fbpx

Lihat 5 cara efektif dibawah ini, untuk mengatasi apabila Anda di gossip-in

« Siapapun yang dapat berbicara buruk tentang orang lain dengan Anda, juga dapat berbicara buruk tentang Anda dengan orang lain »

 

SETUJU / TIDAK SETUJU ???

Gosip & Kebiasaan berbicara buruk yang harus di-STOP ! Lihat 5 cara efektif dibawah ini, untuk mengatasi apabila Anda di gossip-in.

Gosip oh gosip !!! Bergosip, mengritik yang tidak dapat membangun, menilai orang yant tidak ada dasarnya dan faktanya adalah hal yang sudah biasa sebagai manusia.

Tentu saja tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan. Kenapa bergosip tidak baik? Karena Anda bisa saja mendapatkan reputasi buruk di mata orang lain. Jangan kira orang yang Anda ajak bergosip kemudian akan diam-diam dan menyimpan rapat-rapat keburukan Anda yang dia ketahui. Anda juga bisa digosipin sama dia, loh!

Dibawah ini adalah cara efektif yang menggunakan strategi, tunjukan bahwa Anda menjunjung tinggi nilai edukasi yang pintar.


Bagaimana cara untuk mengatasinya?

5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Gosip

1. Kenali Gosip Anda & bilang secara faktual (dengan fakta & apa adanya) ke teman Anda yang terpercayai

Seringkali gosip merupakan sesuatu yang jelas & tidak ditutup-tutupi. Kadang gosip/rumor juga dapat merupakan sebuah pertanyaan sederhana yang diajukan seseorang tentang apa yang Anda dengar / ketahui / pikirkan mengenai orang lain atau tindakan mereka. Contohnya :

  • Apakah kau dengar apa yang Rudy katakan mengenai Melissa?
  • Kau tak akan menyangka apa John lakukan minggu ini?
  • Aku dengar Shinta…

Contoh diatas tidak selalu berakhir dengan gossip negatif atau positif. Tetapi mereka merupakan pembicaraan mengenai orang lain & cukup mudah untuk dikenali dalam sebuah percakapan atau awal sebuah penggosipan. Sayangnya, tidak semua gosip bisa dikenali dengan mudah & kadang gosip lebih tersamar.

Beritahukan teman-teman Anda. Jika Anda mengetahui bahwa seseorang telah menyebarkan rumor buruk tentang Anda, tindakan pertama Anda harus berkonsultasi dengan teman-teman dekat Anda. Ini harus orang yang Anda kenal & percaya.

Memberitahu mereka fakta-fakta dari situasi. Jika rumor tidak benar, mereka akan pastikan untuk memerangi penyebaran rumor dengan menembak ke bawah setiap kali mereka mendengar seseorang membawa itu. Jika rumor itu benar, mereka masih bisa membantu menghentikan penyebarannya oleh mencuat untuk Anda dan menghukum orang yang menyebarkan itu.


2. Hadapi rumor atau gosip secara langsung

“Mulut & lidah mempunyai kuasa untuk menyelamatkan hidup / merusaknya; orang harus menanggung akibat ucapannya.”

Karena gosip sangatlah kuat, mereka memiliki pengaruh yang besar & harus dilawan melalui pengaruh positif dalam meresponnya. Terdapat beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk melawan penggosipan tersebut.

Hadapi sumber rumor langsung. Jika Anda tahu pasti siapa yang bertanggung jawab untuk menyebarkan desas-desus jahat tentang Anda, jangan dibiarkan. Bila Anda memiliki kesempatan, berjalan sampai ke dia & mengatakan bahwa Anda tidak memperbolehkan untuk mengatakan hal-hal yang dia ucapkan.

Tetap tenang ketika Anda melakukan ini – Anda tidak ingin untuk menggunakan kata-kata yang kejam bahwa orang ini memiliki. Anda juga tidak ingin memberi pengamat kesan bahwa rumor ini benar jika tidak – jika mereka tidak tahu semua fakta, mereka mungkin menganggap bantahan terutama marah berarti bahwa rumor itu benar.

Katakan sesuatu sopan namun langsung, seperti: “Hei saya ingin kamu tahu, bahwa saya tidak suka hal-hal yang telah kamu katakan tentang saya”, “Jauhkan pikiranmu untuk diri sendiri” Kemudian, pergilah, karena orang tersebut tidak pantas untuk mengambil waktu Anda.


3. Acuhkan gosip, cegah & lawan

  • Hindari orang-orang yang suka bergosip & jangan beri mereka kesempatan untuk menyebarkannya.
  • Tinggalkan ruangan / pembicaraan waktu penggosipan tersebut dimulai.
  • Acuhkan gosip & jangan memulai sebuah percakapan yang ujung-ujungnya menjadi gosip.
  • Jangan merespon pertanyaan yang menanyakan opini mengenai orang lain / jebakan gosip lainnya.

Cara cegah gosip:

  • Jangan pernah memulai gosip dari diri Anda sendiri terlebih dahulu.
  • Sembunyikan perasaan sakit / reaksi dramatis terhadap gosip. Hal tersebut merupakan sumber “makanan” bagi gosip untuk berlanjut.
  • Ubah topik pembicaraan jika sebuah pembicaraan berubah menjadi gosip.
  • Coba tolak untuk mendengar / merespon setiap gosip.

Lawan penggosipan tersebut tanpa kekerasan:

  • Katakan dengan sopan bahwa lebih baik membicarakan hal tersebut dengan orang yang bersangkutan.
  • Jangan pernah menggunakan kekerasan tangan untuk melawan gosip, dengan ini Anda telah menunjukan bahwa tingkat edukasi Anda lebih tinggi.
  • Apabila Anda mendengar seseorang memulai sebuah gosip, ajukan diri untuk menemui orang yang dibicarakan dengan orang yang memulai gosip untuk mendiskusikannya.
  • Jika Anda tahu darimana gosip tersebut bersumber, temui orang tersebut & katakan kepada mereka, bahwa Anda tidak suka dengan gosip tersebut & hal itu menyebabkan rasa sakit; terlepas dari gosip tersebut disengaja / tidak.
  • Jawab gosip dengan, “Maukah hal tersebut dibicarakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan-mu?” lalu pergilah.
  • Boleh saja Anda katakan bahwa saya tidak suka membicarakan orang lain karena saya tidak suka orang lain membicarakan saya.
  • Katakan bahwa Anda tidak suka membicarakan orang lain kecuali pembicaraan tersebut dapat membantu atau mendukung mereka & apabila orang tersebut ada disitu pada saat kita berbicara.
  • Katakan bahwa Anda tidak mau membicarakan hal-hal negatif mengenai orang lain. Kecuali orang tersebut terlibat dalam percakapan.


4. Menjaga citra diri yang sehat

Ketika Anda kuatir tentang sepotong gosip mengubah cara orang lain berpikir tentang Anda, itu cukup buruk. Jangan biarkan gosip mengubah cara Anda berpikir tentang diri Anda! Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah untuk memungkinkan sepotong gosip untuk menjadi self-fulfilling prophecy – untuk membiarkan kecemasan Anda mengubah sikap atau tindakan.

Ingatlah bahwa hanya karena seseorang mengatakan sesuatu tentang Anda tidak berarti itu benar. Jika seseorang cukup jahat untuk menyebarkan gosip tentang Anda, mereka pasti cukup jahat untuk berbohong.

Misalnya, jika Anda kebetulan mendengar orang berbicara tentang bagaimana Anda berbicara dengan « keceprotan », jangan diam saja. Tetapi harus dihadapi.


5. Jauhi orang-orang yang suka bergosip

Cara terbaik untuk menghindari gosip menceritakan tentang Anda adalah untuk menjauh dari orang-rang yang suka memberitahu gosip kejam! Mereka hanyalah orang yang putus asa, sedih & biasanya kesepian.
Mereka tidak bisa memiliki waktu yang baik tanpa menyebarkan rumor menyakitkan tentang orang lain.

Yang paling penting: cari teman-teman yang tidak mendapatkan kenikmatan dari menyakiti orang dengan gosip. Ingat lah teman yang menusuk Anda dari belakang dengan mengatakan rumor jahat, berarti dia bukan teman sejati.

« Siapapun yang dapat berbicara buruk tentang orang lain dengan Anda, juga dapat berbicara buruk tentang Anda dengan orang lain »Click To Tweet

 


gosip berbicara buruk

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Patheos, Quora, Manners Mentor

     

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-11T23:37:49+07:00 Oktober 11th, 2016|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment