Alergi Debu – Ciri-Ciri, Penyebab, Reaksi Alergi, Gejala dan Pengobatan

5 min read

Ciri ciri alergi debu

Alergi Debu

Rumah seharusnya menjadi tempat yang nyaman, tetapi bagi orang yang terkena alergi debu, rumah dapat memicu gejala yang tidak nyaman. Anehnya, gejala alergi sering memburuk selama atau segera setelah menyedot debu, menyapu dan membersihkan debu. Proses pembersihan dapat membangkitkan partikel debu, membuatnya lebih mudah untuk dihirup.

Orang-orang dengan alergi kutu debu sering paling menderita di dalam rumah mereka atau di rumah orang lain. Tungau debu adalah organisme kecil yang nyaris tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Mereka memberi makan debu rumah dan kelembaban di udara. Mereka adalah salah satu alergen dalam ruangan yang paling umum, dan gejalanya dapat muncul sepanjang tahun. Selain rinitis alergi, alergi tungau debu juga dapat memicu asma dan menyebabkan eksem kambuh.

Ciri-Ciri Gejala Alergi Debu

  • Bersin
  • Hidung meler
  • Mata merah, gatal atau berlinang air mata
  • Desah mengi, batuk, sesak di dada dan sesak napas
  • Gatal

Pemicu alergi debu

  • Tungau debu
  • Kecoak
  • Jamur / cendawan
  • Serbuk sari
  • Rambut, bulu, atau bulu hewan peliharaan

Perawatan Alergi Tungau / Kutu Debu

Buat perubahan di rumah Anda dan rutinitas Anda:

  • Lepaskan karpet, gorden dan tirai dari dinding ke dinding terutama di kamar tidur.
  • Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur, dan sebaiknya keluar dari rumah.
  • Minimalkan kelembaban rumah atau tempat kerja Anda.
  • Gunakan kasur, bantal dan guling anti alergi; sering-seringlah mencuci seprai dengan air panas.
  • Kenakan masker saat membersihkan.
  • Jaga kelembaban relatif di rumah Anda kurang dari 50%.

Temukan Dokter dengan ahli alergi yang dapat membantu mendiagnosis gejala Anda, mengidentifikasi penyebabnya dan menyarankan pengobatan atau terapi yang tepat ? https://www.halodoc.com/cari-dokter/spesialis/spesialis-alergi

Ciri ciri alergi debu
Alergi Debu – Ciri-Ciri, Penyebab, Reaksi Alergi, Gejala dan Pengobatan. Ilustrasi dan sumber foto: Publicdomainvectors

Pemicu alergi debu

Berikut adalah beberapa pemicunya:

Tungau debu

Tungau debu adalah penyebab paling umum dari alergi dari debu rumah. Tungau debu hidup dan berkembang biak dengan mudah di tempat yang hangat dan lembab. Mereka lebih suka suhu pada atau di atas 70 derajat Fahrenheit dengan kelembaban 75 hingga 80 persen. Mereka mati ketika kelembaban turun di bawah 50 persen. Mereka biasanya tidak ditemukan di daerah beriklim kering.

Partikel tungau debu sering ditemukan di bantal, kasur, karpet dan furnitur berlapis kain. Mereka melayang ke udara ketika ada orang yang mengering, berjalan di atas karpet atau mengganggu tempat tidur dan mereka menetap setelah gangguan selesai.

Tungau debu adalah penyebab umum asma pada anak-anak.

Rumah tidak perlu terlihat kotor untuk memicu reaksi alergi tungau debu. Partikel-partikelnya terlalu kecil untuk dilihat dan seringkali tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan prosedur pembersihan normal. Faktanya, pembersihan yang kuat dapat membuat gejala orang yang alergi menjadi lebih buruk.

Kecoak

Kecoak hidup di semua jenis bangunan dan lingkungan. Beberapa orang mengalami gejala alergi ketika mereka berada di sekitar kecoak. Partikel kecil dari kecoa adalah komponen umum dari debu rumah tangga dan mungkin merupakan penyebab sebenarnya dari alergi debu.

Jamur

Jamur adalah jamur yang membuat spora melayang di udara. Ketika orang dengan alergi jamur menghirup spora, mereka mendapatkan gejala alergi. Ada banyak jenis Jamur / cendawan — beberapa jenis yang bisa Anda lihat, yang lain tidak.

Jamur hidup di mana-mana — di atas kayu gelondongan dan dedaunan yang jatuh, dan di tempat-tempat lembab seperti kamar mandi dan dapur. Partikel jamur kecil dan spora adalah komponen umum dari debu rumah tangga dan mungkin merupakan penyebab sebenarnya dari alergi debu.

Serbuk sari bunga dan pohon

Serbuk sari berasal dari pohon, rumput, bunga, dan gulma. Orang bisa alergi terhadap berbagai jenis serbuk sari. Misalnya, beberapa orang alergi terhadap serbuk sari dari hanya pohon tertentu; yang lain alergi terhadap serbuk sari hanya dari jenis rumput tertentu.

Serbuk sari adalah komponen umum dari debu rumah tangga dan mungkin merupakan penyebab sebenarnya dari alergi debu.

Rambut dan bulu binatang

Hewan peliharaan dapat menyebabkan masalah bagi pasien alergi dengan beberapa cara.

Kulitnya (serpihan kulit), air liur dan urin dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama bila dikombinasikan dengan debu rumah tangga. Dalam rumah tangga dengan burung, bulu dan kotoran burung juga dapat menjadi tertanam dalam debu rumah tangga dan menyebabkan masalah bagi orang yang alergi terhadap mereka.

Pengobatan

Jika Anda merasa alergi terhadap komponen debu rumah, kunjungi dokter ahli alergi. Untuk mengetahui penyebab gejala Anda, ahli alergi akan mengajukan pertanyaan terperinci tentang pekerjaan dan lingkungan rumah Anda, riwayat kesehatan keluarga, frekuensi dan tingkat keparahan gejala serta paparan terhadap hewan peliharaan dan kemungkinan pemicu lainnya.

Kadang-kadang wawancara medis akan mengungkapkan kemungkinan penyebabnya — misalnya, seorang gadis yang hidungnya tersumbat setiap kali dia bermain dengan kucing teman mungkin memiliki alergi terhadap kucing atau debu yang dipenuhi bulu kucing di rumah temannya.

Seringkali ahli alergi atau Dokter spesialis alergi, perlu melakukan tes kulit untuk menentukan apa yang memicu reaksi alergi.

Baca juga ? Obat Anti Alergi – Jenis dan Nama (Antihistamin, Dekongestan, Lotion dan krim, Kortikosteroid dan Imunoterapi (desensitisasi atau hipo-sensitisasi)

Tes alergi

Tes kulit melibatkan menggunakan probe kecil dan steril untuk menusuk kulit dengan ekstrak dari alergen yang umum, seperti serbuk sari pohon dan bulu hewan peliharaan, dan mengamati reaksinya. Reaksi positif (peningkatan bilur dengan kemerahan di sekitarnya) dapat menunjukkan bahwa Anda alergi terhadap zat tersebut. Kadang-kadang, ahli alergi Anda dapat melakukan tes darah dan tes kulit untuk mengonfirmasi alergi.

Setelah alergi debu teridentifikasi, ahli alergi Anda akan merekomendasikan satu atau lebih perawatan berikut ini:

Obat-obatan

Jika upaya Anda untuk mengurangi paparan debu dalam ruangan tidak memberikan bantuan yang memadai, ahli alergi Anda dapat merekomendasikan resep atau obat bebas.

  • Dekongestan dan antihistamin adalah obat alergi yang paling umum. Mereka membantu mengurangi hidung tersumbat, pilek, bersin dan gatal. Obat lain bekerja dengan mencegah pelepasan bahan kimia yang menyebabkan reaksi alergi.
  • Semprotan kortikosteroid efektif dalam mengobati peradangan di hidung Anda.
  • Suntikan alergi (imunoterapi) bekerja dengan secara bertahap meningkatkan toleransi seseorang terhadap pemicu alergi.
  • Imunoterapi oral – tablet yang dilarutkan di bawah lidah – juga merupakan pilihan. Dosis pertama diberikan dengan cara yang diawasi di kantor ahli alergi, dan kemudian dapat diambil di rumah setiap hari. Lama perawatan biasanya kurang lebih satu tahun.

Cara menghindari alergi debu

Untuk mengelola alergi debu, sebaiknya hindari hal-hal yang paling mungkin menyebabkan reaksi alergi. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk mengurangi paparan debu dalam ruangan:

  • Pilih lantai dari kayu atau keramik, jangan gunakan karpet
  • Bersihkan rumah Anda secara teratur (plafon, dinding, lantai). Jika Anda alergi, kenakan masker filter N95 saat membersihkan, menyapu, atau menyedot debu. (Diperlukan waktu lebih dari dua jam untuk membersihkan debu setelah pembersihan menyeluruh – jadi, jika mungkin, bersihkan saat pasien alergi pergi, dan hindari membersihkan kamar tidur orang yang alergi di malam hari.)
  • Gunakan kasur, bantal dan guling anti alergi di kasur dan bantal. Cuci semua seprai secara teratur, menggunakan air panas.
  • Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur orang yang alergi sepanjang waktu.
  • Tutup semua makanan yang tidak didinginkan; buang sisa makanan di tempat sampah yang tertutup rapat.
  • Jika kecoak adalah masalah yang diketahui, gunakan perangkap kecoak dan jadwalkan kunjungan rutin oleh layanan pengendalian hama profesional.
  • Biasakan menggunakan hygrometer untuk mengukur kelembaban di rumah Anda; jaga tingkat kelembaban di bawah 55%. Jika Anda hidup di iklim yang lembab atau lengket, Anda mungkin merasa terbantu menggunakan dehumidifier. Anda dapat menggunakan kipas ventilasi untuk menghilangkan kelembaban di kamar mandi dan dapur. Memperbaiki semua kebocoran air juga akan membantu menjaga kelembaban.

Rinitis Non Alergi | Gejala, penyebab, pengobatan dan pencegahan


Daftar Lengkap Nama Penyakit

Berikut adalah daftar nama penyakit. Klik pada setiap nama penyakit yang ingin Anda ketahui (berdasarkan alfabet); untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang: penjelasan, perawatan, penyebab dan lain sebagaianya ? Penyakit dari A – Z “Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh”

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.