat dosa mereka dan akan menghukumnya. Mereka akan dibawa selaku tawanan ke Mesir.

14) Israel telah membangun istana-istana raja, dan sekarang Yehuda mendirikan benteng, tetapi mereka telah melupakan Penciptanya. Jadi, Aku akan mengirimkan api untuk membinasakan kota-kota dan bentengnya.”

Pasal 9 (Total ayat 17)
1) [Kesedihan Akibat Pembuangan] Hai Israel, jangan bersukacita seperti yang dilakukan oleh bangsa-bangsa. Engkau telah berzina dan meninggalkan Allahmu. Engkau telah menikmati janjimu kepada allah-allah palsu di segala tempat penumbukan gandum.

2) Tempat penumbukan gandum tidak memberikan makanan yang cukup bagi Israel. Anggur tidak cukup bagi mereka.

3) Orang Israel tidak akan mendiami tanah TUHAN. Efraim akan kembali ke Mesir, di Asyur mereka akan memakan yang seharusnya tidak dimakannya.

4) Orang Israel tidak mempersembahkan anggur kepada TUHAN dan tidak memberikan kurban kepada-Nya. Persembahannya bagaikan roti yang dimakan di kuburan, barangsiapa memakannya akan najis. Roti mereka tidak akan masuk ke Bait TUHAN, mereka memakannya sendiri.

5) Mereka tidak dapat merayakan hari raya atau pesta TUHAN.

6) Orang Israel melarikan diri karena musuh merampas semua dari mereka, tetapi Mesir akan mengumpulkan mereka. Memfis akan mengubur mereka. Rumput berduri menutupi barang-barang peraknya, dan semak duri akan tumbuh di mana orang Israel tinggal.

7) [Israel Menolak Nabi yang Benar] Nabi mengatakan, “Hai Israel, ketahuilah hari penghukuman telah tiba. Masanya untuk membayar atas kejahatan yang kamu lakukan telah datang.” Namun, orang Israel mengatakan, “Nabi itu tolol, yang dipenuhi Roh adalah gila.” Nabi mengatakan, “Kamu akan dihukum atas dosamu. Kamu dihukum atas kebencianmu.”

8) Nabi bersama Allah sedang mengintai Efraim. Perangkap telah ditebarkan di sepanjang jalan ke mana mereka pergi. Dan umat membenci nabi bahkan di rumah Allahnya.

9) Orang Israel telah hancur luluh seperti pada masa Gibea. Allah akan mengingat kejahatan mereka lalu menghukumnya.

10) [Israel Hancur karena Menyembah Berhala] Seperti menemukan buah anggur di padang gurun, demikianlah Aku menemukan Israel. Mereka seperti buah pertama dari pohon ara, tetapi ketika mereka pergi ke Baal-Peor, mereka berubah. Jadi, Aku akan memotongnya seperti buah yang busuk. Mereka seperti yang menjijikkan yang dikasihinya.

11) [Orang Israel Tidak Akan Mempunyai Anak] Seperti seekor burung, kemuliaan Efraim terbang jauh. Tidak ada yang mengandung, tidak ada yang melahirkan, tidak ada bayi.

12) Walaupun mereka membesarkan anak-anaknya, hal itu tidak menolong. Aku akan mengambil mereka. Aku meninggalkan mereka, dan mereka hanya menghadapi kesusahan.

13) Aku telah melihat Efraim membawa anak-anaknya masuk jerat. Efraim membawa mereka kepada pembunuh.

14) TUHAN, berikanlah kepada mereka yang Engkau kehendaki. Berikanlah kandungan yang mandul dan payudara yang kering kepadanya.

15) Oleh karena semua kejahatan yang dilakukannya di Gilgal, Aku mulai membenci mereka di sana. Oleh karena mereka berbuat jahat, Aku akan mengusirnya dari rumah-Ku. Aku tidak lagi mengasihi mereka; pemimpinnya memberontak terhadap Aku.

16) Efraim akan dihukum. Akarnya sudah mati. Mereka tidak dapat lagi mendapat bayi. Mereka mungkin melahirkan bayi, tetapi Aku akan membunuh bayi-bayi yang cantik itu, yang lahir dari mereka sendiri.

17) Mereka tidak mau mendengarkan Allahku, maka Dia akan tidak mau mendengarkan mereka. Dan mereka akan menjadi pengembara di tengah-tengah bangsa-bangsa tanpa rumah.

Pasal 10 (Total ayat 15)
1) [Kekayaan Israel Menuntun kepada Penyembahan Berhala] Israel seperti pohon anggur yang berbuah banyak. Namun, semakin banyak buahnya, Ia semakin memperbanyak mezbah untuk memuliakan allah palsu. Tanahnya semakin baik, ia semakin mendirikan batu yang baik untuk memuliakan allah palsu.

2) Orang Israel mencoba menipu Allah, tetapi sekarang mereka harus menerima kesalahannya. TUHAN akan menghancurkan mezbahnya dan membinasakan batu-batu peringatannya.

3) [Keputusan Jahat Orang Israel] Sekarang orang Israel mengatakan, “Kita tidak mempunyai raja. Kita tidak memuliakan TUHAN, dan raja-Nya tidak dapat berbuat apa-apa terhadap kita.”

4) Mereka berjanji, tetapi mereka berbohong. Mereka tidak menepati janjinya. Mereka membuat perjanjian. Para hakim seperti rumput beracun tumbuh di ladang yang telah dibajak.

5) Orang Samaria menyembah lembu di Bet-Awen. Mereka akan berkabung. Para imam akan menangis karena berhalanya yang cantik itu telah hilang, itu telah dibawa keluar.

6) Itu telah dibawa sebagai hadiah kepada raja besar Asyur. Ia akan menyimpan berhala Efraim yang memalukan itu.

7) Allah palsu Samaria akan binasa bagaikan ranting yang mengapung di permukaan air.

8) Israel telah berdosa dan membangun banyak tempat tinggi. Tempat tinggi Awen akan dihancurkan. Semak duri dan rumput akan tumbuh di atas mezbahnya lalu mereka berkata kepada gunung-gunung, “Lindungilah kami,” dan kepada bukit-bukit, “Timbunilah kami.”

9) [Israel Akan Menanggung Dosanya] “Israel, engkau telah berdosa sejak Gibea. Dan mereka terus berdosa di sana. Orang jahat di Gibea akan terjerat oleh perang.

10) Aku akan datang menghukum mereka. Pasukan akan bersatu menentang mereka dan menghukum orang Israel atas kedua dosanya.

11) Efraim bagaikan seekor anak lembu yang terlatih yang suka menginjak-injak gandum di pelirikan. Aku meletakkan kuk yang kuat ke atas lehernya. Aku mengekang Efraim, Yehuda mulai membajak. Yakub menyisir tanah sendiri.

12) Taburlah kebaikan, maka kamu akan menuai kasih setia, bajaklah tanahmu, dan kamu akan menuai bersama TUHAN. Dia akan datang dan menghujani kebaikan atas kamu.

13) Kamu telah menanam kejahatan, dan kamu menuai kesusahan, kamu telah menelan buah kebohonganmu, karena kamu percaya kepada kemampuan dan pasukanmu.

14) Jadi, musuhmu mendengar bunyi perang, dan semua benteng pertahananmu telah runtuh, seperti pada masa Salman membinasakan Bet-Arbel. Ibu-ibu dibunuh bersama anak-anaknya pada masa perang.

15) Peristiwa yang sama akan terjadi juga bagi kamu di Betel karena kejahatanmu yang banyak. Pada waktu fajar mulai, raja Israel dibinasakan sama sekali.”

Pasal 11 (Total ayat 12)
1) [Israel telah Melupakan Tuhan] Tuhan berkata, “Aku mengasihi Israel ketika ia masih anak-anak, dan Aku memanggil anak-Ku dari Mesir.

2) Semakin banyak Aku memanggil orang Israel, semakin banyak mereka meninggalkan Aku. Orang Israel memberikan persembahan kepada dewa-dewa dan membakar kemenyan kepada berhala.

3) Aku telah mengajarkan cara hidup kepada Efraim, dan memegang orang Israel dalam tangan-Ku. Aku menyembuhkan mereka, tetapi mereka tidak mengetahuinya.

4) Aku menarik mereka dengan tali, tetapi dengan tali kasih. Aku seperti seorang yang membebaskan mereka. Aku membungkuk dan memberi makan kepadanya.

5) Orang Israel tidak akan kembali ke Mesir. Raja Asyur akan menjadi rajanya sebab mereka tidak mau kembali kepada Allah.

6) Pedang akan diacungkan terhadap kota-kotanya dan membunuh orang-orang kuatnya. Pedang akan membinasakan para pemimpinnya.

7) Umat-Ku mengharap kepada-Ku kapan Aku kembali. Mereka akan memanggil Allah di atas, tetapi Ia tidak akan menolongnya.”

8) [Tuhan Tidak Akan Membinasakan Israel] “Hai Efraim, Aku tidak menyerahkan engkau. Hai Israel, Aku mau melindungimu. Aku tidak membiarkan engkau seperti Adma. Aku tidak membuat engkau seperti Zeboim. Aku telah mengubah pikiran-Ku. Kasih-Ku terhadapmu sangat kuat.

9) Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku. Aku tidak membinasakan Efraim lagi. Akulah Allah dan bukan manusia. Akulah Yang Mahakudus. Aku bersama engkau. Aku tidak menunjukkan amarah-Ku.

10) Aku akan mengaum seperti singa. Aku mengaum, dan anak-anak-Ku akan datang serta mengikuti TUHAN. Anak-anak-Ku akan datang dari barat gemetar ketakutan.

11) Mereka datang dari Mesir gemetar seperti merpati dari negeri Asyur. Aku akan membawa mereka pulang.” Demikian perkataan TUHAN.

12) (12-1) [Tuhan Mengecam Israel] Efraim mengepung Aku dengan kebohongan. Orang Israel berbalik melawan Aku, tetapi orang Yehuda masih berjalan bersama Allah, dan hal itu benar menurut Yang Mahakudus.

Pasal 12 (Total ayat 14)
1) (12-2) Efraim menyia-nyiakan waktunya; Israel “mengejar angin” sepanjang hari. Orang-orang terus menyebarkan bohong. Mereka terus mencuri. Mereka telah mengikat perjanjian dengan Asyur dan membawa minyak zaitunnya ke Mesir.

2) (12-3) TUHAN mempunyai keluhan terhadap Yehuda. Tuhan akan menghukum Yakub sesuai dengan kejahatannya.

3) (12-4) Ketika ia masih dalam kandungan, dia menipu saudaranya. Ia orang yang kuat lagi muda. Pada waktu itu ia berperang dengan Allah.

4) (12-5) Ia bergulat dengan malaikat Allah dan dia menang. Ia menangis dan meminta tanda mata. Itu terjadi di Betel. Di tempat itu ia berbicara dengan Tuhan.

5) (12-6) TUHAN adalah Allah yang perkasa, nama-Nya adalah TUHAN.

6) (12-7) Engkau akan kembali kepada Tuhanmu. Setialah kepada-Nya, lakukan yang adil, dan selalu percaya pada Allahmu.

7) (12-8) “Sama seperti Kanaan yang memakai timbangan palsu, ia suka menipu.”

8) (12-9) Efraim mengatakan, “Aku kaya, aku telah memperoleh kekayaan. Tidak satu pun akan mengetahui kejahatanku. Tidak satu pun yang mengetahui dosaku.”

9) (12-10) “Aku telah menjadi TUHAN Allahmu sejak kamu tinggal di Mesir. Aku membuat kamu tinggal dalam kemah-kemah — seperti pada masa Kemah Pertemuan.

10) (12-11) Aku berkata kepada nabi-nabi dan memberikan penglihatan kepada mereka. Melalui para nabi Aku memberikan banyak cara untuk menyampaikan pelajaran kepadamu,

11) (12-12) tetapi orang Gilead telah berdosa. Banyak berhala yang mengerikan di tempat itu. Di Gilgal mereka mempersembahkan lembu-lembu jantan. Mereka mempunyai banyak mezbah yang berjejer — seperti jejeran kotoran di ladang yang dibajak.

12) (12-13) Yakub melarikan diri ke negeri Aram. Di tempat itu dia bekerja untuk mendapatkan istri. Ia menggembalakan domba untuk mendapatkan istri yang lain.

13) (12-14) TUHAN memakai nabi untuk membawa Israel keluar dari Mesir. Ia memakai nabi untuk menyelamatkan Israel.

14) (12-15) Efraim telah membuat Tuhan sangat marah. Efraim telah membunuh banyak orang sehingga ia harus dihukum atas kejahatannya. Tuhannya mempermalukannya.”

Hosea Pasal 13 (Total ayat 16)

1) [Israel telah Merusak Diri Sendiri] “Suku Efraim membuat diri sendiri sangat penting di Israel. Efraim berkata, dan orang gemetar ketakutan, tetapi ia berdosa dengan menyembah Baal.

2) Sekarang orang Israel terus berdosa dan membuat berhala bagi dirinya sendiri. Pekerja membuat patung dari perak. Dan mereka berbicara kepada patung-patungnya. Mereka memberikan persembahan kepadanya. Mereka mencium patung anak lembu itu.

3) Oleh karena itu, mereka seperti kabut pagi dan seperti kabut yang menguap dalam sekejap di pagi hari. Mereka seperti sekam yang terbang ditiup angin dari tempat penggilingan seperti asap keluar dari cerobong.

4) Akulah TUHAN Allahmu sejak kamu masih tinggal di Mesir. Kamu tidak mengenal allah lain kecuali Aku. Hanya Aku yang menyelamatkan kamu.

5) Aku telah mengenal kamu di padang gurun. Aku kenal kamu di tanah yang gersang.

6) Aku memberikan makanan kepada orang Israel, dan mereka kenyang dan puas. Mereka menjadi angkuh dan melupakan Aku.

7) Oleh sebab itu, Aku menjadi seperti singa bagi mereka, seperti macan tutul menunggu di jalan.

8) Aku akan menyerang mereka seperti beruang yang mengamuk karena kandangnya dirampas dari padanya. Aku akan menyerang mereka dan membanting dadanya. Aku menjadi seperti singa atau binatang buas lainnya yang memangsa dan menerkamnya.”

9) [Israel Tidak Dapat Diselamatkan dari Murka Allah] “Hai Israel, Aku telah menolongmu, tetapi engkau berbalik menentang Aku. Jadi, sekarang Aku akan membinasakanmu.

10) Di mana rajamu? Ia tidak dapat menyelamatkan engkau di semua kotamu. Di mana hakim-hakimmu? Engkau meminta kepada mereka, dengan berkata, ‘Berilah raja dan pemimpin kepadaku.’

11) Aku marah dan memberikan seorang raja kepadamu. Dan Aku mengambilnya dalam murka-Ku.

12) Efraim berusaha menyembunyikan dosanya. Ia berpikir bahwa dosanya rahasia, tetapi ia akan dihukum.

13) Hukumannya seperti kesakitan yang dirasakan perempuan yang melahirkan. Dia tidak akan menjadi anak yang bijak. Bila tiba saatnya untuk lahir, ia tidak akan hidup.

14) Aku akan menyelamatkan mereka dari kubur. Aku melepaskannya dari kematian. Hai maut, di mana penyakitmu? Hai kuburan, di mana kuasamu? Aku tidak mencari pembalasan dendam.

15) Israel berkembang di tengah-tengah saudara-saudaranya, tetapi angin timur, angin TUHAN yang penuh kuasa akan berembus dari padang gurun. Kemudian sumurnya kering. Sumber airnya akan mengering. Angin merampas segala yang berharga.”

16) (14-1) “Samaria harus dihukum karena memberontak terhadap Allahnya. Orang Israel akan dibunuh dengan pedang. Anak-anak mereka akan dipotong-potong. Perempuan mereka yang mengandung dibunuh.”

Hosea Pasal 14 (Total ayat 9)

1) (14-2) [Kembali kepada Tuhan] Hai Israel, engkau sudah jatuh dan berdosa terhadap Allah. Jadi, kembalilah kepada TUHAN Allahmu.

2) (14-3) Pikirkanlah yang akan kaukatakan. Dan kembalilah kepada TUHAN, dan katakanlah kepada-Nya, “Ampunilah dosa kami dan terimalah perkataan kami sebagai persembahan kami. Kami mempersembahkan pujian dari mulut kami kepada-Mu.

3) (14-4) Asyur tidak akan menyelamatkan kami. Kami tidak mengendarai kuda perang. Kami tidak lagi menyebut ‘allah kami’ terhadap buatan tangan kami karena Engkaulah Tuhan satu-satunya, yang menunjukkan belas kasihan kepada yatim piatu.”

4) (14-5) [Tuhan Akan Mengampuni Israel] Tuhan berkata, “Aku akan mengampuni mereka yang meninggalkan Aku. Aku mengasihi mereka tanpa batas sebab murka-Ku telah surut.

5) (14-6) Aku menjadi seperti embun bagi Israel. Ia akan berbunga seperti bunga bakung, tumbuh seperti pohon cedar di Libanon.

6) (14-7) Cabang-cabangnya akan berkembang dan seperti pohon zaitun yang indah. Ia seperti bau harum dari pohon cedar Libanon.

7) (14-8) Orang Israel hidup kembali di bawah naungan-Ku. Mereka tumbuh seperti gandum. Mereka berkembang seperti pohon anggur. Mereka seperti anggur Libanon.”

8) (14-9) [Tuhan Memperingatkan Israel tentang Berhala] “Hai Efraim, tidak ada lagi urusan-Ku terhadap berhala-berhala. Hanya Aku yang memberikan jawaban atas doamu dan mengawasimu. Aku bagaikan pohon cemara yang selalu hijau. Buahmu datang dari Aku.”

9) (14-10) [Nasihat Terakhir] Orang yang bijaksana mengerti akan hal itu, dan orang yang cerdas hendaklah mempelajarinya. Jalan TUHAN adalah benar. Orang baik akan hidup olehnya. Orang jahat akan mati olehnya.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Ligonier, Biblica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.